Apa Itu Two Factor Authentication dan Apa Manfaatnya?

0
1761

Apa itu two factor authentication? Apakah itu penting bagi kita semua? Nah intinya 2FA ini sangat diperlukan bagi kalian yang ingin mengamankan akun kalian khususnya jejaring sosial.

Banyak fenomena peretasan akun memengaruhi kebocoran data pemilik, membuat semua orang kewalahan saat menghadapinya. Semuanya, mulai dari akun media sosial pribadi hingga akun e-commerce mewah dapat mengalami masalah ini.

Jadi mengapa masalah ini terjadi? Biasanya dimulai karena sistem keamanan yang kurang berkualitas. Atau bisa jadi akun tersebut tidak diamankan dengan benar.

Two factor authentication adalah salah satu cara terbaik untuk menangani ini. Sebelum mengetahui cara kerjanya, kamu perlu tahu lebih banyak tentang two factor authentication (2FA).

Apa Itu Two Factor Authentication atau 2FA?

apa itu two factor authentication

Agar keamanan online terjaga, kamu harus selalu berhati-hati saat menggunakannya. Seiring dengan meningkatnya kecerdikan dan kecanggihan para peretas, hal ini dapat menimbulkan risiko serangan terhadap akun kamu.

Two factor authentication adalah cara yang banyak digunakan untuk mengatasi masalah ini, sehingga kerahasiaan informasi akan terjamin. Jadi semua informasi rahasia akan disimpan dengan baik. Jadi kamu tidak akan memiliki masalah setelah itu. Banyak orang mengambil langkah sederhana untuk memastikan keamanan data mereka terjaga setiap saat. Menggunakan two factor authentication (2FA) tentunya.

Menurut berbagai sumber, two factor authentication adalah sistem keamanan yang membutuhkan dua jenis autentikasi agar pengguna merasa aman. Oleh karena itu, pengguna dapat dengan mudah meningkatkan keamanan akun online mereka.

Jika pengguna biasanya hanya perlu masuk dengan alamat email dan kata sandi mereka, jika kamu menerapkan 2FA, kamu harus mengikuti langkah-langkah lainnya. Situs web dengan two factor authentication akan terhubung secara otomatis ke nomor ponsel pengguna. Oleh karena itu, kamu harus terlebih dahulu mengonfirmasi operasi koneksi di ponsel.

Bagaimana Cara Kerja Dari 2FA?

Biasanya, ketika kamu ingin login ke akun kamu, kamu memerlukan email dan kata sandi. Jika kamu menggunakan 2FA, ada langkah tambahan yang harus diikuti.

Secara umum, 2FA merupakan sistem yang menggunakan nomor telepon sebagai metode pengiriman kode keamanan. Jadi bagaimana cara kerja sistem unik ini?

Meskipun ada banyak jenis 2FA yang bisa digunakan, biasanya yang digunakan adalah verifikasi nomor telepon atau SMS. Karena cara kerjanya cukup sederhana.

Untuk mengaktifkannya, kamu harus melakukan verifikasi terlebih dahulu, termasuk mengisi profil akun kamu dengan nomor telepon. Setelah aktivasi 2FA berhasil, aplikasi kemudian akan mengirimkan kode atau OTP ke nomor telepon kamu.

Kamu dapat mengaktifkan sistem ini dimana saja, saat login kamu akan menerima notifikasi berupa informasi kode OTP. Setelah menerima kode OTP melalui SMS, masukkan kembali kode tersebut ke dalam aplikasi. Aplikasi kemudian memeriksa apakah kode cocok dengan data. Nah, jika sudah cocok, kamu bisa dengan mudah melakukan operasi pada aplikasi tersebut.

Sementara itu, saat kamu menggunakan situs tersebut, kamu akan menemukan apa yang kamu ketahui sebagai elemen pertama. Pada titik ini, kamu harus memasukkan email, kata sandi, atau PIN yang telah ditetapkan sebelumnya.

Kemudian, jika situs tersebut mendukung two factor authentication, kamu harus mengikuti petunjuk untuk langkah autentikasi berikutnya. Namun, terkadang ada perbedaan antara penginstalan dan dukungan situs.

Secara umum, mengirimkan OTP ke nomor telepon akan menjadi langkah autentikasi selanjutnya. Ada beberapa website yang menggunakan biometrik secara langsung untuk dapat melakukan langkah autentikasi selanjutnya.

Setelah otentikasi berhasil, kamu dapat masuk ke akun kamu. Terlepas dari kenyataan bahwa proses 2FA cukup kompleks, namun tetap memainkan peran penting dalam keamanan akun. Untuk memudahkan kamu menjelajah internet tanpa takut kebocoran data.

Apa Saja Perangkat 2FA Untuk Mengamankan Data?

Umumnya, 2FA akan menggunakan ponsel sebagai perangkat untuk mengamankan data. Namun, sejumlah perangkat lain digunakan untuk melindungi akun kamu, termasuk:

Something You Have

Two factor authentication akan menggunakan apa yang kamu miliki. Contoh sederhananya adalah ponsel, di mana kamu akan menerima kode atau tautan OTP di perangkat kamu.

Something You Know

2FA akan mengamankan data kamu dengan sesuatu yang kamu ketahui. Ini melibatkan beberapa masalah yang hanya kamu yang tahu.

Misalnya, jenis pertanyaan melibatkan nama ibu kandung kamu, teman sekolah dasar, atau nama panggilan masa kecil. Biasanya pertanyaan ini sudah diatur saat pertama kali membuat akun.

Something You Are

Ini melibatkan sesuatu yang hanya ada di dalam diri kamu dan tidak mudah dipalsukan. Contohnya adalah akses biometrik, seperti sidik jari, iris scanner, wajah dan lain-lain.

Faktor Tambahan

Ada juga faktor lain yang digunakan untuk mengamankan data yaitu lokasi dan waktu. Misalnya, jika kamu berada di Surabaya, tentu akun kamu masuk di area lain.

Sistem akan memberitahu kamu tentang aktivitas mencurigakan dengan mengirimkan informasi ini melalui SMS, email, atau pemberitahuan ke akun kamu.

two factor authentication adalah

Apa Saja Manfaat Two Factor Authentication?

Two factor authentication adalah sistem aman yang menggunakan dua otentikasi untuk akses. Selain mencegah kebocoran data, 2FA sebenarnya memiliki sejumlah manfaat lain, antara lain:

  • Kurangi kejahatan internet berupa pembobolan rekening dan pencurian uang dengan mobile banking.
  • Mencegah pengguna kehilangan akses dan mengatur ulang kata sandi jika terjadi pelanggaran akun.
  • Solusi untuk kata sandi yang lemah.
  • Amankan akun kamu untuk berselancar internet yang lebih nyaman.

Kesimpulan

Itulah penjelasan beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang two factor authentication atau 2FA. Pastikan kamu memahami autentikasi dan menganggapnya penting.

Padahal masih ada kekurangan yang memungkinkan terjadinya pembobolan akun. Namun, 2FA adalah cara terbaik untuk menjaga keamanan akun kamu agar tetap aktif.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments