Mengenal Apa Itu Third Level Domain Yang Perlu Anda Ketahui

0
1829

Apa Anda memiliki situs web untuk usaha atau perusahaan Anda? Kalau iya, apakah Anda menggunakan Third Level Domain? Jika belum, maka Anda harus segera menggunakannya. 

Apa itu Third Level Domain? Kenapa Third Level Domain dianggap penting untuk situs web yang Anda miliki? Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara detail tentang pengertian Third Level Domain, fungsi, manfaat, dan cara memilih Third Level Domain yang tepat, serta alasan kenapa Third Level Domain itu penting. 

Di akhir artikel ini, kami berharap agar Anda dapat memahami mengapa Third Level Domain sangat penting untuk bisnis Anda!

Apa Itu Third Level Domain?

mengenal apa itu third level domain
(Sumber: shutterstock)

Apakah Anda tahu apa itu Third Level Domain? Jadi, Third Level Domain adalah domain yang terdaftar di bawah second-level domain. Nama domain bersifat hierarkis, dengan Top Level Domain (TLD) di tingkat tertinggi, diikuti oleh Second Level Domain, lalu Third Level Domain.

Misalnya, dalam nama domain “www.example.com”, “com” adalah top-level domain, “example” adalah second-level domain, dan “www” adalah Third Level Domain. Third Level Domain terkadang juga disebut sebagai subdomain.

Ada banyak jenis Third Level Domain, termasuk domain yang digunakan untuk tujuan tertentu seperti “www” untuk situs web, “mail” untuk server email, dan “ftp” untuk server transfer file. Ada juga Third Level Domain yang digunakan untuk lokasi geografis, seperti “uk” untuk Britania Raya dan “au” untuk Australia.

Third Level Domain sering digunakan untuk mengatur dan menyusun situs web atau jaringan situs web. 

Misalnya, perusahaan Anda bernama “domainsaya” dan memiliki situs web utama di Second Level Domain “domainsaya.com”, Anda bisa menggunakan Third Level Domain untuk membuat sub situs web untuk berbagai departemen di perusahaan Anda. 

Misalnya, “sales.domainsaya.com” dapat menjadi sub situs web untuk departemen penjualan, sedangkan “support.domainsaya.com” dapat menjadi sub situs web untuk customer service atau customer care.

Fungsi Third-Level Domain

Fungsi third level domain
(Sumber: shutterstock)

Fungsi Third Level Domain adalah untuk memberikan alamat yang lebih spesifik untuk situs web dalam Second Level Domain. Dengan demikian, ini memungkinkan navigasi yang lebih mudah dan membantu pengguna menemukan situs web spesifik yang mereka cari dalam domain yang lebih besar. 

Selain itu, Third Level Domain juga dapat membantu meningkatkan pengoptimalan mesin telusur atau SEO (Search Engine Optimization) dengan mempermudah search engine untuk mengindeks dan memberi peringkat situs web.

Contoh Third Level Domain

Setelah membahas pengertian serta fungsi dari Third Level Domain, kali ini kami akan memberikan beberapa contohnya:

1. Google Help

Google Help memiliki Third Level Domain yaitu support.google.com. Subdomain ini berisi tentang berbagai informasi yang dibutuhkan tentang penggunaan serta kendala dalam penggunaan Google

2. Youtube Music

Dengan nama domain music.youtube.com, Youtube mengembangkan layanannya agar dapat digunakan sebagai platform streaming musik. 

Untuk itu, Youtube membuat subdomain baru. Dengan mengunjungi website tersebut, Anda bisa streaming musik sambil membaca liriknya, Anda juga bisa membuat playlist lagu pilihan Anda.

3. Microsoft Store

Microsoft sudah memiliki website utama yang berisi berbagai konten informasi tentang produk yang ditawarkan. 

Dengan mengunjungi apps.microsoft.com, Anda bisa melihat bahwa subdomain tersebut terlihat seperti Google Play Store. Subdomain ini dapat membantu Anda untuk menemukan dan mengunduh aplikasi yang Anda butuhkan atau Anda sukai.

4. Wikipedia Indonesia

Untuk contoh Third Level Domain negara, salah satu contohnya adalah id.wikipedia.org. Di subdomain ini, Anda akan mendapatkan berbagai info dari Wikipedia yang berbahasa Indonesia. Wikipedia menggunakan Third Level Domain karena situs ini diakses oleh orang-orang dari berbagai penjuru dunia.

5. Twitter Mobile

Contoh Third Level Domain yang selanjutnya adalah mobile version dari Twitter. Saat Anda mengakses Twitter melalui web dengan menggunakan smartphone, maka Anda akan dialihkan ke Twitter versi mobile.

6. Kompas Entertainment

Kompas menggunakan website utamanya untuk mengunggah berita terbaru dan terupdate. Agar lebih teratur dan mudah ditemukan, Kompas memisahkan beritanya sesuai dengan jenisnya. Seperti entertainment.kompas.com, ini adalah subdomain dari Kompas yang hanya berisi berita seputar dunia hiburan.

Cara Memilih Nama Third Level Domain yang Tepat

Saat memilih nama Third Level Domain, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan agar Anda bisa menemukan pilihan yang tepat. Pertama, Anda perlu memastikan bahwa nama domain tersebut relevan dengan merek atau bisnis Anda. 

Nama yang Anda gunakan juga harus mudah diingat dan diucapkan, serta menjadi sesuatu yang mudah dikaitkan dengan apa yang Anda lakukan. Anda juga perlu memastikan bahwa nama domain tersedia. Sayangnya, banyak nama domain bagus yang sudah diambil, jadi Anda harus memikirkan sesuatu yang kreatif.

Setelah Anda menemukan nama domain yang sesuai, Anda harus memutuskan Top Level Domain (TLD) yang ingin Anda gunakan. Ada banyak TLD berbeda yang tersedia saat ini, jadi ada baiknya melakukan riset untuk menemukan TLD yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Secara umum, domain.COM adalah yang paling populer dan mudah dikenali, tetapi ada juga opsi lain di luar sana.

Setelah memilih nama domain dan TLD, Anda harus mendaftarkannya ke registrar. Ini merupakan proses yang cukup sederhana, namun ada baiknya Anda pastikan lagi dengan registrar pilihan Anda agar semuanya berjalan lancar. 

Dan selesai! Setelah Anda melakukan semua proses tersebut, Anda akan memiliki nama Third Level Domain Anda sendiri!

Untuk mencari tahu apa saja perbedaan registry, registar, dan registrant domain, kamu bisa membaca artikel ini

Manfaat Memiliki Nama Third Level Domain

Manfaat third level domain
(Sumber: shutterstock)

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, nama Third Level Domain sangat penting karena lebih spesifik daripada nama Second Level Domain dan hal itu dapat menargetkan audiens yang lebih spesifik. 

Misalnya, jika Anda memiliki situs web tentang anjing, Anda mungkin ingin menggunakan nama Third Level Domain seperti www.dogs.domainsaya.com agar orang yang menelusuri informasi tentang anjing lebih mudah menemukan situs web Anda.

Ada banyak keuntungan memiliki nama Third Level Domain, termasuk pengoptimalan mesin telusur (SEO) yang lebih baik, kesadaran merek yang meningkat, dan click-through rates (CTR) yang lebih baik. 

Cari tahu bagaimana cara meningkatkan CTR melalui artikel ini. 

Nama Third Level Domain juga lebih mudah diingat daripada nama Second Level Domain, yang dapat membantu meningkatkan traffic web dan pengunjung yang kembali datang.

Ada beberapa jenis nama Third Level Domain, termasuk Generic Top Level Domain (gTLD), Country Code Top Level Domain (ccTLD), dan Infrastructure Third Level Domain (i3LDs). 

Generic Top Level Domain terbuka untuk siapa saja yang ingin mendaftarkannya, sementara Country Code Top Level Domain dibatasi untuk penduduk negara tertentu, dan Infrastructure Third Level Domain digunakan untuk tujuan tertentu seperti email atau server DNS.

Kesimpulan

Sudah tahu kan apa itu Third Level Domain? Secara keseluruhan, ada banyak jenis Third Level Domain yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk membuat situs web atau bagian situs web terpisah, menyiapkan server email atau akun, dan mentransfer file. 

Third Level Domain adalah bagian dari domain utama atau sering disebut dengan subdomain karena masih mengandung nama domain utamanya.

Ada begitu banyak fungsi dari subdomain, seperti membantu Anda untuk membuat halaman khusus untuk website Anda, bisa juga untuk membuat website baru berdasarkan bahasa yang digunakan. Tapi perlu Anda ingat kalau subdomain berbeda dengan addon domain

Subdomain memiliki nama yang sama dengan website utama, sedangkan addon domain tidak memiliki nama domain yang sama dengan website utama. Tapi, addon domain tetap bisa dikelola dalam satu hosting.

Layanan hosting murah tersedia di Exabytes, jadi bisa kamu beli kapan saja.

Third Level Domain menjadi bagian penting dari sistem nama domain dan memainkan peran penting dalam mengatur dan menyusun situs web dan jaringan.

Nama Third Level Domain terbaik adalah singkat, mudah diingat, dan bermerek. Selain itu, Anda harus menghindari penggunaan tanda hubung atau angka dalam nama domain Anda karena ini dapat mempersulit orang menemukan situs web Anda.

Third Level Domain dapat membantu meningkatkan visibilitas mesin pencari, peningkatan lalu lintas web, dan tampilan yang lebih profesional. Nama Third Level Domain yang dipilih dengan baik dapat membantu Anda mencapai sasaran bisnis dan menjangkau pelanggan baru secara online.

Jika ingin beli nama domain untuk kebutuhan situs web dan toko online, kamu bisa menghubungi Exabytes sekarang juga!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments