10 Alasan Pentingnya Networking Dalam Membangun Bisnis Online

170
9 min read

Dalam menjalani kehidupan berbisnis online khususnya di tengah era pandemi seperti ini memanglah hal yang sudah pasti nggak mudah bagi beberapa orang. Rasanya menjalankan bisnis khususnya bisnis online sangatlah berat apalagi bersaing dengan kompetitor dengan bisnis serupa. 

Banyaknya bisnis online sejenis yang kini dijalani membuat para pebisnis agak kebingungan dengan trik apalagi yang harus dibangun guna membuat bisnisnya laku dan ramai di pasaran. Berbicara tentang bisnis online tentunya koneksi dan relasi masuk kedalam salah satu aspek yang dapat membuat bisnis onlinemu laris manis dan dikenal oleh banyak orang, atau umumnya hal ini disebut dengan networking. 

Pentingnya Networking dalam Bisnis Online

Nah buat kamu yang saat ini sedang menjalankan bisnis online kemudian masih santai dan nggak menganggap networking itu penting,coba deh kamu baca artikel dibawah ini sampai habis supaya nantinya kamu akan mengerti apa itu networking dan mengapa networking menjadi bagian penting dalam membangun bisnis onlinemu.  

Memiliki networking, relasi atau jaringan sangatlah penting dalam dunia bisnis karena ada banyak sekali manfaat networking dalam bisnis yang bisa membantu kamu dalam membangun usaha dan mengembangkannya sampai pada titik yang kamu ekspektasikan atau kamu inginkan. Membangun networking yang kuat dengan pebisnis lain juga bisa menjadi salah satu jalanmu dalam membuka peluang bisnis yang lebih luas dan bisa dikenal di pasaran.

Yuk langsung saja simak penjelasan mimin dibawah ini tentang 10 Pentingnya Networking Dalam Membangun Bisnis Online! 

Membuka Dan Menambah Wawasan Baru

Ilustrasi networking dalam berbisnis online

Seperti yang kita semua ketahui bahwa ilmu dalam berbisnis online nggak akan ada habisnya karena ternyata setiap hari kamu bisa loh mempelajari ilmu baru dan menambah wawasan tentang dunia bisnis yang sedang kamu jalani! Nah salah satu cara untuk menambah wawasan ini adalah dengan memiliki relasi alias networking dengan orang lain nih guys! 

Di setiap pertemuan atau obrolan santai tentang bisnis yang kamu lakukan pastinya akan ada ilmu baru yang nantinya kamu terima. Ilmu ini bisa jadi sangat penting dan menjadi sebuah kunci kesuksesan bisnismu. Apalagi bila kamu memiliki networking dengan orang yang lebih berpengalaman dan menekuni bidang bisnis yang sama. Tentunya wawasan baru yang kamu terima akan lebih banyak dan berguna.

Tempat Promosi Terbaik 

Ilustrasi laptop menjadi tempat promosi terbaik

Nah, kamu semua pasti sudah sangat menyadari bahwa orang terdekatmu baik itu sahabat, teman, keluarga maupun saudara merupakan salah satu tempat promosi terbaik. Tetapi dalam sebuah bisnis, ada satu lagi tempat promosi terbaik yaitu ke relasi baru bisnis online yang sedang kamu jalani. 

Karena mereka bukan hanya membantu promosi produk baru dari usahamu, tetapi juga memberi masukan dari kekurangan produk yang kamu jual. Contoh bila packaging dan tampilan instagram dari produkmu atau bisnis onlinemu kurang menarik, mereka akan memberi masukan bagaimana cara supaya kamu dapat memperbaiki kemasan dan tampilan instagram dengan desain yang lebih catchy di mata calon pelanggan.

Meningkatkan Pendapatan Usaha

Ilustrasi networking dalam berbisnis online

Manfaat membangun networking bisnis yang satu ini sebenarnya masih berhubungan dengan promosi. Memang sudah terlihat jelas bahwa promosi bisa meningkatkan pendapatan bisnis onlinemu. Tetapi yang perlu kamu tahu ternyata nggak semua jenis promosi efektif untuk memasarkan produk usahamu menjadi lebih luas loh guys! 

Baca Juga  Perbedaan Domain .COM dan .ID dan Keunggulannya Untuk Bisnis Online

Seperti yang sudah mimin sampaikan di poin sebelumnya, salah satu tempat promosi yang paling efektif adalah ke relasi bisnis sendiri yang sudah kita kenal seperti ayah, ibu, kakak, adik, sahabatmu, dan lain-lain. Bukan hanya soal produk, relasi bisnis juga bisa memperkenalkan kamu dan produkmu ke klien baru. Sehingga bisnis onlinemu bisa lebih berkembang berkat bantuan networking yang kamu bangun dengan baik.

Membuka Kesempatan Kerja sama Antar Bisnis

Ilustrasi networking dalam berbisnis online

Membangun networking yang baik juga bisa membuka peluang kerja sama antar bisnis. Sehingga kamu bisa membuat sebuah kolaborasi dengan bisnis milik salah satu temanmu sehingga dapat memproduksi inovasi baru. Salah satu keuntungan dari kerja sama antar bisnis adalah kamu nggak perlu menanggung semua modal sendirian. 

Melainkan modal, keuntungan dan kerugian dari hasil penjualan akan dibagi berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Atau kamu juga bisa membuat sebuah kombinasi produk. Misalnya kamu bisa memiliki produk makanan yang dikombinasikan dengan produk minuman ringan dari bisnis milik relasi kamu dalam sebuah paket. Tadaa! Menarik bukan? Yuk manfaatkan relasimu sebaik mungkin! 

Meningkatkan Nama Profil Bisnis Online

Ilustrasi networking dalam berbisnis online

Manfaat networking bisnis yang selanjutnya adalah sebagai peningkat profil bisnis onlinemu. Untuk kamu yang belum tahu, profil bisnis yang kamu miliki bisa dibilang sebagai nama baik bisnis kamu di mata pelanggan maupun klien. Semakin luas networking yang kamu miliki, tentunya akan semakin luas pula nama baik bisnis onlinemu tersebar. 

Hal ini bisa membuka peluang klien baru yang datang untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Sebenarnya ini juga bisa menjadi teknik pemasaran yang paling ampuh karena bila sudah ada banyak klien yang puas dengan produk yang kamu jual dan pasarkan maka mereka akan merekomendasikan bisnis onlinemu ke orang lain. 

Istilah yang kita kenal saat ini adalah promosi dari mulut ke mulut (words mouth to mouth). Promosi ini nggak perlu budget lebih namun dampaknya sangat besar untuk keberlangsungan bisnis onlinemu. Mimin udah ngerasain sendiri nih guys kepuasan dalam membeli suatu produk! Nah dari kepuasan tersebut mimin sering sekali membagikan ke teman-teman terdekat agar mereka tahu bahwa produk tersebut bagus dan berujung ikut membeli~

Membiarkan Diri Bersaing Secara Sehat

Ilustrasi networking dalam berbisnis online

Dalam sebuah jaringan relasi, pastinya kamu juga akan bertemu dengan kompetitor bisnis onlinemu sendiri dong? Apalagi jika kamu memiliki bisnis online yang berkonsep serupa dengan produk yang juga mirip.Tetapi untuk menjaga networking tetap terbangun, kamu perlu membiasakan diri bersaing secara sehat. 

Bersaing secara sehat artinya kamu nggak perlu bermusuhan dengan kompetitor. Kamu hanya perlu membiarkan saja penjualan dan pengembangan bisnis menjadi urusan professional, sedangkan pertemanan dan networking adalah urusan sosial.

Memperbanyak Opini Yang Masuk Sebelum Mengambil Keputusan 

Ilustrasi networking dalam berbisnis online

Dengan networking, kamu akan mendapatkan opini sebelum kamu mengambil keputusan. Seperti yang kamu semua ketahui, opini akan sangat dibutuhkan sebelum kamu mengambil keputusan yang menyangkut masa depan bisnis online yang sedang kamu jalani. 

Bukan hanya dari tim utama yang bekerja di bisnis onlinemu, opini juga dibutuhkan dari pihak luar yang sudah lebih berpengalaman. Salah satunya adalah dari relasi atau koneksi bisnis yang sudah kamu percaya. Fungsi opini disini adalah sebagai pertimbangan dari dampak baik dan buruknya sebuah keputusan yang akan kamu ambil kedepannya. Tentunya kamu harus mempersiapkan semuanya secara matang sebelum mengambil keputusan khususnya yang bersifat fatal dalam sebuah bisnis.

Baca Juga  11 Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet

Memperluas Pergaulan

Ilustrasi networking dalam berbisnis online

Salah satu manfaat dalam membangun networking sebenarnya adalah memperluas pergaulan dan pertemanan dengan orang-orang yang menekuni bidang pekerjaan yang sama yaitu berbisnis. Seperti kata pepatah, menyambung silaturahmi artinya menyambung rezeki. Memiliki pergaulan dengan orang-orang menekuni bidang bisnis online yang sama juga akan membantu kamu dalam mengembangkan bisnis onlinemu. 

Disitu juga pastinya kamu akan menemukan kesempatan saling mendukung bisnis online satu sama lain. Hal ini juga bisa mengatasi rasa kesepian dalam menjalankan bisnis online loh guys! Karena ada beberapa dari teman-teman mimin yang sedang menjalankan bisnis online sering merasa kesepian karena nggak memiliki pergaulan selain dari tim di dalam usahanya atau ada pula yang berkonsep “one man show” mereka nggak punya teman untuk sharing seputar bisnisnya dan berujung bingung untuk sharing kemana mengenai bisnisbta. Kamu jangan sampai seperti itu ya guys, usahakan kamu memiliki relasi yang tau betul akan bisnis online yang sedang kamu jalani~

Membuka Peluang Bisnis Baru 

10 Alasan Pentingnya Networking Dalam Membangun Bisnis Online - 2020

Manfaat networking bisnis yang utama adalah membuka peluang usaha baru. Kenapa bisa dibilang seperti itu? Karena semakin banyak relasi yang kamu miliki maka semakin besar pula peluang bisnis di depan matamu. Nah disini nggak menutup kemungkinan salah satu dari orang yang kamu kenal dari relasi bisnis mengajak kamu sebagai partner atau pasangan untuk membuka usaha baru. 

Hal ini tentu bukan hal yang merugikan kamu dong? Atau sebaliknya, kamu bisa mengajak salah satu orang dari networking bisnismu sebagai partner dalam membuka usaha baru. Sehingga kamu bisa membagi tugas utama dalam sebuah bisnis untuk 2 orang~ Hal-hal seperti ini menarik untuk dicoba nih guys!

Kesempatan Yang Nggak Pernah Terpikirkan Sebelumnya

10 Alasan Pentingnya Networking Dalam Membangun Bisnis Online - 2020

Nah sampailah kamu di poin ke 10~ kesempatan yang nggak pernah terpikirkan sebelumnya sengaja mimin tulis di paling akhir karena sebetulnya ini inti dari membangun networking untuk bisnis onlinemu. Dengan mengenal banyak pribadi lain, tentunya kamu akan mendapat sudut pandang baru dong? Pikiran kamu akan menjadi lebih terbuka dan mengetahui akan adanya kesempatan baru yang dapat kamu raih.

Kenyataannya ketika kamu mengenal lebih banyak orang, kamu nggak akan pernah tahu loh guys apakah kamu dapat menolong orang tersebut di masa depan ataupun sebaliknya.

Jika kamu lebih menutup diri untuk berkomunikasi dengan yang lain, maka kesempatan yang kita dapatkan akan menjadi sangat terbatas. So poin yang satu ini sangat bermanfaat untuk kamu lho~ nggak cuma dari segi berbisnis online saja, namun dari aspek yang lainnya juga bisa. 

Nah itulah tadi beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan ketika kamu menerapkan dengan baik arti networking dalam kehidupan berbisnis online. Inilah juga ke 10 hal yang menjadikan networking sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bisnis online yang sedang kamu jalani. Semoga hal-hal yang mimin sampaikan diatas bermanfaat ya guys! 

Credits : Aisya Damayanti Sumarno