Mengenal Basic SEO Untuk Pemula (Lengkap)

150
Mengenal Basic SEO
Free Credit Exabytes
10 min read

Hi, Exabytes Friends!

Ketika kamu sedang atau ingin menjalankan website untuk bisnis online yang kamu miliki, sudah pasti kamu memikirkan dan merancang sedemikian rupa strategi dan promosi yang akan kamu lakukan kedepannya untuk membuat bisnismu viral atau dikenal oleh banyak kalangan serta daya tarik pembelinya tinggi di pasar online. 

Nah, setelah kamu selesai merancang dan merencanakan strategi promosi atau pemasaran yang kamu inginkan, tentunya kamu membutuhkan situs untuk memasarkan bisnis onlinemu lebih luas dan dikenal oleh banyak orang. satu -satunya cara adalah kamu harus membuat website. Website ini mau tidak mau harus dimiliki jika anda ingin meningkatkan jumlah pembeli dan membuat bisnis anda viral di semua kalangan.

Mengenal Basic SEO Untuk Pemula (Lengkap)

Untuk kamu para pebisnis online yang sudah memiliki website, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan mesin pencarian atau search engine yang ada saat ini seperti Google, Yahoo!, Bing, dan lain-lain. Namun, pastinya kamu lebih dan sangat mengenal Google dibanding search engine atau mesin pencarian lainnya. 

Di era digital saat ini, hampir semua orang di dunia ini menggunakan Google untuk mesin pencarian atau search engine yang digunakan dalam berkegiatan online sehari-hari. Entah itu untuk berbelanja online, mencari informasi tentang suatu hal, belajar, mencari pekerjaan, menonton film, dan lain-lain. Itulah alasan mengapa Google menjadi search engine atau mesin pencarian paling diminati dan banyak dikunjungi oleh kebanyakan orang.

Mengenal Basic SEO Untuk Pemula (Lengkap)

Nah, jika kamu sudah mengetahui dan memahami bahwa Google adalah search engine atau mesin pencarian yang berada di peringkat paling atas, kamu juga harus mengerti dan menjadikan website kamu berada di halaman hasil pencarian Google. Oleh karena itu, kamu wajib memiliki taktik dan strategi yang cakap jika kamu memang menginginkan website bisnis online mu hadir dan terlihat di halaman hasil pencarian Google. Menyenangkan bukan jika melihat bisnis online mu hadir di laman hasil pencarian Google?

Mengenal Basic SEO Untuk Pemula (Lengkap)

Ada dua cara ketika kamu ingin memaksimalkan performa website bisnis onlinemu dengan menampilkannya di halaman hasil pencarian Google dan dengan ranking yang bagus. Yaitu dengan metode iklan berbayar seperti pay per click (PPC), lalu kamu juga dapat menggunakan metode yang saat ini sedang menjadi sorotan di dunia digital marketing, yaitu SEO (Search Engine Optimization).

Jika kamu ingin mengetahui tentang SEO lebih lanjut, kamu dapat simak artikel dibawah ini ya, Exabytes Friends!

Apa itu SEO?

Mengenal Basic SEO Untuk Pemula (Lengkap)

SEO yang memiliki kepanjangan Search Engine Optimization pada dasarnya adalah sebuah taktik atau cara yang organik untuk menempatkan suatu website tampil di halaman pertama laman pencarian Google dan juga mesin pencarian atau search engine lainnya, untuk kata kunci atau keyword yang berkaitan dengan website yang kamu buat untuk bisnis onlinemu. Dan perlu kamu ketahui juga bahwa mendapatkan ranking yang tinggi pada mesin pencarian Google sangatlah penting!

Terbukti bahwa average atau rata-rata sebuah situs website yang muncul pada peringkat pertama di google mengais lalu lintas atau traffic organik 5 kali lebih banyak dibandingkan situs website pada peringkat ke 5. Tetapi, kabar ini akan menjadi kabar buruk apabila laman website bisnis online mu sama sekali tidak muncul di halaman pertama platform pencarian Google. Kemungkinan terburuknya adalah orang pasti sulit mengenal produk yang kamu tawarkan pada bisnis online mu. 

Baca Juga  9 Penyebab Artikel Tidak Muncul di Google
Mengenal Basic SEO Untuk Pemula (Lengkap)

Tidak dapat dipungkiri bahwa Google adalah mesin pencarian atau Search Engine tersukses di dunia mengalahkan Yahoo!, Bing, dan lain-lain. Oleh karena itu, merupakan sebuah kebanggaan dan kesenangan tersendiri apabila website mu, khususnya website kamu-kamu para pebisnis online, muncul di halaman 1 pencarian Google. Eits, tenang aja Exabytes Friends, hal ini bukan hal yang cuma-cuma kok. Kamu akan mendapatkan feedback ketika website kamu nantinya muncul di halaman pertama pencarian Google, salah satunya adalah soft selling dan menawarkan layanan bisnis online kamu! 

Mengapa Mengenal SEO (Search Engine Optimization) saat ini menjadi sangat penting?

Mengenal Basic SEO Untuk Pemula (Lengkap)

Bayangkan, jika ada suatu brand atau produk bisnis online kamu sendiri memiliki kualitas, maka calon pembeli pun memiliki kualitas. Seperti yang banyak ditemukan di era digital saat ini, banyak calon pembeli yang memberikan harapan palsu untuk melakukan transaksi atau deal untuk membeli barang yang dijual, ada juga calon pembeli yang langsung melakukan transaksi atau transfer pada hari yang sama setelah ia memesan produk. 

Baca juga Ketahui Fitur Apa Saja yang Wajib ada di Website Toko Online

Kira-kira, apa saja sih yang menjadi jawaban dari fenomena-fenomena di atas tersebut?

Ya, tidak lain dan tidak bukan salah satu alasannya adalah darimana calon konsumen mendapatkan informasi kontak dan juga informasi tentang produk yang akan ia beli. Mesin pencarian atau search engine dapat memberikan informasi kepada calon konsumen anda dan sebaliknya, search engine atau mesin pencarian juga dapat memberikan anda calon konsumen yang berkualitas. Karena dapat dikatakan bahwa 70% dari mereka sudah memiliki intensi atau niat untuk membeli produk yang kamu jual di laman website bisnis onlinemu. Dan kebanyakan dari mereka sudah siap uang serta sudah memiliki informasi yang cukup tentang produk yang anda tawarkan. 

Mengenal Basic SEO Untuk Pemula (Lengkap)

Oleh karena itu, jiwa dan pikiran mereka seolah seperti sudah terbawa pada angan-angan memiliki produk yang anda jual. Itulah sebabnya ketika mereka melihat laman penawaran yang menarik, kebanyakan dari mereka akan melakukan transaksi istilahnya dengan mata tertutup atau tanpa pikir panjang. 

Hal ini merupakan salah satu goals bagi kamu para pebisnis online, kan?

Eits, tapi selain kamu memikirkan strategi pemasaran digital yang baik, produk yang kamu tawarkan juga harus memiliki kualitas yang baik ya! 

Bagaimana Caranya Jika Kamu seorang Pemula dan ingin Menggunakan Strategi SEO pada Website mu?

Mengenal Basic SEO Untuk Pemula (Lengkap)

Kalau sebelumnya kamu menjumpai banyak “testimoni” atau “cerita” horor yang beredar pada beberapa forum-forum komunitas tentang horornya menerapkan teknik SEO dan kamu merasa tertekan dengan membaca hal-hal tersebut, maka saat kamu membaca artikel ini, artinya kamu berada di posisi dan langkah yang tepat! Berikut ini akan dibahas bagaimana caranya mengenal dan menerapkan SEO pada Website. Simak terus ya, Exabytes Friends!

  1. Melakukan Riset Keyword atau Kata Kunci

Riset Keyword adalah salah satu hal penting yang wajib dilakukan oleh kamu para pemula dalam memaksimalkan penerapan strategi SEO pada website mu. Yang dengannya akan menjadi acuan kamu apakah yakin untuk mengoptimasi atau supaya tampil di halaman pertama Google atau tidak. 

Mengenal Basic SEO Untuk Pemula (Lengkap)

Mengapa kamu perlu mengambil tindakan Riset Keyword atau Kata Kunci?

Riset ini dilakukan guna mencegah terjadinya kesia-siaan menggunakan Keyword yang kamu inginkan. Seperti contohnya membuat konten atau menyisipkan backlink yang nantinya berkualitas. Menyedihkan jika nantinya Websitemu muncul di halaman pertama Google namun sangat minim atau bahkan tidak ada konversi transaksi di dalamnya. Oleh karena itu kamu butuh melihat potensi transaksi setelah melakukan riset Keyword.

  1. SEO di Laman Website atau SEO Onpage
Baca Juga  12 Kiat Sukses Menjadi Affiliate Marketer
Mengenal Basic SEO Untuk Pemula (Lengkap)

Pernahkah kamu mendengarkan kata Onpage atau pada halaman? Ya, trend SEO Onpage juga menjadi salah satu komponen pendukung dalam mengembangkan Strategi SEO untuk halaman website yang kamu miliki. SEO onpage adalah segala pembahasan SEO yang semua variabelnya tersedia pada Website yang kamu miliki. Yang apabila jika kamu melakukannya secara konsisten, tidak menutup kemungkinan nantinya website kamu semakin hari akan semakin “di anak emaskan” baik oleh Google maupun search engine lainnya. 

  1. Membuat Backlink Berkualitas 

Mungkin kamu sudah sering mendengar atau bahkan melihat langsung penerapan Backlink yang sering digunakan di berbagai macam website. Tapi, yang perlu kamu ketahui adalah tidak semua backlink berkualitas. Artinya, terkadang pemilik website hanya sembarang menyelipkan banyak backlink pada website nya namun tidak semuanya berkualitas. Lalu, mungkin sekarang kamu sedang bertanya-tanya, memang seperti apa sih backlink yang berkualitas itu? 

Mengenal Basic SEO Untuk Pemula (Lengkap)

Sederhananya, backlink yang berkualitas adalah backlink yang tidak mudah ditiru oleh orang lain. Kalau hanya sekedar mendapat backlink, maka jawabannya semua orang bisa melakukannya. Sesuatu yang biasa dilakukan orang dan sudah banyak dilakukan menandakan sesuatu itu tidak spesial, bukan?

Penjelasan diatas setidaknya memberikanmu gambaran tentang backlink berkualitas seperti apa; tidak bisa atau sulit ditiru oleh kebanyakan orang. Dilain waktu dan kesempatan, mari kita bahas backlink ini lebih jauh ya, Exabytes Friends!

  1. Evaluasi

Kegiatan apapun yang kamu lakukan sehari-hari sejatinya harus memiliki things to do dan target yang jelas. Terlebih lagi kegiatan atau aktivitas yang evaluasinya bukan dilakukan oleh orang lain, melainkan diri kita sendiri. Siap atau tidak kamu memelihara konsistensi yang kamu buat dan bangun di awal? 

Mengenal Basic SEO Untuk Pemula (Lengkap)Hal ini sepertinya akan menjadi wajib karena kamu juga pasti menginginkan kegiatan yang kamu lakukan dengan penuh intensi tidak berujung sia-sia dan membuahkan hasil. 

Kami mengutip beberapa poin yang dapat kamu jadikan hal-hal wajib saat melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang kamu lakukan, khususnya kerja-kerja bisnis online berbasis SEO:

  • Cek Posisi Keyword di Google 
  • Evaluasi target Referring Domain (Backlink)
  • Apa Saja Hal yang Sudah Dikorbankan?
  • Variabel Lainnya, ada baiknya yang Menjadi Variabel SEO.

Perlu dicatat, bahwa hal-hal diatas jika tidak dilakukan dengan konsisten atau penuh dengan kesabaran mungkin tidak akan membuahkan hasil. So, kamu yang memang ingin sekali mendapat traffic yang baik dari search engine atau mesin pencarian. Ada baiknya kamu juga konsisten dan sabar melakukan tindakan-tindakan dasar yang dikupas diatas. Karena apalah artinya berusaha jika hanya satu atau dua kali dilakukan, sementara seterusnya kamu berpangku tangan dan cenderung malas untuk mencobanya lagi. 

Walaupun ditengah-tengah itu kamu gagal atau mendapati website bisnis onlinemu dikunjungi oleh sedikit orang atau artinya kamu mendapatkan traffic yang buruk, hal tersebut wajar. Karena tidak ada sesuatu yang instan. Kembali lagi, tugasmu adalah melakukan yang terbaik dan berusaha dengan maksimal. Hal yang terpenting adalah konsistensi dan kesabaran.

So, untuk kamu yang memang saat ini sudah atau sedang ingin memulai menerapkan strategi SEO, kamu harus konsisten dan sabar ya!

Good luck, stay safe, and stay healthy, Exabytes Friends!

Credit : Aisya Damayanti Sumarno

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here