7 Rahasia Mendapatkan Facebook Like [Infographic]

[Infographic dibagian paling bawah]

 

Salah satu tolak ukur kredibilitas dari sebuah Brand (atau merek dagang) adalah Jumlah Like Facebook Page. Brand dengan fans 100.000 sudah pasti mengindikasikan kepopuleran dan kepercayaan banyak orang dibandingkan dengan Facebook page dengan 1.000 fans. Selain itu, semakin banyak fans juga akan berdampak positif pada jumlah kunjungan ke website karena artinya banyak orang tertarik dengan Facebook post kamu.

Tahukah kamu meski punya ratusan ribu atau jutaan Facebook fans bukan berarti engagement (atau interaksi antara konten dengan fans/followers) yang kamu post di Facebook Page juga secara otomatis meningkat. Salah satu alasannya karena Facebook sengaja membatasi hanya 6% (atau kurang) dari total follower yang bisa melihat post kamu secara organik di News Feed mereka sehingga Facebook menganjurkan untuk memasang iklan berbayar di Facebook.

7 Rahasia Mendapatkan Facebook Like dibawah ini tidak hanya berlaku untuk Facebook Page, tetapi berlaku juga untuk post yang kamu buat dari Facebook Profile (pribadi) kamu.

Rahasia Facebook Business Page

1. Kelengkapan Informasi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum mendorong orang untuk me-Like Facebook Page kamu adalah melengkapi semua kelengkapan halaman Facebook. Informasi yang dimaksud antara lain Memasang Facebook Profile photo, Cover dan Page Info (termasuk Story, Category, About, Jam operasional, Telpon dan sebagainya).

Ukuran-Design-Facebook-Page
Acuan Ukuran Photo di Facebook Page (sumber: mainstreethost.com)

2. Undang Teman

Salah satu cara tercepat untuk mendapatkan meningkatkan jumlah fans tanpa membayar adalah dengan mengundang teman-teman kamu untuk me-Like Facebook Page kamu.

Cara Menundang Teman ke Facebook Page
Cara Mengundang Teman ke Facebook Page

Bagikan (share) juga post dari Facebook Page ke Facebook Profile (pribadi) kamu.

Bagikan/share ke teman-teman
Share Post dari Facebook Page ke akun Facebook Pribadi kamu

3. Relevansi Konten

Bagikan konten yang relevan dengan audience (fans) sehingga engagement (interaksi) akan lebih tinggi. Misalnya kalau Facebook Page kamu mengenai Film, bagikan konten seputaran film; seperti ulasan film, kehidupan aktor, proses pembuatan film dan sebagainya.

4. Posting

Frekuensi Facebook Post

Jumlah posting ideal adalah 4-5 per minggu karena engagement nya lebih besar 71% dibandingkan dengan posting 1-2 posting per hari yang hanya 40%.

Topik Facebook Post

Buatlah judul posting yang tidak terlalu panjang dan mudah dicerna oleh kebanyakan audience kamu. Panjang judul post yang baik yaitu 100 karakter atau kurang. Panjang judul lebih dari 100 karakter akan terpotong. “Semua orang malas dan tidak punya banyak waktu”. Jadikan 2 poin itu sebagai pedoman dalam membuat judul post. Gunakan aturan 70-20-10; 70 konten original yang kamu buat sendiri, 20 konten orang lain yang kamu share, 10 konten promosi.

Waktu Posting

Waktu yang tepat untuk mem-posting Facebook adalah ketika sebagian besar fans kamu sedang online. Beberapa studi menunjukkan bahwa waktu yang tepat yaitu pada hari Rabu, Kamis dan Jumat dari jam 13 sampai jam 3. Jangan terpaku pada jam-jam tersebut karena bisa jadi fans kebanyakan fans kamu tidak berada di waktu tersebut. Oleh karena itu, sangat disarankan agar kamu mencoba-coba posting di waktu yang lain. Untuk melihatnya, kamu bisa melihatnya di dari menu Insight.

Fitur Insight di Facebook Page
Fitur Insight di Facebook Page

Tipe Posting

Tipe posting antara lain Teks, Photo, Video dan Link. Posting link artikel adalah tipe posting yang terbaik karena orang akan mengunjungi halaman website/blog dari link yang kamu bagikan. Link bisa berupa website/blog kamu sendiri (recommended) atau orang lain. Setelah Link, tipe posting lainnya yang menarik fans untuk berinteraksi adalah video dan disusul dengan Photo. Pengalaman saya, 3-4 photo lebih tinggi engagementnya dan menarik dari segi tampilan dibandingkan posting 1 photo.

Emoji

Gunakan 1-3 emoji di dalam teks posting. Tujuannya agar lebih manusiawi dan meningkatkan interaksi sebanyak 33%. Orang lebih senang membaca posting yang ekspresif.
Wah… ada potongan 50% di Exabytes 😍” dibandingkan “Potongan 50% Exabytes”. Banyak emoji menarik yang bisa kamu copy di sini www.piliapp.com.

5. Kuis berhadiah

Adakan kuis berhadiah seperti yang kami lakukan setiap minggu di Facebook page Exabytes Indonesia. Minta fans kamu untuk Like dan Share kuisnya. Minta fans kamu untuk Like dan Share kuisnya sebagai salah satu persyaratan memenangkan hadiahnya

Kuis Exabytes Indonesia
Kuis Mingguan Exabytes Indonesia

6. List lebih banyak di Like dan Share

Artikel dengan judul disertai angka “9 Cara Memilih Sepatu Kulit Yang Berkualitas” lebih menarik dibandingkan tanpa angka. Angka ganjil (seperti 7, 9, 11) lebih menarik dari pada angka genap. Kamu pasti sering melihat majalah-majalah terkenal menggunakan trik ini supaya judul artikel mereka lebih menarik pembaca.

7. Facebook Ads

Seperti yang telah saya sampaikan diatas, Facebook membatasi jumlah fans yang bisa melihat Posting kita. Hanya kurang dari 6%, bahkan jauh lebih kecil, 2-3% saja.
Dengan menggunakan iklan berbayar (Facebook Ads), kamu bisa mencapai audience yang lebih besar. Bukan hanya orang yang sudah me-Like Facebook Page kamu, tapi juga orang-orang yang belum tahu tentang bisnis kamu.

Tipe Facebook Ads
Tipe-tipe Facebook Ads

Menurut pengalaman saya pribadi dan beberapa referensi, tipe ads terbaik untuk mendapatkan lebih banyak Like adalah “Boost your posts” dari pada “Promote your Page”. Boost post kamu yang relevan dengan audience kamu dan bermanfaat untuk orang banyak sehingga kamu mempunya lebih besar peluang mendapatkan lebih banyak follower. Selain itu, lebih banyak engagement berarti semakin lebih murah biaya Ads kamu. Kamu juga bisa boost mengenai undian/kuis yang kamu jalankan.

Wah nggak ada habisnya kalau bicara soal strategi pemasaran di Facebook. Kami akan ulas tuntas di artikel-artikel selanjutnya. Nantikan terus artikel kami selanjutnya ya 😉

7 Rahasia Mendapatkan Facebook Like

4 COMMENTS

  1. Kalau saya sih menggunakan page fakta, contohnya ya sainsologi, lumayan lah berkat kerja keras dalam 1 tahun ini sudah terkumpul +- 55k likers dengan ribuan adders line dan puluhan ribu followers ig.

  2. Ternyata angka ganjil di depan judul itu punya pengaruh secara psikologi ya, saya baru sadari hal tersebut. Kalau mohon izin, berbagi informasi juga seputar SEO dong, hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here