Membuat Struktur URL yang Baik

0
947

Pelajari pentingnya dan cara membuat struktur URL yang baik untuk website Anda. Dapatkan tips praktis untuk mengoptimalkan navigasi dan SEO website Anda.

SEO website tidak selalu tentang kata kunci. Ada hal lain yang menjadi penunjang SEO web, salah satunya adalah URL atau alamat halaman website. Maka, tugas Anda sebagai pengelola web adalah membuat struktur URL yang baik. 

Selama ini, banyak blogger yang kurang peduli dengan URL. Mereka menganggap alamat tersebut adalah default dari platform web. Padahal, URL bisa diubah dan dibenahi. Ini pun merupakan suatu upaya untuk meningkatkan reputasi website. 

Lantas, bagaimana cara menyusun URL yang baik? Sebelum itu, pahami manfaat penyusunan URL sesuai standar:

Pentingnya Membuat Struktur URL yang Baik

Membuat Struktur URL yang Baik cara cek website palsu melalui URL
Website dengan URL yang diawali HTTPS artinya memiliki koneksi yang aman. (Sumber: pixabay)

Struktur URL yang baik sangat membantu perkembangan sebuah web. Ada banyak sekali manfaat dari penerapan standar struktur URL. Di antaranya adalah:

Mempengaruhi Peringkat Pencarian

Mesin pencarian dapat menemukan URL web Anda dengan mudah. Terlebih, URL tersebut benar-benar sesuai konten. Sehingga, rank di laman pencarian juga baik. 

Mempermudah Pengindeksan Blog

URL tidak akan langsung muncul mesin pencari. Sebelum itu, web crawler akan mengindeksnya terlebih dahulu. 

Jadi, web crawler akan mengumpulkan URL, mengidentifikasi, lalu mencari yang paling relevan. Ketika URL yang Anda terapkan sudah baik, otomatis, pengindeksan akan cepat berhasil. Setelah itu, mesin pencarian akan memunculkannya sesuai permintaan pengunjung. 

Menaikkan Traffic Blog

Dari dua manfaat di atas, tentu saja akan meningkatkan traffic website. Kenapa? Karena URL akan sering muncul, bahkan berada di rank pencarian teratas. Lalu, pengunjung akan berdatangan sehingga traffic semakin naik. 

Tips Membuat Struktur URL yang Baik

beli domain .co.id

Untuk membuat struktur URL yang baik, ikuti beberapa langkah berikut:

Mengedit URL Halaman agar Relevan

Banyak sekali situs yang menggunakan URL otomatis dari web. Biasanya, URL yang muncul tersebut tidak rapi/teratur. Maksudnya adalah kalimat dalam URL kurang pas dan seringkali membingungkan. 

Hal tersebut dapat mengganggu meningkatkan SEO web. Akibatnya, traffic website ikut menurun dari waktu ke waktu. 

Lantas, apa yang harus dilakukan? Pertama, Anda harus memastikan apa yang terdapat dalam laman web, baik laman utama, laman postingan, dan lainnya. Setelah itu, Anda bisa menyusun kalimat URL sesuai dengan isi web tersebut. 

Misalnya, untuk URL konten yang sudah hendak di publish, Anda bisa mengambil kalimat yang terdapat di judul. Sebagai contoh, judul artikel adalah Cara Membuat URL yang baik. Maka, Anda bisa menyusun URL dengan menyisipkan kalimat URL yang baik. 

Mengikuti Standar Struktur URL

Setelah merancang kalimat URL, selanjutnya adalah menyusunnya sesuai standar struktur URL yang baik. Memang, URL tidak memiliki kaidah khusus yang wajib diterapkan. Namun, ada standar-standar tertentu untuk menjaga reputasi web tetap baik.   

Ingat, URL sangat mempengaruhi keseluruhan isi website. Jadi, Anda sebaiknya mengikuti struktur URL yang baik yang sering diterapkan para blogger agar tidak terjadi masalah. Lagipula, URL juga ikut menentukan bagus tidaknya SEO website.

Lalu, bagaimana strukturnya? Tentukan kategori dan sub kategori sesuai isi/konten website. Usahakan untuk membuatnya secara sederhana, tidak terlalu panjang atau pendek. Kalimat juga harus jelas dan tidak kompleks.

Dalam hal ini, Anda harus fokus terhadap bahasan utama (kata kunci). Perhatikan dua contoh berikut:

  1. www.domainanda.com/hijabers/veils/nameofspecificveil
  2. www.domainanda.com/hijabers/veils/long-wide/black/motive/plain/nameofspecificveil

Di antara dua URL di atas, URL kedua sangat panjang dan rumit. Sementara, URL pertama cukup intuitif. Dari situ, Anda bisa membedakan bagaimana struktur URL yang baik dan tidak. 

URL Sederhana

Hal ini sudah disinggung di poin struktur URL. Anda tidak usah terlalu memikirkan bagaimana URL tersebut unik. Itu hanya akan membuat susunannya semakin kompleks dan rumit. 

Unik memang boleh, tetapi poin utamanya harus dapat. Itulah sebabnya, Anda lebih baik menggunakan URL yang pendek dan sederhana. Dengan begitu, pengunjung akan lebih mudah memahami. 

Memang, untuk mengunjungi sebuah web, pengunjung tidak harus menghafal dan mengetik ulang URL. Namun, URL yang mudah dipahami akan memberikan manfaat lain bagi pengunjung. Misalnya, memudahkan dalam menyalin link address atau lainnya. 

Menggunakan Kata Kunci Utama

Pada setiap halaman web, Anda harus tahu apa yang menjadi target utama untuk dimunculkan di mesin pencarian. Itulah yang nantinya akan menjadi primary keyword (kata kunci utama) pada struktur URL yang baik. 

Yang harus Anda lakukan adalah mengamati gambaran spesifik masing-masing halaman web. Alangkah lebih jika Anda melakukan hal ini sebelum mempublikasikan isi web tersebut. 

Dari gambaran spesifik tersebut, tentukan kata kuncinya. Nanti, kata kunci tersebut dapat Anda masukkan di struktur URL. Misalnya, www.namaweb.com/kategori-relevan/katakunci-utama.

Ini juga berlaku untuk URL konten atau artikel dalam blog. Anda bisa mengambil kata kunci yang terdapat dalam judul. Bisanya, kata kunci tersebut sudah cukup menjelaskan keseluruhan isi artikel. 

Contoh, judul artikel adalah 5 Tips membuat Jaket Musim Dingin. Kata kuncinya adalah jaket musim dingin. Maka, URLnya adalah www.namaweb.com/membuat-jaket-musim-dingin.

Menggunakan Hyphen untuk Memisahkan Kata

URL website tidak hanya mengandung satu kata. Biasanya, kata yang terkandung di dalamnya mencapai tiga hingga lima semua itu tergantung kata kuncinya. 

Yang harus digaris bawahi adalah Anda tidak dapat menerapkan spasi dalam penulisan URL. Jadi, kata-kata yang Anda masukkan tidak dapat dipisahkan oleh spasi. 

Apakah langsung digabung? Jika itu dilakukan, tentu akan jauh lebih membingungkan. Anda tetap harus memisahkannya, tetapi dengan menggunakan tanda baca lain. Tepatnya adalah tanda hypen. 

Perhatikan contoh di bawah ini:

  1. www.namaweb.com/tips/membuatblogprofesional
  2. www.namaweb.com/tips/membuat-blog-profesional

Mana yang lebih mudah dimengerti dari dua contoh tersebut? Tentu saja yang kedua. Itulah fungsinya hypen dalam URL. Mesin pencarian dapat membaca dan memunculkannya dengan mudah. Begitu juga pengunjung, mereka tidak kesulitan dalam memahaminya. 

Menghindari Penggunaan Stopword

Salah satu ciri URL yang baik adalah tidak adanya stopwords dalam kalimat URL. Stopword sendiri merupakan list kata yang mempunyai fungsi, tetapi tidak memiliki arti. Yang termasuk stopwords adalah kata hubung. Misalnya, dan, tetapi, atau, dan lainnya.

Memang, peraturan ini tidak mutlak. Namun, cara ini sangat membantu agar URL mudah dikenali oleh mesin pencarian. Sehingga, URL tersebut berpotensi untuk mendapatkan rank pencarian yang tinggi. 

Menghilangkan Tanggal di URL

Biasanya, URL otomatis terdiri atas tanggal dan kalimat. Tanggal tersebut membuat URL terkesan kurang menarik meskipun masih relevan. 

Dalam hal ini, Anda bisa menghapus tanggal generate tersebut. Tenang saja, URL blog Anda masih terlihat relevan. 

URL website tanpa mencantumkan tanggal bisa memperbaiki dan meningkatkan traffic. Jadi, pencariannya akan jauh lebih mudah. 

Contoh, URL awal website adalah www.namablog.com/kategori/2023/06/02/tips-membuat-blog. Selanjutnya, Anda bisa menghapus tanggal dan tahunnya. Jadi, URLnya adalah www.namablog.com/kategori/tips-membuat-blog. 

Well, sebagai blogger, apalagi blogger pemula, Anda memang sudah sepatutnya peduli dengan reputasi web. Anda tidak boleh pasif setelah mempublikasikan web. Lakukan berbagai cara agar SEO dan traffic terus naik. 

Mulai sekarang, perhatikan betul penggunaan URL. Pastikan Anda menerapkan struktur URL yang baik. Dengan begitu, website akan terus berkembang dengan baik. Good luck!

Yuk, Optimalkan SEO Website dengan Struktur URL yang Baik!

Struktur URL yang baik merupakan salah satu faktor penting dalam SEO sebuah website. Meskipun sering diabaikan, URL yang teratur dan relevan dapat mempengaruhi peringkat pencarian, mempermudah pengindeksan blog, dan meningkatkan traffic website.

Untuk membuat struktur URL yang baik, ada beberapa tips yang dapat diikuti. Pertama, perlu mengedit URL halaman agar sesuai dengan kontennya. Karena URL yang rapi dan jelas akan membantu meningkatkan SEO web. 

Selanjutnya, penting untuk mengikuti standar struktur URL yang baik dengan menentukan kategori dan subkategori yang sesuai dengan isi website, menggunakan URL yang sederhana dan mudah dipahami, serta memasukkan kata kunci utama pada struktur URL.

Disarankan juga untuk menghindari penggunaan stopword dalam URL, seperti kata hubung yang tidak memiliki arti. 

Sebagai seorang blogger, perhatian terhadap struktur URL yang baik menjadi penting untuk meningkatkan reputasi dan performa website. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, diharapkan website dapat terus berkembang dengan baik dalam hal SEO dan traffic.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu menggunakan layanan hosting Indonesia yang berkualitas baik. Karena hosting adalah fondasi utama website kita, salah satu layanan hosting Indonesia yang kami rekomendasikan dari Exabytes Indonesia.

Karena layanan kami sudah memiliki sertifikat ISO 27001, sehingga kami dapat menjamin keamanan data Anda.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments