Apa Itu Deep Web? Pengertian Hingga Bahayanya Untuk Kamu

0
1721

Apa itu deep web? Istilah deep web tentu sudah tidak asing lagi bagi mereka yang bekerja sebagai seorang IT. Banyak yang mengatakan bahwa deep web adalah situs sarang para penjahat yang biasa digunakan untuk transaksi properti ilegal dan tindakan kriminal. Namun, tahukah kamu jika anggapan tersebut ternyata salah atau tidak tepat?

Deep web atau biasa dikenal dengan invisible web, hidden web atau DeepNet sebenarnya merupakan bagian dari protokol World Wide Web (WWW), hanya saja keberadaannya tidak masuk dalam indeks publik dan tidak dapat diakses secara bebas pengguna internet pada umumnya.

Istilah penamaan di atas bukan tanpa alasan, diambil atas dasar bahwa deep web banyak mengandung konten informasi tersembunyi yang sulit atau bahkan tidak terlihat oleh orang awam. Berbagai situs web di deep web juga tidak dapat ditemukan dengan mudah, seperti aktivitas penelusuran mesin pencari biasa.

Apa Itu Deep Web?

deep web adalah

Apa itu deep web? Deep web adalah bagian dari internet yang biasanya tidak dapat diakses oleh pengguna internet karena tidak diindeks oleh mesin pencari seperti Google atau Bing. Ini karena situs deep web biasanya dienkripsi dan dilindungi oleh firewall atau server proxy yang memblokir akses ke mesin pencari.

Namun perlu dipahami bahwa deep web tidak sama dengan dark web. Dark web adalah bagian dari deep web yang digunakan untuk aktivitas ilegal, seperti penjualan obat-obatan, senjata, atau layanan kriminal lainnya.

Jadi, deep web itu sendiri bukanlah sesuatu yang ilegal atau berbahaya, bahkan banyak organisasi resmi seperti perusahaan atau pemerintah menggunakan deep web untuk menyimpan informasi rahasia atau pribadi.

Contoh situs web dalam meliputi database akademik, arsip perusahaan, situs web terenkripsi, dan banyak lagi. Deep web juga digunakan oleh jurnalis dan aktivis hak asasi manusia untuk berkomunikasi secara anonim dan menghindari pengawasan pemerintah.

Untuk mengakses deep web, kamu memerlukan perangkat lunak khusus seperti Tor atau Freenet, yang memungkinkan pengguna menjelajahi deep web secara anonim. Namun, perlu diingat bahwa deep web juga berisiko dan berbahaya karena banyak situs web berisi konten yang tidak pantas atau bahkan ilegal seperti pornografi anak, perdagangan manusia, atau kegiatan kriminal lainnya.

Secara umum, deep web merupakan bagian dari internet yang tidak terindeks oleh mesin pencari dan hanya dapat diakses oleh perangkat lunak khusus. Deep web tidak ilegal atau berbahaya, tetapi ingatlah bahwa ada risiko dan bahaya jika kamu tidak mengaksesnya dengan hati-hati.

Bagaimana Cara Mengakses Deep Web?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, deep web adalah kumpulan halaman web dan data yang tidak dapat diakses oleh pengguna menggunakan mesin pencari biasa. Untuk ini, jika kamu ingin mengaksesnya, halaman resmi Norton mengatakan bahwa kamu harus menggunakan browser Tor.

Setelah Tor browser berhasil diinstal pada perangkat, mesin pencari dapat berfungsi sebagai browser normal. Pengguna hanya perlu memasukkan URL dan browser akan mencari halaman yang dimasukkan.

Namun, menemukan dokumen di deep web lebih sulit daripada menggunakan mesin pencari standar seperti Google. Deep web tidak memiliki direktori atau sistem perangkat untuk membantu browser dengan cepat menemukan apa yang dibutuhkan pengguna.

Apa Tujuan dan Manfaat Deep Web?

Berikut menjelaskan beberapa tujuan dan manfaat deep web.

Mencegah Aksi Terorisme

Di deep web, seseorang bisa mendapatkan informasi tentang rencana aksi teroris dari beberapa kelompok yang tidak bertanggung jawab. Jika kamu berhasil memasukkan kata kunci yang tepat, kamu tidak dapat memperoleh informasi seperti ini dan kamu dapat melaporkan rencana teroris tersebut kepada pihak berwajib sehingga tindakan teroris dapat dicegah.

Sangat Bermanfaat Bagi Polisi

Deep web sendiri, dalam arti ironisnya, adalah taman kejahatan, jadi polisi pasti akan menjadi mangsa yang baik jika mereka dapat mengakses atau melacak setiap aktivitas di sini. Seperti yang kamu ketahui, semua yang berhubungan dengan kejahatan diposting di sini.

Misalnya narkoba, senjata, perdagangan manusia, wanita, dll. Sayangnya, semua akun di sini adalah alias anonim tanpa nama. Sehingga polisi cukup pintar untuk mendapatkan data dari orang-orang yang terlibat.

Tempat Bebas Untuk Membicarakan Rahasia

Jika kamu rutin curhat rahasia di jejaring sosial, tentu kamu akan mendapat banyak komentar dari pengguna jejaring sosial lainnya. Banyak orang juga mendapat masalah hukum hanya karena salah merepresentasikan dirinya di media sosial.

Menyinggung urusan seseorang, apalagi jika orang tersebut adalah selebriti atau tokoh politik, jika salah bisa menghadapi tuntutan hukum. Tetapi di deep web, kamu dapat berbicara tentang apa saja dengan bebas.

Seseorang bebas mengumbar aib atau membocorkan rahasia negara dan mengatakan apapun sejelas-jelasnya tanpa rasa takut identitas aslinya akan terbongkar. Di dalam deep web, semuanya juga tidak terlacak, termasuk identitas dan ID seseorang, jadi tidak ada yang tahu siapa yang berbicara.

apa itu deep web

Apa Dampak dan Bahayanya Deep Web?

Keberadaan deep web sebenarnya merupakan hal yang baru bagi sebagian orang yang baru pertama kali mendengar istilah tersebut. Kehadiran deep web memang akan membuat dunia internet semakin menarik untuk dijelajahi.

Namun tentunya harus dilengkapi dengan keamanan internet yang baik. Karena ancaman internet yang ditimbulkan oleh browser kamu, sesuatu yang sangat berbahaya dapat membahayakan privasi kamu.

Setelah mengetahui tujuan dan manfaat, berikut adalah dampak dan bahayanya dari penggunaan deep web.

Ancaman Virus

Internet adalah sarana yang sangat efektif untuk menyebarkan virus komputer. Virus sebenarnya dapat dikemas sedemikian rupa sehingga dapat menyebar melalui jaringan virtual, dan hal yang sama terjadi di deep web, tetapi pada tingkat yang jauh lebih parah.

Bisa dikatakan deep web itu seperti drive virus yang jika tidak diproteksi maka virus akan langsung menyerang. Virus yang ada di deep web biasanya lebih kuat dan berat. Artinya sangat sulit untuk dihilangkan dan juga memberikan damage yang tinggi.

Jika kamu belum siap dengan risiko ini, berhentilah mencoba masuk ke deep web.

Terjebak Dalam Cyber Crime

Cyber crime atau kejahatan dunia maya merupakan dampak terbesar bagi siapa saja yang mengakses dan mengelola situs deep web dan dark web. Karena menembus sisi gelap internet, siapa pun yang memasukinya harus siap menerima bahaya dan konsekuensi jika tidak diamankan dengan baik saat menjelajahi sisi gelap internet melalui deep web atau dark web.

Banyak bahaya merujuk pada kejahatan dunia maya yang terkait dengan deep web dan dark web, beberapa di antaranya adalah perdagangan narkoba dan obat-obatan online serta perdagangan manusia.

Informasi Pribadi Yang Bisa Terkuak

Bahaya mengakses deep web hampir sama dengan ancaman virus saat mengakses konten di deep web. Kamu juga harus siap menghadapi potensi bahaya lainnya, yaitu peretas yang membocorkan informasi pribadi kita. 

Oleh karena itu, banyak yang berpendapat bahwa jika kita berani masuk ke deep web, kita harus dilengkapi dengan VPN atau Virtual Private Network sebagai perangkat lunak untuk mengelabui lokasi IP atau Internet Protocol agar informasi pribadi tidak mudah terlacak atau terkuak.

Risiko Sakit Mental

Rata-rata orang mengakses deep web bukan untuk tujuan tertentu, tetapi untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka. Di sinilah letak kesalahan fatalnya. Bagi rata-rata orang yang pertama kali menginjakkan kaki di deep web, ini akan menjadi pengalaman terburuk.

Alasannya terutama jika bukan karena kontennya benar-benar ekstrim. Mulai dari pembunuhan, prostitusi, hingga penyiksaan. Foto atau video di dalamnya biasanya tidak layak untuk dilihat dan kemungkinan besar menyebabkan seseorang mengalami gangguan jiwa.

Kesimpulan

Bagaimana? Dari penjelasan singkat tentang apa itu deep web di atas, tentunya kamu sudah lebih tahu bagaimana deep web bekerja. Jika selama ini kamu masih memiliki anggapan bahwa deep web itu berbahaya, maka segeralah bertobat dan kembali ke jalan yang benar.

Deep web sama sekali tidak berbahaya. Karena hanya berisi konten tersembunyi yang tidak bisa diakses oleh pengguna biasa oleh mesin pencari. Namun, penjahat dunia maya memiliki banyak bahaya yang terkait dengan deep web. Beberapa di antaranya adalah narkoba online dan praktik perdagangan narkoba dan manusia.

Jadi meskipun kamu tidak ingin terjebak dalam dunia kriminal deep web demi hiburan, berhati-hatilah. Jika kamu tidak memiliki keamanan internet yang kuat dan pola pikir yang kuat bersedia menerima bahaya dan konsekuensi mengakses deep web.

Bagaimana kamu memahami pengertian dan bahaya deep web? Semoga informasi ini cukup membantu kalian yang bingung tentang deep web.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments