Industri bisnis teknologi erat kaitannya dengan sosok para pria, geek, dan sebagainya. Namun kini, tidak jarang ada sosok wanita yang ikut berkiprah di dunia teknologi. Baik menjadi seorang engineer, developer, designer, hingga ilmuwan nuklir.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April, Exabytes Indonesia telah merangkum tujuh (7) sosok Kartini masa kini yang ikut berkontribusi dalam membangun dan mengembangkan teknoloogi yang digunakaan oleh jutaan manusia di dunia.

1.Anjali Joshi – Google

Joshi sudah bekerja selama lebih dari sepuluh (10) tahun di Google dan kini menjabat sebagai Vice President of Product.

Beberapa produk Google yang merupakan hasil karya tangan dan pemikiran Joshi antara lain adalah: search, image search, health search, maps, translation, dan localization.

Sebelum bergabung dengan Google, Joshi mengawali karirnya di AT&T Bell Labs.

 

2. Isabel Mahe – Apple

Jika kamu merupakan salah satu pengguna produk dari Apple, kamu pasti tidak asing dengan fitur Wi-Fi, GPS, dan NFC Chip yang terdapat dalam iPhone. Nah, Mahe adalah sosok dibelakang semua fitur tersebut. Sebagai Vice President, Wireless Technoloy di Apple, Mahe memimpin sebuah tim engineer  yang bertanggung jawab akan semua fitur teknologi wireless yang terdapat dalam produk Apple.

Mahe direkrut langsung oleh Steve Jobs pada tahun 2008. Selain berkarir di Apple, Mahe juga menjabat sebagai penasihat industri di UC Berkeley dan penasihat di Sillicon Valley China Wireless Technology Association.

3. Aparna Ramani – Facebook

Baca Juga  Berikut 4 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan dengan Nama Domainmu

Sebagai seorang Director of Engineering, Realtime Data di Facebook, Ramani memimpin timnya yang bertanggung jawab dalam pemrosesan data dan analisis secara real-time di Facebook, hal ini merupakan faktor utama yang menentukan tampilan news feed di beranda Facebookmu.

Selain itu, hasil data dan analisa dari tim Ramani ini juga sangat berguna dalam membantu Facebook mengembangkan fitur-fitur terbarunya.

4. Anne Aaron – Netflix

Netflix memiliki pengguna aktif sebanyak hingga 86 juta di seluruh dunia. Tiap harinya, para pengguna Netflix dapat menonton tayangan kesayangan mereka dengan kualitas terbaik. Hal ini tidak lepas dari kerja keras Aaron selaku Director of Video Algorithms di Netflix.

Aaron mengawali karirnya di Netflix pada tahun 2011 sebagai Senior Engineer.

 

5. Surabhi Gupta – Airbnb

Memimpin lebih dari 100+ engineer di Airbnb yang bertanggung jawab dalam fitur search, pricing, dan booking di Airbnb membuat Gupta menjadi salah satu karyawan terbaik. Selain itu, Gupta juga menginisiasi komunitas Women in Tech di Airbnb yang mengadakan berbagai event untuk para engineer wanita. Ia juga berhasil memperjuangkan hak untuk ibu mengandung yang lebih baik di Airbnb. Sebelum bergabung menjadi Engineer Manager di Airbnb, Gupta bekerja sebagai software engineer di Google.

6. Myra Haggerty – Apple

Mungkin namanya atau sosoknya jarang terdengar di event-event besar Apple atau konferensi lainnya, tapi Haggerty sudah mengabdikan karirnya di Apple selama lebih dari 23 tahun dan merupakan sosok penting di beberapa paten produk yang dimiliki oleh Apple, mulai dari Mac hingga iPhone.

Kini menjabat sebagai Vice President, Sensor Software and UX Prototyping di Apple, Haggerty adalah sosok dibalik layar akan cepatnya respon layar Apple akan sentuhan jari hingga kecanggihan teknologi fingerprint sensor, dan multi-touch controls.

7. Jill Hruby – Sandia National Laboratories

Baca Juga  Annual Dinner Exabytes Group 2017

Jill Hruby merupakan Presiden Direktur dari Laboratorium Nasional Sandia, sebuah pusat penelitian federal. Pada saat pertama kali mendapatkan pekerjaan tersebut di tahun 2015, Hruby merupakan  wanita pertama yang menjalankan tiga (3) laboratorium nuklir nasional.

Hruby memiliki lebih dari 1,300 karyawan yang bekerja diberbagai bidang seperti: global security, energy technologies, weapon and force protection, critical asset protection, the nuclear fuel cycle, geoscience, dan climate.

 

Nah, kalau kamu siapakah sosok Kartini-mu? Bagikan dikolom komentar dibawah ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here