Exabytes Indonesia Kini Resmi Bersertifikat ISO 27001

57
Exabytes Sertifikat ISO 27001
3 min read

Kini Exabytes Indonesia telah resmi memiliki sertifikasi ISO 27001 lho, yeaayy! Tapi, sebenarnya kamu tahu nggak sih apa itu ISO 27001 dan apa pengaruh serta alasan dan manfaatnya kenapa sertifikat ini penting banget?

Simak penjelasannya di bawah ini ya

Pengertian ISO 27001

ISO 27001 (secara resmi dikenal sebagai ISO / IEC 27001: 2013 ) merupakan standar yang telah diakui secara internasional dalam menerapkan sistem manajemen kemanan informasi atau Information Security Management Systems (ISMS). Perusahaan yang telah menerapkan standar ISO 27001 telah terjamin bersertifikasi dalam membangun dan memelihara sistem manajemen keamanan informasi (ISMS). 

ISMS adalah seperangkat unsur yang saling terkait dengan perusahaan yang digunakan untuk mengelola dan mengendalikan risiko keamanan informasi. Selain itu, ISMS juga seperangkat yang untuk melindungi serta menjaga kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity) dan ketersediaan (availability) informasi yang dimiliki.

  1. Kerahasiaan (confidentiality)

Informasi yang ada di dalam perusahaan dapat termonitor dan hanya dapat diakses oleh pihak yang memiliki wewenang terhadap informasi tersebut.

  1. Integritas (integrity)

Informasi yang ada di dalam perusahaan sudah pasti bersifat akurat, lengkap, dan aman dari modifikasi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. 

  1. Ketersediaan (availability)

Informasi yang ada sudah dipastikan selalu tersedia dan mudah untuk diakses sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, lokasi penyimpanan data yang aman dari gangguan berupa pencurian, bencana alam atau cyber-attack.

Klausul dan Kontrol ISO 27001

ISO 27001 memiliki sepuluh klausul sistem manajemen. Bersama dengan set kontrolnya dari Lampiran A (yang mencantumkan 114 kontrol), mereka mendukung implementasi dan pemeliharaan ISMS, seperti dibawah ini :

  1. Scope 
  2. Normative references 
  3. Terms and definitions 
  4. Context 
  5. Leadership
  1. Planning and risk management 
  2. Support 
  3. Operations 
  4. Performance evaluation
  5. Improvement
Baca Juga  5 Website Terkenal yang Menggunakan WordPress

Sementara itu, ada 114 kontrol yang harus diimplementasikan. Alih-alih, penilaian risiko harus menentukan kontrol mana yang diperlukan. Di bawah ini adalah daftar set kontrol yakni :

  • A.5 Kebijakan keamanan informasi
  • A.6 Organisasi keamanan informasi
  • A.7 Keamanan sumber daya manusia
  • A.8 Manajemen aset
  • A.9 Kontrol akses
  • A.10 Kriptografi
  • A.11 Keamanan fisik dan lingkungan
  • A.12 Keamanan operasi
  • A.13 Keamanan komunikasi
  • A.14 Akuisisi, pengembangan dan pemeliharaan sistem
  • A.15 Hubungan pemasok
  • A.16 Manajemen insiden keamanan informasi
  • A.17 Aspek keamanan informasi dari manajemen kelangsungan bisnis
  • A.18 Kepatuhan

Manfaat Sertifikat ISO 27001

Setelah mengetahui pengertian serta klausul dan kontrol, berikut ini merupakan manfaat dari ISO 27001 :

Melindungi Data

Melindungi semua bentuk informasi, baik digital, hard copy, atau di Cloud baik itu data karyawan maupun data klien perusahaan.

Meningkatkan Keamanan

Meningkatkan ketahanan organisasi dan informasi terhadap serangan dunia maya.

Meminimalisir Manajemen Resiko

Mengelola resiko keamanan informasi secara efektif dan meminimalkan resiko melalui proses risk assessment yang profesional.

Tanggap Terhadap Perkembangan Ancaman Keamanan

Selalu beradaptasi dengan perubahan baik di lingkungan maupun di dalam organisasi atau perusahaan.

Meningkatkan Budaya Perusahaan

ISMS mencakup orang, proses, dan teknologi memastikan staf memahami risiko dan merangkul keamanan sebagai bagian dari praktik kerja sehari-hari.

Melindungi Citra Perusahaan

Dengan standar ISO 27001 ini memberikan citra yang positif dan meningkatkan kredibilitas bagi klien perusahaan.

Baca Juga  Nama Domain Populer Sepanjang Masa, Domain .Com

Kesimpulan

Nah itulah penjelasan tentang ISO 27001 secara lengkap dan juga manfaatnya. Maka dari itu, kamu bisa memilih merek, organisasi atau perusahaan yang telah memiliki sertifikat ini karena sudah terjamin semua hal hingga data-data informasi penting serta telah diakui internasional.

Kini Exabytes sudah resmi mendapat sertifikat ISO 27001 yang membuat keamanan informasi dan data klien terjamin keamanannya. Jadi, jangan ragu memilih Exabytes Indonesia sebagai solusi untuk hosting website kamu.