Apa Itu cPanel Hosting? Temukan Jawabannya Disini

0
1093

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa itu cPanel hosting. Cpanel hosting adalah control panel hosting yang digunakan untuk memudahkan hosting seperti server, email, hingga website. Hosting ini memiliki tampilan dasbor yang intuitif dan sangat mudah digunakan. 

Apa itu cPanel?

cpanel adalah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cPanel sendiri merupakan panel kontrol yang digunakan untuk melakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan yang tersedia pada layanan web hosting. Untuk informasi lengkapnya, simak ulasan berikut. 

Pengertian cPanel

Sama halnya dengan kebanyakan panel kontrol lain, cpanel ialah panel kontrol yang memiliki database, manajemen file, domain, software, security, maupun konfigurasi lainnya. Penggunaan cPanel akan memberikan kemudahan bagi pengguna terutama untuk melakukan konfigurasi dari web yang dikelola. 

Cpanel dikenal mampu memberikan kemudahan ekstra bagi pengguna. Ini karena cPanel menyajikan kontrol dengan tampilan user interface yang menarik dan mudah untuk dioperasikan oleh setiap pengguna. 

Sejarah dan Evolusi cPanel

apa itu cpanel hosting
Ilustrasi evolusi cPanel

Anda bisa lebih mudah memahami apa itu cPanel hosting dengan mengetahui sejarahnya. Cpanel diciptakan oleh J. Nick Koston yang memiliki saham di Speed Hosting pada saat itu. Perlu diketahui bahwa Web King mulai menggunakan hosting ini setelah mereka bergabung dengan Speed Hosting. 

Kemudian perusahaan tersebut memindahkan server ke Virtual Development Incorporated (VDI). J.Nick Koston dan VDI juga membuat pengaturan untuk cPanel. Di mana nantinya cPanel hanya akan   tersedia untuk pelanggan Web Hosting VDI saja.  

Berkat ketekunan dan kerja keras yang dilakukan oleh Nick Koston, cPanel akhirnya mengalami bisa berkembang dengan pesat. Oleh karena itulah, cPanel bisa berjalan hingga saat ini dengan sangat baik. 

Keuntungan Menggunakan cPanel Hosting 

Setelah mengetahui apa itu cPanel hosting, terdapat beragam keuntungan yang akan diperoleh pengguna. Berikut beberapa keuntungan menggunakan cPanel hosting, antara lain: 

  • Aneka fitur yang melimpah: Anda bisa menggunakan beberapa fitur yang berbeda untuk satu tujuan yang sama. 
  • Mudah digunakan oleh pemula: karena mengusung tampilan Graphical User Interface, tentu akan lebih mudah digunakan terutama bagi pemula.  
  • Populer & banyak tersedia di hosting: hampir semua penyedia layanan hosting menggandeng cPanel sebagai software resmi untuk mengelola fitur yang tersedia. 

Apa itu Web Hosting?

Web hosting sendiri merupakan layanan yang berfungsi untuk menyimpan semua file dan data website. Tujuannya tentu saja agar bisa online dan diakses oleh siapapun di internet melalui web browser. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut. 

Pengertian Web Hosting

Jika diibaratkan, web hosting merupakan tanah atau lahan tempat Anda membangun rumah (website). Lahan ini berfungsi untuk menyimpan semua resource yang diperlukan agar web bisa dikunjungi oleh orang lain. Tugas dari web hosting ialah mengelola dan menjalankan server, mengamankan website, dan memastikan data yang ada di dalamnya bisa diakses oleh pengunjung. 

Tipe-Tipe Web Hosting

Setiap provider biasanya akan menawarkan berbagai macam paket hosting yang beragam menurut fitur dan manfaatnya. Secara umum, tipe-tipe web hosting yang ada di pasaran saat ini adalah sebagai berikut: 

  • Shared Hosting: jenis hosting yang paling murah dan populer. Cocok untuk blog dan web sederhana terutama bagi Anda yang akan memulai membuat web. 
  • VPS Hosting: merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin membuat web skala medium, toko online, dan blog besar. 
  • Cloud Hosting: hosting ini menggunakan beberapa server virtual untuk menghosting web. Ketika salah satu mengalami gangguan, performa web akan tetap stabil karena perannya digantikan oleh server lain. 
  • WordPress Hosting: merupakan salah satu tipe CMS hosting yang servernya dioptimalkan untuk wordpress. 
  • Dedicated Hosting: hosting ini menyediakan server fisik yang benar-benar dikhususkan untuk setiap web. 

Perbedaan Antara cPanel Hosting dan Web Hosting Biasa

Apa Itu cPanel Hosting? Temukan Jawabannya Disini - 2024

Seperti yang diketahui, tools untuk mengelola web hosting sebenarnya terbagi menjadi beberapa pilihan. Beberapa diantaranya yaitu cPanel dan web hosting biasa. Secara garis besar, tool cPanel sudah cukup terkenal dan banyak digunakan oleh para user hosting. 

Sementara untuk web hosting biasa, banyak digunakan oleh pengguna VPS. Peran web hosting ini cukup signifikan dalam membuat akun-akun cPanel. Web hosting dinilai sudah setingkat server admin karena bisa digunakan untuk mengelola beberapa akun cPanel milik pengguna.  

Keuntungan Menggunakan cPanel Hosting

Cpanel umumnya sudah disediakan di paket hosting yang Anda beli, sehingga ketika Anda membeli hosting secara otomatis juga akan mendapatkan cPanel tersebut. Beberapa keuntungan menggunakan cPanel hosting yaitu sebagai berikut: 

  • Alat yang sangat efektif terutama bagi webmaster untuk memonitor situs mereka.
  • Membantu melacak ukuran file secara keseluruhan serta jumlah bandwidth yang sudah digunakan. 
  • Merupakan layanan hosting terkemuka di dunia. 
  • Menyediakan webmaster dengan kontrol penuh atas situs web mereka seperti memodifikasi maupun mengelola situs web dengan cara yang diinginkan. 
  • Pengguna bisa merancang halaman error di mana bisa berisi link yang mungkin akan diarahkan untuk pengunjung ke tempat yang menguntungkan lainnya. 

Fitur cPanel Hosting

Di dalam sebuah hosting, diperlukan fitur cPanel agar bisa bekerja secara maksimal. Adapun beragam fitur yang terdapat pada cPanel ialah sebagai berikut: 

  • Panel Kontrol cPanel: pengguna bisa membuat akun FTP dan membatasi aktivitas sesuai dengan kebutuhan. 
  • Menambah Domain dan Subdomain: fitur ini digunakan untuk membuat subdomain pada domain web yang dimiliki. 
  • Email Hosting: berfungsi untuk membuat email menggunakan domain web dan menentukan berapa kapasitas untuk email yang dibuat. 
  • Database Management: fitur ini berfungsi untuk membuat database dari pengguna sekaligus mengatur hak aksesnya agar bisa digunakan dengan baik. 
  • FTP Management: berfungsi untuk melihat siapa saja yang sudah login melalui FTP pada situs web milik Anda. 
  • Backup dan Restore: fitur ini sering digunakan untuk melakukan backup file yang ada di website. 
  • Security Management: berfungsi untuk memberikan keamanan maksimal terhadap website pengguna. 

Bagaimana Cara Menggunakan cPanel Hosting?

Bagi pemula, Anda mungkin akan mengalami sedikit kesulitan ketika mengakses cPanel hosting. Namun tidak perlu khawatir, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut agar bisa menggunakan cPanel dengan mudah. Berikut beberapa diantaranya: 

  • Silahkan buka “Link” yang Anda terima di email ketika membeli sebuah paket hosting. 
  • Nantinya Anda akan diarahkan untuk masuk ke halaman cPanel. 
  • Kemudian, silahkan masukkan “Username” dan “Password” untuk masuk ke akun cPanel. 
  • Jika sudah, Anda tentu akan membutuhkan aplikasi web yang digunakan untuk mengelola konten pada web, silahkan pilih jenis aplikasi yang cocok untuk CMS. 
  • Kemudian silahkan klik menu “Softaculous apps installer”. 
  • Nantinya akan muncul beberapa pilihan jenis aplikasi, silahkan pilih aplikasi yang akan diinstall. 
  • Ikuti langkah-langkah yang sudah ada hingga selesai. 
  • Untuk menambahkan domain, Anda bisa cari bagian “Domains” lalu pilih “Addon Domain”. 
  • Kemudian silahkan masukkan “Nama Domain” yang diinginkan lalu mengetik nama domain dan “Add Domain”. 
  • Untuk membuat subdomain, Anda bisa masuk ke menu “Domain” lalu klik “Subdomains”. 
  • Selanjutnya silahkan masukkan “Nama Subdomain” dan klik “Create”.

Mengelola Website dengan Mudah untuk Pemula Berkat Cpanel Hosting

Itulah ulasan mengenai apa itu cPanel hosting. Cpanel sangat membantu Anda dalam mengatur domain website yang Anda miliki. Di dalamnya terdapat beragam tools yang bisa digunakan dengan mudah, bahkan bagi pemula sekalipun karena Anda tidak perlu memahami dan mempelajari programming atau coding. 

Yuk maksimalkan pengelolaan website Anda dengan mudah! Manfaatkan layanan domain dan web hosting cPanel dari Exabytes Indonesia, penyedia terpercaya yang telah memperoleh sertifikat ISO 27001. 

Dapatkan keunggulan dalam mengatur dan mengelola domain website Anda dengan menggunakan cPanel hosting yang intuitif. 

Kunjungi Exabytes Indonesia sekarang dan jadikan pengalaman online Anda lebih efisien dan aman!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments