8 Posisi Duduk yang Benar Saat Bekerja di Rumah

0
8600

Hi Exabytes Friends!

Bekerja bisa dilakukan dimana saja baik itu di rumah maupun di kantor. Saat ini, banyak orang melakukan work from home atau bekerja di rumah selama Covid 19 guna menerapkan physical distancing.

Dalam bekerja, tentu saja kita selalu duduk di depan laptop atau komputer selama berjam-jam lamanya. Tetapi rutinitas ini bisa berdampak buruk lho kalau kamu nggak memperhatikan posisi duduk. Kamu akan lebih mudah merasakan nyeri dan pegal. 

8 Posisi Duduk yang Benar Saat Bekerja di Rumah - 2024

Selain dua hal itu, posisi duduk yang tidak benar akan berpengaruh terhadap postur tubuh kamu nantinya. Lebih fatalnya, bisa jadi akan ada kelainan pada tulang punggung kam jika kamu masih melakukan duduk yang salah.

Oleh karena itu, buat kamu yang saat ini sedang work from home atau bekerja di rumah, penting banget untuk memperhatikan posisi duduk yang benar! Berikut ini ada 8 posisi duduk yang benar yang bisa kamu lakukan sehari-hari saat bekerja.

1. Atur ketinggian dan sandaran kursi

8 Posisi Duduk yang Benar Saat Bekerja di Rumah - 2024

Ketinggian kursi menjadi faktor penting dalam cara duduk lho. Jika ketinggian atau kerendahan, kamu akan duduk dengan posisi yang tidak nyaman. Duduklah dengan posisi yang benar menghadap ke layar komputer dan kaki yang bisa menempel di lantai. Untuk ketinggian kursi, aturlah kursi dengan ketinggian dari telapak kaki hingga lutut sejajar atau sekitar pinggang. 

Untuk sandaran kursi, sebaiknya atur sudut kursi dengan sudut 100 derajat ke belakang. Jika posisi sandaran kursi lurus, kamu tidak akan nyaman saat duduk dan merasa pegal.

2. Posisi duduk tegak

8 Posisi Duduk yang Benar Saat Bekerja di Rumah - 2024

Posisi duduk ini adalah posisi yang paling dasar. Pastikan punggung bagian atas dan bawah bisa menyender ke sandaran kursi dan telapak kaki menyentuh lantai. Posisi lutut harus lebih rendah dari pinggul.

Jika perlu, kamu bisa meletakan bantal kecil untuk menyangga punggung. Tujuannya agar punggung tidak merasa sakit.

3. Atur letak layar komputer dan keyboard

8 Posisi Duduk yang Benar Saat Bekerja di Rumah - 2024

Posisi layar komputer harus sejajar dengan arah mata. Oleh karena itu, aturlah monitor agar sesuai dengan pandangan mata dan duduklah dengan jarak setidaknya sekitar satu lengan dari layar. 

Selain itu, letakan keyboard dekat dan berada di tengah-tengah tubuh kamu dan di atas paha. Jika kamu mengetik dengan keyboard dalam waktu yang lama, kamu bisa menggunakan keyboard dilengkapi dengan fitur kaki yang bisa diatur kemiringannya. Keyboard ini membuatmu terhindar dari pegal. Kamu juga bisa menggunakan palm rest yaitu gundukan bantal yang berada di depan keyboard dan mouse agar posisi pergelangan tangan tetap baik.

4. Perhatikan posisi bahu

8 Posisi Duduk yang Benar Saat Bekerja di Rumah - 2024

Saat duduk, posisi duduk yang benar untuk bahu adalah dengan tidak menyandar atau membungkuk agar otot bahu tidak tegang. Jadi, posisikan bahu dengan tegak seperti saat duduk dan jaga bahu agar tetap santai. 

5.Leher harus rileks

8 Posisi Duduk yang Benar Saat Bekerja di Rumah - 2024

Selain itu posisi bahu, leher pun harus dalam kondisi yang rileks. Jika kamu diharuskan mengetik sesuatu misalnya dari tulisan buku atau kertas, atur buku di bawah layar komputer. Ini bertujuan agar leher tidak sering menunduk yang membuat leher sakit nantinya. 

6. Sesuaikan posisi siku

8 Posisi Duduk yang Benar Saat Bekerja di Rumah - 2024

Saat duduk, posisi duduk yang benar adalah usahakan siku tidak terbatas oleh sesuatu dan dalam keadaan terbuka. Siku harus sejajar dengan tubuh dengan membentuk L. Hal ini bertujuan agar siku merasa nyaman walaupun di posisi yang sama selama berjam-jam.

7. Hindari kebiasaan untuk menyilangkan kaki

8 Posisi Duduk yang Benar Saat Bekerja di Rumah - 2024

Terkadang tanpa disadari kita menyilangkan kaki saat duduk di kursi. Tetapi saat bekerja, sebaiknya kebiasaan ini dihindari. Menyilangkan kaki dengan meletakan satu kaki di atas kaki lainnya dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu, kebiasaan ini juga membebani tulang belakang yang berdampak dengan ketidakseimbangan pada panggul yang membuat panggul miring dan merasakan nyeri di bagian bawah punggung..

Selain bahu, lutut juga harus berada pada posisi yang nyaman. Letakkan lutut kalian sejajar atau lebih tinggi dari pinggul. Posisi yang paling baik adalah saat bagian bawah paha dapat menyentuh kursi dan telapak kaki berada di lantai. Hindari juga kebiasaan menyilangkan kaki. Mungkin terasa nyaman, tetapi hal itu bisa membebani tulang belakang dan menyebabkan ketidakseimbangan pada panggul.

8. Istirahat Sejenak dan Lakukan Gerakan Kecil

8 Posisi Duduk yang Benar Saat Bekerja di Rumah - 2024

Terakhir, jangan duduk terlalu lama meskipun kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas. Kamu perlu istirahat sejenak agar tubuh bisa lebih segar dan mata juga tidak terlalu lama menatap di depan komputer. Kamu bisa berdiri atau berjalan kecil. Atau melakukan gerakan kecil seperti menekuk tangan ke atas dan ke bawah, mengangkat bahu, dan merenggangkan pinggang. 

Itulah 8 posisi duduk yang benar yang bisa kamu terapkan saat bekerja di rumah. Lakukan posisi duduk yang benar demi kesehatan tubuhmu.

Selain itu, jika kamu ingin mulai membuat website pribadi, kamu bisa memulainya dengan hosting murah dari Exabytes, lho! Dengan harga mulai dari Rp13.900, kamu sudah mendapatkan domain, SSL gratis, hingga pengamanan terbaik untuk menjaga website tetap aman dan selalu dalam performa yang optimal.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Semangat work from home, Friends!