Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Blog (Bagian 1)

2
3461

Di artikel sebelumnya, saya membahas mengenai 10 Ide Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Internet. Pada artikel kali ini saya akan mengulas lebih detail mengenai Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Blog, Youtube dan Instagram.

Blog

History of blogging
Sejarah Blog

Blog adalah jurnal atau diary (buku harian) online pribadi yang sering diperbarui. Blog menjadi tempat seseorang untuk mengekspresikan diri, berbagi gagasan dan kegemaran. Apapun bisa kamu bagi di blog.   

Sejarah Blog

Blog pertama kali diperkenalkan di Links.net oleh Justin Hall, seorang mahasiswa di Swarthmore pada tahun 1994. Pada saat itu “Weblog” singkatan dari “Web” dan “Log”, yang sekarang menjadi “Blog“. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang pada saat itu dimiliki oleh Yyra Labs dan kemudian pada tahun 2002 di akuisisi oleh Google.

Menghasilkan uang dari blog

No matter what, the very first piece of social media real estate I’d start with is a Blog – Chris Brogan (Founder, New Marketing Labs)

Ketika kamu memutuskan memulai menjual barang atau jasa apapun itu di internet, blog menjadi salah satu cara termudah mendatangkan traffic ke website atau blog secara gratis (organic traffic). Kunci utama keberhasilan sebuah blog adalah konsistensi dan kualitas tulisan atau artikel blog. Artikel blog yang berkualitas antara lain pembahasan yang spesifik, originalitas atau keaslian konten, infographic (video, gambar).

Konten

Semakin banyak konten yang kamu tulis, semakin cepat kamu bisa mendatangkan traffic. Permasalahan ketika menulis konten salah satunya adalah ide. Untuk itu, mulailah menulis mengenai keahlian atau pengalamanmu. Kamu bisa menulis mengenai sesuatu yang mungkin bisa membantu orang lain, misalnya cara mendapatkan foto yang bagus untuk Instagram, cara memilih sepatu sneaker, dan sebagainya. Ketika kamu memulai menulis mengenai sepatu sneaker, misalnya, kamu tidak harus menjadi ahli dalam pembuatan sepatu atau fashion. Bisa saja kamu fokus untuk orang-orang (audience) yang mempunyai kesamaan, misal judul artikelnya mengenai “Bagaimana memilih sneaker yang nyaman untuk kamu pengguna Metro Mini”. Dari situ kamu bisa membahas menggenai kenyamanan sepatu, materi sepatu, kaos kaki, cara merawat sepatu hingga kebiasaan ketika menggunakan sneaker.

Kamu bisa juga menggunakan Google Trends sebagai bantuan kamu dalam mencari ide artikel. Di Google Trends, kamu bisa tahu berapa banyak orang yang mencari dengan kata “sneaker” di Indonesia dalam rentan waktu tertentu serta kamu juga bisa tahu topik apa yang banyak dicari orang yang berkaitan dengan “sneaker”.

Google Trends
Google Trends

Ketika menulis artikel, usahakan konten yang kamu buat untuk sesempurna dan semenarik mungkin. Pastikan ketika orang lain membaca artikelmu, mereka mendapatkan sesuatu yang berharga dari artikel itu sehingga mereka mempunyai keinginan untuk membaginya dengan orang lain. Baca artikelmu berkali-kali sebelum kamu mempublikasikannya, minta temanmu untuk membaca dan memberi kamu masukan, bila perlu. Artikel yang memiliki visual (gambar atau video), akan jauh lebih menarik dari pada artikel yang hanya berisi teks.

visual vs. text

Audience

Hal yang tak kalah penting dari konten yang berkualitas adalah hubungan antara pemilik blog dengan pembacanya (audience). Semakin besarnya audience, semakin besar juga traffic yang kamu terima. Buatlah agar pembaca kamu merasa nyaman ketika mereka mengunjungi website dan membaca artikel yang kamu tulis. Beberapa tips agar website kamu nyaman dikunjungi:

Kecepatan membuka website

Pastikan bahwa website kamu cepat dibuka. Banyak website gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengukur kecepatan akses blog kamu antara lain gtmetrix.com, tools.pingdom.com. Dari hasil analisis tadi, kamu bisa memperbaiki performance blog kamu.

Sebuah penelitian menemukan bahwa manusia membutuhkan sekitar 2.6 detik untuk menilai sebuah website dan 8 detik untuk memutuskan apakah tetap membaca atau meninggalkan website tersebut. Jadi kamu hanya punya waktu 8 detik untuk memberikan kesan terbaik mengenai blog kamu sehingga seorang pengunjung bisa menjadi pembaca tetap blog kamu.

Kenyamanan saat membaca

Pengunjung harus merasa nyaman ketika membaca artikel di blog kamu. Jangan gunakan warna-warna yang tidak nyaman di mata seperti kuning, merah, atau hijau terang yang membuat mata tidak bisa berlama-lama melihatnya. Sesuaikan antara background dengan tulisan, misalnya background putih, maka tulisan berwarna hitam (bukan kuning). Kamu bisa pakai kalkulator penghitung tingkat kontras warna dan ukuran huruf https://webaim.org/resources/contrastchecker/

Keamanan

Bayangkan kalau kamu mungunjungi website yang iklannya ada di setiap area, ketika kamu klik sebuah link, bermunculan iklan-iklan yang tidak sesuai dengan minat kamu. Gimana rasanya? Begitu juga yang akan pembaca kamu rasakan. Kamu boleh saja memasang beberapa iklan di website kamu supaya kamu bisa dapat pendapatan dari iklan, tapi pastikan bahwa iklan itu tersusun rapi dan tidak mengganggu kenyamanan pembaca kamu.

Supaya pengunjung merasa lebih akrab, perlakukan mereka seperti teman. Ajak mereka berdiskusi, beri hadiah, tanyakan apa yang mereka suka atau bahkan kamu bisa ajak mereka kopdar (ketemuan), sekedar untuk minum kopi dan berbagi ide. Untuk berinteraksi dengan pembaca, kamu bisa pakai social media (seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube) atau mengirim newsletter (seperti Mailchimp). Cantumkan social media yang kamu punya di area blog yang mudah terlihat oleh pengunjung sehingga mereka bisa me-Like atau follow sosial media kamu. Sediakan fitur untuk mengumpulkan alamat email para penunjungmu supaya mereka bisa mendapatkan update blog, promosi atau sesuatu yang menarik lainnya yang membuat mereka mau memberikan email mereka.

Bersambung ke Bagian 2. Tunggu bagian ke 2 ya 🙂

0 0 votes
Article Rating
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Komarudin M. Zaelani
Komarudin M. Zaelani
7 years ago

Wah sangat bermanfaat 🙂

Muhammad Dedi
Muhammad Dedi
6 years ago

Mudah-mudahan bisa menambah Ilmu dan pengalaman, yang bermanfaat untuk web, Blog, lama,channel Dan lainnya.
Ujungnya bisa menambah income.
Kenapa income? Sudah menjadi salah satu kebutuhan untuk menunjang exsistensi online..