Apa Itu JAMstack dan Kelebihannya

165
Apa Iu JAMsack
3 min read

Mungkin Anda seorang mahasiswa IT atau web developer pasti tau apa saja hal yang harus di persiapkan untuk membuat sebuah aplikasi website. Anda bisa memilih menggunakan PHP Native, framework CodeIgniter, Laravel atau bahkan CMS WordPress. Selain itu jika Anda ingin membuat aplikasi website modern yang aman dengan performa lebih baik, JAMstack adalah pilihan yang perlu dipertimbangkan. Tapi apakah Anda tahu apa itu JAMstack dan kelebihannya? Silahkan simak pembahasan lengkapnya disini.

Apa Itu JAMstack

JAMstack adalah arsitektur pengembangan web modern berdasarkan JavaScript sisi klien, reusable APIs dan prebuilt Markup. Dunia web yang terus berubah tidak pernah berhenti membuat takub. Situs web statis sangat populer, efisien dan sangat cepat sehingga cocok untuk blog, resume, portofolio, halaman arahan, dan dokumentasi. 

Apa Itu JAMstack

Pondasi JAMstack

Ada tiga fondasi yang harus Anda gunakan agar sesuai dengan definisi istilah JAMstack.

JavaScript

Javascript adalah fondasi pertama dari semuanya. Anda bisa menyukainya atau tidak tetapi Anda harus mengakui bahwa JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer saat ini dengan komunitas yang sangat dinamis. Siklus permintaan dan respons didasarkan pada sisi klien berkat teknologi ini. Anda dapat menggunakan JavaScript murni atau menggunakan framework yang tersedia di pasar seperti React atau Vue.

Baca Juga  Mantap! Berikut 6 Tips Mengikuti Acara WordCamp Jakarta

API

Fondasi JAMstack berikutnya adalah API. Berkat itu, Anda dapat menggunakan fungsionalitas backend tanpa memiliki database atau mesin backend di server Anda sendiri. Anda masih memiliki backend, tetapi terapkan hanya situs web statis. Anda dapat menggunakan API apa pun yang Anda inginkan, publik atau pribadi. Ada banyak situs pihak ketiga yang dapat Anda pilih. Anda juga dapat terhubung ke aplikasi backend lain yang telah Anda buat.

Markup

Ini adalah generator situs statis tempat markup bertemplate dibuat sebelumnya pada waktu pembuatan. Anda dapat menulis kode HTML dan CSS Anda sendiri atau menggunakan framework seperti Hugo, Jekyll atau Gatsby, yang akan sangat meningkatkan waktu pengembangan template.

Kelebihan JAMstack?

Berikut ini beberapa alasan kenapa Anda harus menggunakannya

Kinerja Lebih Baik

Jika Anda pernah ingin membangun situs web Anda saat bepergian dengan kecepatan dan kinerja tanpa jeda, pilihan terbaik Anda adalah menggunakan JAMstack. Buat file hanya pada penerapan yang disajikan melalui CDN.

Cepat dan Murah

Situs web Jamstack dapat dengan mudah digunakan tanpa harus repot mengonfigurasi basis data, mengamankan .htaccess, dan sebagainya. Anda hanya berurusan dengan file statis sehingga siap untuk mengintegrasikan CDN yang cepat agar dapat aktif dan berjalan.

Pengalaman Developer Yang Luar Biasa

Mempelajari dan menggunakan JAMstack tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Hanya dengan pengalaman HTML, CSS dan JS, developer dapat membangun situs web yang kompleks. JAMstack tidak memerlukan bahasa yang kompleks untuk memulai, Ini juga memungkinkan pemilihan opsi CMS untuk pembuat situs menghilangkan kebutuhan untuk mempertahankan tumpukan terpisah untuk konten dan pemasaran.

Baca Juga  Apa itu IWA dan Kenapa Kamu Harus Ikutan?

Keamanan Tinggi

Situs Web Statis memiliki potensi yang sangat rendah terhadap kerentanan karena hanya berupa file HTML dan penanganan API eksternal yang disajikan melalui CDN. Ini mengurangi kemungkinan risiko atau serangan ke situs web. Sangat mudah untuk mengintegrasikan sertifikat SSL dengan Let’s Encrypt. Juga memanfaatkan penggunaan API layanan mikro sisi server untuk mengamankan situs web.

Komunitas Hebat

Komunitas JAMstack berkembang seiring waktu. Dukungan baru untuk berbagai fungsi bermunculan setiap hari. Yang lebih menarik adalah pertemuan komunitas lokal dan komunitas Online.

Fitur hebat lainnya yang perlu untuk dipertimbangkan adalah kemampuan untuk mengintegrasikan fungsionalitas dinamis inti ke situs web JAMstack. Penanganan formulir saat bepergian dengan Formspree atau Netlify Forms. Kemampuan Pencarian Lengkap Google Search, lunr.js dan Algolia Ada cukup banyak alat yang tersedia untuk diintegrasikan dengan JAMstack. 

Banyak perusahaan telah bergabung, jadi tunggu apa lagi?

Kesimpulan

Nah itulah tadi pembahasan tentang JAMstack. Jika Anda tertarik belajar atau membuat website menggunakan JAMstack, silahkan gunakan provider hosting Exabytes yang tentunya sangat bisa diandalkan dan tersedia garansi uang kembali. Segera beli VPS Linux Exabytes sekarang. Murah, cepat dan aman.