Apa Itu Dedicated Hosting? Definisi, Kelebihan dan Cara Kerjanya

57
blog exabytes

Shared hosting dan dedicated hosting adalah jenis dari layanan hosting. Layanan hosting itu sendiri bertindak seperti rumah tempat semua file, data, video, aplikasi, dan database disimpan. Juga dengan hosting, semua data yang disimpan dapat dikelola dan diakses melalui internet.

Jadi saat pertama kali membuat website, kamu bisa memilih shared hosting. Bukan tanpa alasan, karena pilihan hosting ini paling murah dan cocok untuk kamu yang baru mengenal dunia website. Namun, seiring pertumbuhan website kamu, kamu pasti ingin beralih ke jenis hosting yang lebih andal yang dapat menangani beban kerja dan lalu lintas yang lebih tinggi, yaitu dedicated hosting.

Jadi apa itu dedicated hosting? Bagaimana cara kerjanya dan apa kelebihan dari dedicated hosting? Semuanya akan dibahas dalam artikel ini, yuk simak!

Apa Itu Dedicated Hosting?

Apakah kamu tahu apa itu dedicated hosting? Dedicated hosting adalah layanan yang memungkinkan pengguna mendapatkan server penuh. Sederhananya, dedicated hosting adalah menyewa server dan semua kontennya.

Tidak seperti layanan hosting lainnya, dedicated hosting adalah salah satu yang memberikan kendali penuh atas server kepada pemiliknya.

Dengan demikian, pengguna seperti memiliki rumah sendiri dan nyaman menikmati semua ruangan di dalamnya. Dedicated hosting juga bisa disebut sebagai dedicated server, yaitu jenis hosting yang menyediakan utilitas server lengkap untuk satu pengguna.

Jadi jika kamu menggunakan layanan ini kamu akan memiliki akses penuh ke server. Akses penuh disebutkan karena kamu bebas melakukan beberapa hal seperti:

  1. Instal sistem operasi
  2. Pilih jenis sistem operasi yang ingin kamu gunakan
  3. Instal perangkat lunak aplikasi yang mendukung pengoperasian server

Bagaimana Cara Kerja Dedicated Hosting?

Dedicated hosting berfungsi seperti memiliki rumah baru. Kamu mendapatkan server kosong dan kamu bebas mengubah hosting.

apa itu dedicated hosting

Dengan cara ini kamu mengantongi sumber daya yang cukup dan mendapatkan akses root ke server. Tidak mengherankan, dedicated hosting cocok untuk website atau aplikasi yang membutuhkan sumber daya besar. Seperti platform game online, e-commerce, website keuangan, dll.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Hosting?

Sebagai sebuah sistem, dedicated hosting tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, lho!

Penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dedicated hosting adalah sebagai berikut.

Kelebihan Dedicated Hosting

Dedicated hosting bisa menjadi pilihan yang tepat untuk website dengan traffic tinggi dan beban kerja atau aplikasi bisnis. Jadi apa kelebihan dan manfaat dari dedicated hosting? Berikut penjelasannya:

Performa yang maksimal

Karena semua sumber daya server adalah milik kamu (single tenancy), kamu tidak perlu khawatir tentang konektivitas, waktu aktif server, atau kecepatan website kamu. Pastikan layanan hosting yang kamu gunakan menggunakan jaringan yang handal dan dilengkapi dengan backup link serta bandwidth gratis. Sehingga kamu dapat dengan nyaman menggunakan sumber daya sepenuhnya.

Performa yang konsisten

Selain memberikan performa yang maksimal, dedicated hosting juga memberikan performa yang konsisten karena stabilitas server tidak terpengaruh oleh pengguna lain. Kamu tidak perlu khawatir website kamu mogok atau gangguan lain yang sering terjadi saat menggunakan layanan shared hosting.

Kontrol penuh dan dapat disesuaikan

Karena sifatnya yang fleksibel, dedicated hosting memungkinkan kamu memilih berapa banyak CPU, memori, atau penyimpanan yang kamu butuhkan. Meskipun dedicated hosting sering kali dijual dalam bentuk paket, kamu tetap dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan beban kerja website dan aplikasi (yang dapat diskalakan) dari waktu ke waktu.

Keamanan dan privasi

Dari segi keamanan, layanan dedicated hosting menawarkan keamanan dan privasi yang lebih terjamin karena server hanya digunakan oleh satu pengguna dan tidak dibagi dengan pengguna lain.

Kekurangan Dedicated Hosting

Selain kelebihannya, dedicated hosting juga memiliki beberapa kekurangan yang bisa kamu pertimbangkan, antara lain:

Harga lebih tinggi dari shared hosting

Dedicated hosting sebenarnya dikenakan harga yang lebih tinggi. Semakin tinggi spesifikasi server yang diinginkan, semakin tinggi pula harga yang harus dibayar. Berbeda dengan shared hosting yang memungkinkan kamu membayar sewa dengan pengguna lain.

Membutuhkan skill tingkat lanjut (advanced)

Kekurangan lain dari dedicated hosting adalah pengguna perlu memahami kinerja dan manajemen server untuk mengelola hosting secara optimal dengan mengkonfigurasi layanan hosting. Jika kamu kesulitan, sebaiknya cari layanan dedicated hosting yang sudah menyediakan control panel.

Apa Saja Fungsi Dedicated Server?

Selain dapat digunakan dengan akses penuh pada satu server, dedicated hosting memiliki beberapa fungsi.

dedicated hosting adalah

Beberapa fungsi dedicated hosting adalah sebagai berikut:

Berikan Akses Penuh ke Server

Yang terpenting, fungsi dedicated hosting adalah menyediakan akses penuh ke server. Fungsi ini juga yang membedakan dedicated hosting dengan shared hosting atau layanan hosting lain yang perlu dibagikan ke beberapa website.

Sebagai catatan, meskipun ini adalah hak individu dan akses penuh, pengguna dedicated hosting juga harus mengetahui cara setting yang benar. Pasalnya, menyiapkan dedicated hosting cukup rumit sehingga membutuhkan keahlian khusus untuk mengelolanya.

Membuat Website Lebih Aman

Berbeda dengan shared hosting yang rentan terhadap hacker, dedicated hosting dianggap lebih aman karena secara berkala memperbarui keamanan server.

Pembaruan ini secara berkala menyertakan file di website, sehingga keamanan website secara keseluruhan terjamin.

Mencegah Downtime Website

Downtime adalah ketidakmampuan untuk mengakses website atau server untuk jangka waktu tertentu. Biasanya hal ini dikarenakan bandwitdh dan sebenarnya bisa dihindari dengan menggunakan dedicated hosting, lho!

Nah, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dedicated hosting adalah hosting dengan kapasitas bandwitdh yang lebih tinggi. Hasilnya, risiko downtime dapat diminimalkan sekaligus memastikan server dapat diakses dan dimuat lebih cepat.

Jadikan Alamat IP Website Kamu Lebih Unik

Penggunaan dedicated hosting selanjutnya adalah dapat membuat alamat IP website menjadi lebih unik. Ini berbeda dengan shared hosting yang perlu dibagi dengan beberapa website di satu server.

Oleh karena itu, karena server dedicated hosting tidak terbagi, maka alamat IP website akan lebih spesifik dan unik, sehingga mudah ditemukan.

Optimasi Pencarian Website

Setiap website pasti ingin mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari seperti Google.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, salah satu fungsi dedicated hosting adalah dapat mengoptimalkan pencarian halaman web. Hal ini bisa terjadi karena server dedicated hosting tidak terpecah, sehingga kinerja website menjadi lebih cepat.

Hasilnya, website mudah diakses dan dapat meningkatkan performa SEO.

Apakah Dedicated Hosting Adalah Pilihan Yang Tepat Untuk Kamu?

Jika kamu membaca ini, kamu mungkin lebih familiar dengan apa itu dedicated hosting. Dedicated hosting adalah layanan hosting di mana kamu memiliki kendali penuh atas server.

Bagi kamu yang membutuhkan kebebasan unlimited custom server, dedicated hosting tentu saja merupakan rekomendasi yang tepat. Meski begitu, kamu harus memiliki keterampilan teknis yang solid dan bersedia mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk biaya sewa. Jadi, jika kamu masih memiliki dedicated hosting namun lebih terjangkau, VPS hosting dan cloud hosting mungkin bisa menjadi alternatif yang tepat. Selain lebih murah, kedua layanan hosting ini juga memiliki kelebihannya masing-masing.

Kabar baiknya, Exabytes menawarkan web hosting terbaik dengan harga terjangkau. Jadi, kamu dapat menemukan berbagai opsi cloud hosting hingga VPS yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jadi layanan hosting mana yang tepat untuk Exabytes friends?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments