Afiliasi Adalah Cara Mendapatkan Uang yang Mudah, Yuk Coba!

0
871

Apakah istilah afiliasi sudah tidak lagi asing? Bagi yang sudah terbiasa mendengar istilah satu ini mungkin sudah tahu apa artinya, bukan? Namun, bagaimana bagi mereka yang baru kali pertama mendengarnya? 

Afiliasi adalah hal penting yang perlu kamu tahu, terlebih apabila ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Jadi, simak selengkapnya ya!

Mengenal Apa Itu Afiliasi

Mengenal Apa Itu Afiliasi

Afiliasi adalah cara mengembangkan pemasukan dengan mendaftarkan diri pada perusahaan atau bisnis yang menjual produk melalui program afiliasi. Mereka yang bergabung di program tersebut akan mendapatkan penghasilan dari komisi yang perusahaan tetapkan apabila mampu menjual produk. 

Mengacu pada KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, afiliasi adalah hubungan antara anggota atau cabang, seperti bentuk kerja asma perusahaan di Indonesia dan di negara lain.

Dengan kata lain, kamu juga bisa menyimpulkan afiliasi sebagai bentuk kerjasama antara individu dan perusahaan dengan tujuan mendapatkan keuntungan melalui strategi marketing dengan menambahkan link di blog atau media sosial.

Melalui afiliasi inilah, kamu bisa mendapatkan uang dengan menjual barang atau jasa perusahaan yang menyediakan program afiliasi. Sehingga nantinya kamu bisa menambahkan sebanyak mungkin penghasilan sesuai dengan banyaknya produk atau jasa yang terjual melalui tautan yang kamu bagikan kepada target audiens.

Salah satu contoh program afiliasi yang bisa kamu coba adalah program afiliasi hosting Exabytes.

Cara Kerja Afiliasi

Secara singkat, afiliasi adalah kerjasama antara dua pihak, baik kolaborasi antar perusahaan atau perusahaan dengan individu. Dalam memasarkan barang atau jasa, sistem kerja afiliasi dikenal sebagai yang paling mudah. Affiliate marketer bisa memasarkan barang melalui berbagai media, termasuk website dan media sosial.

Cara pemasaran satu ini tergolong sebagai digital marketing karena memanfaatkan media online melalui penggunaan internet. Bahkan tergolong mudah, dengan membuat konten yang berhubungan dengan produk atau jasa yang dijual. Kemudian, kamu akan mendapatkan komisi dari penjualan yang berasal dari tautan yang kamu bagikan.

Afiliasi tidak mengharuskan kamu memiliki persediaan barang karena kamu hanya sebagai pemasar saja. Adapun ketersediaan barang yang konsumen beli itu nantinya menjadi tanggung jawab perusahaan atau toko yang menyediakan program afiliasi yang kamu ikuti.

Secara detail, berikut adalah cara kerja program afiliasi:

Melakukan Pendaftaran

Untuk bisa menjadi bagian dari program afiliasi, kamu harus melakukan pendaftaran. Pendaftaran ini biasanya dilakukan melalui website perusahaan yang kemudian memungkinkan kamu mendapatkan kode referal. Kode tersebut akan berbeda antar pendaftar dan menjadi penanda bahwa konsumen yang membeli produk dari afiliator tersebut.

Promosi

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, langkah selanjutnya dari cara kerja afiliasi adalah melakukan promosi. Tujuannya adalah mendapatkan sebanyak mungkin calon pembeli melalui cara yang dapat menarik perhatian mereka. 

Ya, kamu bisa melakukan berbagai strategi yang cocok untuk kegiatan promosi dan pemasaran. Misalnya, dengan menulis ulasan produk di blog, mengikuti forum online, atau memanfaatkan media sosial.

Apabila ingin mempelajari lebih jauh tentang panduan social media marketing, silahkan baca artikel satu ini.

Target Audiens Membeli Produk Melalui Tautan atau Kode Unik

Selanjutnya, kamu akan berada di langkah yang lebih jauh, di mana audiens tertarget kemudian tertarik membeli produk. Mereka yang melakukan pembelian melalui tautan atau kode referral kamu adalah sumber penghasilan bagi kamu. Kamu akan mendapatkan komisi dengan persentase yang sudah ditentukan.

Mendapatkan Komisi

Bagian yang paling disukai dari afiliasi adalah mendapatkan komisi, bukan? Komisi menjadi hak para afiliator yang berhasil menarik pembeli dan melakukan pemesanan atau pembelian melalui tautan yang dibagikan. 

Komisi dari afiliasi tidak hanya berasal dari penjualan produk saja. Beberapa perusahaan mungkin menawarkan komisi kepada affiliator setelah target audiens melakukan suatu tindakan, seperti:

  • Mengisi formulir
  • Mengunduh aplikasi
  • Berlangganan newsletter
  • Mengunjungi website

Keuntungan Mengikuti Program Afiliasi

Masih belum yakin untuk meraih kesempatan mendapatkan uang dari program afiliasi? Afiliasi adalah program yang menawarkan keuntungan bagi perusahaan dan pihak yang bergabung di program afiliasi. Untuk kamu yang mengikuti program afiliasi, akan ada banyak keuntungan yang didapatkan, termasuk:

Fleksibilitas dalam Bekerja

Bekerja di dunia digital memungkinkan kamu mendapatkan fleksibilitas, termasuk saat menjadi bagian dari program afiliasi. Artinya, kamu bisa menentukan sendiri waktu bekerja. Menawarkan produk atau jasa sebagai affiliate marketer juga tidak ada aturan di mana kamu harus bekerja. Dengan kata lain, kamu bisa bekerja dari mana saja.

Jadi, tidak perlu datang ke kantor atau bekerja on-site. Cukup bagikan kode referral atau tautan kepada target konsumen. Kamu bahkan tidak perlu banyak modal untuk pekerjaan ini. Cukup pastikan memiliki koneksi internet dan perangkat yang mendukung, baik komputer, tablet, atau smartphone.

Modal yang Minim

Keuntungan selanjutnya dari program afiliasi adalah kamu bisa memulai usaha bahkan dengan modal yang minim. Saat ini, tersedia banyak program afiliasi yang bisa kamu ikuti bahkan secara gratis. Itu artinya, kamu tidak perlu modal banyak, terlebih apabila sudah punya perangkat yang mumpuni serta berlangganan koneksi internet.

Kamu juga bisa mencoba beberapa usaha sampingan karyawan dengan modal kecil.

Mendapatkan Passive Income

Tidak bisa dipungkiri bahwa mendapatkan passive income dari program afiliasi adalah hal yang paling menarik. Ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang atau pihak yang saat ini semakin tertarik menjadi bagian dari pemasaran produk perusahaan melalui program afiliasi.

Bukankah semakin banyak passive income akan semakin sejahtera seseorang? Kamu tetap bisa berfokus pada pekerjaan utama sembari menjalankan usaha atau bisnis sampingan yang mendatangkan pendapatan tambahan.

Potensi Penghasilan yang Tinggi

Dalam program afiliasi, kamu mendapatkan penghasilan dari usaha sendiri. Semakin banyak produk yang terjual, semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa penghasilan para afiliator tidak hanya dari penjualan produk saja.

Apabila kamu bergabung dengan perusahaan yang menawarkan komisi dari aksi lain, tentu akan semakin banyak penghasilan yang didapatkan. Misalnya, komisi dari pendaftaran yang pengunjung website lakukan atau dari banyaknya unduhan aplikasi para pengguna.

Peluang Mengikuti Banyak Program Afiliasi

Tidak ada batasan untuk mengikuti program afiliasi. Dengan semakin banyaknya perusahaan yang menawarkan program afiliasi, terutama e-commerce, semakin banyak program afiliasi yang bisa kamu ikuti.

Ini tentu memberikan keuntungan tersendiri. Kamu berpeluang mendapatkan lebih banyak penghasilan dari sumber yang lebih banyak. Namun, pastikan kamu mempunyai strategi pemasaran yang tepat agar bisa mencapai tujuan, yaitu mendapatkan sebanyak mungkin komisi dan menjadikannya sebagai ladang penghasilan.

Cara Bergabung Program Afiliasi

Afiliasi Adalah Cara Mendapatkan Uang yang Mudah

Sudah siap untuk menghasilkan uang secara online? Mulailah untuk bergabung dengan program afiliasi perusahaan yang kamu yakini akan memberikan penghasilan sesuai kesepakatan dan ketentuan.

Adapun cara bergabung dengan program afiliasi adalah sebagai berikut:

Pilih Produk atau Layanan

Langkah awal agar bisa bergabung dengan program afiliasi adalah memilih produk atau layanan. Kamu bisa memilih produk atau layanan yang dapat memberikan potensi penghasilan yang tinggi, sesuai dengan niche website atau blog, bahkan passion kamu. Pertimbangkan juga permintaan pasar dan popularitas produk.

Dengan memilih produk atau layanan yang banyak dicari konsumen, semakin besar peluang untuk mendapatkan komisi.

Bergabung dengan Program Afiliasi yang Tersedia

Kemudian, kamu bisa mulai bergabung menjadi bagian dari afiliasi sebuah perusahaan atau bisnis. Hal inilah yang menjadi penentu langkah kamu dalam afiliasi. Saat bergabung kamu akan mendapatkan kode atau tautan unik yang menjadi jembatan konsumen menemukan dan membeli produk tertentu.

Lakukan Promosi dan Pemasaran dengan Strategi yang Tepat

Untuk bisa membangun kesuksesan di program afiliasi, pastikan kamu akan melakukan promosi dan pemasaran. Tentunya dengan menentukan strategi pemasaran yang tepat, misalnya dengan membagikan konten menarik dan membuat audiens penasaran dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Pantau dan Analisa Performa

Apabila sudah mulai memasarkan produk afiliasi, kamu harus mulai memantau dan menganalisa performa. Sehingga bisa melihat sejauh mana efektivitas strategi pemasaran yang dijalankan. Kamu juga bisa mengetahui sebesar apa potensi mendapatkan komisi.

Jadi, Afiliasi Adalah …

Afiliasi adalah kesempatan emas bagi siapapun yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Apabila kamu tertarik untuk mencobanya, segera bergabung dengan program afiliasi hosting dari Exabytes

Untuk kebutuhan pemasaran, kamu bisa menggunakan jasa yang disediakan oleh Exabytes, mulai dari pembuatan website, hosting, hingga jasa SEO. Semua tersedia lengkap dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan pemasaran.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments