Apa Itu cURL dan Bagaimana Menggunakannya

0
517

Apa itu cURL? Dalam era digital ini, di mana teknologi terus berkembang, cURL menjadi salah satu alat yang tak tergantikan bagi para pengembang dan profesional IT. Client URL atau cURL sendiri merupakan sebuah command line yang banyak digunakan hingga kini.

Nah, artikel ini akan membahas seputar cURL yang penting banget untuk kamu ketahui. Tentunya biar kamu makin update, jadi simak baik-baik, ya!

Apa itu cURL?

cURL merupakan singkatan dari Client URL, sebuah alat command line yang digunakan untuk mentransfer data dengan URL. Dikembangkan untuk memberikan cara sederhana untuk berkomunikasi dengan server, cURL menjadi populer dalam pengembangan web dan integrasi sistem. Sebagai teknologi open source, alat ini multifungsi dan dapat diandalkan.

cURL, singkatan dari client URL adalah sebuah alat command line yang digunakan oleh para developer untuk mentransfer data dari dan menuju server. Pada dasarnya, cURL digunakan untuk berinteraksi dengan server dalam menentukan lokasi (bentuk URL) dan data yang ingin dikirimkan oleh pengguna.

cURL mendukung beberapa protokol yang berbeda, termasuk HTTP dan HTTPS, dan dapat berjalan di hampir semua sistem operasi, seperti Windows dan macOS. Hal ini membuat cURL ideal untuk menguji jaringan dari hampir semua perangkat (selama perangkat tersebut memiliki command line dan konektivitas jaringan) dari server lokal ke sebagian besar perangkat edge.

Manfaat cURL

Berikut ini merupakan sejumlah manfaat dan kelebihan dari cURL:

  • Kemudahan penggunaan: cURL menawarkan interface command line yang mudah digunakan, memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai tugas dengan cepat.
  • Multifungsi: Alat ini mendukung sebagian besar protokol, termasuk HTTP, HTTPS, FTP, FTPS, SCP, LDAP, SMB, SMBS, dan masih banyak lagi, menjadikannya serbaguna atau multifungsi.
  • Transfer data aman: cURL dapat digunakan untuk mentransfer data dengan koneksi aman, memberikan keamanan tambahan saat berinteraksi dengan server. Sekaligus membuatnya sangat cocok untuk mengakses URL HTTPS.
  • Pengujian dan interaksi API: cURL dapat digunakan untuk menguji API serta berinteraksi dengan layanan web. Dengan hal itu, developer dapat mengirim berbagai permintaan HTTP, mengecek headers, dan mengatasi response dengan mudah.

Apa itu cURL: Cara Menggunakan cURL

apa itu curl

Berikut ini adalah cara menggunakan cURL yang umumnya dipakai, jangan lupa catat, ya!

Menguji API dengan cepat

Nah, yang pertama yaitu cURL memungkinkan developer untuk menguji API dengan cepat dari command line tanpa harus mengunduh aplikasi berbasis API.

Apa itu cURL: Menyimpan konten cURL

Dengan  menggunakan cURL, Anda dapat menyimpan konten URL seperti halaman web ke dalam file. Berikut ini contoh untuk beranda Google:

cURL -o google.html https://www.google.com

Command line tersebut akan menyimpan kode sumber beranda Google ke file bernama google.html.

Command line ini akan mengunduh kode sumber HTML beranda Google dan menyimpannya di file google.html. Ini berguna untuk mengarsipkan halaman web atau melakukan analisis secara menyeluruh pada konten yang disimpan.

Mengunduh gambar dan file

Seperti mengunduh konten, Anda juga dapat mengunduh gambar dari URL dengan mudah, misalnya, apabila kamu ingin mengunduh gambar logo Google. Maka dapat menggunakan cURL dengan command berikut ini:

cURL

https://www.google.com/images/branding/googlelogo/2x/googlelogo_light_color_272x92dp.png > google-logo.png

Perintah tersebut mengambil data biner dari gambar kemudian menyimpannya dalam file gambar (google-logo.png) sehingga bisa menyimpan gambar dengan mudah dan cepat ke perangkat Anda.

Apa itu cURL: Cara Mengunduh cURL

Bagi user macOS bisa langsung menggunakan cURL karena sudah terinstal secara default di macOS. Anda dapat langsung membuka aplikasi Terminal dan segerai menggunakan cURL.

Nah, sementara untuk Windows, terdapat dua pilihan untuk menginstal cURL. Berikut caranya:

-Unduh dan instal cURL melalui website resminya, yaitu https://curl.se

-Buka https://curl.se/windows/ dan unduh versi cURL terbaru untuk sistem yang relevan.

Jalankan installer lalu ikuti petunjuknya.

Kesimpulan

cURL atau Client URL merupakan sebuah alat command line yang digunakan untuk mentransfer data dengan URL. Fitur ini gratis alias open source yang dapat diakses pengguna Windows maupun macOS. Kegunaan cURL di antaranya yaitu pengujian API, menyimpan konten cURL, serta mengunduh gambar dan file. Pahami juga, yuk, cara membuat URL yang baik berikut ini!