6 Trend Marketing yang Tidak Boleh Diabaikan di 2020

1819
6 min read
6 Trend Marketing yang Tidak Boleh Diabaikan di 2020

Hi Exabytes Friends!

Tak terasa nih guys kita sudah memasuki penghujung tahun 2019. Selama satu tahun ini, kami telah mengamati dengan seksama perkembangan marketing di Indonesia yang bergerak begitu dinamis. Perkembangan teknologi yang sangat pesat, membuat tren pemasaran pun kian berkembang dan terus berganti.

Sebagai gambaran, disini mimin akan bagikan ke kalian semua Trend Marketing Yang Tidak Boleh Diabaikan di Tahun 2020 mendatang, simak terus guys!

6 Trend Marketing yang Tidak Boleh Diabaikan di 2020

Sosial Media

Trend Marketing pertama yang masih akan tetap eksis di tahun 2020 adalah Sosial Media. Trend berbisnis di sosial media seperti Instagram dan Facebook ini sudah menjamur sejak tahun 2018 dan nampaknya akan semakin banyak di tahun 2020, dimana tercatat ada lebih dari 1 milyar users di Indonesia yang menggunakan instagram secara aktif. Itulah mengapa Instagram dapat dijadikan salah satu pasar empuk yang dituju oleh para pebisnis online untuk berjualan dan bertemu dengan banyak pembeli potensial . Tak hanya instagram dan Facebook, kamu pun dapat mencoba berjualan melalui platform sosial media lainnya seperti YouTube di tahun 2020 karena trend video marketing masih akan booming di tahun depan loh! Banyak keuntungan yang didapat jika berbisnis menggunakan media sosial karena selain mudah digunakan, jumlah pengguna sosial media pun semakin membuldak setiap harinya.

6 Trend Marketing yang Tidak Boleh Diabaikan di 2020

Shoppable Post

Nah, ada yang baru juga nih di dunia pemasaran digital Exabytes Friends…Kamu sadar ga sih ada yang baru dari Instagram? Yes guys, instagram sekarang menyediakan fitur Shop. Dimana dengan fitur ini, Instagram user dapat langsung melihat foto produk, harga produk dan melakukan pembelian secara langsung di website brand tersebut. Pastinya di tahun 2020 akan lebih banyak inovasi shoppable post dimana strategi2 ini akan lebih mempermudah proses

6 Trend Marketing yang Tidak Boleh Diabaikan di 2020

Augmented Reality (AR)

Augmented Reality (AR) adalah penggabungan benda virtual 2 dimensi ataupun 3 dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata dengan memproyeksikan benda tersebut ke dalam virtual. Di dunia nyata, pengguna tidak dapat melihat objek tersebut tetapi dengan menggunakan bantuan handphone, objek tersebut akan terlihat di layar smartphone kalian dan seakan-akan objek tersebut ada di tempat yang kalian sorot menggunakan kamera handphone kalian. Dalam beberapa waktu ini, augmented reality mulai menjadi populer. Pada tahun 2020, augmented reality diperkirakan akan melampaui popularitas dari virtual reality (VR).

Baca Juga  EEC Indonesia 2018 Mengumumkan Kerjasama dengan Delivery Teh 63

Bagaimana teknologi AR dapat diterapkan sebagai strategi marketing? Kita ambil contoh adalah L’oreal. L’oreal bekerja sama dengan Shopee sebagai partner ritel pertama yang menerapkan aplikasi yaitu BeautyCam. Aplikasi tersebut dapat dibuka melalui aplikasi Shopee yang langsung memberikan pengalaman kepada konsumennya untuk mencoba produk lipstik secara virtual sebelum membelinya dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi dengan warna aslinya. Dengan diterapkannya teknologi ini, akan menjadi jalan keluar yang efektif bagi para konsumennya untuk membeli produk L’oreal tanpa harus ke toko offline nya untuk mencoba terlebih dahulu. 

6 Trend Marketing yang Tidak Boleh Diabaikan di 2020

Google Ads Smart Bidding

Smart Bidding adalah strategi bidding pemasangan iklan secara otomatis yang menggunakan sistem yang disebut machine learning untuk mengoptimalkan nilai konversi dengan membaca suatu data. Smart Bidding cocok untuk bisnis besar dan kecil, dengan mengoptimalkan data-data penawaran brand kamu yang nantinya akan memberikan manfaat seperti:

  • Dapat memilih tindakan apa yang akan dilakukan berdasarkan dari tingkatan level kampanye.
  • Dapat mengatur tawaran apa saja yang ingin ditampilkan atau tidak secara otomatis.
  • Dapat mengoptimalisasi tawaran apa saja yang ingin di tampilkan di beberapa kampanye berdasarkan dari tindakan konversi yang dipilih.
6 Trend Marketing yang Tidak Boleh Diabaikan di 2020

Personalized Marketing

Pemilik bisnis harus memandang konsumen secara personal ketika mereka menyusun strategi pemasaran. Personalized Marketing masih akan menjadi primadona di tahun 2020 secara strategi ini dinilai menjadi strategi yang efektif. Konsumen akan di bombardir oleh informasi bisnis kamu yang nantinya akan berpeluang untuk konsumen membeli produk brand kamu. Tentunya personalized marketing ini tidak mudah, diperlukan informasi yang cukup dan data yang akurat mengenai konsumen kamu. Kamu akan dituntut untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai konsumen, mulai dari informasi demografi hingga perilaku/behaviour konsumen. Memahami keinginan konsumen juga dapat dilakukan sambil menjalankan proses pengumpulan data tersebut. Personalized marketing ini sangat bisa bantu bisnis kamu jika data konsumen sudah tersegmentasi dan mengirimkan informasi marketing brand kamu seperti promo atau ada produk baru melalui email secara berkala. 

Baca Juga  5 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Besar di Tahun 2019
6 Trend Marketing yang Tidak Boleh Diabaikan di 2020

Content Marketing

Content marketing sudah bertransformasi menjadi “senjata pemasaran” yang paling ampuh untuk digunakan dalam memasarkan suatu produk barang atau jasa. Bagi kamu yang belum tau apa itu content marketing itu sendiri, content marketing adalah strategi pemasaran dimana kita merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik orang-orang dan tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi konsumen baru yang mengenal bisnis kamu dan membeli produk brand kamu. Manfaat dari content marketing ini pun sangat banyak, mulai dari menghasilkan traffic ke situs kamu, membangun brand awareness, meningkatkan engagement, dan masih banyak lagi.

6 Trend Marketing yang Tidak Boleh Diabaikan di 2020

Influencer Marketing

Sebelum menjelaskan apa itu influencer marketing, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dari influencer. Influencer adalah seseorang yang memiliki jumlah pengikut dengan jumlah besar dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap para pengikutnya seperti selebgram, public figure, youtuber, dan lain-lainnya. Influencer marketing adalah cara promosi, pemasaran atau marketing yang menggunakan influencer di media sosial. Influencer marketing merupakan cara promosi yang efektif karena konsumen jaman sekarang yang lebih menyukai promosi melewati influencer karena mereka akan lebih percaya daripada melihat dari iklan. 

Sekian dari mimin, semoga artikel ini bermanfaat ya guys untuk kalian semua. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Credit to: Shafira Risdamina
https://www.linkedin.com/in/shafira-risdamina-00972617a/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here