Apa Itu Market Share – Pengertian, 3 Fungsi dan Mengukurnya

18
blog exabytes
8 min read

Apa itu market share atau pangsa pasar? Market share adalah salah satu faktor yang menentukan kekuatan suatu perusahaan, namun apa itu market share? Berikut penjelasan lengkapnya.

Market share adalah topik hangat di pasar kompetitif perusahaan di seluruh dunia, terutama di antara perusahaan yang menawarkan jenis produk yang sama. Tapi apa itu market share? Bagaimana cara menghitung market share perusahaan kamu? Inilah jawabannya.

Apa Itu Market Share?

apa itu market share

Market share adalah hasil dari persentase pangsa pasar perusahaan, dihitung dari total penjualan industri. Mudahnya market share = pangsa pasar.

Hasil persentase dihitung dari total pendapatan perusahaan dalam periode tertentu dibagi dengan total pendapatan industri untuk periode yang sama. Semakin tinggi persentase market share perusahaan kamu, semakin besar kemungkinannya untuk menjadi pemimpin industri.

Juga, semakin banyak perusahaan dalam industri, semakin besar persaingan. Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, perhatikan contoh berikut.

Dalam industri makanan, ada tiga perusahaan A, B, dan C. Tahun lalu, perusahaan A memperoleh persentase 30%, perusahaan B 50%, dan perusahaan C 20%.

Dari contoh ini, kamu dapat melihat bahwa hasil market share terbaik berasal dari perusahaan B. Dengan demikian, perusahaan B menjadi pemimpin pasar atau perusahaan dengan pangsa pasar terbesar.

Fungsi Market Share

Setelah membaca ilustrasi sebelumnya, apakah kamu mengerti apa itu market share? Ya, market share adalah formula yang bisa memberi tahu kesuksesan dan kegagalan sebuah bisnis. Selain itu, fungsi lain dari market share adalah sebagai berikut.

Standar kesuksesan bisnis

Market share adalah salah satu kriteria paling sederhana untuk mengukur keberhasilan suatu bisnis. Siapa pun yang berhasil menguasai pasar secara keseluruhan, perusahaan itu adalah yang terbaik di antara para pesaingnya.

Misalnya, kamu memulai perusahaan manufaktur kendaraan berat, dengan hingga 50 perusahaan pesaing. Pada tahun 2020, perusahaan kamu menguasai 16% pasar, pesaing bisnis terdekat kamu menguasai 10%, sedangkan sisanya 74% dibagi di antara 48 perusahaan lainnya.

Artinya, rata-rata 48 perusahaan ini menguasai market share sebesar 1,54 %. Dari perhitungan ini, dapat disimpulkan bahwa perusahaan kamu adalah penguasa industri kendaraan besar di tahun 2020.

Perbandingan ukuran antar perusahaan

Fungsi market share yang kedua adalah untuk membandingkan ukuran perusahaan. Jika bisnis kamu memperoleh market share terbesar, pendapatan kamu juga akan lebih tinggi.

Jika kamu ingin listing di bursa, perusahaan kamu juga akan lebih menarik bagi investor karena telah menjadi yang terbesar di industri. Di sisi lain, jika market share kamu masih belum termasuk dalam Tiga Besar, peluang kamu untuk diikuti investor semakin kecil.

Bahan evaluasi perusahaan

Fungsi terakhir dari market share adalah penilaian bisnis. Contoh penilaian yang dapat kamu lakukan adalah membandingkan market share kamu dengan market share pesaing kamu, misalnya sebagai berikut:

Kamu dan pesaing industri kamu membidik target pasar dan konsumen yang sama, mengapa produk pesaing kamu laris manis? Apa keunggulan pesaing di mata konsumen? Apa yang kamu dan tim kamu perlu lakukan untuk bersaing dengan para pesaing ini?

Jenis-Jenis Market Share

Setelah membahas pengertian market share dan fungsinya, kali ini kita akan membahas jenis-jenisnya, diantaranya sebagai berikut.

Common market share

Common market share adalah market share di mana semua perusahaan dalam suatu industri bersaing untuk itu. Jika suatu perusahaan ingin menjadi pemenang market share secara keseluruhan, maka perusahaan harus menetepkan strategi penjualan agar dapat mendominasi perusahaan lain.

Preferred market share

Poin selanjutnya adalah preferred market share, yaitu market share yang dimiliki perusahaan akibat merger atau akuisisi di pasar. Untuk memahami apa itu preferred market share, perhatikan contoh di bawah ini.

Misalnya PT. A menguasai 15% pasar, sedangkan PT. B menang 7,5%. Di kemudian hari, PT. A dapatkan PT. B untuk tambahan market share 22,5%.

Mutual fund share

Mutual fund market share adalah jenis alokasi pangsa pasar berdasarkan saham yang dimiliki investor. Katakanlah kamu memiliki 5% saham di 10 perusahaan pelayaran online di Indonesia. 10 perusahaan ini telah menduduki 80% market share dari seluruh industri. Maka mutual fund market share kamu adalah 4% di industri transportasi online.

Cara Menghitung Market Share

Selanjutnya kita akan membahas rumus market share berikut ini:

MARKET SHARE = (Pendapatan perusahaan / Total pendapatan industri) x 100%

Mari kita ambil contoh pendapatan perusahaan kamu tahun 2020 sebesar Rp 37.500.000, sedangkan total pendapatan industri untuk periode yang sama adalah Rp 355.000.000. Jadi bagaimana cara menghitung market share perusahaan kamu sebagai berikut:

MARKET SHARE = (Rp 37.500.000/Rp 355.000.000) x 100%
MARKET SHARE = 10,56%

Berdasarkan rumus market share di atas, ditemukan bahwa perusahaan kamu berhasil menguasai 10,56% pangsa industri.

Tips Meningkatkan Market Share Bisnis

Bagi kamu yang sedang berjuang untuk meningkatkan market share perusahaan kamu, berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan market share dari Exabytes.

Targetkan pesaing dengan market share terbesar

Tips pertama untuk meningkatkan market share kamu adalah dengan melihat pesaing terbesar kamu. Jadikan itu pesaing terbesar yang akan dikejar bisnis kamu, apa pun yang terjadi.

Meski sulit dan serngkali tidak mungkin, tips ini akan memotivasi kamu untuk lebih giat lagi dalam proses bisnis.

Lakukan strategi ATM

Dalam bisnis, ada istilah market-following dan market-leading. Jika kamu tidak bisa menjadi pemimpin pasar saat ini, kamu bisa menjadi pendatang baru.

Selama kamu termasuk orang yang terlambat, coba amati cara kerja pemimpin pasar. Sistem apa yang mereka gunakan? Apa strategi pemasaran mereka? Kemudian terapkan strategi Amati-Tiru-Modifikasi (ATM), berikan contoh kepada pemimpin pasar sebelum kamu dikalahkan.

Terobosan inovasi dalam industri

Selain menerapkan strategi ATM, jangan lupa untuk menciptakan invoasi industri. Buat terobosan yang tidak dimiliki orang lain, bahkan pesaing terbesar kamu. Teliti konsumen secara menyeluruh dan pahami apa yang mereka butuhkan. Kemudian ubah kebutuhan konsumen kamu menjadi produk baru.

Terapkan strategi penetapan harga

Selama kamu tidak dapat berinovasi, kamu dapat mengadopsi strategi penetapan harga untuk meningkatkan market share perusahaan. Coba gali lebih dalam pengeluaran bisnis kamu dan cari tahu bagian mana yang bisa disederhanakan.

Setelah perhitungan selesai, tekan harga hingga produk dapat lebih mudah bersaing dengan kompetitor di pasar.

Variasi produk

Tips selanjutnya untuk meningkatkan market share yang banyak diadopsi oleh perusahaan di Indonesia adalah diversifikasi produk. Perusahaan memproduksi produk yang sama dengan merek yang berbeda kemudian memasarkannya kepada konsumen sasaran.

Akibatnya, konsumen yang bahkan tidak mengerti akan mengira bahwa merek berasal dari perusahaan yang berbeda.

Bangun konsumen loyal

Hal berikutnya yang dapat kamu lakukan adalah menciptakan komunitas pelanggan yang loyal. Perlakukan konsumen dengan sebaik-baiknya agar tetap menggunakan produk dan bersedia merekomendasikannya kepada orang lain.

Semakin banyak rekomendasi, semakin besar potensi kamu untuk merebut market share.

Tingkatkan brand awareness

Secara harfiah, market share adalah sesuatu yang ditentukan oleh konsumen, bukan perusahaan. Daya beli pengguna produk menentukan besar kecilnya market share.

Oleh karena itu, mari rutin menghubungi calon konsumen, tingkatkan brand awareness di mata mereka agar tertarik menggunakan produk kita.

Buat website perusahaan

Website bisa menjadi identitas sebuah brand atau perusahaan. Di era digital saat ini, hampir setiap bisnis sudah memiliki website profesional. Jika bisnis kamu belum memilikinya, saatnya membuat situs web kamu sendiri.

Mengapa kita dapat mengatakan bahwa itu adalah identitas? Mungkin banyak orang yang belum mengetahui seperti apa bisnis atau bisnis kamu, sehingga dengan adanya website bisnis mereka bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang bisnis kamu sebenarnya.

Apalagi banyak orang yang masih sering kurang percaya dengan merek. Setidaknya keberadaan website ini dapat memberikan keyakinan bahwa perusahaan atau brand itu ada.

Lebih dari sekedar identitas, karena kami tahu situs ini dapat diakses oleh semua orang. Hal tersebut tentunya dapat membantu meningkatkan pangsa pasar perusahaan kamu.

Dan jangan sampai ketinggalan, dengan memiliki website kamu setara dengan mengamankan nama bisnis di dunia digital. Dalam hal ini, itu adalah nama domain situs web.

Buat website toko online

Saat menjual produk, membuat situs web toko online untuk bisnis kamu adalah pilihan yang baik. Karena belanja online saat ini sangat diminati oleh konsumen.

Kamu dapat membuat website dengan fungsionalitas toko online sehingga ketika pelanggan mengunjungi website mereka kamu, mereka dapat bertransaksi secara instan.

Mereka menyediakan fungsionalitas situs web sedemikian rupa sehingga pelanggan dapat bertransaksi dengan mudah dan nyaman. Oleh karena itu, akan menarik lebih banyak konsumen dan memperluas market share lebih jauh.

Buat akun media sosial untuk bisnis kamu

Selain website, media sosial juga menjadi salah satu alternatif terbaik yang dapat membantu meningkatkan market share. Ada juga berbagai media sosial yang bisa digunakan, termasuk yang sedang populer saat ini, yaitu Instagram, Twitter, dan TikTok.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan bisnis jika mereka memiliki akun media sosial resmi. Misalnya, berbagi konten terkait produk, memberi hadiah, dan banyak lagi aktivitas lainnya.

Melalui kegiatan tersebut, perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan memperkuat keterikatan dengan konsumen.

Bangun otoritas dengan blogging

Terakhir, untuk terus membangun ‘kekuatan’ dalam suatu industri, kamu juga bisa memanfaatkan blogging. Mengapa ngeblog? Di blog tentunya ada artikel yang terbit secara berkala, entah itu sehari sekali, dua kali seminggu, atau bebas asalkan teratur dan konsisten.

Dengan posting blog, peluang merek atau bisnis muncul di mesin pencari semakin besar.

Semakin sering merek kamu muncul, semakin banyak pelanggan mengetahui dan mengenalinya. Dari situ, semakin banyak pelanggan atau pengguna baru yang menggunakan produk kamu.

Akibatnya, pangsa pasar perusahaan akan tumbuh lebih kuat.

market share adalah

Kesimpulan

Market share atau pangsa pasar adalah hasil persentase dari total penjualan perusahaan kamu dibagi dengan total penjualan industri untuk periode yang sama.

Hasil ini dapat menunjukkan seberapa kompetitif bisnis kamu di pasar industri. Dan ingat untuk selalu meningkatkan market share perusahaan agar perusahaan terus berkembang.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments