10+ Jenis Email Marketing Untuk Mengembangkan Bisnis Online

472
Jenis Email Marketing Untuk Mengembangkan Bisnis Online
8 min read

Banyaknya pengguna email saat ini bisa menjadi kesempatan emas bagi para pebisnis untuk melakukan strategi pemasaran yaitu email marketing. Saat hendak melakukan pemasaran menggunakan email sebagai media, pastikan memilih jenis email marketing yang lebih potensial agar sesuai dengan tujuan dan ekspektasi.

Bagi kamu yang belum mengenal apa saja jenis email marketing yang tersedia, kita bisa menemukan informasi tersebut bersama-sama dari artikel ini.

Apa Itu Email Marketing

apa itu email marketing dan jenisnya
Email marketing menjadi salah satu cara marketing yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis online. (Sumber: flickr – Hanh Nguyen)

Banyak orang yang membicarakan email marketing terutama mereka yang ingin menggunakan strategi pemasaran secara digital. Lalu, apa itu email marketing

Email marketing adalah cara marketing yang dilakukan oleh pelaku bisnis dengan memanfaatkan email sebagai media. Pemasaran jenis ini juga menjadi cara efektif untuk membangung koneksi dengan calon pelanggan. Kamu juga bisa mengarahkan agar mereka menjadi pelanggan setia.

Selain itu, kamu juga bisa bereaksi secara langsung terhadap tindakan para pelanggan. Misalnya, jika pelanggan sudah memilih produk namun belum melakukan pembayaran, kamu bisa mengirimkan email pengingat agar mereka segera menyelesaikan pembayaran tersebut. 

Agar lebih yakin untuk menggunakan pemasaran melalui email, ketahui manfaat email marketing untuk bisnis. 

Jenis Email Marketing

12 jenis email marketing
Terdapat 12 jenis email marketing yang bisa membantu mengembangkan bisnis. (Sumber: pixabay – Ksv_gracis)

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah mengetahui jenis email marketing yang paling tepat dengan strategi pemasaran yang dimiliki. Oleh karena itu, kamu harus tahu apa saja jenis email marketing yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis.

Pada umumnya, ada banyak jenis email marketing yang patut kamu coba sebagai pemilik bisnis online, di antaranya adalah sebagai berikut:

Digest Email

Digest email adalah email marketing yang otomatis dihasilkan oleh mailing list elektronik. Dengan email ini kamu bisa menentukan berapa lama email tersebut akan digunakan apakah setiap hari, minggu, bulan, dan lain sebagainya. Email ini juga memungkinkan kamu membatasi penerima dalam satu kali pengiriman pesan tunggal.

Sebelum memanfaatkan media email untuk kebutuhan pemasaran dan promosi, kamu juga harus tahu apa saja perbedaan email bisnis dan email pribadi agar lebih bisa memahami konsep email untuk kebutuhan bisnis dan pemasarannya.

Dengan digest email, pelanggan bisa dengan mudah melihat progres produk kamu setiap bulannya. Dengan begitu, mereka bisa melihat produk terbaru yang kamu keluarkan di bulan tertentu. Saat menemukan produk yang menarik atau sesuai kebutuhan, bukan tidak mungkin mereka akan membelinya. 

Newsletter atau Buletin

Email newsletter
Newsletter atau buletin harus menarik dan bersifat call-to-action (CTA) agar terlihat atraktif.(Sumber: pixabay – Pixaline)

Jenis email marketing yang kedua adalah newsletter atau buletin yang banyak digunakan oleh perusahaan digital untuk memperkenalkan segala hal tentang produk yang mereka tawarkan. Buletin bisa product knowledge dan kumpulan artikel informatif dan menarik untuk para pelanggan.

Email yang dibuat menggunakan gambar yang menarik dan bersifat CTA (call-to-action) akan lebih atraktif sehingga penerima email akan tertarik untuk membuka dan membaca email yang mereka terima. 

Baca Juga  10 Manfaat Email Marketing Bagi Bisnis Online

Jangan pernah ragu untuk bereksplorasi untuk setiap buletin yang akan diterbitkan agar pengguna atau pengunjung selalu bersedia membuka dan penasaran dengan isi email yang kamu kirimkan.

Welcome Email

Welcome email adalah email yang bisa kamu kirimkan setelah orang-orang berlangganan newsletter situs web, mendownload ebook, atau menekan tombol subscribe di halaman website. Isi email berupa ucapan terima kasih dan informasi tambahan seperti program penawaran khusus atau informasi terkait produk dan jasa yang kamu jual.

Direct Email

direct email, salah satu jenis email marketing
Direct email merupakan jenis email marketing yang berisi promosi atau ajakan untuk menjadi pelanggan baru dengan menawarkan sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan. (Sumber: pixabay – Ksv_gracis)

Selanjutnya, ada jenis direct email yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan pemasaran melalui email. Email marketing jenis ini merupakan pesan yang pelaku bisnis online kirimkan ke daftar email pelanggan baru atau pun pelanggan setia.

Isi atau konten email bisa berupa promosi atau ajakan untuk menjadi pelanggan dengan menyertakan keuntungan yang bisa orang-orang dapatkan saat menjadi pelanggan baru di toko online kamu.

Saat menggunakan direct email, hindari mengirimkan email secara terus menerus yang bisa mengganggu kenyamanan penerima. Alhasil, penerima akan menandai email tersebut sebagai spam. Jika hal tersebut terjadi, mereka tidak akan membuka email dan bahkan bisa berhenti berlangganan dari bisnis kamu.

Email Katalog

Selain newsletter, pemilik bisnis bisa mengirimkan katalog produk atau jasa melalui email. Tujuannya adalah untuk memberikan product knowledge pada pengguna atau pelanggan. Email katalog merupakan hard selling, jadi jangan ragu mencantumkan informasi tentang kelebihan produk yang kamu jual sedetail mungkin. 

Penggunaan gambar HD yang menarik dan harga yang dicantumkan sangat disarankan di email katalog. Jenis email marketing ini terkesan terlalu menjual sehingga membuat orang-orang enggan untuk menerimanya. 

Coba gunakan teknologi CRM atau customer relationship management untuk menganalisa kebutuhan pengguna yang berbeda agar email tidak terkesan sebagai cara jualan.

Email Transaksional

Email transaksional merupakan pesan yang muncul karena dipicu oleh tindakan tertentu yang pelanggan lakukan seperti pembelian atau pemesanan produk. Isi email bisa berupa tanda terima, status orderan, info tagihan, faktur, atau apapun yang berhubungan dengan pesanan atau pembelian.

Kamu bisa menyisipkan informasi promo atau produk terbaru agar email tersebut juga memiliki nilai jual. Ucapan terima kasih pada pelanggan tidak kalah penting karena hal tersebut bisa membuat pelanggan merasa dihargai dan tertarik untuk kembali melakukan transaksi di kemudian hari.

Meskipun email transaksional, tetapi akan lebih baik jika tampilannya atraktif agar menarik perhatian pelanggan atau pembeli.

Email Undangan Acara

Jika dilihat dari namanya, kamu pasti tahu bahwa jenis email marketing ini adalah sarana untuk promosi saat hendak mengadakan acara. Kamu juga bisa menjelaskan kenapa penerima email harus menghadiri acara tersebut agar mereka penasaran dan ingin datang ke acara tersebut.

Untuk menarik pendaftar, kamu bisa menambahkan call-to-action (CTA). Akan tetapi, kamu harus berhati-hati dalam menulis email undangan tersebut. Isinya harus singkat, padat, informatif, dan menarik agar penerima email mengerti poin yang ingin kamu sampaikan.

Baca Juga  Panduan Email Blast: Pengertian, Cara, Aplikasi dan Contohnya!

Email Sponsor

Untuk bisa menjangkau pelanggan yang berbeda dan mendapatkan arahan baru, mengapa tidak mencoba email sponsor dengan iklan bergambar? Kamu bisa menggunakan email ini kapan saja namun email ini berbayar.

Salah satu kelebihan email marketing jenis ini adalah penggunaan bisa menentukan target promosi dan mengirimkan email ke target penerima yang tepat. Sehingga mereka memiliki potensi besar untuk mendapatkan penjualan di masa mendatang. 

Email Khusus

Ada banyak macam email khusus dan salah satunya adalah email yang kamu buat sendiri. Artinya adalah email tersebut berdiri sendiri dan biasanya hanya mengandung satu informasi tertentu saja. Untuk mengirimkan email jenis ini, orang-orang biasanya menggunakan alamat email yang berbeda.

Kamu bahkan bisa menggunakan alamat email pribadi yang dibuat menggunakan layanan email gratis setiap kali mengirim email khusus. 

Dengan jenis email marketing ini, kamu bisa mengirimkan email lebih banyak dari email marketing yang biasanya kamu gunakan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengukur hasil email marketing dengan lebih mudah.

Email Follow-up

Jika kamu ingin memastikan bahwa pelanggan akan tetap setia, kamu bisa mengirimkan email follow-up dengan konten yang informatif. Pelanggan yang menantikan email ini akan senang saat menerima notifikasi email masuk dari bisnis atau brand kamu. Mereka pasti tidak sabar untuk melihat isi email yang berisi informasi yang mereka butuhkan. 

Email Blast

Email blast menjadi bagian dari strategi marketing masa kini. Dengan menggunakan email ini, kamu bisa lebih hemat waktu dan tenaga dalam mengirimkan promosi karena kamu mengirimkan email dalam satu waktu ke semua kontak yang ada. Gunakan panduan email blast jika ini kali pertama kamu membuatnya.

Lead Nurturing Email

Email marketing selanjutnya adalah lead nurturing email. Kamu bisa menggunakannya untuk memelihara hubungan dengan leads potensial melalui marketing funnel ke posisi kesiapan penjualan. 

Sebelum mengirimkan email, kamu harus menyiapkan strategi tepat agar bisa mengubah leads potensial menjadi calon pelanggan atau pembeli. 

Marketing funnel adalah cara yang digunakan untuk menjelaskan berbagai tahapan yang pelanggan lalui sebelum mereka membeli produk atau jasa tertentu.

Dengan kata lain, kamu harus mengidentifikasi grup kontak email tertentu dengan ketertarikan pada topik yang sama. Kemudian, kamu tindaklanjuti dengan konten yang lebih relevan dan bertarget. Bukan tidak mungkin mereka akan melanjutkan hubungan dengan kamu sehingga kamu akan mendapatkan pelanggan baru.

Kesimpulan

Email marketing menjadi strategi pemasaran digital masa kini. Akan tetapi, keberhasilannya bergantung pada banyak hal, salah satunya adalah pemilihan jenis email marketing yang tepat. Jadi, penting bagi kamu untuk menentukan jenis email mana yang akan berpengaruh pada bisnis di kemudian hari.

Jika kamu butuh email marketing sebagai salah satu strategi digital marketing yang tepat, Exabytes bisa memberikan solusi terbaik dan berkualitas. Penasaran? Kenapa tidak mencobanya sekarang?

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments