Punya Bisnis Nggak Wajib Punya Uang, Gimana Caranya?

63
Punya Bisnis Gak Wajib Punya Uang, Gimana Caranya?
Free Credit Exabytes
7 min read

Hi, Exabytes Friends! Di era yang saat ini apa-apa harus punya uang, bahkan ada slogan “mau kencing aja sekarang pakai uang”. Hal ini membuat sebagian orang atau mungkin kamu sendiri berpikiran nggak mau dan takut nggak punya uang. Akhirnya semua orang berlomba-lomba untuk menghasilkan uang. 

Salah satunya dengan berjualan atau memulai bisnis. Entah itu bisnis kecil-kecilan atau bisnis besar sekaligus. Namun banyak yang salah kaprah nih mengenai modal dalam berbisnis. Saat ditanya modal dalam berbisnis, sebagian orang menganggap satu-satunya modal untuk bisnis adalah uang.

Padahal jika dipecah dan ditelaah, modal dalam berbisnis sebenarnya bukan hanyalah uang. Modal bisnis bisa saja merupakan ide yang cemerlang, keahlian khusus, pengalaman koneksi dan relasi, keberanian mengambil risiko, dan masih banyak lagi.

Ilustrasi kerjasama dalam bisnis

Banyak juga beberapa sumber di internet yang menganggap dan menuliskan bahwa modal dalam finansial atau akunting biasanya merujuk kepada kekayaan finansial. Terutama ditulis juga bahwa dalam penggunaan awal atau untuk seterusnya menjaga kelanjutan bisnis.

Awalnya calon pelaku bisnis menganggap bahwa modal lainnya dapat dicapai dengan uang. Jadi, sudah terbentuk di masyarakat bahwa “modal” berarti salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat produksi. Kesimpulannya bahwa sebenarnya membangun bisnis nggak melulu butuh modal dalam bentuk uang loh guys.

Uang memang harus ada pada saat membangun bisnis. Namun sebenarnya masih banyak hal lain yang harus dijadikan modal pada saat berbisnis. Jika kamu ingin tahu apa  saja modal selain uang, yuk simak ulasannya dibawah ini!

Membangun Pola Pikir Entrepreneurship

Membangun pola pikir sebelum bisnis

Sebetulnya sangat bisa dibilang percuma jika kamu memiliki banyak uang atau modal yang cukup banyak, namun belum cukup memiliki pola pikir entrepreneurship. Kamu sebenarnya perlu tahu bahwa pola pikir adalah hal paling utama dalam membangun bisnis. 

Di dalam proses ini juga kamu dapat melangkah menuju masa transisi, dimana misalnya awalnya kamu adalah seorang pekerja atau ibu rumah tangga yang kemudian kamu harus memasuki dunia kewirausahaan. 

Pola pikir seperti ini yang akan mendorong mental kamu untuk tetap kuat menghadapi berbagai macam tantangan bisnis. Mungkin sampai sini kamu masih bertanya apa sih pola pikir entrepreneurship itu? 

Baca Juga  Exabytes Luncurkan Solusi Untuk Pindahkan Bisnis ke Online

Untuk dapat bertahan di dunia bisnis, kamu diharuskan untuk memiliki pola pikir entrepreneurship seperti:

  1. Mengatasi ketakutan dan keraguan dalam berbisnis
  2. Tidak terlalu mudah puas
  3. Tidak mudah dipengaruhi
  4. Pantang menyerah 
  5. Meyakini diri pantas memperoleh kebahagiaan dan kesuksesan 
  6. Sabar dan meyakini keadaan akan membaik 

Membuat Ide Atau Perencanaan Bisnis Yang Baik

Ilustrasi membuat perencanaan bisnis

Setelah kamu menerapkan dan membangun pola pikir yang tepat, kini mari lanjut ke tahap selanjutnya. Seperti kebanyakan pelaku bisnis yang lain, kamu juga membutuhkan ide atau perencanaan dalam membangun bisnis yang baik dan membuatnya menjadi berkelanjutan. 

Artinya kamu harus paham langkah apa yang harus kamu ambil selanjutnya untuk melakukan perencanaan yang dimaksud. Perencanaan bisnis mencakup beberapa aspek penting seperti ide atau gagasan, perencanaan pemasaran, analisis kompetitor, hingga perencanaan biaya. 

Nah, dari sini kamu bisa mengetahui bagaimana rencana untuk membiayai bisnis kamu yang mungkin jelas terkendala biaya.

Menerapkan Kejujuran Untuk Menjalankan Bisnis

Menerapkan kejujuran

Nggak hanya bisnis ya guys, kamu juga harus menerapkan kejujuran untuk hal lain. Dalam bisnis sering kali ditemukan kasus penipuan, itulah yang membuat seorang pelaku bisnis kadang nggak bertahan lama dalam mempertahankan bisnisnya. Jadi usahakanlah untuk selalu menerapkan pilar kejujuran dalam menjalankan bisnis.  

Mencari Mitra atau Rekan Bisnis Yang Tepat 

Punya Bisnis Nggak Wajib Punya Uang, Gimana Caranya?

Guys, perlu kamu ketahui bahwa bisnis erat kaitannya dengan koneksi dan relasi. Tanpa adanya koneksi dan relasi yang luas, kamu mungkin nggak akan bisa untuk memulai bisnismu. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan jika bisnis yang ingin kamu buat terkendala biaya adalah mencari mitra atau rekan bisnis yang tepat. 

Pilihlah mitra bisnis yang sesuai dengan visi misi mu dan satu frekuensi denganmu. Selain itu mitra bisnis haruslah orang yang dapat menerima dan bertahan di segala keadaan yang akan dihadapi nantinya. 

Dengan bantuan mitra bisnis, kamu dapat merealisasikan bisnismu dengan bantuan modal mitra bisnis yang kamu pilih. Namun jangan lupakan transparansi agar bisnis dapat berjalan lancar bagi kedua belah pihak. 

Memulai Bisnis Secara Sampingan

Punya Bisnis Nggak Wajib Punya Uang, Gimana Caranya?

Jika kamu berpikir bahwa kamu belum bisa mencari dan nggak menemukan mitra bisnis yang cocok denganmu. Kamu bisa jadikan poin ini untuk modal kamu berbisnis selain uang! Kamu bisa memulai membuka bisnis kecil-kecilan yang memang tanpa modal dan jika kamu gagal, kamu nggak akan kehilangan apa-apa.

Baca Juga  Inilah Pengaruh Penggunaan Domain Untuk Bisnis Online

Kamu bisa mencoba bisnis kecil-kecilan dengan misalnya menjual hasil dari karya design, foto, atau kerajinan tangan DIY (do it yourself) lho. Atau kamu bisa melakukan kegiatan di rumah aja yang produktif tapi bisa mendapatkan uang nih. Coba deh blogging atau ikut program afiliasi, tanpa modal pun kamu bisa menghasilkan uang. Menarik kan?

Berinvestasi Untuk Mengumpulkan Modal

Punya Bisnis Nggak Wajib Punya Uang, Gimana Caranya?

Jika memang kamu berpikiran bahwa modal yang akan kamu keluarkan cukup besar dan nggak bisa menjalankan bisnis jika nggak ada uang, kamu bisa memilih beberapa alternatif, salah satunya adalah berinvestasi. 

Menurut mimin sih lebih baik menabung dari sekarang guna berinvestasi daripada harus berhutang sana sini dengan mengharapkan hasil yang instan dan kilat. Kamu bisa memulai bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu, kemudian kamu bisa menabung keuntungan dari penjualan tersebut. Keuntungan ini dialokasikan untuk dana investasi guna membangun bisnis yang lebih besar sesuai dengan yang kamu impikan. 

Nantinya kamu nggak akan nyangka kamu bisa memiliki modal yang besar jika sejak saat merintis bisnis kecil-kecilan kamu rutin mengalokasikan dana untuk investasi. Hal ini tentu jauh lebih baik dibanding harus berhutang dengan suku bunga yang tinggi, bukan? 

Siap Memulai Bisnis?

Punya Bisnis Nggak Wajib Punya Uang, Gimana Caranya?

Nah, sekarang kamu sudah tahu nih hal-hal yang menjadi modal selain daripada uang. Terbukti kan guys bahwa modal tuh nggak melulu tentang uang. Bahkan kamu bisa banget loh merealisasikan bisnismu dengan menerapkan 5 dari ke 7 poin diatas. 

Jangan lupa juga untuk selalu optimis dalam menjalankan step by step yang sudah mimin jelaskan diatas. Bahwa sebenarnya nggak ada kok sesuatu yang datang instan, semuanya butuh usaha dan kerja keras terlebih dahulu, baru nanti kamu bisa menikmati hasilnya. Itulah maksud dari pepatah yang mengatakan “berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ketepian” 

Jika kamu sudah mantap untuk melakukan bisnis, kamu bisa banget loh membuat domain dan website guna menjadi penunjang suksesnya bisnis yang kamu rancang dan impikan sejak lama. Untuk membangun bisnis yang baik, kamu juga harus membangun kepercayaan dari orang yang menjadi target pasarmu. Salah satu caranya yaitu bisa dengan membangun website agar bisnismu terlihat reliable dan profesional.  

Exabytes memiliki layanan pembuatan domain dan website yang sudah terpercaya. Kamu bisa kunjungi laman Exabytes untuk melihat layanan yang ditawarkan. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan sukses selalu, Exabytes Friends!

Credits : Aisya Damayanti Sumarno

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here