Bisnis Itu Nggak Perlu Modal, Tapi Mindset [Podcast Eps. 1]

Salah satu cara Exabytes Indonesia dalam menstimulasi dan membantu para UMKM dan UKM dalam membangun bisnis mereka yaitu dengan Podcast.

Sebenarnya, definisi susah itu karena kita belum tau caranya aja – Mbak Watik

Pada episode pertama ini, kami kedatangan tamu salah seorang wirausahawan muda, Mbak Watik dari SahabatCantiq.com, yang sudah berjibaku dalam dunia digital marketing sejak 3 tahun lalu.

Berikut pembicaraan kami dengan Mbak Watik:

Ceritakan mengenai backgroundnya Mbak Watik?

Aku kuliah di jurusan Teknik Informartika, masuk tahun 2012 dan baru lulus tahun ini. Saat kuliah, aku kerja sambil kuliah tetapi aku berhenti kerja karena sistem shift dan waktunya nggak fleksibel. Sejak 2014 aku berhenti kerja dan fokus di bisnis online skin care karena diajakin teman aku.

Kenapa terjun di bisnis skin care?

Aku terjun ke bisnis skin care karena diajakin teman aku yang dulu sudah pernah duluan di binis skin care dan sekolahnya di jurusan pharmasi. Dia yang ajarin aku tentang bisnis skin care. Dia juga sama-sama baru belajar bisnis online juga. Enaknya memulai bisnis dengan teman sendiri, kita bisa gampang belajar dan tanya-tanyanya. Dia yang ngurusin dari mentahnya sampai re-branding. Awalnya aku seperti reseller-nya dia aja, aku tawarin ke teman-teman kerjaku.

Setelah aku berhenti kerja, baru aku pakai platform-patform online untuk pemasaran kami. Dulu kita pakai Twitter, seleb-twit. Dulu Facebook Ads masih booming banget di Indonesia. Kemudian kita pakai endorse selebgram.

Bagaimana bisa tahu kalau seorang selebgram profitable atau nggak?

Lihat dari followers nya, lihat jumlah leads (red: orang yang berpotensi menjadi pembeli) yang menhubungi kita setelah iklan di selebgram itu.

Sepertinya bisnis online tidak susah seperti kedengarannya ya?

Sebenernya definisi susah itu karena kita belum tahu caranya aja. Ternyata setelah kita sudah bisa, nanti kita juga akan bilang “oh gini aja”. Jangan bilang susah dulu sebelum dicoba.

Sekarang Mbak Watik lebih fokus marketing di Facebook Ads. Kenapa pakai FB Ads?

Karena FB Ads itu seperti sudah punya penduduk sendiri yang jumlahnya besar sekali. Jadi fokus ke situ supaya nggak buang-buang uang. Kalau kita di FB Ads, kita bisa pasang iklan selama berbulan-bulan berbeda dengan selebgram yang cuma hitungan jam. Dengan FB Ads, kita bisa dapat datanya jadi kita tinggal menargetkan orang-orang yang tepat untuk iklan berikutnya, misalnya daerah mana, umur berapa saja yang minat sama produk skin care.

Banyak orang yang mau memulai usaha tapi terkendala modal. Bagaimana waktu itu awal memulainya?

Aku awalnya benar-benar nggak pake modal sih. Aku ambil produk, aku bantu jual, nanti aku ambil untungnya sekian persen. Sebenernya intinya jangan baper (red: Bawa Perasaan) aja sih. Bisnis online itu lebih ke mindset aja sih dibandingkan ke technical. Kalau mindsetnya sudah benar, nanti semuanya jadi gampang.

Saranku, kalau mau bisnis, fokusnya jual sesuatu yang menurut kamu mudah, misalnya punya skill buat kue. Googling aja kira-kira orang-orang yang sudah pernah terjun di bisnis kue pernah punya kendala apa saja. Jadi, kita bisa belajar dari kesalahan orang lain, sehingga kita tidak perlu melakukan kesalahan yang sama.

—–

Untuk kamu yang tertarik dengan produk skin care Mbak Watik, bisa menghubungi Mbak Watik disini: Beli produk skin care.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here