Penjelasan Deface Website dan Cara Mengatasinya

0
1848

Penjelasan deface website adalah tindakan yang melibatkan modifikasi halaman situs web yang tidak sah, seringkali merusak atau memengaruhi reputasi situs. Aksi ini biasanya dilakukan oleh hacker atau peretas yang ingin menyebarkan pesan politik, membuat kekacauan atau memamerkan kemampuan meretasnya.

Penjahat online dapat tiba di situs web secara tidak terduga. Di salah satunya, website tiba-tiba berubah tampilan. Jika hal ini terjadi pada website kamu, berarti kamu telah menjadi korban deface website.

Website yang di deface seringkali memiliki lubang keamanan. Peretas memanfaatkan celah ini untuk melakukan kejahatan. Tidak perlu panik. Masalah ini bisa diselesaikan!

Pada artikel ini, kita akan membahas penjelasan deface website, mengapa itu terjadi, dan bagaimana cara mengatasinya. Yuk, simak selengkapnya.

Apa Itu Deface Website?

penjelasan deface website

Deface website adalah suatu tindakan yang melibatkan modifikasi halaman depan website secara tidak sah. Tindakan ini biasanya dilakukan oleh hacker atau peretas dengan tujuan untuk membuat kerusakan atau mempengaruhi reputasi dari website tersebut. Dalam tindakan deface website, halaman depan dari sebuah website dapat diubah dan dapat menampilkan pesan, gambar, atau bahkan video yang tidak sesuai dengan tujuan asli dari situs.

Deface website bisa terjadi karena beberapa hal, seperti keamanan yang lemah pada website, password yang mudah ditebak, dan kerentanan pada sistem atau aplikasi yang digunakan. Hacker atau peretas akan mencari celah keamanan pada sebuah website dan mengeksploitasi kerentanan tersebut untuk memasuki sistem dan mengubah halaman depan website.

Tindakan deface website dapat mempengaruhi reputasi dari sebuah website dan membuat mereka kehilangan kepercayaan dari pengunjung dan pelanggan. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik website untuk melakukan tindakan preventif dan menjaga keamanan website agar terhindar dari tindakan yang tidak sah.

Apa Saja Jenis Deface Website?

Berikut adalah beberapa jenis deface website yang sering terjadi:

  1. Deface politik: Ini adalah jenis deface website yang dilakukan dengan tujuan politik, misalnya untuk mempromosikan ideologi atau memprotes politik tertentu.
  2. Deface hacking: Ini adalah jenis deface website yang dilakukan oleh hacker atau peretas untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam hal hacking dan membuat kekacauan.
  3. Deface penipuan: Ini adalah jenis deface website yang dilakukan untuk memperdaya pengguna dan mencuri informasi pribadi, seperti nama pengguna dan password.
  4. Deface serangan: Ini adalah jenis deface website yang dilakukan dengan tujuan membahayakan sistem atau aplikasi website, misalnya dengan menyebarkan virus atau malware.
  5. Deface satire: Ini adalah jenis deface website yang dilakukan untuk bersenda gurau atau membuat orang tertawa, misalnya dengan menampilkan gambar atau video lucu.

Masing-masing jenis deface website memiliki tujuan dan dampak yang berbeda.

Bagaimana Cara Kerja Deface Website?

Cara kerja deface website biasanya melibatkan beberapa tahapan berikut:

  1. Pencarian kerentanan: Hacker atau peretas akan mencari kerentanan pada sistem atau aplikasi website, seperti keamanan yang lemah, password yang mudah ditebak, atau kerentanan pada software.
  2. Eksploitasi kerentanan: Setelah menemukan kerentanan, hacker atau peretas akan mengeksploitasi kerentanan tersebut untuk memasuki sistem dan mengakses database website.
  3. Modifikasi halaman depan: Setelah memasuki sistem, hacker atau peretas akan mengubah halaman depan website dan menampilkan pesan, gambar, atau video yang tidak sesuai dengan tujuan asli dari situs.
  4. Penyebaran pesan: Hacker atau peretas juga dapat menyebarkan pesan melalui halaman depan website yang telah dimodifikasi, seperti menyebarkan politik, propaganda, atau memperdaya pengguna.

Tindakan deface website dapat mempengaruhi reputasi dan keamanan dari sebuah website.

Apa Tujuan Dari Deface Website?

Tujuan dari deface website bervariasi tergantung pada jenis deface yang dilakukan. Berikut adalah beberapa tujuan yang sering muncul dalam tindakan deface website:

  1. Politik: Deface website dengan tujuan politik dilakukan untuk mempromosikan ideologi atau memprotes politik tertentu.
  2. Hacktivism: Deface website dengan tujuan hacktivism dilakukan untuk memperjuangkan hak-hak sosial dan politik, seperti hak asasi manusia, kebebasan berekspresi, dan pengakuan hak-hak minoritas.
  3. Ego: Deface website dengan tujuan ego dilakukan untuk menunjukkan kemampuan hacker atau peretas dan membuat diri mereka terlihat hebat.
  4. Penipuan: Deface website dengan tujuan penipuan dilakukan untuk memperdaya pengguna dan mencuri informasi pribadi, seperti nama pengguna dan password.
  5. Serangan: Deface website dengan tujuan serangan dilakukan untuk membahayakan sistem atau aplikasi website, seperti dengan menyebarkan virus atau malware.
  6. Satire: Deface website dengan tujuan satire dilakukan untuk bersenda gurau atau membuat orang tertawa, misalnya dengan menampilkan gambar atau video lucu.

Setiap tujuan deface website memiliki dampak dan resiko yang berbeda.

apa itu deface website

Kenapa Sebuah Website Dapat Terkena Deface?

Sebuah website dapat terkena deface karena beberapa faktor berikut:

Username dan Password Yang Lemah

Setiap platform berbasis web biasanya memiliki form yang digunakan untuk login ke website. Jika username dan password yang digunakan memiliki kombinasi yang mudah ditebak, website umumnya lebih rentan diretas.

Apalagi jika keamanan server belum diperbaiki, hacker bisa menggunakan metode brute force untuk mengetahui username dan password.

Seringkali, orang yang tidak memahami keamanan siber akan menggunakan kata sandi yang sama untuk akun yang berbeda, termasuk login situs web mereka. Ya, itu akan memudahkan kamu untuk mengingat kata sandi kamu. Tapi ini bisa menjadi kerentanan serius yang bisa dimanfaatkan oleh peretas.

Sebaiknya gunakan password yang kompleks dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter yang sulit ditebak. Dengan cara ini hacker tidak bisa menggunakan metode brute force dan harus menggunakan metode lain.

Antivirus atau Firewall Yang Tidak Aktif

Platform situs web seperti WordPress memiliki keamanan yang baik. Namun, tanpa perlindungan antivirus dan firewall, masih ada kerentanan bagi peretas untuk masuk.

Oleh karena itu, jika kamu tidak memberikan perlindungan tambahan dengan plugin keamanan, kamu dapat menjadi korban deface website.

Tidak Menggunakan SSL

Saat pengunjung mengunjungi situs web kamu, pertukaran data terjadi dari browser ke server. Data ini sering berisi informasi sensitif seperti kredensial login.

Nah, peretas bisa mencuri data saat pertukaran data terjadi. Biasanya peretas masuk dan membaca informasi sensitif yang ditemukan. Kemudian gunakan untuk merusak. Tidak akan mudah jika kamu memiliki sertifikat SSL. Karena SSL adalah metode mengenkripsi semua data. Artinya, peretas harus menghabiskan lebih banyak tenaga dan waktu untuk menyelesaikan aksinya.

Tema Serta Plugin Yang Tidak Diperbarui

Jika kamu menggunakan CMS seperti WordPress maka tentunya kamu juga menggunakan tema dan plugin untuk kebutuhan fungsional pada website kamu bukan?

Tidak jarang pengguna memanfaatkan tema dan plugin yang sudah ditawarkan di platform. Tetapi kamu perlu memastikan bahwa tema yang kamu gunakan adalah versi terbaru. Jika belum, segera perbarui tema dan plugin.

Biasanya, pengembang tema dan plugin mengimplementasikan berbagai fitur keamanan sejalan dengan tren malware atau kejahatan dunia maya terbaru. Jika kamu ingin mengubah tema atau menambahkan plugin, pastikan tema dan plugin yang akan kamu gunakan memiliki reputasi yang baik di antara pengguna lainnya. Hindari penggunaan tema dan plugin versi bajakan atau nulled.

deface website adalah

Bagaimana Cara Mengatasi Serangan Deface Website?

Cara mencegah deface website sebenarnya bisa dilakukan dengan meningkatkan keamanan website dan server. Untuk meningkatkan keamanan situs web kamu, kamu dapat melakukan hal berikut.

Membuat Kredensial Login Yang Sulit

Menggunakan kredensial login yang sulit akan meningkatkan keamanan situs kamu. Karena akan lebih sulit bagi hacker untuk membobol website kamu. Caranya, ubah default login menjadi username yang unik. Selain itu, gunakan kata sandi yang panjang dengan kombinasi huruf, angka, dan karakter khusus.

Jika perlu, kamu juga dapat memasang plugin keamanan yang membatasi upaya login. Oleh karena itu, dapat mengurangi kemungkinan serangan brute force pada website kamu.

Kelola Akses Pengguna

Menentukan hak akses pengguna juga sama pentingnya. Jika belum, segera lakukan. Selain itu, mengelola izin pada platform seperti WordPress cukup mudah.

Hak akses pengguna mengatur sejauh mana pengguna dapat melakukan perubahan pada situs. Otoritas tertinggi milik administrator. Karena itu, pastikan hanya orang terpercaya yang memiliki akses ini.

Jika akses admin jatuh ke orang atau peretas yang salah, kamu bisa menjadi korban deface website.

Scan Malware Secara Teratur

Malware dapat memasuki sistem situs web kamu tanpa disadari. Jika dibiarkan, tingkat kerusakannya bisa lebih parah. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemindaian malware secara teratur.

Untungnya, hari ini kamu tidak perlu membuat scan malware secara manual. Untuk pengguna WordPress, kamu dapat menggunakan plugin seperti Wordfence untuk melakukannya langsung dari kotak.

Bagi pengguna Exabytes, kamu bisa memanfaatkan Imunify360 untuk anti-malware yang lebih efektif.

Gunakan Software Antivirus dan Firewall

Selalu gunakan software antivirus dan firewall. Terutama di sisi server. Ini untuk menghindari skrip yang dapat berdampak negatif pada situs web dan server kamu. Aktifkan juga Web Application Firewall (WAF). Fitur ini dapat melindungi website dari serangan injeksi SQL, yang juga merupakan metode untuk melakukan tindakan penghapusan website.

Pasang Sertifikat SSL

Kamu dapat meningkatkan keamanan situs web dengan menggunakan SSL. Meskipun tidak mungkin untuk sepenuhnya mengamankan situs web kamu. Namun dengan SSL, kemungkinan serangan front-end berkurang.

Menggunakan HTTPS

HTTPS adalah protokol yang digunakan untuk memastikan pertukaran data yang aman di situs web kamu. Oleh karena itu, tidak ada gangguan dalam proses permintaan pengguna ke server.

Menggunakan HTTPS itu penting, terutama bagi kamu yang memiliki toko online, situs forum, atau membership. Alasannya adalah jenis situs web ini meminta dan mengelola informasi sensitif tentang pengunjung situs web. Dengan protokol HTTPS, keamanan dapat lebih ditingkatkan.

Selain itu, Google juga menyukai situs yang menggunakan HTTPS. Dengan kata lain, jika situs kamu menggunakannya, itu akan lebih diprioritaskan untuk peringkat dalam hasil pencarian.

Lakukan Pembaruan Rutin

Apakah kamu menggunakan platform CMS untuk situs web kamu? Ingatlah untuk selalu menggunakan versi terbaru. Misalnya, WordPress, platform menerapkan dirinya sendiri untuk memberikan pembaruan untuk menutup lubang keamanan.

Menggunakan versi terbaru akan mempersulit peretas untuk menyerang situs web. Memang, setiap celah keamanan yang ditemukan akan segera diperbaiki oleh pengembang platform. Terlebih lagi, langkah updatenya pun lebih mudah dilakukan dan prosesnya tidak perlu menunggu lama.

Lakukan Backup Berkala

Langkah backup penting untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti deface website.

Jadi, jika situs kamu down, kamu selalu dapat mengembalikannya ke keadaan semula menggunakan file cadangan yang kamu miliki.

Kamu dapat mencadangkan secara manual atau otomatis menggunakan plugin. Misalnya, untuk pengguna WordPress, kamu dapat menggunakan plugin WP Backup. Cukup dengan langkah-langkah sederhana ini, aset kamu dapat dicadangkan terlebih dahulu jika terjadi peretasan.

Itulah Penjelasan Deface Website Secara Lengkap

Menjadi korban deface sama sekali tidak menyenangkan. Selain memaksa kamu melakukan perbaikan, reputasi online kamu dipertaruhkan.

Untungnya, kamu telah mempelajari cara menangani serangan deface website. Kamu juga tahu cara mencegah peretas mencoba merusaknya. Salah satunya adalah mengaktifkan SSL.

Memiliki sertifikat SSL untuk website kamu tidaklah sulit. Kamu dapat membeli SSL murah dari Exabytes. Dengan perlindungan tersebut keamanan website dan privasi pengunjung dapat terjaga dengan baik.

Sekarang saatnya mempraktikkan tindakan pencegahan di atas untuk melindungi situs web kamu dari deface! Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments