Bagaimana Caranya Mendapatkan Lebih Banyak Visitor yang Mengklik Iklan Banner atau Link Afiliasi Kamu?

Berikut adalah beberapa cara pengoptimalan penempatan banner iklan yang dapat membantu meningkatkan rasio konversi Kamu.

1. Tempatkan iklan pada bagian konten bukan pada kolom iklan
Studi menunjukkan bahwa penempatan iklan banner pada kolom iklan biasanya cenderung diabaikan karena banyak pengunjung web mulai “kebal” terhadap iklan yang ditempatkan dengan cara ini. Dengan kata lain, banyak netizens sekarang mengalami “Ad Blindness” untuk iklan dengan penempatan ini; banyak yang secara tidak sadar mengabaikan iklan, dan menyebabkan rasio konversi yang agak mengecewakan. Mari kita lihat studi terbaru oleh Nielsen.

Dari gambar di atas, Kamu dapat melihat bahwa sebagian besar dari tindakan yang terjadi di area penempatan iklan “default” hampir tidak mendapat perhatian. Untuk mengatasi ad blindness, coba gunakan penempatan inline yang menyertakan banner di antara konten seperti contoh di bawah ini. Ini akan membantu meningkatkan CTR Anda (click-through rate).

2. Hyperlink teks di website Kamu
Dengan menempatkan link afiliasi saja pada konten mungkin bukan pilihan yang baik. Alih-alih menunjukkan tautan afiliasi secara langsung, coba hubungkan link Kamu dengan kata-kata yang berhubungan dengan konten link. Atau, hubungkan link dengan kalimat ajakan, seperti”klik di sini”, “tonton di sini” atau “kunjungi di sini”. Kata-kata terkait adalah “sepatu lari” yang terhubung ke situs web Nike atau “membangun bisnis online” yang terhubung dengan Exabytes, misalnya.

3. Menggunakan Heatmap untuk mengetahui area aktif
Kamu bisa menggunakan heatmap seperti yang dilakukan Neilson. Dengan heatmap, Kamu dapat mengetahui bagian mana dari website Kamu yang paling menarik bagi pengunjung Kamu. Selanjutnya, Kamu dapat menempatkan banner atau link di area yang paling banyak dilibatkan untuk meningkatkan rasio click. Selain itu, Kamu bisa menggunakan Hotjar, tool heatmap yang bagus dan gratis untuk membantu melakukan analisis ini.

4. Menampilkan banner yang tepat pada konten yang tepat
Ya, menunjukkan link afiliasi yang tepat dan banner di konten yang tepat akan meningkatkan rasio klik. Misalnya, Kamu bisa menampilkan banner Adidas di blog olahraga, atau Kamu bisa menunjukkan banner hosting web Kamu setelah paragraf yang membahas tentang internet marketing. Tidak hanya konten, menempatkan banner dan link yang tepat pada halaman terkait juga akan membantu meningkatkan rasio klik.

Yang terakhir namun tidak kalah pentingnya, cara yang paling efektif untuk mengetahui format iklan apa yang paling efektif adalah dengan melakukan banyak testing untuk mengetahui mana yang terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here