9 Tren Desain Website Terbaru Yang Harus Kamu Ketahui

0
1025

Desain dari sebuah website juga berperan dalam menentukan jumlah pengunjung website. Maka dari itu, penting untuk membuat desain website yang bagus demi menarik jumlah pengunjung setiap harinya. 

Pada saat membuat website mungkin saja Anda sebagai perancangnya kebingungan dalam mencari inspirasi desain yang bagus. Nah, Anda bisa mencarinya melalui rekomendasi tren desain website yang populer di kalangan pengguna internet.

Cara tersebut akan memudahkan Anda dalam menentukan desain website dengan tepat. Lantas, apa saja desain-desain website yang lagi trend saat ini? Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, langsung saja simak uraiannya di bawah ini!

Daftar Rekomendasi Tren Desain Website Terbaru

Dark Mode

tren desain website
Contoh Desain Web Dark Mode

Dark mode atau dikenal dengan mode gelap ini menjadi tren desain website hingga sekarang. Hal ini lantaran populernya penggunaan night mode pada berbagai perangkat sehingga banyak web designer yang menciptakan template WordPress dark mode untuk kebutuhan website.

Menariknya, desain yang ala-ala dark mode ini nyatanya banyak digunakan brand-brand terkemuka lainnya, seperti Mercedes Benz hingga Apple. Warna gelap memungkinkan para desainer menjadi lebih leluasa dalam mengkreasikan elemen-elemen di dalam website.

Warna hitam juga identik dengan kesan yang eksklusif nan stylish, sehingga penggunaan dark mode sangat diminati oleh banyak pengguna. Selain itu, dark mode dinilai lebih baik dalam mengurangi efek ketegangan pada mata ketika lama menatap layar monitor. 

Full Page Header

Full Page Header
Contoh Desain web Full Page Header

Tren desain website terbaru yang berikutnya adalah Full Page Header. Ukuran header yang besar dan memenuhi sebagian laman website akan mengarahkan pengunjung untuk langsung melihat informasi di dalamnya. 

Ruang di dalam header yang besar dapat dimanfaatkan untuk mengisi konten yang tepat sasaran sehingga akan menarik pengunjung dengan cepat. Namun, bila Anda ingin menggunakan desain ini wajib memperhatikan isi kontennya.

Sebab, kesan pertama pengunjung langsung menuju ke header tersebut. Jangan lupa beri gambar berformat PNG yang ukurannya tidak lebih dari 400kb dan beresolusi baik. Selipkan kalimat Call To Action (CTA) untuk menarik minat pengunjung.

Parallax Scroll Animation

Parallax Scroll Animation
Contoh desain website Parallax Scroll Animation

Animasi parallax akan membuat beberapa elemen visual bergerak dengan kecepatan yang berbeda pada saat scroling halaman website. Efek dari animasi ini, membuat beberapa gambar yang ada di dalamnya dapat terlihat bergerak lebih cepat dari yang lain.

Nah, pergerakan tersebut akan berlangsung seiring dengan scrolling pengunjung. Sehingga ilusi dari animasi parallax ini bisa memancing para pengunjung agar melakukan scrolling terus menerus di website Anda. 

Walaupun terkesan sangat futuristik, tetapi disarankan untuk tidak berlebihan dalam penggunaannya. Sebab, ilusi optik yang terlalu banyak dapat membuat pusing bagi sebagian orang sehingga bisa mengalihkan perhatian dari informasi yang disampaikan.

Gradient Color

Saat ini, gradient color banyak digunakan pada berbagai karya desain yang ada sehingga turut membuat gradient color menjadi tren desain website masa kini. Adanya transisi skema warna yang ditampilkan dapat menciptakan efek yang lebih hidup pada halaman website. 

Selain itu, penggunaan warna gradasi ini juga mampu memberi kesan yang lebih fresh dan menonjol. Namun, Anda perlu menyesuaikan warna gradasi dengan konten-konten yang disajikan supaya nantinya tidak terkesan terlalu berlebihan.

Light Color

Selain dark mode, warna yang terang dan lembut juga mulai mendominasi tren desain website saat ini. Banyak web desainer yang mempertimbangkan light color sebagai penggunaan dalam halaman website karena dinilai yang lebih nyaman saat dilihat. 

Pemilihan warna-warna yang lembut dan cerah ini dapat memberikan kesan yang kalem dan bersih. Sehingga sangat cocok digunakan pada halaman-halaman website e-commerce ataupun website layanan pelatihan-pelatihan online.

3D Visuals

3D visual juga tak kalah meramaikan tren desain website terbaru. Desain ini sangat cocok bila dipadukan dengan elemen-elemen 3D yang kini semakin banyak digemari dan menjadi tren di kalangan pengguna internet.

Penggunaan bentuk-bentuk geometris yang dirancang dengan lebih modern menjadi daya tarik tersendiri dari desain 3D visual ini. Selain itu, elemen 3D juga akan memberikan kesan yang realistis pada halaman website Anda. 

Nah, apabila Anda memiliki website toko online maka desain web 3D visual ini akan sangat pas untuk mempromosikan produk Anda. Dengan tampilannya yang tiga dimensi akan membuat produk yang Anda tawarkan menjadi makin memesona dan menarik.

Video Header

Video Header
Contoh Desain Web Video Header

Tren desain website lainnya, yaitu video header yang tengah populer di kalangan para pengguna internet. Sebab, konten-konten video yang ada di dalam website selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung website.

Tak hanya itu, menurut beberapa praktisi pun menunjukkan bahwa video merupakan marketing tools online terbaik. Banyak sekali website freelancer yang menggunakan desain web video header ini di halaman website mereka.

Selain menjadi inspirasi dalam memperbagus website, video header dapat menyampaikan pesan konten dengan cepat. Namun, disarankan menggunakan video berdurasi maksimal 30 detik dan tanpa suara agar tidak berat saat loading website.

Minimalism

Minimalism
Contoh Desain Web Minimalism

Konsep minimalis juga masih menjadi tren desain website yang populer digunakan para pemilik website hingga saat ini. Ada banyak sekali website-website yang memakai desain minimalis karena meringankan loading page, namun website tetap terkesan bagus.

Layaknya website-website e-commerce, website portofolio, sampai brand banyak yang mengusung desain minimalis ini di website mereka. Adanya kesan yang modern dan rapi menjadi poin utama dalam penerapan desain ini.

Selain itu, para pengunjung juga akan lebih fokus pada informasi yang disajikan dalam website tersebut. Desain yang minimalis ini juga bisa jadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan konsep desain website yang timeless. 

Illustration

Saat ini, banyak sekali para web designer yang memanfaatkan gambar ilustrasi untuk memperindah website mereka. Bahkan, gambar-gambar ilustrasi kini tengah naik daun di berbagai media lainnya, seperti desain grafis, sosial media, hingga aplikasi-aplikasi chatting.

Tentunya hal ini tidak mengherankan karena elemen dari gambar ilustrasi dapat menciptakan kesan yang menarik dan tidak monoton. Sehingga dapat menjadi hal baru bagi para pengunjung website dalam menikmati konten-konten yang disajikan di dalam website.

Selain itu, penggunaan gambar-gambar ilustrasi ini juga sangat bagus untuk menambahkan kesan yang otentik pada website Anda. Elemen-elemen ilustrasi tersebut dapat menjadi ciri khas tersendiri dari website Anda dibandingkan dengan website lainnya. 

Tentunya, ada begitu banyak jenis ilustrasi yang dapat diaplikasikan pada website Anda untuk menambahkan kesan estetik landing page. Seperti halnya ilustrasi vector, karikatur, kartun, warna, dan lain sebagainya.

Inspirasi Desain Website, 9 Tren Terbaru yang Bisa Kamu Terapkan Hari Ini

Nah, dari kesemua tren desain website di atas manakah yang menjadi favorit Anda untuk digunakan pada website Anda sendiri? Pastinya, semuanya memang patut untuk Anda coba, bukan?!

Namun, selain tren desain yang menarik, ada aspek lain yang tidak boleh diabaikan, yaitu layanan domain Indonesia dan hosting WordPress yang handal. Di Exabytes Indonesia, kami menyediakan layanan domain dan WordPress hosting yang dapat memastikan website Anda berjalan lancar dan aman.

Selain itu, Exabytes Indonesia telah memperoleh sertifikat ISO 27001, yang menandakan kami telah memenuhi standar internasional dalam manajemen keamanan informasi. Dengan demikian, Anda dapat memiliki kepercayaan penuh pada keamanan dan privasi data Anda.

Jadi, tidak hanya fokus pada tren desain website, pastikan Anda juga memiliki fondasi yang kuat dengan layanan domain dan hosting WordPress dari Exabytes Indonesia. Kunjungi situs kami sekarang untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan kami yang terpercaya dan handal.

Pilih tren desain yang sesuai dengan kebutuhan dan brand image Anda, dan segera wujudkan website impian Anda bersama Exabytes Indonesia!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments