Membangun User Experience Yang Baik Untuk Website

0
993

Website merupakan alat paling efektif dalam mengikuti kegiatan digital marketing. Tentu fungsinya sendiri akan menjadi lebih efektif apabila Anda bisa mengelolanya dengan baik. Membangun user experience yang baik untuk website merupakan salah satu faktor penting dari keberhasilan sebuah website. 

Pengalaman mengesankan yang didapatkan setelah mengunjungi sebuah website tentu akan diingat dengan baik oleh pelanggan. Pelanggan tidak akan sungkan berkunjung kembali ke website tersebut hingga merekomendasikannya ke orang lain. Hal ini tentu akan berpengaruh pada meningkatnya engagement hingga konversi pada website. 

Pengertian User Experience 

membangun user experience

Ialah pengalaman yang didapatkan oleh pengguna ketika berkunjung ke sebuah website. User experience ini ditentukan dari beberapa hal seperti kemudahan akses, desain yang friendly, dan masih banyak lagi. 

Website dengan user experience atau UX yang baik tentu memiliki desain dan fitur yang simple sehingga memudahkan pengunjung mendapatkan yang diinginkan. Sebaliknya, apabila UX buruk maka pengunjung tentu merasa kesulitan untuk menemukan informasi yang dicari.

Tips Membangun User Experience Yang Baik Untuk Website

Dalam  membangun user experience yang baik untuk website tentu Anda harus memperhatikan beberapa hal yang dinilai sangat penting. Berikut tips yang bisa diterapkan untuk mewujudkan hal tersebut, antara lain: 

Buatlah Home Page Yang Menarik 

Cara Buat Website di Weebly

Homepage ialah halaman pertama yang dilihat oleh pengunjung. Ini artinya, home page menjadi salah satu penentu pengunjung akan melanjutkan penelusurannya atau tidak. Oleh karena itulah, home page lebih baik dibuat simple namun tetap menarik. 

Hindari untuk memasukkan terlalu banyak konten atau informasi. Anda bisa memasukkan logo beserta nama perusahaan dan beberapa informasi terkait perusahaan pada home page. Ini akan membuat pengunjung merasa lebih nyaman dan percaya dengan website Anda. 

Manfaatkan White Space 

Tips berikutnya untuk membangun user experience yang baik untuk website ialah memanfaatkan white space. Anda tentu pernah melihat ruang kosong di sekitar konten atau tulisan pada website. Itulah yang disebut dengan white space atau negative space. 

White space dibuat untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dalam melihat konten di website. Tentu pengunjung akan merasa malas apabila mendapati konten yang cukup banyak namun tidak ada celah antara konten satu dengan yang lainnya pada sebuah website. Oleh karena itulah sangat penting untuk memanfaatkan white space ini. 

Tidak hanya nyaman dari segi penglihatan, namun, objek di sekitar white space juga bisa mendapatkan fokus lebih banyak dari pengunjung. Informasi pada website akan lebih tersorot oleh pengguna. Namun, meskipun demikian, pastikan bahwa ukuran white space pada website haruslah ideal. 

Perhatikan Kecepatan Loading Website 

Membangun User Experience Yang Baik Untuk Website - 2024

Mengunjungi website yang lemot tentu sangat menjengkelkan. Untuk membangun user experience yang baik untuk website maka perlu memastikan bahwa website Anda dimuat dalam waktu yang cepat dan singkat. 

Perlu diketahui bahwa seorang pengguna membutuhkan waktu 3 hingga 5 detik saja sebelum memutuskan untuk meninggalkan website yang sedang dimuat. Jika melebihi waktu tersebut, UX website akan dianggap buruk oleh pengunjung. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda bisa memasukkan gambar dengan size yang kecil. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan hosting yang berkualitas, server yang mampu menampung data website, dan masih banyak lagi. 

Sisipkan Call to Action Yang Mencolok 

Jika Anda ingin menghasilkan konversi pada website, maka penggunaan CTA sangat efektif untuk mewujudkannya. CTA bisa digunakan untuk mengarahkan pengguna terkait hal yang bisa dilakukan pada website, memudahkan navigasi pada web, hingga menemukan informasi yang diinginkan. 

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat CTA dalam rangka membangun user experience yang baik untuk website. Seperti halnya penggunaan warna, pemilihan diksi, hingga tata letaknya. Sebaiknya gunakan warna yang kontras dengan background agar menarik fokus pengunjung. 

Anda bisa mempelajari psikologi warna agar nantinya warna yang dipilih sesuai dengan tujuan CTA itu sendiri. Selain itu, buatlah kata kata yang merangsang pengunjung untuk bertindak. Letakkan CTA pada posisi strategis agar langsung terlihat oleh pengunjung. 

Gunakan Bulleted List Untuk Poin Penting 

Banyaknya informasi yang tersaji dalam website, bisa dikemas menjadi mudah untuk pembaca dalam memahaminya. Salah satunya yaitu menggunakan bulleted list pada poin-poin penting. Penggunaan fitur ini bisa membuat struktur artikel lebih rapi dan mudah dipahami. 

Anda bisa menambahkan gambar pada setiap poin untuk membuat pembaca semakin paham dengan materi yang disampaikan. Kemudian, gunakan juga ikon yang unik dan sesuai dengan isi poin yang dijelaskan untuk menarik minat pengunjung. 

Tambahkan Gambar Dan Video 

Tips untuk membangun user experience yang baik untuk website berikutnya yaitu mengunggah video maupun gambar di dalamnya. Contohnya, ketika menjual sebuah produk, tambahkan beberapa gambar dan video mengenai detail, kegunaan, hingga varian produk. 

Penggunaan gambar dan video akan membuat web terlihat lebih menarik dan tidak membosankan. Adanya gambar dan video bisa menjadi pendukung dalam menjelaskan produk atau konten yang dibuat agar lebih mudah dipahami. 

Perhatikan Penulisan Heading Yang Benar 

Judul pada website tentu harus dibuat semenarik mungkin baik dari segi desain maupun penulisannya. Setiap pengunjung tentu berharap judul akan sesuai dengan informasi yang dicari. Apabila judul tidak sesuai, tentu akan membuat pengunjung merasa kecewa dengan website Anda. 

Oleh karena itulah, Anda bisa membuat judul yang mengandung keyword agar menarik pengunjung lebih banyak. Gunakan judul yang relatable dengan kehidupan pengguna. Pastikan judul yang dibuat sesuai dengan standar SEO dari google sehingga web Anda bisa berada di peringkat atas pada mesin pencarian. 

Tetap Konsisten 

Untuk membangun user experience yang baik untuk website, maka Anda harus tetap konsisten. Mulai dari konten, desain, halaman, produk, hingga struktur yang diterapkan harus tetap sama. Saat berpindah ke halaman yang lebih kontras dari sebelumnya, tentu pengunjung akan merasa bingung. 

Anda juga perlu memastikan untuk selalu up to date dalam mengunggah konten yang menarik dan dibutuhkan pengunjung website. Semakin sering Anda melakukan update konten, semakin besar kemungkinan website Anda semakin dikenal oleh banyak pengunjung. 

Hindari Broken Link 

broken link

Pengunjung website seringkali merasa kecewa karena tautan yang dicantumkan pada web tidak bisa dibuka ketika mengklik tautan tersebut. Hal inilah yang mengakibatkan pengunjung berpikir 2 kali untuk melanjutkan penelusuran pada website Anda. 

Untuk meminimalisir hal tersebut, Anda perlu memastikan terlebih dahulu tautan tersebut bisa berfungsi dengan baik. Anda bisa memanfaatkan tools yang tersedia untuk mengidentifikasi broken link yang mungkin terjadi. 

Tambahkan Search Box 

Tips lainnya untuk membangun user experience yang baik untuk website yaitu dengan memiliki search box. Adanya search box tentu akan memberikan kemudahan kepada pengunjung karena bisa mencari informasi sesuai dengan keyword yang diinput. 

Semakin mudah pengunjung menemukan hal yang dicari, maka UX pada website Anda akan semakin tinggi. Oleh karena itulah, menambahkan search box tentu akan sangat berguna bagi kenyamanan pengunjung. 

Pengalaman pelanggan yang baik akan berdampak pada loyalitas bahkan konversi website. Itulah sebabnya, sangat penting membangun user experience yang baik untuk website dengan menerapkan tips-tips di atas. 

Membangun User Experience yang Baik untuk Website adalah Kunci Keberhasilan Bisnis Online

Beberapa tips penting yang perlu diperhatikan meliputi membuat Home Page yang menarik, memanfaatkan White Space, memperhatikan kecepatan loading website, menyisipkan Call to Action yang mencolok, menggunakan Bulleted List untuk poin-poin penting, menambahkan gambar dan video, memperhatikan penulisan Heading yang benar, serta tetap konsisten dalam konten dan desain. 

Penting juga untuk menghindari broken link dan menambahkan search box sebagai kemudahan bagi pengunjung dalam mencari informasi. 

Selain menerapkan tips-tips ini, Anda dapat meningkatkan User Experience pada website Anda dengan menggunakan domain Indonesia yang mudah di ingat, Anda bisa beli nama domain di Exabytes Indonesia.

Kami rekomendasikan karena Exabytes Indonesia telah memiliki sertifikat ISO 27001, sehingga kami semakin berkomitmen untuk melindungi data Anda.

Good luck!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments