8 Alasan Penting Website Kamu Harus Mobile Friendly

210
Website Mobile Friendly
Berkah Ramadhan
8 min read

Coba bayangkan ketika kamu melakukan pencarian di internet setiap harinya, perangkat manakah yang kamu sering digunakan? Smartphone atau PC? Kebanyakan dari kamu pasti akan menggunakan smartphone karena lebih mudah digunakan dan bisa dilakukan dimana saja. Kamu bisa menggunakannya sambil tiduran di kamar, saat dalam perjalanan, saat mengerjakan tugas, dan lainnya. Tentunya hal tersebut lebih mudah dibandingkan harus membawa PC atau laptop yang berat dan besar kemanapun kamu pergi. 

Tak bisa dipungkiri lagi, penggunaan perangkat mobile sudah menjadi kebiasaan pada masyarakat Indonesia dan negara lain. Bahkan saat ini, setiap orang dapat menggunakan smartphone mereka lebih dari 5 jam setiap harinya. 

Seorang pemilik website harus menyadari fakta bahwa saat ini penggunaan smartphone dalam pencarian lebih digandrungi masyarakat dibandingkan PC. Maka dari itu, banyak website perusahaan yang saat ini didesain mobile friendly. Website mobile friendly akan berdampak pada peningkatan pengunjung, lho. Selain itu, website yang mobile friendly akan memberikan pengalaman yang baik kepada pengunjung website karena mudah digunakan dan lebih efektif.

Sudah saatnya kamu membuat website menjadi mobile friendly, Exabytes Friends! Artikel di bawah ini akan menjelaskan 8 alasan penting website kamu harus mobile friendly. Yuk simak bersama!

Apa itu Website Mobile Friendly?

Website Mobile Friendly adalah website yang dirancang untuk perangkat seluler atau mobile seperti tablet, iPad, smartphone. Dengan tampilan seperti ini, pengunjung website yang menggunakan smartphone tidak perlu susah-susah untuk memperbesar atau memperkecil tampilan website lagi karena sudah disesuaikan dengan layar perangkat yang digunakan. Mulai dari ukuran, bentuk, dan konten akan disesuaikan dengan perangkat mobile pengguna. Pemilik website bisa menggunakan desain responsif dimana tampilan website akan otomatis berubah menyesuaikan perangkat.

Mobile Friendly

8 Alasan Website Kamu Harus Mobile Friendly

Dalam mengelola sebuah website, kamu juga perlu mengetahui trend yang ada agar website kamu dapat tetap bersaing, lho. Saat ini, masyarakat tidak bisa lepas dari penggunaan smartphone. Entah untuk bermain game, menyelesaikan sebuah pekerjaan, membuka media sosial, menonton video Youtube, atau sekedar browsing di internet. 

Bayangkan jika website kamu hanya dirancang untuk PC atau desktop version, pastinya pengguna akan malas untuk mengunjungi website kamu lebih lama karena harus memperbesar dan memperkecil tampilan website kamu. Pengunjung tentunya akan lebih memilih website lain yang mobile friendly dan memudahkan mereka. Pelanggan potensial akan hilang deh! Sangat disayangkan bukan jika hal seperti itu terjadi pada websitemu.

Nah, berikut beberapa alasan penting yang perlu kamu ketahui untuk membuat website mobile friendly.

Meningkatnya Pengguna Perangkat Mobile

Data Penggunaan Internet
Data Penggunaan Internet Dengan Perangkat Seluler. Source : HootSuite

Menurut data yang diambil dari We Are Social pada bulan Januari 2020, pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile mencapai 171 juta orang. Data tersebut berarti bahwa 98 persen dari total pengguna internet di Indonesia menggunakan perangkat mobile dalam melakukan penelusuran di internet.

Baca Juga  Rekomendasi 15 Sidebar WordPress Untuk Meningkatkan Konversi Website Kamu

Hal ini berarti bahwa mayoritas pengunjung website kamu menggunakan perangkat mobile saat melakukan kunjungan. Sebagai pemilik website, kamu pasti berusaha yang terbaik untuk memberikan pelayanan yang dapat memudahkan pelanggan. Website yang mobile friendly merupakan salah satu cara terbaik untuk memberikan pelayanan memuaskan kepada pengunjung kamu.

Dengan menyesuaikan ke mobile version, pengunjung bisa lebih nyaman dan betah untuk stay di website kamu untuk scrolling informasi lebih lanjut atau saat berbelanja online. Nggak mau dong kalau pengunjung kamu cepat keluar dari website karena tampilannya nggak pas di perangkat seluler mereka?

Website Mobile Friendly Mempengaruhi SEO

Website Mobile Friendly Mempengaruhi SEO

Sejak tahun 2015, Google telah merilis pembaruan algoritma terhadap hasil pencarian mereka. Dengan algoritma ini, website yang mobile friendly akan lebih diprioritaskan oleh Google. Sehingga website kamu akan memiliki peringkat lebih tinggi pada mesin pencarian dibandingkan yang tidak mobile friendly.

Hal ini juga akan sangat mempengaruhi website kamu, lho! Jika tidak segera membuat website mobile friendly maka website kamu tidak akan muncul pada halaman pertama mesin pencarian atau bahkan tidak akan pernah dilihat oleh siapapun. Dan traffic website akan turun dengan drastis.

Meningkatkan Kredibilitas Website

Meningkatkan Kredibilitas Website

Berdasarkan data We Are Social dari HootSuite, penyumbang terbesar pada traffic website pada bulan Desember 2019 berasal dari pengguna perangkat mobile yaitu sebesar 54,6 persen. Jumlah yang sangat banyak untuk dijadikan pertimbangan terhadap keefektifan website kamu.

Website mobile friendly dapat menyediakan layanan terbaik kepada pelanggan dimana kamu bisa memberikan desain tampilan yang pas dengan layar smartphone dan memaksimalkan fitur-fitur pada website kamu. Dengan pelayanan yang baik ini, pengunjung dapat merasakan kredibilitas website karena terlihat lebih profesional.

Jangkauan yang Lebih Luas

Jangkauan lebih luas

Ketika memiliki website mobile friendly, pengunjung dapat dengan mudah membagikan informasi website kamu kepada teman atau keluarganya hanya dengan beberapa klik jari saja.

Pengunjung hanya perlu klik ikon sharing yang tersedia dan konten website kamu sudah dapat disebarkan. Pengunjung bisa membagikan kepada platform lain seperti media sosial Instagram, Facebook, Whatsapp, LINE, dan lainnya. Sehingga akan semakin banyak orang yang mengetahui website kamu dari informasi yang dibagikan oleh temannya.

Selain itu jika website kamu mobile friendly, pelanggan dapat dengan mudah mencari website kamu pada perangkat mobile tanpa perlu menulis URL lengkap website. Pelanggan hanya perlu melakukan pencarian pada Google dan website kamu akan ditampilkan pada halaman pencarian.

Memberikan Pengalaman Memuaskan Kepada Pelanggan

website mobile friendly memberikan rating yang baik

Menurut kamu, apa yang paling membedakan website mobile friendly dan yang tidak? Ya, benar! Pengalaman pelanggan terhadap website. Pengalaman kunjungan yang baik maupun buruk akan selalu tersimpan pada benak pelanggan kamu, lho. 

Ketika website kamu sudah dioptimasi ke mobile, tampilan website akan terlihat lebih menarik untuk dilihat pada mobile user. Navigasi pada website juga menjadi lebih mudah dan intuitif. Pengunjung dapat dengan mudah membaca teks maupun menemukan hal yang dicari.

Baca Juga  Ini Dia Beberapa Tools Praktis untuk Cek Traffic Website yang Super Mudah!

Selain itu, proses loading pada website mobile friendly akan lebih cepat, guys. Coba optimalkan fitur-fitur pada website kamu menjadi simple dan mudah dipahami sehingga pelanggan merasa puas atas layanan yang diberikan. 

Lebih Unggul Dibandingkan Kompetitor

lebih unggul daripada kompetitor

Seiring perkembangan zaman, persaingan bisnis menjadi semakin sengit. Semakin bermunculan ide-ide kreatif dan unik yang dilakukan perusahaan untuk menarik para konsumen. Jika kompetitor tidak memiliki website mobile friendly seperti website kamu, maka sudah pasti pelanggan akan lebih tertarik untuk mengunjungi atau bahkan melakukan transaksi pada website kamu.

Saat ini belum terlalu banyak orang yang sadar bahwa membuat website mobile friendly adalah hal yang penting. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memberikan pengalaman baru kepada pelanggan dengan website mobile friendly. Website kamu akan jauh lebih unggul dibandingkan kompetitor.

Memudahkan Pelanggan Untuk Terhubung

memudahkan pelanggan untuk terhubung

Semakin mudah pelanggan untuk melakukan kontak dengan perusahaan, semakin besar kemungkinan mereka akan melakukannya. Ketika memiliki website mobile friendly, pastikan bahwa alamat email dan nomor telepon perusahaan harus mudah ditemukan pada website dan bisa diarahkan langsung.

Coba buat tulisan alamat dan nomor telepon pada website kamu bisa di klik. Sehingga ketika pengunjung menekan teks tersebut, mereka akan langsung diarahkan ke email atau telepon. Semakin mudah pelanggan untuk menjangkau pihak perusahaan, semakin besar juga kemungkinan pelanggan melakukan transaksi pada website kamu.

Pengelolaan Website Lebih Mudah

pengelolaan website lebih mudah

Saat kamu menggunakan desain website yang responsif, maka desain website akan disesuaikan dengan perangkat yang digunakan. Kamu tidak perlu membuat layout teks, gambar, dan video untuk masing-masing perangkat yang digunakan. Desain ini akan menyesuaikannya secara otomatis. Sehingga proses pengelolaan website dan pemasaran produk dapat berjalan lebih efektif dan bisa menjangkau target yang lebih luas.

Nah, pada artikel diatas sudah dirangkum mengenai beberapa alasan penting yang perlu kamu ketahui untuk membuat website mobile friendly nih, guys. Kegiatan promosi perusahaan kamu bisa menjadi lebih efektif dan mudah deh. Pelanggan juga akan merasa puas karena desain dan fitur website kamu yang lebih modern dan mudah dilakukan.

Coba bayangkan jika kamu mengunjungi sebuah website tapi tidak mobile friendly, pasti susah banget buat mengaksesnya bukan? Hayo coba ngaku, pasti beberapa dari kamu membaca artikel ini menggunakan smartphone deh! Website mobile friendly bisa menjadi salah satu keunggulan perusahaan kamu dibanding kompetitor, lho. Nah, siapa nih yang belum membuat website mobile friendly?

Yuk secepatnya buat ya website mobile friendly supaya kamu bisa menggaet calon pelanggan atau pengunjung lebih banyak lagi. Jika kamu membutuhkan layanan hosting untuk website, kamu bisa mengecek di halaman Exabytes karena hosting dari Exabytes sudah pasti berkualitas dan terpercaya.

Stay safe ya dan sampai bertemu di artikel selanjutnya, Exabytes Friends!

Credit: Carissa Dea Chrestella Prayudhi

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Berkah Ramadhan