Cara Mudah Menjadi Contributor WordPress

110
Cara Mudah Menjadi Contributor WordPress
11 min read

Hello Exabytes Friends!

Pada platform WordPress, terdapat banyak role atau peran yang ada. Terdapat beberapa peranan di WordPress yaitu administrator atau yang merupakan user dengan tingkat tertinggi di platform WordPress dan diatur sebagai administrator pada saat pertama kali menginstall WordPress. Selanjutnya terdapat editor yang melakukan kendali dan kontrol terhadap kualitas dari tiap postingan dan konten yang dibuat. Tak hanya itu, author juga merupakan salah satu peran yang ada pada platform WordPress. Author ini dapat menulis sebuah konten untuk WordPress dan memodifikasi artikel nya sendiri. Namun, author tidak bisa melakukan moderasi pada komentar. Kemudian ada subscriber yang merupakan pelanggan dari WordPress hanya bisa membaca konten serta berkomentar saja. Terakhir, ada contributor yang bertugas untuk membuat postingan namun tidak bisa mempublikasikannya. 

Tapi di artikel kali ini, mimin gak akan bahas detail tentang contributor di akun WordPress nih. Mimin akan bahas lebih jauh tentang gimana cara nya agar kamu bisa berkontribusi lebih untuk WordPress.

Jadi, baca artikel ini sampai akhir ya!

Apa itu Contributor WordPress

Cara Mudah Menjadi Contributor WordPress - 2020

Contributor WordPress merupakan salah satu peranan di akun WordPress. Contributor WordPress ini memiliki tugas untuk membuat sebuah postingan berupa artikel atau konten tertentu. Namun, contributor WordPress ini tidak melakukan publikasi sendiri karena ia tidak bisa mempublikasikannya. Contributor WordPress juga tidak dapat membuat kategori baru untuk penulisannya, sehingga contributor WordPress perlu menggunakan kategori yang sudah ada sebelumnya. Walaupun seorang contributor WordPress tidak dapat membuat kategori baru untuk tulisannya, ia dapat menambahkan sebuah tag ke postingan nya.

Kekurangan menjadi contributor selain karena tidak bisa memposting file seperti konten atau tulisannya, contributor juga tidak bisa menambahkan gambar pada artikel yang ia tulis sendiri. Namun tenang aja Friends, menjadi contributor WordPress juga memungkinkan untuk dapat melihat komentar yang sudah di moderasi mau pun yang belum di moderasi. 

Nah, yang mimin jelasin barusan adalah definisi contributor WordPress sebagai peranan di akun WordPress. Tapi, di artikel kali ini bukan akan membahas bagaimana cara menjadi contributor pada sebuah akun WordPress ya Friends. Kalau untuk jadi contributor di akun WordPress sih kamu tinggal membuat akun saja dan menjadi contributor. Menjadi seorang contributor WordPress bukan hanya sebagai peran pada sebuah akun WordPress aja nih Friends. Lebih dari itu, contributor WordPress membantu untuk pengembangan platform WordPress bersama para komunitas. Oleh karena itu, menjadi contributor WordPress akan sangat berguna bagi kamu loh.

Mengapa Harus menjadi Contributor WordPress

Ketika kamu ingin menjadi seorang contributor WordPress, komunitas WordPress menjadi satu hal yang penting karena komunitas tersebut membuat WordPress menjadi platform yang sangat fleksibel dan kuat seperti saat ini. Komunitas WordPress ini juga sangat berperan penting dalam pengembangan WordPress. Alih-alih dijalankan oleh perusahaan besar, WordPress ini justru dikembangan serta dikelola oleh komunitas pengguna yang memiliki dedikasi tinggi terhadap WordPress.

WordPress telah mengandalkan komunitas pengguna untuk terus memperbarui, menambahkan fitur dan fungsi baru, serta menyediakan pengujian dan dukungan untuk WordPress, dan masih banyak lagi dukungan untuk pengembangan yang diberikan oleh para komunitas. Sebenarnya, kamu tidak perlu untuk memahami dunia WordPress sampai seluk beluk nya saat ingin menggunakan platform WordPress untuk website yang kamu miliki. Karena WordPress juga sudah membuat hal tersebut menjadi sangat simple dan mudah untuk dilakukan oleh pengguna. Namun, tidak ada salahnya juga loh Friends jika kamu ingin terlibat dalam pengembangan platform WordPress bersama para komunitas yang sudah terjun langsung mengembangkan platform WordPress. Ini dia beberapa alasan kenapa kamu dianjurkan untuk turut berkontribusi menjadi contributor WordPress dan bergabung dengan komunitas yang mengembangkan platform WordPress.

  1. Ketika kamu bergabung dengan komunitas yang tujuannya untuk mengembangkan platform WordPress, maka kamu akan mendapatkan kesempatan emas untuk mengambil ilmu yang banyak dan memberikan feedback yang baik kepada komunitas tersebut. Tentunya karena komunitas tersebut juga sudah memberikan kamu sumber daya yang nilainya sangat tinggi.
  2. Selain itu, kamu akan menjadi contributor WordPress yang memungkinkan kamu untuk mempelajari lebih dalam tentang seluk beluk WordPress yang akan memperluas pengetahuan mu. Tak hanya itu saja, kamu akan diberikan pengetahuan lebih dalam tentang bidang teknologi khususnya bidang pengembangan website yang nantinya bisa kamu aplikasikan sendiri.
  3. Nah, saat kamu bertemu dengan orang-orang baru di komunitas pastinya kamu akan menemukan orang-orang dengan keterampilan dan kreativitas yang berbeda-beda dan belum pernah kamu coba sebelumnya. Dari komunitas tersebut kamu bisa mendapatkan kemampuan serta ketermapilan baru yang kamu pelajari dari orang-orang di komunitas mu. Dengan keterampilan baru yang kamu miliki, kamu bisa terus menambah skill-skill baru yang bisa bermanfaat di masa depan.
  4. Tak hanya keterampilan saja, pengalaman tentunya menjadi hal yang diinginkan semua orang ketika bergabung dengan komunitas WordPress ini. Karena dengan menjadi contributor WordPress, akan ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dan menjadi pengalaman baru buat kamu loh Friends. Kamu juga bisa menerapkan pengalaman mu itu ketika kamu sedang berhadapan dengan klien mu, atau rekan kerja mu nanti.
  5. Hal terakhir yang bisa kamu manfaatkan juga saat masuk ke dalam komunitas yaitu kamu bisa membangun konseksi seluas-luasnya dengan orang-orang yang ada di komunitas mu. kamu bisa membangun hubungan profesional dengan para contributor lain sehingga kamu berpotensi untuk melakukan kerja sama di lain waktu. Tertarik kan Friends?
Baca Juga  Rekomendasi 15 Sidebar WordPress Untuk Meningkatkan Konversi Website Kamu

Nah, beberapa alasan itu bisa kamu pertimbangkan saat kamu ingin memutuskan menjadi contributor WordPress. Terlebih lagi, saat kamu sedang memiliki fleksibilitas untuk menggunakan waktu sebanyak atau sesedikit mungkin dalam beberapa usaha yang kamu inginkan. Serta, banyak juga cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap terlibat dalam komunitas ketika menjadi contributor WordPress loh Friends.

Cara Memulai sebagai Contributor WordPress

Cara Mudah Menjadi Contributor WordPress - 2020

Hal penting yang perlu kamu ketahui tentang bagaimana saat menjadi contributor di WordPress, tentunya kamu perlu untuk menemukan tempat terbaik yang tepat untuk mu berada di komunitas tersebut. Sama saja seperti saat kamu sedang berdiskusi dengan suatu kelompok, kamu perlu menyesuaikan akan berdiskusi dengan kelompok yang mana, bukan? Kamu bisa menemukan tempat yang tepat dengan menyesuaikan keahlian yang kamu miliki dalam bidang teknologi mau pun WordPress Friends. Namun, jika kamu ingin menentukan komunitas seperti apa yang kamu inginkan untuk menjadi contributor WordPress, maka kamu perlu memperhatikan beberapa hal yang akan mimin bahas sekarang. Serta, agar kamu dapat benar-benar berkontribusi saat menjadi contributor WordPress.

Langkah 1: Teliti tentang WordPress dan Komunitasnya

Sebelum kamu bergabung dan memilih salah stau komunitas diantara banyak sekali komunitas tentang WordPress, kamu harus melakukan riset tentang hal itu terlebih dahulu Friends. Nah, ketika kamu ingin menjadi contributor WordPress kamu juga bisa mengikuti pelatihan terlebih dahulu seperti WP Apprentice agar kamu bisa belajar tentang WordPress.

Ketika memutuskan untuk bergabung dengan komunitas WordPress, pastinya kamu merupakan seorang pengguna WordPress yang sudah relatif lama atau bertahun-tahun. Bergabung dengan komunitas WordPress dan menjadi contributor tentunya jadi salah satu langkah yang tepat loh Friends. Pertama, kamu akan membutuhkan informasi mendalam dan pengetahuan yang luas tentang WordPress. Karena saat ini kamu akan menjadi contributor, bukan seperti biasa yaitu menjadi pengguna saja. Ketika kamu memperdalam berada di komunitas WordPress juga akan membantu kamu untuk tahu dimana tempat yang paling cocok untuk mu.

Untuk mengetahui informasi dan pengetahuan tentang WordPress lebih dalam, kamu bisa membaca tentang sejarah dan perkembangan WordPress hingga kini. Saat kamu baca sejarah WordPress, maka akan menjadi landasan atau dasar yang kokoh atas tujuan kamu untuk menjadi contributor WordPress. WordPress ini menjadi suatu platform yang sudah mengalami perjalanan panjang dari awal hingga sekarang sebagai software untuk blog sederhana dan menjadi Content Management System (CMS) yang multifungsi. Tentunya ada banyak hal yang perlu kamu ketahui dari WordPress.

Setelah kamu mendapatkan informasi dan pengetahuan yang cukup tentang bagaimana platform WordPress ada sampai bagaimana perubahan yang dilakukan oleh WordPress hingga saat ini, kamu bisa mulai untuk fokus terhadap bidang apa pun yang menurut mu menarik atau sesuai dengan minat mu. Kamu bisa menggunakan waktu mu sesuka hati untuk fokus terhadap bidang apa pun tergantung dengan seberapa banyak pengetahuan yang sudah kamu ketahui Friends. Untuk bisa mempelajari lebih dalam tentang WordPress, kamu bisa menggunakan salah satu dari sekian banyak cara yang ada. Beberapa cara untuk belajar tentang WordPress yaitu:

  1. Kursus Online

Di jaman yang sangat canggih ini, kursus aja udah online loh Friends. Pengetahuan yang dibagikan pun tentunya lebih khusus salah satunya yaitu kursus online WordPress. Kamu bisa mencoba cara tersebut agar bisa mempelajari WordPress lebih dalam lagi. Selain menghemat biaya, kamu juga menghemat waktu karena tidak memerlukan perjalanan.

  1. Channel YouTube

Channel YouTube seseorang juga bisa jadi pilihanmu untuk belajar seputar WordPress. Kamu bisa mendapatkan banyak informasi gratis yang ada di YouTube dari beberapa channel seperti WPBeginner dan WPCrafter. 

  1. Berita

Ternyata, berita juga bisa jadi salah satu media yang bisa kamu pilih untuk mempelajari WordPress. Kamu bisa memantau perkembangan platform WordPress melalui websiter WordPress.org. Selain itu, kamu juga bisa memantau perkembangan terbaru WordPress lewat WP Tavern dan Post Status.

  1. Forum
Baca Juga  Cara Install WordPress dari 0 Hingga Online

Forum juga bisa menjadi sarana bagi kamu mempelajari lebih dalam tentang WordPress loh Friends. Di dalam forum, partisipan yang ada akan membagikan banyak informasi terkait pengalaman masing-masing khususnya dengan WordPress sendiri. Kamu bisa menemukan banyak informasi seputar tema, plugin, dan lain-lainnya yang akan sangat bermanfaat saat kamu menjadi contributor WordPress.

  1. Blog

Para penulis blog yang menggunakan platform WordPress juga akan sangat membantu kamu ketika kamu mencari informasi penting terkait WordPress. Para penulis blog akan memposting pengetahuan baru tentang WordPress bahkan pengalaman mereka sendiri. Tak hanya itu, kamu hanya perlu membaca blog tersebut secara gratis dan menyimpan informasi tersebut agar dapat diaplikasikan saat kamu menjadi contributor WordPress.

Langkah 2: Tentukan Bidang Kontribusi

Menjadi seorang contributor WordPress tidak melulu terpatok harus seorang developer atau programmer kok Friends. Meskipun memang kebanyakan orang yang menjadi contributor WordPress sudah memiliki banyak pengalaman sebagai web developer atau programmer. Tapi tenang aja Friends, kamu tetap bisa memilih banyak opsi yang tersedia agar kamu bisa terlibat lebih jauh dalam platform WordPress ini.

Dalam komunitas yang berisi para contributor WordPress, tentunya akan membutuhkan banyak orang dengan bidang dan keahlian yang berbeda-beda untuk menyelesaikan suatu proyek. Nah, ini bisa jadi peluang untuk kamu berkontribusi lebih apalagi jika kamu memiliki keahlian yang berbeda dari yang lain. Kamu dapat dengan mudah menemukan peranan yang sesuai dengan keinginan kamu, serta kamu juga dapat bekerja sama. Pada tahap ini juga kamu seharusnya sudah memiliki informasi luas tentang apa yang kamu inginkan, karena kamu sebelumnya juga sudah melakukan riset tentang WordPress.

Ada banyak opsi yang tersedia yang bisa kamu pilih Friends, seperti design and user interface. User interface WordPress ini merupakan hasil karya bertahun-tahun dari para desainer dan developer. Kamu bisa memilih bidang itu untuk bekontribusi di WordPress. Dengan membantu meningkatkan desain platform dan user interface WordPress, kamu akan meningkatkan pengalaman setiap orang yang menggunakan platform WordPress. User interface yang solid akan memudahkan alur kerja untuk pengguna ketika sedang menggunakan platform. Sehingga ketika kamu memutuskan untuk berada di bidang user interface, keputusan pengguna untuk tetap setia pada platform WordPress juga ada di tangan mu. Peran mu itu akan sangat penting loh Friends.

Selain bidang user interface, kamu juga bisa memilih bidang menarik lainnya seperti pengembangan plugin dan tema untuk WordPress. Membuat plugin dan tema ini bukan merupakan proyek utama WordPress friends. Tapi tetep aja Friends, membuat plugin dan tema ini jadi salah satu aspek penting dari pengembangan platform WordPress. Bayangin deh kalau plugin dan tema nya itu itu aja dan gak dikembangin? Pasti pengguna juga akan pergi meninggalkan WordPress. Untuk turut membantu pengembangan plugin dan tema, kamu memerlukan kemampuan pengkodean jika ingin langsung membangun plugin dan tema.

Kontributor WordPress yang berada di bidang dokumentasi akan bertanggung jawab atas sejumlah proyek yang dilaksanakan. Jika memilih bidang ini, kamu akan menambahkan artikel ke codex dan membuat perubahan jika diperlukan. Selain itu, kamu juga akan bekerja sesuai dengan buku pegangan contributor, website pengembang WordPress, dan dokumentasi untuk platform WordPress. Terlebih lagi jika kamu sudah memiliki banyak pengalaman di bidang menulis, mengedit, serta memeriksa sebuah fakta. Bidang ini bisa jadi cara sempurna untuk kamu berkontribusi.

Sebenarnya masih banyak juga bidang yang bisa kamu pilih untuk menjadi contributor disana, seperti review plugin dan tema, penerjemah, community outreach, mobile development, training, marketing, dll yang bisa kamu sesuaikan dengan minat mu.

Langkah 3: Tetap Terlibat dalam Komunitas WordPress

Nah, ini jadi hal yang paling penting buat kamu yang mau jadi contributor WordPress Friends. Penting banget untuk kamu tetap terlibat dalam komunitas agar selalu keep in touch dengan para anggota komunitas. Selain itu dengan terlibat dalam komunitas pun membuat kamu memiliki hubungan kerja sama yang baik. Tentunya hal ini juga mempermudah kamu untuk mengembangkan platform WordPress lebih baik lagi. Kamu bisa ikut pertemuan WordPress seperti Word Camps atau WordPress Meetups yang akan memberikan kamu lebih banyak ilmu lagi loh.

Itu dia pembahasan tentang alasan kenapa kamu harus menjadi contributor WordPress dan bagaimana cara untuk menjadi contributor WordPress.

Semoga artikel bermanfaat untuk kamu ya! Sampai jumpa lagi!

Credit to: Salma Nur Hanina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here