Inilah 10 Alasan Harus Membuat Website Dengan Exabytes

395
Alasan Harus Membuat Website dengan Exabytes
7 min read

Hi, Exabytes Friends!

Selama berabad-abad, manusia telah menemukan berbagai macam cara untuk berkomunikasi baik untuk urusan personal maupun profesional. Namun, sejak internet mulai memainkan perannya, arah aktivitas manusia dalam komunikasi telah menunjukkan kemajuan yang sangat pesat. Komunikasi menjadi sangat signifikan dan mengesankan selama dekade terakhir, seiring ketersediaan internet yang lebih luas dan pengembangan teknologi baru.

Sekitar 10 atau 20 tahun yang lalu, memiliki website atau situs web dilihat sebagai semacam kemewahan, sementara hari ini website sudah digunakan secara luas dan merupakan faktor penting dari pertumbuhan pribadi, profesional dan bisnis. Jika Anda tertarik untuk membuat website karena salah 1 dari 3 hal ini, maka Kami siap untuk membantu.

Apa itu website?

Setelah paham definisi dan banyak manfaatnya, Anda pasti akan tertarik untuk membuat website. (Sumber: Adobe Photo Images)
Setelah paham definisi dan banyak manfaatnya, Anda pasti akan tertarik untuk membuat website. (Sumber: Adobe Photo Images)

Website adalah kumpulan halaman web yang dapat diakses publik dan saling terkait yang berbagi satu nama domain. Website dapat dibuat dan dikelola oleh individu, kelompok, bisnis, atau organisasi untuk mengakomodasi berbagai tujuan.

Secara kolektif, semua website yang dapat diakses publik membentuk suatu kesatuan yang namanya kita kenal sebagai World Wide Web (www).

Meskipun terkadang disebut “web page” (halaman web), definisi ini salah, karena sebuah website terdiri dari beberapa halaman web (jamak, bukan tunggal). Sebuah website juga dikenal sebagai “web presence” (kehadiran web) atau untuk simpelnya kita sebut dengan “situs.”

Website muncul dengan variasi yang hampir tidak ada habisnya, termasuk situs pendidikan, situs berita, forum, situs sosial media, situs e-commerce dan sebagainya. Halaman-halaman dalam situs web biasanya merupakan campuran teks dan media lainnya. Yang mengatakan, tidak ada aturan yang menentukan bentuk website.

Beranda (homepage atau home) mewakili halaman utama situs itu sendiri. Seringkali, beranda adalah semacam “hub” dari mana semua halaman lain dapat diakses. Halaman web internal tempat beberapa halaman lain ditautkan dalam struktur yang koheren (seperti kategori topik tertentu) disebut sebagai “halaman induk.”

Setiap halaman adalah satu dokumen HTML, dan semuanya terhubung melalui hyperlink (atau hanya “link” atau tautan) yang dapat digabungkan dalam bilah navigasi untuk kemudahan penggunaan. 

Bilah navigasi ditampilkan di setiap halaman, bukan hanya di beranda, dan memungkinkan pengguna untuk berpindah dengan cepat melintasi struktur website utama.

Bagian penting lainnya dari sebagian besar website adalah footer, yang merupakan bagian berulang lainnya yang ditemukan di bagian bawah setiap halaman. Biasanya footer berisi tautan eksternal yang menunjuk ke website serupa dan sumber daya eksternal lainnya, bersama dengan info penting lainnya seperti penafian, tautan ke persyaratan layanan, kebijakan privasi, dan halaman kontak, serta alamat fisik perusahaan yang memiliki situs tersebut.

Baca Juga  13+ Cara Cek Website Down atau Tidak [Mudah & Lengkap]

Website di-hosting di server, dan memerlukan peramban seperti Chrome, Firefox, atau Internet Explorer untuk dikunjungi (baik di komputer atau perangkat seluler).

Sebuah website dapat diakses secara langsung dengan memasukkan alamat URL-nya atau dengan mencarinya di mesin pencari seperti Google atau Bing.

Awalnya, website dikategorikan berdasarkan domain tingkat atas mereka. Yang biasa kita jumpai yaitu, situs web lembaga pemerintah = .gov; lembaga pendidikan = .edu; organisasi nirlaba = .org; komersial = .com; informasi = .info

Meskipun ekstensi domain tingkat atas ini masih ada, mereka tidak banyak bicara tentang konten website yang sebenarnya. Di era internet modern, ekstensi “.com” sejauh ini merupakan domain paling populer, bersama dengan banyak ekstensi khusus negara lainnya, seperti (.it (Italia), .de (Jerman), .co.uk (Britania Raya), dan tentunya .co.id (Indonesia), dll.).

Website pertama kali dibuat pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee, seorang fisikawan Inggris di Dewan Eropa untuk Riset Nuklir (CERN). Berselang tiga tahun kemudian, CERN mengumumkan bahwa setiap orang dapat mengakses dan menggunakan World Wide Web secara gratis.

Kegunaan website

Seperti telah dibahas di awal sekali, bahwa website aslinya dimaksudkan sebagai alat komunikasi karena ternyata manusia tidak puas hanya dengan adanya surat dan telepon saja. Internet menghadirkan peluang besar dan mudah untuk berkomunikasi, sehingga komunikasi dapat menjadi alasan bagus untuk membuat website, seperti blog dengan diskusi langsung, forum, sosial media atau jejaring sosial untuk tema umum atau khusus, dll.

Belakangan ini, kebanyakan sumber sepakat bahwa kegunaan website adalah untuk membuat pengunjungnya menjadi prospek dan cara melakukannya adalah dengan mengidentifikasi jenis pengguna utama yang mengunjungi situs Anda, berbicara tentang kebutuhan mereka dan memberitahu mereka langkah atau tindakan yang harus dilakukan selanjutnya.

Berikut beberapa kegunaan utama dari suatu website sekarang ini:

Salah satu kegunaan website yang paling bermanfaat adalah untuk pendidikan. (Sumber: Adobe Photo Images)
Salah satu kegunaan website yang paling bermanfaat adalah untuk pendidikan. (Sumber: Adobe Photo Images)
  • Untuk sharing berbagai macam informasi dan pendidikan atau pengetahuan umum
  • Untuk keperluan e-commerce
  • Untuk merepresentasikan bisnis
  • Untuk membangun kredibilitas personal maupun bisnis

Memiliki website juga berarti bahwa Anda atau bisnis Anda bisa ditemukan di hasil mesin pencari, internet presence seperti ini dapat diartikan sebagai sebuah bentuk profesionalisme.

10 Alasan Harus Membuat Website dengan Exabytes

Setelah mengetahui apa itu website serta kegunaannya, kini tiba saatnya untuk menawarkan jasa Kami.

Exabytes adalah penyedia cloud hosting terpercaya dan pakar solusi digital terbesar di Asia Tenggara. Berpengalaman selama lebih dari 20 tahun, pelanggan aktif lebih dari 140 ribu dengan bantuan teknis terbaik siap membantu kesuksesan bisnis Anda di dunia digital.

Inilah 10 alasan kenapa Anda harus membuat website dengan Exabytes:

Peningkatan Kecepatan

Anda mungkin pernah menjumpai website yang lambat loading-nya, perlu beberapa detik setelah klik hingga tampilan berubah atau menuju page lain, dsb. Sementara, Exabytes menawarkan hosting murah, super cepat, stabil serta handal dengan berbagai fitur untuk membuat website impian Anda. Coba sekarang dan buktikan sendiri kecepatannya!

Baca Juga  13 Tips Ampuh Meningkatkan User Experience di Website Kamu

Install Aplikasi 1 Klik

Kepraktisan sekarang ini sudah menjadi nilai tambah tersendiri. Di Exabytes tersedia banyak aplikasi untuk membuat website CMS, membuat forum atau blog dengan mudah hanya dengan 1 klik.

Control Panel Plesk Ramah Pengguna

Kami memakai plesk, yaitu control panel yang user friendly dengan antarmuka (interface) yang sederhana serta kontrol yang mudah dimengerti, membuat website semakin nyaman. Control Panel yang disederhanakan ini membuat pengoperasian harian serta manajemen backend Anda jadi lebih mudah dan efektif.

Bantuan Teknis 24 Jam

Tim bantuan teknis Kami siap 24/7 akan membantu permasalahan Anda seperti kesalahan teknis dan masalah apa pun yang mungkin timbul saat membuat website. Selain itu Kami juga selalu memantau aktivitas yang mencurigakan untuk memastikan website tetap aman dari hacker dan gangguan lainnya.

Bantuan Tim Professional ISO 27001

Jika permasalahan yang dihadapi membutuhkan upaya lebih, Kami juga menyediakan bantuan teknis oleh tim teknologi profesional ISO 270001. Kami siap 24/7 membantu Anda mengatasi masalah yang mungkin Anda hadapi.

Email Personal

Anda bisa mendapatkan alamat email dengan domain bisnis Anda. Menambahkan akun email, mengaktifkan tanggapan otomatis dan membuat mailing list untuk kemudahan pengoperasian sehari-hari. Mengakses email Anda dari ponsel atau web dimanapun dan kapanpun juga.

Backup Harian Gratis

Tidak mau kan data Anda tiba-tiba hilang atau tidak punya salinannya? Tenang, Anda akan mendapatkan backup harian secara gratis dengan 1 klik sehingga dipastikan data-data tersimpan dengan aman.

Sertifikat SSL Gratis (https)

Anda pasti ingin punya website yang kredibel bukan? Kami menyediakan sertifikat SSL gratis yang mengenkripsi konten website Anda dan memberitahu pengunjung bahwa website Anda dapat dipercaya dan aman.

Garansi Uang Kembali 100 Hari

Semua orang pasti ingin adanya jaminan yang menenangkan. Ini salah satu kelebihan Exabytes. Anda mendapat jaminan garansi uang kembali selama 100 hari dengan pengembalian dana 100%, tanpa alasan.

Domain Gratis

Ada satu hal lagi yang Kami berikan tanpa dipungut biaya. Anda bisa mendapatkan nama domain impian secara gratis dengan order paket EBiz 12 Plus keatas.

Penutup

Website yang dulu hanya bisa diakses via komputer, kini juga kompatibel dengan tab dan ponsel. (Sumber: Adobe Photo Images)
Website yang dulu hanya bisa diakses via komputer, kini juga kompatibel dengan tab dan ponsel. (Sumber: Adobe Photo Images)

Selain 10 alasan di atas, masih banyak lagi keuntungan yang bisa didapatkan dari menggunakan jasa Exabytes untuk membuat website, antara lain yaitu sebagai berikut, desain yang mengagumkan; kompatibel dengan mobile; konten yang menarik dan bisa diperbarui kapan saja; identitas brand; ramah mesin pencari; serta 100% perlindungan keamanan. Menarik bukan, silakan mencoba!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments