5+ Cara Maintenance Website Yang Baik dan Benar

0
2412

Mengetahui cara membuat website dan mengelolanya tidaklah cukup, Anda juga perlu mengetahui cara maintenance website. Maintenance website dilakukan untuk memastikan seluruh komponen website berjalan dengan baik dan sesuai dengan fungsinya.

Maintenance website perlu dilakukan secara berkala, Anda bisa melakukan maintenance seminggu sekali atau sebulan sekali. Di artikel ini kami akan menjelaskan cara maintenance website berdasarkan periodenya.

Namun, sebelum kita masuk ke pembahasan utama tentang cara maintenance. Izinkan kami terlebih dahulu menjelaskan kenapa maintenance website begitu penting dan dampak yang bisa ditimbulkan jika website sama sekali tidak di maintenance.

Yuk kita cari tahu melalui pembahasan ini!

Alasan Maintenance Website Sangat Penting

Memelihara website dan memperbaharuinya secara teratur sangat penting untuk memastikan bahwa website Anda berjalan dengan baik, maintenance website juga bisa memastikan komponen website bekerja sesuai dengan fungsinya.

Sama halnya seperti kendaraan, website juga memerlukan maintenance agar bisa beroperasi dengan baik. Cara maintenance website dengan benar bisa membantu meningkatkan keamanan website dan meningkatkan jumlah pengunjung.

Maka dari itu sebelum kami menjelaskan tentang cara maintenance website, kami ingin ingin menjelaskan terlebih dahulu beberapa alasan utama mengapa kami menyarankan Anda untuk maintenance website secara teratur.

Meningkatkan Keamanan

tips meningkatkan cyber security

Keamanan menjadi alasan utama mengapa website Anda perlu maintenance secara teratur. Jika bisnis Anda menggunakan CMS WordPress dan Anda tidak melakukan pemeliharaan secara teratur, resiko peretas mencuri data dan merusak komponen penting website lebih besar.

Kami juga pernah membahas cara meningkatkan keamanan website di blog Exabytes dan salah satunya maintenance website.

Meningkatkan Visibilitas Website

Cara Maintenance Website untuk Meningkatkan Performa

Maintenance website juga bisa meningkatkan visibilitas website, karena website tersebut selalu memberikan performa terbaik di mata mesin pencari. Mesin pencari seperti Google menaikkan peringkat website yang diperbaharui dan melakukan pemeliharaan secara berkala.

Pemeliharaan bisa dengan memperbaiki tautan yang rusak, menghapus halaman duplikat dan selalu memperbaharui konten Anda setiap harinya.

Meningkatkan Pengalaman Pengunjung Website

5+ Cara Maintenance Website Yang Baik dan Benar - 2024

Anda sebagai pemilik website, pastinya ingin pengunjung website Anda itu mendapatkan pengalaman terbaik ketika menjelajahi website Anda. Oleh karena itu, dengan maintenance website meningkatkan pengalaman pengunjung akan bisa tercapai.

Karena website yang dikelola dengan sangat baik dan rutin melakukan perawatan akan menghasilkan kecepatan website yang baik, sehingga pengunjung akan lebih lancar ketika menjelajahi website Anda.

Tidak hanya itu saja, maintenance juga bisa membantu Anda cek broken link yang ada di website dan segera memperbaikinya. Dengan begitu para pengunjung website merasa lebih nyaman dan mendapatkan pengalaman yang lebih baik.

Sehingga prospek dibuatnya website akan cepat terlaksana, jika mereka merasa pengalamannya jauh lebih baik daripada ketika mengunjungi website lain.

Meningkatkan Kecepatan Website

apa itu kecepatan website
Website yang cepat sangat dinantikan oleh pemilik dan pengunjung website bahkan menjadi salah satu elemen bagi Google dalam menentukan ranking. (Sumber: shutterstock)

Website yang selalu di maintenance dengan baik, biasanya akan mendapatkan perhatian terutama dalam hal kecepatan loading datanya. Kecepatan website adalah faktor penting dan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung website.

Baca Juga: Penyebab Website Lambat dan Cara Mengatasinya.

Jika website yang Anda kelola lambat, tentu pengunjung akan merasa tidak nyaman dan bosan serta dengan cepat beralih ke website lain. Pada akhirnya, prospek dari website Anda tidak tercapai atau bahkan justru akan membuat bisnis Anda rugi.

Lantas, bagaimana cara maintenance website? Tenang, ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan. Simak pembahasannya di bawah ini ya!

Cara Maintenance Website

Cara Maintenance Website
Website under construction concept background in flat design. Maintenance page or 404 error vector illustration with house building site, builders, civil engineer, crane and laptop. Web banner.

Tadi kita sudah membahas, bahwa maintenance website itu sangat penting. Salah satunya adalah untuk memperkuat keamanan dan meningkatkan pengalaman pengunjung. Maka dari itu, jika Anda ingin melakukan maintenance website dengan baik, Anda perlu menerapkan beberapa cara di bawah ini:

Pembaharuan Konten Website

5+ Cara Maintenance Website Yang Baik dan Benar - 2024

Ini adalah hal dasar ketika Anda akan melakukan maintenance website. Penting sekali untuk selalu ada pembaharuan konten terbaru di websitenya, seperti yang dilakukan blog Exabytes Indonesia yang bisa Anda temukan selalu ada konten hampir setiap hari.

Anda perlu tahu bahwa mesin pencari seperti Google dan lainnya akan lebih menyukai website yang sering melakukan pembaharuan konten. Tidak hanya itu saja, pengunjung website juga akan merasa bosan jika kontennya jarang diperbaharui.

Jadi lakukan pembaharuan konten website karena ini adalah bagian dari maintenance paling penting dan dasar untuk semua website.

Cek Kembali Kualitas Konten Sebelumnya

konten menjadi tren digital marketing

Cara maintenance website berikutnya masih berkaitan dengan konten, dimana Anda perlu cek kembali kualitas konten sebelumnya yang sudah diunggah. Mengapa ini penting? Karena terkadang pengunjung website tidak selalu mendatangi konten terbaru.

Konten lama, terutama konten lama yang masih relate mungkin akan dikunjungi juga oleh banyak pengunjung. Jadi cek kembali kualitasnya dan jangan membuat pengunjung kecewa karena kualitas konten lama buruk.

Pastikan konten visual di konten lama Anda tidak rusak dan tidak ada link yang sudah tidak aktif lagi, jadi maintenance website tidak melulu soal update konten terbaru tapi tentang kualitas konten juga perlu diperhatikan.

Amati SEO Website dan Pastikan Bekerja Secara Konsisten

5+ Cara Maintenance Website Yang Baik dan Benar - 2024
Search Engine Optimization Concept

Cara maintenance website selanjutnya berkaitan dengan SEO, sampai saat ini SEO masih menjadi acuan untuk konten Anda tampil di halaman mesin pencari. Maka dari itu, Anda perlu mengamati SEO dan pastikan teknik SEO yang sudah Anda terapkan bekerja secara maksimal dan konsisten.

Ada banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk mengevaluasi SEO beberapa diantaranya ada Google Analytics dan Google Search Console.

Baca Juga: Cara Memasang Google Analytics di WordPress.

Tools tersebut bisa Anda gunakan untuk mengetahui jumlah pengunjung yang masuk, lengkap dengan rasio pentalan dan info lainnya.

Backup Secara Rutin

5+ Cara Maintenance Website Yang Baik dan Benar - 2024

Selain konten yang harus selalu di update, Anda juga perlu melakukan backup file website secara rutin. Backup perlu dilakukan untuk antisipasi jika website terkena hack, karena peretasan tersebut dapat beresiko menghilangkan data penting.

Tentu saja Anda tidak mau semua data website hilang begitu saja, maka dari itu lakukan backup secara rutin. Bagaimana cara melakukan backup? Tenang, kami pernah membahasnya di postingan tentang 3 cara backup website, langsung saja klik dan pelajari ya!

Pembaharuan Desain Website

desain website
Desain sebuah website menjadi salah satu faktor yang memengaruhi tingkat konversi. (Sumber: pixabay – CyberRabbit)

Jika website yang Anda kelola telah berjalan tahunan, maka perbaikan dan pembaharuan desain web sangat penting. Jika kami analogikan, website seperti layaknya bagunan, meskipun sudah ada sejak lama tetap memerlukan perbaikan dan beberapa pembaharuan sistem, core dan termasuk desainnya.

Usahakan desain website Anda selalu mengikuti trend, user experience sangat dinamis dan selalu ada perkembangan setiap tahunnya, maka Anda perlu menyesuaikan agar pengalaman pengguna menjadi jauh lebih baik.

Cek Kecepatan Website Secara Berkala

5+ Cara Maintenance Website Yang Baik dan Benar - 2024

Ingat! Kecepatan website salah satu faktor penting dan tidak boleh dilupakan, kami sering membahasnya tentang hal ini. Oleh karena itu, sangat penting untuk cek kecepatan website secara berkala.

Tapi, bagaimana cara cek kecepatan website? Adapun caranya sangat mudah, Anda tinggal menggunakan tools seperti Google PageSpeed Insight, Gtmetrix, Pingdom, Page Scoring dan lainnya.

Jika ternyata angka kecepatan websitenya rendah, Anda perlu segera meningkatkan kecepatannya. Cari tahu penyebabnya dan segera atasi.

Sortir Komentar yang Masuk

Apakah Anda pernah menerima komentar yang tidak ada kaitannya dengan konten? Komentar yang tidak jelas dan hanya spam akan mempengaruhi kecepatan website, apalagi jika komentar tersebut untuk mengalihkan pengunjung ke URL yang berbahaya.

Pengunjung juga nantinya akan menganggap website Anda sebagai website yang kurang perhatian, maka dari itu untuk pencegahannya perlu adanya penyortiran komentar yang masuk ke website.

Bagaimana cara menghilangkannya jika sudah terlanjur ada komentar spam yang masuk? Anda bisa baca pembahasan kami tentang cara menghilangkan komentar spam.

Cek Masa Aktif Domain

pengertian dan fungsi domain

Cara maintenance website berikutnya yaitu cek secara rutin masa aktif domain, jangan sampai Anda lupa bahwa masa aktif domain akan segera berakhir. Jika Anda menggunakan layanan domain dari Exabytes, kami biasanya akan rutin memberitahu jika domain yang Anda gunakan akan segera berakhir.

Jadi pastikan untuk tidak melewatkan masa aktif domain ya, agar website Anda tetap bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

Optimalkan Website dengan Maintenance Secara Rutin!

Itulah cara maintenance website yang bisa Anda lakukan, setidaknya dengan cara di atas bisa membantu Anda terhindari dari masalah yang serius berkaitan dengan website. Oh iya, ketika Anda sedang melakukan maintenance website, biasanya website tidak akan bisa di akses untuk beberapa saat.

Tapi tenang saja, karena proses maintenance website tidak akan berlangsung lama. Terlebih jika Anda sudah melakukan maintenance secara rutin sebelumnya.

Jadi, jangan lupa ya untuk mengoptimalkan website dengan maintenance secara rutin. Selain menyuguhkan konten terbaik, website Anda juga harus bisa membuat pengunjung puas dan nyaman ketika mencari informasi website yang Anda kelola.

Good luck!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments