Simak 8 Tips Ini Untuk Jadi Developer Jago

221
Tips Jadi Developer Jago
6 min read

Siapa sih yang nggak kepengen jadi developer jago? Pasti buat kamu yang bekerja di bidang ini ingin sekali bisa menjadi andal dan bisa menjadi developer yang berkompeten. 

Di zaman milenial yang serba maju ini pasti banyak orang yang bergantung dengan teknologi. Tentunya beberapa di antara kita pun memiliki rasa penasaran yang tinggi sehingga ingin terjun langsung ke bidang ini, salah satunya menjadi developer.

Developer pun kini menjadi pekerjaan yang paling banyak dicari. Hampir semua perusahaan membutuhkan role ini. Tawaran gaji yang ditawarkan pun juga cukup tinggi sehingga pekerjaan ini sangat menjanjikan. Apalagi di zaman sekarang yang nggak bisa lepas dari teknologi dan internet. Pekerjaan ini menjadi idaman hampir semua orang terutama untuk IT enthusiast dan berada di bidang ini. 

8 Tips Jadi Developer Jago

Tapi muncul pertanyaan yang berada di benak kita, sebenarnya gimana sih cara menjadi developer jago dan andal? Mungkin beberapa orang termasuk kamu sedang berpikir seperti ini sekarang.

Buat kamu yang masih bingung gimana caranya, dengan membaca beberapa tips untuk menjadi developer jago di bawah ini bisa membantu kamu nih.

Apa saja sih? Simak di bawah ini ya!

Pelajari bahasa pemrograman

Yang pertama dan sudah pasti dilakukan adalah dengan belajar bahasa pemrograman. Pilih bahasa pemrograman yang sesuai denganmu. Bahasa pemrograman memang banyak banget, hingga ratusan dan mustahil bila kamu bisa mempelajari apalagi menguasai semuanya. 

Pelajari Bahasa Pemrograman Agar Jadi Developer Jago

Pilih bahasa pemrograman yang bisa menunjang karir yang ingin kamu tempuh. Misalnya kamu ingin menjadi web developer, maka kamu perlu mempelajari bahasa Phyton, JavaScript dan PHP.

Pahami konsep

Disini, kamu perlu untuk memahami konsep apa yang akan kamu buat dengan bahasa pemrograman yang akan kamu gunakan. Mungkin kamu tahu bahasanya seperti apa tetapi kalau kamu nggak tahu strukturnya maka sia-sia saja. Nantinya malah kamu nggak bisa membuat website atau aplikasi yang benar.

Kamu pun perlu memahami konsep dasar terlebih dahulu dan kamu akan berfokus kemana. Apakah akan berfokus ke tampilan website atau lebih ke ‘di balik layar’ website? Jika kamu ingin berfokus dengan tampilan website, maka kamu perlu pelajari konsep front-end website. Sementara untuk di balik layar website dimana lebih sistematis dan teknis, pelajari konsep back-end website. Untuk kedua-duanya dinamakan full stack developer.

Baca Juga  Mari Menelusuri Lebih Dalam Tentang Flutter Developer

Konsisten adalah kuncinya

Kunci paling utama menjadi developer jago adalah konsisten. Jika kamu ingin belajar bahasa pemrograman atau coding, kamu harus belajar setiap hari. Kalau kamu ingin mengembangkan produk atau layanan, kamu perlu mempelajarinya dan melakukannya dengan konsisten. Jika kamu ingin menjadi bagian dari komunitas open source, kamu pun harus selalu aktif di komunitas.

Konsisten itu memang nggak gampang. Apalagi pasti akan ada trial and error, nggak semuanya berjalan mulus dan berhasil dengan instan. Konsiten itu butuh waktu yang panjang. Tapi percaya deh, ketika kamu konsisten melakukan sesuatu maka kamu pun akan mendapatkan hasil yang baik. Usaha tidak pernah mengkhianati hasil, catat itu ya Exabytes Friends.

Jangan lelah untuk belajar

Belajar coding memang sulit dan rumit. Tetapi jangan sampai kamu menyerah buat belajar ini karena ini merupakan pondasi utama kamu menjadi developer jago dan andal. Kamu pun bisa belajar di perkuliahan dengan mengambil jurusan yang relevan atau secara otodidak kok.

Banyak platform yang menjadi ladang pembelajaran coding. Kamu bisa belajar dengan mengikuti kursus baik itu kursus online atau offline, mengikuti webinar online, belajar otodidak dengan buku, ebook, tutorial, website hingga video Youtube. Atau kamu bisa belajar dari forum atau open source community.

Open Source adalah tiket untuk coding

Penting banget buat kamu untuk aktif di open source community. Kenapa begitu? Karena dengan kamu aktif di ruang lingkup ini, kamu bisa banyak belajar coding baru dan menemukan pola pembelajaran yang lebih cepat untuk dimengerti. 

Open Source

Dan jangan malu untuk meminta bantuan ketika kamu nggak mengerti coding tertentu karena anggota komunitas open source akan membantumu dengan senang hati. Ada banyak developer, pengelola dan kontributor yang siap membantu kamu dan memberikan masukan untuk karya yang kamu kembangkan. Dengan bantuan dan saran mereka, kamu bisa meningkatkan skill lho.

Buat portfolio

Jika kamu sudah memiliki beberapa karya, sebaiknya kamu langsung membuat portfolio. Hal ini akan sangat bermanfaat bila kamu ingin melamar pekerjaan di perusahaan yang kamu inginkan atau yang mereka butuhkan. Portfolio ini bisa menjadi bukti atau rekam digital bahwa kamu telah membuat karya. Ini bisa kamu gunakan untuk apply freelance lho untuk menguatkan calon klien yang akan memakai jasamu.

Baca Juga  Belajar JAMStack di EDC In Collaboration With Galih Pratama

Mempromosikan proyek open source

Mungkin kebanyakan orang lupa atau menganggap sepele hal ini tetapi mempromosikan proyek open source yang kamu buat itu penting juga lho. Promosikan karya kamu entah itu produk atau layanan yang kamu buat kepada orang-orang karena kalau kamu nggak promosiin, ya percuma aja. Jadinya useless atau sia-sia karena nggak ada orang yang tahu.

Temukan audiens kamu di mana platform mana pun. Entah itu di open source community atau di grup-grup developer di sosial media yang sudah menjamur dimana-mana. Dan balik lagi ke poin nomor 1, kamu perlu konsisten untuk mempromosikannya misalnya posting di sosial media atau di komunitas yang kamu ikuti.

Ikut Exabytes Developer Club

Tips terakhir supaya bisa jadi developer jago adalah dengan ikut Exabytes Developer Club a.k.a EDC. Eh, apa tuh EDC?

Ikut EDC
EDC Bersama dengan Elyfas Frodicia

EDC adalah grup yang dibuat oleh Exabytes yang aktif di Facebook. Di EDC pun bebas untuk bertukar pendapat atau mau promosi karyamu nih. Nah, buat kamu yang belum nemu audiens kamu untuk mempromosikan karya atau ingin banyak belajar serta bertanya kepada developer lainnya wajib banget nih buat ikut Exabytes Developer Club atau EDC.

Dan yang terpenting adalah di EDC pun sering mengadakan event yang interaktif lho. Beberapa developer andal yang sudah pernah mengisi di event EDC adalah Sandhika Galih, Eko Khanedy, dan masih banyak lainnya.

Gimana sih caranya buat join EDC? Kamu bisa klik di go.exabytes.co.id/join-edc ya dan kamu bisa menikmati webinar rutin EDC dengan free lho. Wah, asik banget kan? Cuma join grup aja udah bisa ikut webinar gratis dari para ahli nih.

Kamu pun jangan lewatkan kesempatan EDC mendatang karena akan ada EDC x Elyfas Fredocia, Senior UX Designer Blibli.com yang membahas tentang Scalable UX Design. Buat kamu yang tertarik dengan UX bisa banget nih ikutan karena event ini free lho. Jangan sampai ketinggalan, lumayan banget kan dapat ilmu dan wawasan tambahan dari ahlinya nih.

Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu untuk menjadi developer jago ya. Jangan patah semangat dan terus mencoba. Ingat, konsisten dalam melakukan sesuatu yang kamu lakukan karena usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak