3 Cara Backup Website di cPanel Secara Lengkap

410
cara backup website di cpanel
8 min read

Hai Exabytes friends!

Jika kamu telah membaca artikel “Waspadai Serangan Cyber, Ikuti 10 Cara Melindungi Website” di blog Exabytes, kamu telah mengetahui bahwa salah satu cara untuk mewaspadai website dari serangan siber adalah dengan membackup data.

Backup merupakan cara yang efektif untuk mencegah kerusakan dan kehilangan data-data yang penting akibat serangan malware. Siapapun kamu, penting bagimu untuk melakukan backup data website karena pencegahan selalu lebih baik. 

Di artikel ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara backup website di cPanel. Sebelum itu, apakah kamu sudah familiar dengan cPanel? Berikut ini ada ulasan mengenai cPanel dan beberapa kelebihannya.

Apa Itu cPanel?

cPanel adalah perangkat lunak panel kontrol web hosting yang sangat umum digunakan.

Saat kamu telah mendaftarkan nama domain untuk website, kamu menggunakan cPanel untuk menginstall Content Management System (CMS) seperti WordPress, Joomla, dan lain-lain. Lalu, kamu juga dapat menggunakan cPanel untuk menambahkan nama domain dan subdomain baru ke akun hosting milikmu. 

cPanel
cPanel merupakan panel kontrol web hosting. (Sumber: Shutterstock)

Ada juga fitur setting SSL/TLS, fitur IP Blocker (fitur yang digunakan untuk memblokir berbagai alamat IP untuk mencegahnya mengakses situs milikmu), perlindungan hotlink untuk mencegah situs web lain menautkan langsung ke file di situs web milikmu, dan juga fitur backup data. Kamu bisa membaca secara lengkap terkait apa itu cPanel pada artikel berikut.

Setelah mengetahui kegunaan cPanel, ada beberapa alasan mengapa perangkat lunak panel kontrol web hosting ini merupakan panel kontrol web hosting terbaik. cPanel bahkan digunakan beberapa perusahaan besar, salah satunya adalah Amazon.

Kelebihan Menggunakan cPanel

Berikut adalah kelebihan menggunakan cPanel yang perlu kamu ketahui yaitu:

User Interface (UI) yang Ramah

User Interface (UI) adalah proses proses yang digunakan para desainer untuk membangun antarmuka dalam perangkat lunak atau perangkat terkomputerisasi, dengan fokus pada tampilan atau gaya. UI yang efektif adalah desain yang membuat pengalaman pengguna menjadi mudah dan intuitif, membutuhkan upaya minimal dari pihak pengguna untuk menerima hasil maksimal yang diinginkan.

Salah satu kelebihan cPanel adalah memiliki UI yang ramah, sehingga memudahkan pengguna yang masih awam untuk menggunakan layanannya. Mereka juga memiliki komunikasi visual yang baik untuk pemilihan opsi-opsi fiturnya.

Dilengkapi dengan Berbagai Fitur

cPanel memberikan berbagai fitur yang bermanfaat bagi penggunanya, yaitu fitur backup data, fitur setting SSL/TLS, IP blocker, menggunakan email website, file manager, mendaftarkan nama-nama domain dan subdomain baru, metrics seperti kecepatan bandwidth yang digunakan dan jumlah visitors website, fitur ModSecurity untuk proteksi ekstra terhadap domain, dan juga dilengkapi dengan imunifyAV sebagai anti serangan malware.

Berbasis Linux

Linux adalah salah satu OS (Operating System) berlisensi Open Source (dipublikasikan dengan sumber kode terbuka (free software), dan memiliki hak penggunaan, hak menyalin, hak memodifikasi, dan hak distribusi ulang). Beberapa perusahaan besar yang menggunakan OS Linux adalah Facebook, Amazon, dan Google.

Baca Juga  Catat! Ini 10+ Resiko Bahayanya Tidak Melakukan Backup Website

Alasan mengapa Linux merupakan Operating System (OS) yang terbaik adalah karena merupakan sistem yang aman dibanding Operating System (OS) lainnya dan menawarkan kecepatan yang luar biasa. Berbeda dengan Windows yang lebih mudah digunakan oleh orang yang tidak paham teknologi, Linux digunakan oleh banyak organisasi perusahaan sebagai server dan OS untuk tujuan keamanan.

Memuat Lebih Cepat Dibanding Panel Kontrol Lainnya

Alasan lainnya mengapa orang-orang memilih cPanel adalah karena cPanel memuat jauh lebih cepat dibandingkan dengan panel kontrol web hosting lainnya.

Pemeliharaan Situs Menjadi Mudah

Panel kontrol web hosting yang satu ini dilengkapi dengan beberapa fitur keamanan, contohnya kemampuan untuk membuat kata sandi yang dilindungi, mengaktifkan dan menonaktifkan browsing directories, block dan unblock alamat IP, dan mengubah kata sandi akun cPanel. Keamanan dan pemeliharaan situs seperti ini adalah hal yang penting dan bermanfaat untuk melindungi domain mu.

Nah, setelah mengetahui beberapa kelebihan panel kontrol cPanel ini, apakah kamu sudah memutuskan untuk menggunakan layanannya? Kamu bisa juga memanfaatkan fitur backup data di akun cPanel milikmu. Sebelum itu, kamu akan mempelajari apa itu backup, cara backup website, cara backup website di cPanel, serta rekomendasi layanan penyimpanan cloud di bawah ini.

Pengertian Backup

Backup adalah proses menyalin data-data file yang tersimpan pada sistem sebagai cadangan.

Kamu perlu untuk memiliki beberapa salinan data-data yang penting untuk mencegah dari kerusakan, kehilangan, corrupt, dan terkena virus. 

Bayangkan sejumlah risiko yang akan kamu dapatkan jika data-data penting websitemu hilang, itu bisa berdampak buruk pada produktivitasmu. Berikut ini beberapa alasan mengapa penting melakukan backup.

5 Alasan Harus Backup Website

Di bawah ini ada beberapa alasan mengapa kamu tidak boleh mengabaikan backup data-data websitemu!

Antisipasi Serangan Malware

Penyerang ransomware akan menginfeksi virus pada cloud storage untuk merusak dan menghilangkan file-file yang tersimpan di cloud storage. Jika kamu sudah memiliki cadangan di backup panel kontrol, kamu hanya perlu restore. Kemudian data-data yang hilang itu bisa kembali lagi.

Memudahkan Proses Pemindahan Web Hosting

Hal yang wajar jika kamu belum bisa memutuskan layanan web hosting yang mana yang paling tepat untukmu saat kamu baru berpengalaman menggunakan layanan web hosting. Jika sebelumnya kamu sudah punya backup data-data website, ini akan memudahkan migrasi saat kamu pindah layanan web hosting ke layanan yang lebih baik untuk websitemu nantinya.

Mencegah Penghapusan File Secara Tidak Sengaja

Sejatinya, manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Penghapusan file secara tidak sengaja adalah hal yang umum terjadi. Untuk mencegah hal ini kamu bisa melakukan backup data. Jangan abaikan hal kecil seperti ini.

Mencegah Penghapusan File Setelah Instalasi

Saat kamu menggunakan Content Management System (CMS) seperti WordPress dan lainnya, kamu akan memerlukan instalasi tema dan plugin. Namun, kamu harus mengecek setiap tema tersebut jika para pengembang sering melakukan update dan jangan lupa untuk mengecek ulasannya.

Untuk pencegahan masalah kompatibilitas saat instalasi tema, kamu sebaiknya jangan mengabaikan untuk melakukan backup terlebih dahulu.

Kinerja yang Lebih Baik dan Efektif

Siapa yang tidak ingin memiliki kinerja yang baik? Kamu juga akan mendapat kinerja yang lebih terorganisir karena memiliki backup data pada cloud storage di akun panel kontrol web hosting milikmu.

Baca Juga  Mengapa Backup Website Itu Penting?

Selain itu, kamu juga bisa mempelajari alasan-alasan lainnya mengapa harus melakukan backup di artikel, “Mengapa Backup Website Itu Penting?” di blog Exabytes.

Sekarang, kamu sudah tahu betapa pentingnya melakukan backup. Untuk itu, kamu harus memahami cara bagaimana backup data website di cPanel. Exabytes ingin membagikan tips bagaimana melakukan backup website di cPanel. Simak berikut ini ya!

Cara Backup Website di cPanel

Setelah mengetahui sekilas tentang cPanel hingga pentingnya melakukan backup website, kini saatnya kamu melakukan backup website di cPanel.

Ikuti langkah-langkah berikut ini!

Masuklah ke dalam cPanel

Login ke dalam akun cPanel milikmu (http://yourdomain.com/cpanel).

Klik Backup

Setelah berhasil login ke dalam cPanel, klik Backup di bawah Files seperti gambar di bawah ini.

3 Cara Backup Website di cPanel Secara Lengkap - 2022
Klik Backup setelah masuk ke cPanel

Ketika memiilih backup, ada beberapa pilihan backup yang bisa kamu pilih yaitu full backup, system backup, dan partial backup

Full Backup

Full backup merupakan sebuah backup penuh mencakup semua file di direktori home kamu, database MySQL kamu, forwarder, dan filter email kamu. Hal ini berguna bila kamu ingin mengembalikan seluruh akun termasuk cPanel atau memindahkan akun kamu dari host lain ke Exabytes yang menggunakan cPanel juga.

Lama proses full backup bergantung pada ukuran akunmu. Jika akun anda lebih dari 500MB, silahkan lakukan backup setelah jam sibuk kantor karena proses ini memakan waktu cukup lama.

Full backup di cPanel
Full Backup di cPanel

Kamu cukup memasukkan detail login FTP mu, alamat email (untuk mengingatkan kamu saat back up sudah selesai).

Sistem Backup

Merupakan full backup yang dihasilkan oleh server. Mungkin tidak up to date atau lengkap, tergantung kapan server menghasilkan backup.

Account backup di cPanel
Account Backups di cPanel

Backup sebagian atau Partial Backup

Terakhir ada partial backup dimana kamu bisa melakukan sebagian backup. Download Home Directory Backup memungkinkan kamu mengunduh semua file di direktori home kamu (public_html). Hal ini berguna jika situs milikmu berbasis file dan tidak memiliki database.

Download Backup Database MySQL memungkinkan kamu mengunduh database tertentu sebagai cadangan. Kamu disarankan untuk mengunduh backup sebelum melakukan perawatan apapun pada database mu.

Kamu selalu bisa memanfaatkan fitur restorasi di bawah Partial Backups kapanpun kamu ingin mengembalikan cadangan.

Partial Backups di cPanel
Partial backups di cPanel

Kesimpulan

cPanel adalah kontrol panel web hosting yang paling umum digunakan oleh karena ramahnya UI mereka dan juga keamanan dan kecepatan yang membuat penggunanya semakin nyaman dengan pelayanannya. Dilengkapi juga dengan berbagai fitur seperti fitur IP Blocker, setting SSL/TLS, perlindungan hotlink, dan lainnya. 

Selain mengenal tentang cPanel, tentunya kamu sudah mempelajari juga pentingnya melakukan backup website hingga cara melakukan backup website di cPanel. Ada beberapa pilihan backup yang bisa kamu pilih di antaranya full backup, account backup hingga partial backup.

Kini tergantung kamu ingin melakukan backup website di cPanel dengan pilihan apa. Jika ingin melakukan backup seluruh data, bisa melakukan full backup. Jika ingin sebagian data saja, bisa melakukan partial backup.

Kamu pun bisa menggunakan layanan cPanel hosting dari Exabytes. Platform cPanel hosting berkecepatan tinggi dioptimalkan untuk kinerja website terbaik. Selain gratis backup harian, Exabytes juga menyediakan jaminan garansi 100 hari uang kembali! Mulai sekarang!

Dengan membaca artikel di atas, kamu sudah mengetahui bagaimana cara backup website di cPanel. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin melakukan backup semua data di cPanel ya.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments