• Home
  • Tutorial
    • Tutorial Email
    • Tutorial Hosting
    • Tutorial VPS
    • Tutorial WordPress
    • Tutorial Server
    • Tutorial Domain
  • Marketing
    • Digital Marketing
    • Panduan Bisnis Online
    • Search Engine Optimization (SEO)
    • Content Marketing
    • Media Sosial
  • Website
    • Website Design
    • Website Untuk Semua
  • Cyber Security
Search
Exabytes Indonesia Tutorial Digital Marketing, Website, & Bisnis Online – Exabytes
  • Tips & Triks
  • Event
  • Promo
  • Kembali ke Exabytes.co.id
Sign in
Welcome! Log into your account
Forgot your password? Get help
Password recovery
Recover your password
A password will be e-mailed to you.
Exabytes Indonesia Exabytes Indonesia
  • Home
  • Tutorial
    • AllTutorial EmailTutorial HostingTutorial VPSTutorial WordPressTutorial ServerTutorial Domain
      manfaat email hosting

      5 Manfaat Email Hosting, Kenapa Penting untuk Sebuah Bisnis?

      cara membuat portofolio website

      Cara Membuat Portofolio Website Sendiri, Mudah dan Cepat

      cara mengatasi err_cache_miss

      7 Cara Mengatasi ERR_CACHE_MISS: Penyebab dan Solusi

      Apa itu SMPT dan Fungsinya

      Protokol SMTP: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Lengkap!

  • Marketing
    • AllDigital MarketingPanduan Bisnis OnlineSearch Engine Optimization (SEO)Content MarketingMedia Sosial
      blog exabytes

      Domain Rating: Pengertian, Perbedaan DR dan DA, Cara Meningkatkan DR

      blog exabytes

      Mengenal Canonical URL: Fungsi dan Penggunaannya

      blog exabytes

      Platform CMS SEO Friendly untuk Situs Anda

      Tips Facebook Marketing

      15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

  • Website
    • AllWebsite DesignWebsite Untuk Semua
      contoh landing page fashion

      10 Contoh Landing Page Fashion yang Menarik dan Keren!

      DNS Terdesentralisasi

      DNS Terdesentralisasi: Keamanan dan Privasi Lebih Bagus? Ini Penjelasannya!

      contoh portofolio web developer

      4 Contoh Portofolio Web Developer dan Cara Membuatnya Lengkap

      blog exabytes

      Mengenal Canonical URL: Fungsi dan Penggunaannya

  • Cyber Security
Home Tutorial Tutorial Email Panduan Lengkap Email Marketing 2023 – Exabytes
  • Tutorial
  • Tutorial Email

Panduan Lengkap Email Marketing 2023 – Exabytes

By
Adya
-
October 2, 2022
4395
Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

    Penggunaan email marketing untuk upaya meningkatkan performa bisnis dianggap sebagai salah satu strategi paling efektif hingga saat ini. Benarkah demikian?

    Dalam era digital yang semakin pesat berkembang, pengguna email pun terus bertambah. Email menjadi salah satu hal yang bisa dibilang wajib dimiliki setiap orang. Maka dari itu, kemungkinan orang untuk membuka email setiap harinya cukup besar. 

    Nah, dengan begitu email marketing menjadi salah satu strategi yang wajib dipelajari oleh para pemilik bisnis. Bagi pemula, apa saja sih yang harus diketahui tentang email marketing? Yuk simak panduan lengkap email marketing 2023 yang wajib diketahui!

    Daftar Isi

    • Sejarah Email Marketing
    • Perkembangan Email Marketing
      • Bersifat hyper-personalization
      • Menggunakan AI (Artificial Intelligence)
      • UGC (User-Generated Content)
      • Lebih interaktif
      • Mobile-friendly
    • Jenis Email Marketing
      • Newsletter email
      • Thank you email
      • Welcome email
      • Promotion email
      • Transaction email
    • Langkah Mudah Menggunakan Email Marketing
      • Pilih software yang tepat
      • Tentukan tujuan yang jelas
      • Buat lead magnet
      • Buat konten email yang menarik
    • Itu Lah Panduan Lengkap Email Marketing Yang Dapat Dilakukan

    Sejarah Email Marketing

    Secara garis besar, email marketing adalah teknik pemasaran menggunakan email sebagai media publikasinya. Sebenarnya, penggunaan email sudah ada sejak lebih dari 50 tahun yang lalu.

    Tepatnya pada tahun 1970 dan dikembangkan oleh Ray Tomlinson. Pada tahun 1980, email mulai diujicobakan dengan jumlah pengguna yang besar dengan teknologi seadanya.

    Kemudian pada tahun 1991, saat teknologi bernama internet mulai muncul, email menjadi bagian dasar dari sistem informasi berbasis web dalam bidang surat menyurat secara elektronik.

    panduan lengkap email marketing

    Seiring berjalannya waktu yang diimbangi dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, penggunaan email semakin melonjak. Pada era 2010-an, penggunaan email semakin meningkat saat perangkat mobile banyak yang menggunakan internet.

    Pada tahun 2012, penggunaan email mulai diperhitungkan untuk kebutuhan marketing. Para marketer melakukan segmentasi melalui email list untuk mengirimkan pesan supaya tepat sasaran.

    Setahun kemudian, inovasi ini dianggap berhasil dan diklaim mampu memberikan dampak positif terhadap pemasaran.

    Perkembangan Email Marketing

    Setelah mengalami evolusi selama lebih dari setengah abad, email sudah mampu untuk memfokuskan distribusinya terhadap pelanggan atau penerimanya.

    Bahkan, pada tahun 2021 lalu, tren personalisasi email diklaim dapat menembus filter “spam” ketat yang dimiliki oleh Google. 

    Dengan begitu, perkembangan email marketing semakin berfokus pada komunikasi dua arah antara pemilik bisnis dan penerima. Selain itu, beberapa perkembangan email marketing yang perlu diketahui, di antaranya:

    Bersifat hyper-personalization

    Hyper-personalization yang dimaksud di sini adalah strategi marketing melalui email yang sangat personal. Dengan begitu, pelanggan akan lebih merasa engage dengan email yang diterimanya dan tingkat keberhasilannya dalam mengonversi pelanggan akan semakin tinggi.

    Hyper-personalization memungkinkan untuk memasukkan data yang berkaitan dengan perilaku konsumen sebelumnya. Maka, konten email yang dibuat akan lebih bisa menyesuaikan dengan perilaku konsumen dan semakin bersifat personal.

    Menggunakan AI (Artificial Intelligence)

    Sejak tahun 2020, penggunaan AI dalam email marketing sudah menjadi tren yang paling banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis. Penggunaan fitur ini biasanya dapat ditemukan pada fitur analytic.

    Dengan begitu, analisa performa sebuah campaign bisa lebih terbantu dengan auto generated oleh AI. Selain terdapat pada fitur analytic, penggunaan AI juga bisa ditemukan pada fitur segmentasi.

    Hal ini memudahkan untuk melakukan pengelompokan pelanggan berdasarkan behavior secara otomatis. 

    UGC (User-Generated Content)

    User-Generated Content atau UGC merupakan seluruh bentuk konten termasuk teks, video, gambar, maupun audio yang dibuat oleh pengguna akhir barang atau jasa.

    Dengan kata lain, UGC adalah konten testimoni, penilaian, atau ulasan yang dibuat oleh para pelanggan. Maka dari itu, saat pebisnis memasukkan fitur ini ke dalam email marketing maka akan berpotensi untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk atau jasa yang dipromosikan.

    Lebih interaktif

    Email marketing saat ini harus bersifat lebih interaktif dengan pelanggan atau calon pelanggan. Hal ini dianggap sebagai hal yang fundamental dalam email marketing.

    Pasalnya, interaksi dalam email marketing bisa membantu bisnis untuk mendapatkan engagement dari pelanggan mereka. Nah, interaksi yang bisa dilakukan di antaranya yaitu bisa membuat polling, kuis singkat, hingga CTA (Call-to-Action) banner agar pelanggan bisa melanjutkan berlangganan atau sekadar membaca pesan selengkapnya.

    Saat pelanggan dilibatkan langsung dengan bisnis, maka mereka akan merasa lebih dekat dengan brand.

    Mobile-friendly

    Membuat email marketing yang mobile-friendly adalah hal yang cukup krusial. Pasalnya, saat ini, orang lebih sering menggunakan smartphone mereka untuk membuka email.

    Maka dari itu, penting untuk membuat email marketing yang responsif bagi berbagai device dan browser yang digunakan oleh pengguna atau pelanggan.

    Apabila pengguna merasa kesulitan dalam membuka tampilan email yang dikirimkan pada mereka, maka mereka akan malas untuk melanjutkan membaca. 

    Jenis Email Marketing

    Seiring berjalannya waktu, email marketing juga terus mengalami perkembangan dan jenisnya mulai beragam. Ada apa saja jenis email marketing sebagai strategi promosi?

    Newsletter email

    Email newsletter merupakan email yang berisi pesan informasi-informasi terbaru tentang suatu produk, event, artikel baru, fitur baru, dan lain sebagainya.

    Thank you email

    Jenis email ini merupakan pesan yang dikirimkan kepada pelanggan atau calon pelanggan sebagai tanda terima kasih. Ucapan terima kasih ini bisa karena pelanggan telah melakukan action, subscribe, atau hal lainnya pada brand tersebut.

    Welcome email

    Nah, kalau jenis email ini biasanya dikirimkan kepada pelanggan saat mereka baru saja melakukan sign in atau sign up ke website.  Welcome email bertujuan untuk memberikan sambutan hangat agar terasa lebih personal bagi para pelanggan maupun calon pelanggan.

    Promotion email

    Seperti namanya, promotion email merupakan email yang berisi tentang pesan promosi sebuah produk barang atau jasa. Tujuannya adalah untuk mendorong penjualan, pendaftaran, atau memberikan penawaran produk baru.

    Konten email ini biasanya akan dibuat dengan menarik dan bersifat persuasif agar dapat mendorong penerima untuk membeli produk tersebut.

    Transaction email

    Transaction email berisi pesan yang disampaikan oleh brand setelah pelanggan melakukan suatu transaksi seperti pembelian barang. Biasanya, email ini akan berisi tentang detail-detail transaksi yang dilakukan pelanggan.

    panduan lengkap email marketing

    Langkah Mudah Menggunakan Email Marketing

    Nah, setelah mengetahui perkembangan dan jenis email marketing, saatnya mempraktekkan penggunaan email marketing ke dalam bisnis yang sedang kamu jalankan. Bagaimana caranya? Apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam membuat email marketing?

    Pilih software yang tepat

    Apakah kamu pernah mendengar istilah EMS (Email Marketing Software)? EMS merupakan software yang akan membantu kamu dalam mengelola pengiriman email. Bahkan software ini juga bisa membantu membuat email yang menarik.

    Dengan pemilihan EMS yang tepat, maka pengiriman kepada ribuan email akan menjadi lebih mudah. Di luaran sana, sudah banyak platform yang menawarkan EMS. Kamu tinggal pilih yang menurutmu paling sesuai dengan kebutuhan.

    Tentukan tujuan yang jelas

    Hal ini merupakan bagian paling krusial dalam penggunaan strategi email marketing. Kamu harus mengetahui tujuan apa yang ingin dicapai dari penggunaan strategi ini.

    Misalnya, untuk memberikan informasi tentang suatu produk baru, membangun hubungan dengan pelanggan maupun calon pelanggan, meningkatkan jumlah traffic, meningkatkan penjualan, meningkatkan engagement, dan lain sebagainya.

    Setelah menentukan tujuan yang ingin didapat, maka akan lebih mudah mengatur email marketing seperti apa yang akan dibuat untuk mencapai tujuan tersebut.

    Buat lead magnet

    Sebelum mengirimkan email marketing, tentunya kamu harus memiliki daftar email dari pelanggan terlebih dahulu. Lalu bagaimana caranya agar orang-orang mau mengirimkan alamat email mereka kepada bisnismu?

    Cara mudah yang biasanya dilakukan yaitu dengan melakukan penawaran tertentu pada pengunjung website-mu. 

    Tapi perlu diingat, hal itu akan mudah dilakukan apabila bisnismu sudah terkenal dan website-nya banyak dikunjungi orang. Bagaimana jika sedang menjalankan bisnis baru?

    Biasanya, cara yang bisa dilakukan adalah menawarkan sesuatu secara gratis pada pelanggan atau calon pelanggan. Misalnya dengan menawarkan e-book gratis dan lain sebagainya. Dengan begitu, mereka akan mengisikan alamat email mereka.

    Buat konten email yang menarik

    Pada tahapan inilah kamu bisa memanfaatkan fitur yang dimiliki oleh EMS. Tapi jangan lupa untuk menyortir email sesuai dengan segmentasi mereka agar konten email lebih mudah untuk dipersonalisasi dengan kebutuhan pelanggan. 

    Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah desain. Desain merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh pelanggan saat mereka membuka email yang kamu kirimkan.

    Sebagus apapun konten atau tulisan yang kamu buat, apabila tidak diimbangi dengan desain yang menarik, maka pelanggan akan malas untuk membacanya. 

    Nah, untuk membuat desain ini, kamu bisa memanfaatkan EMS. Disana, kamu bisa menemukan template-template yang bisa langsung kamu sesuaikan dengan bisnismu.

    Itu Lah Panduan Lengkap Email Marketing Yang Dapat Dilakukan

    Setelah mengetahui panduan lengkap tentang email marketing, ternyata tidak sulit bukan untuk menerapkannya? Hingga saat ini, strategi ini masih banyak digandrungi oleh pemilik bisnis karena dianggap relevan.

    Selain itu, pembuatan email marketing juga sangat mudah. Kamu bisa memanfaatkan EMS untuk membuat desain dan template email marketing sesuai dengan kebutuhan bisnis.

    Gunakan Layanan Email Marketing Disini!
    • TAGS
    • Email Marketing
    Facebook
    Twitter
    Pinterest
    WhatsApp
      Previous article19 Fitur Google Workspace yang Bantu Pekerjaan dan Bisnis Berjalan dengan Baik dan Lancar (Lengkap)
      Next articleYuk Belajar Membuat Konten Email Marketing dari 0!
      Adya
      Adya

      RELATED ARTICLESMORE FROM AUTHOR

      manfaat email hosting

      5 Manfaat Email Hosting, Kenapa Penting untuk Sebuah Bisnis?

      8 Penyedia Layanan Email Gratis Terbaik

      8 Penyedia Layanan Email Gratis Terbaik

      cara-mengidentifikasi-email-penipuan

      Email Penipuan, Bagaimana Cara Mengidentifikasinya?

      manfaat email hosting

      5 Manfaat Email Hosting, Kenapa Penting untuk Sebuah Bisnis?

      December 20, 2024
      cara membuat portofolio website

      Cara Membuat Portofolio Website Sendiri, Mudah dan Cepat

      December 18, 2024
      cara mengatasi err_cache_miss

      7 Cara Mengatasi ERR_CACHE_MISS: Penyebab dan Solusi

      December 17, 2024

      Artikel Populer

      21+ Rekomendasi Template Blogger Gratis dan Responsive

      April 19, 2021

      7 Raksasa Industri Bisnis Indonesia Yang (segera) Bangkrut [Update 2018]

      July 21, 2017

      Pernah Ngalamin 5 Hal Kocak Ini Pas Belanja di Toko Online?

      December 15, 2016

      Ketegori Populer

      • Tutorial Hosting218
      • Tutorial WordPress162
      • Panduan Bisnis Online130
      • Umum672
      • Tips & Triks184
      • Event Exabytes133
      • Website239
      • Tutorial Domain235

      Artikel Terbaru

      Apa Itu Sidebar Website? Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya

      November 20, 2025

      Cara Memindahkan Email Bisnis Lama ke Google Workspace

      November 19, 2025

      Mengapa UMKM Harus Menggunakan Google Workspace

      November 12, 2025

      Support

      • Panduan Pengguna
      • Pengumuman
      • Network Uptime
      • Buka Tiket Support
      • Hubungi Kami

      Ikuti Kami

      Facebook
      Instagram
      Tiktok
      Twitter
      Youtube
      Linkedin

      Berlangganan Newsletter

      Dapatkan informasi promosi terbaru dan berbagai acara menarik kami.

      Hak Cipta © 2025 PT. Exabytes Network Indonesia
      Harga belum termasuk PPN 11%