Shared Hosting vs Dedicated Server: Mana yang Lebih Baik?

0
1114

Agar bisa menjalankan website, salah satu hal yang perlu kamu pilih dengan baik adalah layanan hosting. Jadi, apabila sudah memiliki nama domain yang tepat, segera pertimbangkan layanan atau jenis hosting apa yang paling tepat untuk jenis dan kebutuhan situs web.

Tahukah kamu kalau ada berbagai jenis hosting, termasuk shared hosting vs dedicated server? Dari namanya, kamu mungkin bisa menyimpulkan kalau shared hosting merupakan layanan hosting yang mengharuskan pengguna berbagi dengan pengguna lain. Berbeda halnya dengan dedicated server yang hanya digunakan oleh satu pengguna saja.

Dengan begitu, kamu juga bisa melihat perbedaan antara keduanya, dimana pengguna shared hosting harus berbagi fitur sementara pengguna dedicated server bisa menggunakannya sendiri. Sehingga pengguna dedicated server tidak perlu khawatir website akan down.

Meski demikian, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang biasanya dijadikan pertimbangan sebelum memilih salah satu jenis layanan hosting tersebut.

Kali ini kita akan mencoba mencari tahu sebenarnya apa saja yang membedakan antara shared hosting vs dedicated server dan mana yang bisa menjadi pilihan tepat untuk bisnismu. Simak selengkapnya di artikel kali ya Exabytes friends!

Apa itu Shared Hosting?

shares hosting
Sumber: iStock

Sebelum lebih jauh mencari tahu apa saja perbedaan shared hosting vs dedicated server, kamu penasaran dengan apa yang disebut dengan shared hosting?

Sebenarnya, apa sih shared hosting itu? Apakah jenis hosting satu ini merupakan salah satu pilihan hosting murah yang tersedia? Shared hosting adalah layanan hosting yang memungkinkan beberapa pengguna untuk menggunakan server yang sama. Kemudian, mereka akan mendapatkan resource agar website bisa online.

Sebagai gambaran dari layanan hosting ini, kamu bisa mengibaratkan shared hosting sebagai apartemen yang menawarkan berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh para penghuninya, mulai dari kolam renang, taman, pusat gym, hingga tempat parkir.

Itu artinya, ada keterbatasan dalam penggunaan fasilitas tersebut karena pengguna harus berbagai dengan pengguna lain. Begitu pula dalam shared hosting. 

Saat menggunakan resource secara bersama-sama, artinya para pengguna hosting ini akan menggunakan CPU, ruang penyimpanan, dan memori yang sama. Tidak hanya itu, penggunaan bandwidth juga akan sangat terbatas yang dapat mengakibatkan situs web melambat saat trafik mulai tinggi. 

Keuntungan Menggunakan Shared Hosting

Meski pengguna harus berbagai dengan penggunaan lain di server yang sama, tetapi shared hosting menawarkan sejumlah keuntungan. Apa saja? Berikut adalah beberapa keuntungan dalam menggunakan shared hosting:

  • Harga terjangkau
  • Mudah digunakan sehingga tidak mengharuskan pengguna untuk memiliki kemampuan teknis
  • Efisiensi dalam penggunaan teknologi
  • Setup sederhana

Kekurangan Menggunakan Shared Hosting

Meski dirasa cocok terutama untuk situs web dengan trafik rendah dan pemula, tetapi shared hosting memiliki kekurangan. Itu artinya, kamu harus mempertimbangkan kekurangan tersebut sebelum memilih shared hosting.

Berikut adalah sejumlah kekurangan dari shared hosting:

  • Kapasitas resource yang terbatas
  • Kemungkinan akan sering terkena masalah akibat tingginya trafik dari pengguna lain
  • Akses backend sangat terbatas
  • Tidak ada akses root

Apa itu Dedicated Server?

shared hosting vs dedicated server: mengenal aoa itu dedicated server
Sumber: iStock

Setelah mengetahui apa itu shared hosting, kamu mungkin semakin penasaran dengan perbandingan shared hosting vs dedicated server. 

Eits, tunggu dulu, karena kamu harus terlebih dahulu mengetahui apa itu dedicated server agar setidaknya bisa mengenal kedua jenis layanan hosting. Jadi, bisa lebih mudah dalam menentukan layanan hosting mana yang paling tepat untuk website milikmu.

Dedicated server atau dedicated hosting adalah layanan hosting yang memberikan pengguna akses dan kontrol penuh terhadap server yang akan digunakan. Itu juga berarti pengguna bisa menggunakan resource tanpa harus berbagi dengan pengguna lain. Jadi, lebih minim masalah loading website lambat atau down karena tingginya trafik website.

Keuntungan Menggunakan Dedicated Server

Dengan akses dan kontrol penuh pada server, dedicated server menawarkan keuntungan yang tidak bisa didapatkan oleh pengguna shared hosting. Termasuk di antaranya adalah:

  • Kontrol penuh
  • Akses eksklusif ke resource
  • Performa dan keamanan yang stabil
  • Menawarkan fleksibilitas dalam pemilihan sistem operasi yang digunakan pada situs web
  • Memungkinkan pengguna menyimpan data yang banyak
  • Tetap bekerja optimal saat trafik website tinggi
  • Tersedia akses root untuk mengatur server hosting

Kekurangan Menggunakan Dedicated Server

Meski menawarkan akses yang lebih, pengguna dedicated server juga harus sadar akan kekurangan hosting satu ini, di antaranya adalah:

  • Harga tergolong mahal
  • Perlu keahlian khusus yang berhubungan dengan hal teknis server
  • Memerlukan waktu dalam perawatan server

Perbedaan Shared Hosting dan Dedicated Server

shared hosting vs dedicated server
Sumber: iStock

Setelah mengetahui apa itu shared hosting dan dedicated server, sebagian dari kamu mungkin sudah bisa menyimpulkan apa saja perbedaan antara keduanya. Secara umum, shared hosting vs dedicated server memang memiliki perbedaan dalam harga dan akses, bukan? Namun, untuk lebih jelasnya, mari kita cari tahu lebih lanjut di bawah ini!

Performa

Sudah menjadi rahasia umum kalau ternyata harga menentukan kualitas, begitu pula dalam hosting. Perbedaan shared hosting vs dedicated server bisa juga kita lihat dari segi performa. Agar bisa mendapatkan performa yang lebih andal dan minim risiko error pada website karena pengaruh tingginya trafik, dedicated server adalah pilihan tepat.

Konfigurasi

Perbedaan antara shared hosting vs dedicated server selanjutnya ada pada konfigurasi hosting. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa shared hosting mudah digunakan bahkan bagi pemula yang tidak memiliki kemampuan teknis.

Konfigurasi yang sederhana menjadi nilai plus untuk shared hosting yang turut membedakannya dengan dedicated server.

Konfigurasi yang kompleks pada dedicated server dikarena pengguna bisa melakukan kustomisasi baik pada server maupun aplikasi. Jadi bisa mereka sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Perkembangan website juga bisa dipantau dengan adanya akses ke server dan control panel.

Fleksibilitas

Dalam hal fleksibilitas, terdapat perbedaan jelas antara shared hosting vs dedicated server. Dimana shared hosting memiliki resource yang terbatas. Sementara dedicated server menawarkan resource yang bisa pengguna upgrade sesuai kebutuhan sehingga lebih fleksibel.

Harga

Akses dan resource yang terbatas memang merupakan kekurangan dari shared hosting. Akan tetapi, dari segi harga, layanan hosting tersebut lebih terjangkau dari dedicated server. Seperti yang kita tahu kalau untuk mendapatkan fitur, fasilitas, dan layanan yang lebih, kita harus mengeluarkan lebih banyak uang.

Intinya, penggunaan akan mendapatkan sesuai dengan biaya yang mereka keluarkan. Hosting murah tersedia di Exabytes yang bisa kamu beli kapan saja.

Keamanan

Keamanan juga menjadi pembeda antara shared hosting dengan dedicated server. Shared hosting berarti berbagai fitur dan fasilitas dari layanan hosting dengan pengguna lain di server yang sama. 

Tingkat keamanan pada layanan hosting yang digunakan bersama-sama masih tergolong rendah. Sebaiknya pengguna menyimpan data-data penting yang bersifat konfidensial di tempat yang tidak bisa diakses oleh pihak lain. 

Apabila khawatir akan risiko dan masalahan yang berhubungan dengan keamanan, sepertinya dedicated server lebih pas untuk kamu. Karena kamu adalah satu-satunya pengguna, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena tidak berbagi resource dengan pihak lain.

Mana yang Lebih Baik Untuk Bisnis Kamu, Shared Hosting Atau Dedicated Server?

Dengan melihat sejumlah perbedaan shared hosting vs dedicated hosting, kelebihan, dan kekurangan masing-masing, lantas mana pilihan yang lebih baik? Pilihan yang paling baik adalah layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Jadi, akan sulit memutuskan apakah shared hosting atau dedicated server pilihan yang paling baik untuk bisnis kamu apabila kamu sendiri tidak tahu dengan jelas kebutuhan bisnismu. Jadi, sebaiknya sesuaikan pilihan hosting dengan kebutuhan.

Misalnya, apabila kamu memiliki tujuan jangka panjang yaitu traffic website yang tinggi, tentunya kamu harus mempertimbangkan untuk memilih dedicated server karena bisa mengakomodasi kebutuhan resource yang tinggi seiring dengan meningkatnya traffic

Sebaliknya, jika website memang tidak ditujukan untuk mendapatkan traffic yang tinggi, sepertinya shared hosting sudah cukup. Terlebih jika biaya juga menjadi pertimbangan dalam memilih layanan hosting.

Kesimpulan

Perbedaan antara shared hosting vs dedicated server seringkali digunakan sebagai pertimbangan dalam memilih layanan hosting yang tepat. Hal tersebut sangat penting mengingat kebutuhan website yang berbeda-beda.

Dengan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing, mana yang lebih kamu harapkan bisa memenuhi kebutuhan website dan bisnismu, shared hosting atau dedicated server? Apapun layanan hosting yang akan kamu gunakan, dapatkan layanan hosting terbaik dari Exabytes.

Mengapa Exabytes? Selain menawarkan layanan hosting yang bisa pelanggan sesuaikan dengan kebutuhan, tujuan bisnis, dan budget, Exabytes juga sudah memiliki sertifikat ISO 27001, standar yang diakui secara internasional dalam penerapan sistem manajemen keamanan informasi. Jadi, kerahasiaan pelanggan akan sangat terjaga.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments