Apa Itu VPS? Pengertian, Kegunaan dan Kelebihannya

2007
Apa itu VPS?

Hi, Exabytes Friends!

Bagi kalian yang telah terjun ke dunia IT dan mengelola suatu website atau situs, mungkin sudah tidak asing dengan Virtual Private Server (VPS). Jika kamu belum memahaminya secara menyeluruh atau bahkan belum pernah mendengar istilah ini sama sekali, silakan simak artikel berikut, karena kami akan membahas tentang VPS sebagai salah satu layanan hosting yang paling banyak digunakan hingga saat ini. 

VPS hosting sering digunakan untuk mengonlinekan website. Meskipun digunakan lebih dari satu user, tipe hosting ini menggunakan teknologi virtualisasi dengan resource dedicated (pribadi) pada server. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, kamu bisa menyimak pengertian, kegunaan dan kelebihan dari VPS di bawah ini.

Apa Itu VPS?

VPS adalah jenis web hosting yang biasa digunakan untuk mengakomodir pembuatan website. Sesuai namanya, level VPS sendiri berada di atas shared hosting atau hosting “murah” yang biasa digunakan secara rombongan.

Apa itu VPS? Lanjutkan membaca artikel ini sampai tuntas. (Sumber: Adobe Photo Images)
Apa itu VPS? Lanjutkan membaca artikel ini sampai tuntas. (Sumber: Adobe Photo Images)

VPS erat kaitannya dengan virtualization technology—yang mana satu physical server akan diubah menjadi beberapa virtual machines atau virtual system, sehingga dapat menjalankan sistem operasi dan aplikasi yang berbeda. 

VPS merupakan server yang bersifat virtual yang menjadikan servernya tidak memiliki fisik. Dalam virtualisasi, server menggunakan teknologi virtual dengan hardware server fisik yang akan dibagi menjadi beberapa sumber resource yang berbeda. Teknologi virtual ini yang menjadikan satu buah server fisik bisa memiliki beberapa virtual server yang dijalankan.

Jadi bisa dibilang, VPS hosting ini mirip dengan shared hosting, karena pada dasarnya kamu masih berbagi satu server dengan pengguna lain, namun secara bersamaan juga menyerupai dedicated server, karena kamu akan mempunyai alokasi resources sendiri, mempunyai akses untuk mengubah pengaturan server, dan bahkan menghidupkan dan mematikan virtual machine kamu.

Biasanya, pemilik situs menyewa VPS karena jumlah traffic pada website yang sudah tinggi, bahkan mencapai batas penggunaan yang disarankan pada shared hosting atau tipe lainnya. Akan tetapi, kamu mungkin belum memerlukan resource dari dedicated server sehingga VPS dirasa menjadi pilihan yang bagus karena dapat mengcover kebutuhan, namun tidak berlebih.

Kamu biasanya akan mendapatkan tawaran yang banyak mengenai paket VPS yang bisa dipilih. Setiap paket yang ditawarkan biasanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga kamu harus lebih jeli sebelum memilihnya. Bukan hanya spesifikasi, fitur, pelayanan dan harga setiap paket tentunya berbeda agar kita bisa memilih paket VPS sesuai dengan kebutuhan.

Setidaknya ada 5 hal atau faktor yang harus diperhitungkan maupun menjadi bahan pertimbangan saat kamu memilih paket VPS yaitu. kebutuhan visitor; bandwidth dan kecepatan server; resource dan teknologi; kualitas hardware; serta keamanan data.

Apa Fungsi dan Kegunaan VPS?

Sebagai server, komputer merupakan tempat hosting untuk menyimpan database dan file yang diperlukan website. Apabila ada visitor mengakses website kamu, permintaan atau request akan dikirimkan oleh browser ke server, kemudian server mengirimkan file yang dibutuhkan melalui internet. Kegunaan atau fungsi VPS adalah untuk menyediakan server virtual yang meniru server fisik dengan beberapa user yang terbagi.

VPS bersifat private karena kamu memiliki kendali penuh. VPS terpisah dengan server user lainnya pada level OS. Teknologi ini serupa dengan proses pembuatan partisi pada komputer saat kamu menggunakan lebih dari satu OS tanpa reboot. Selain itu, VPS memiliki sifat virtual karena adanya layer virtual di atas sistem operasi dari server yang membagi server ke partisi. Setiap user pun bisa menginstall OS dan software.

Dengan menggunakan VPS hosting, website kamu akan menjadi platform yang lebih aman karena adanya jaminan resource (CPU core, disk space, memory dan lain sebagainya) yang tidak memaksa kita untuk berbagi bersama user lain. Selain itu, kamu juga memiliki akses root-level yang sama, seperti saat kamu menyewa dedicated server meski harganya lebih terjangkau.

Setelah berbagai penjelasan di atas, mungkin kamu masih kurang paham terkait dengan bagaimana cara penggunaan dan pengoperasian dari VPS itu sendiri, berikut langkah-langkah cara menggunakan VPS.

  • Login VPS via SSH access
  • Update server
  • Buat akun baru dan ubah hak aksesnya
  • Aktifkan public key authentication
  • Setup firewall untuk VPS

Lalu bagaimana dengan fungsi VPS? Berikut beberapa fungsinya yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kinerja website atau bisnis online.

Website Trafik Super Tinggi

Apabila kamu memiliki website dengan trafik super tinggi, VPS adalah solusi layanan yang sesuai untuk website kamu. Apabila saat ini kamu tengah menggunakan shared hosting, maka dapat berpindah layanan ke VPS agar performa website tetap terjaga.

Web Hosting Skala Besar

Apabila kamu memiliki usaha jasa pembuatan website atau web developer, layanan VPS berguna untuk mengakomodir kebutuhan web hosting klien. Dengan adanya VPS ini, kamu akan lebih leluasa untuk mengontrol berbagai website sesuai kebutuhannya masing-masing.

File Hosting

Layanan VPS juga dapat membantu kamu mengamankan berbagai data yang dimiliki, karena VPS memungkinan kamu untuk menyimpan file berukuran besar yang dapat diakses secara pribadi maupun diakses para pengunjung website.

Remote Desktop

Remote desktop jadi salah satu unggulan dari kegunaan VPS. (Sumber: Adobe Photo Images)
Remote desktop jadi salah satu unggulan dari kegunaan VPS. (Sumber: Adobe Photo Images)

VPS juga dapat memberikan keleluasaan untuk mengakses dan menggunakan komputer atau server secara remote, yang mana berarti kamu memiliki kontrol penuh terhadap berbagai server tanpa adanya batas lokasi.

VPS Sebagai VPN

VPS sebagai VPN bisa digunakan apabila kamu memiliki usaha atau organisasi yang memerlukan jaringan private untuk pribadi maupun karyawan. VPS sebagai VPN ini berguna untuk menyimpan data-data penting dan dapat melakukan pertukaran data dengan aman selama dalam jaringan VPN tersebut.

Server Percobaan

Layanan VPS biasanya memberikan harga yang relatif murah sehingga kamu bisa mendapatkan fitur-fitur yang cukup untuk server tahap percobaan. Apabila kamu sedang dalam tahap pengembangan software, aplikasi, sistem operasi atau framework, VPS akan sangat membantu untuk keperluan testing.

Apa kelebihan VPS?

Setelah membahas tentang pengertian dan kegunaan VPS hosting, sedikit banyak pasti kamu sudah mengetahui apa saja kelebihan yang dimilikinya. Berikut setidaknya 5 kelebihan VPS yang bisa kamu nikmati manfaatnya.

Resources yang Lebih Terjamin

Dengan VPS, sumber daya server seperti bandwidth dan RAM akan dialokasikan secara khusus untuk website kamu, sehingga kamu tidak perlu berbagi resources dengan pengguna lain.

Performa 

Skema dedicated resources yang ditawarkan VPS hosting menghasilkan performa server yang lebih reliabel dan cepat. kamu juga tidak perlu khawatir kalau virtual machine kamu akan mengalami fluktuasi atau downtime karena terpengaruh oleh pengguna lain.

Skalabilitas    

Yang paling spesial dari VPS hosting adalah, kamu hanya perlu menyewa dan membayar sumber daya server yang kamu butuhkan. Dan nantinya jika perusahaan kamu berkembang dan membutuhkan resources tambahan, kamu bisa meningkatkan skala bandwidth, disk space, CPU, maupun sumber daya server lainnya dengan mudah.  

Kontrol

Salah satu kelebihan VPS adalah kontrol total, kamu memegang kendali penuh. (Sumber: Adobe Photo Images)
Salah satu kelebihan VPS adalah kontrol total, kamu memegang kendali penuh. (Sumber: Adobe Photo Images)

Meskipun kamu akan berbagi server dengan pengguna lain, kamu tetap akan memperoleh akses SSH dan root ke server kamu. Selain itu, kamu juga bebas memilih sistem operasi dan aplikasi yang dipasang, sekaligus mengatur kustomisasinya sesuai kebutuhan. 

Privasi dan Keamanan

VPS menjamin privasi dan keamanan files maupun databases kamu. Meski dalam satu server, pengguna lain tidak akan bisa mengakses data kamu, dan begitu pula sebaliknya. Ditambah lagi, adanya fitur backup juga jadi jaminan jika files kamu terlindungi dengan baik dan bisa dipulihkan dengan cepat ketika menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai apa itu VPS, kegunaan serta kelebihannya. Akan tetapi pasti ada yang mengganjal, kita sudah tau kelebihan VPS, tapi apa kekurangannya? Satu yang paling jelas yaitu, VPS hosting mempunyai harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting.

Hal ini tentu saja berkaitan dengan fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Jadi, sebenarnya harga yang dikeluarkan sebanding dengan kualitasnya. Bisa dikatakan, tipe layanan ini kurang bersahabat bagi perusahaan baru yang mempunyai budget yang terbatas.

Apa Itu VPS? Pengertian, Kegunaan dan Kelebihannya - 2023
VPS Linux Exabytes Indonesia

Oleh karena itu, Exabytes Indonesia menyediakan VPS murah berkualitas . Beragam fitur dan dukungan dalam VPS Exabytes yaitu dengan penyimpanan lebih besar dan lebih cepat, dilengkapi dengan teknologi SSD super cepat, setup dalam 1 menit hingga processor performa tinggi yang akan membuat website Anda lebih cepat.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments