WordCamp Asia 2020 Dan 6 Fakta Dibalik Event WordPress Terbesar di Asia

40
8 min read


Tertarik Pindah Hosting ke Exabytes?

Segera Dapatkan Diskon Pindah Hosting 50% selama 1 tahun.

Ya, saya tertarik


Hi Exabytes Friends!

Kalian pernah mengikuti event tentang WordPress? Terus kamu pernah nggak sih dengar tentang event WordCamp atau malah pernah menjadi bagian dari WordCamp?

Apa Itu WordCamp?

Jadi, WordCamp adalah konferensi sukarelawan yang diselenggarakan yang mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan WordPress, tentang free and open source software yang dirancang untuk semua orang yang menekankan aksesibilitas, kinerja, keamanan dan kemudahan penggunaan. WordCamp menjadi wadah untuk bertemu dengan pecinta, komunitas dan orang-orang yang menggunakan WordPress di seluruh dunia.

Buat yang belum tahu, sejauh ini hanya ada dua flagships WordCamp yang diselenggarakan yaitu di Amerika Serikat dan Eropa. WordPress memang paling banyak digunakan oleh banyak orang di belahan dunia. WordPress telah menguasai lebih dari sepertiga web. Sejak 2006, anggota komunitas WordPress telah menyelenggarakan total 1005 WordCamp di 75 kota, 65 negara, dan 6 benua. Untuk di bagian Asia, WordCamp telah menyelenggarakan 150 WordCamp di 18 negara Asia & 52 kota termasuk di Indonesia.

WordCamp Pernah Diselenggarakan di Jakarta

WordCamp pernah diselenggarakan di Indonesia tepatnya Jakarta juga lho sejak tahun 2017. Untuk tahun lalu, WordCamp Jakarta 2019 diselenggarakan di Hotel Ibis Styles, Sunter, Jakarta pada 16 Februari tahun lalu. Event ini selalu mendapatkan reaksi bagus dari para peserta yang hadir. Peserta yang hadir pun berasal dari berbagai usia dan kalangan, mulai dari pakar SEO, pakar sosial media, pemilik bisnis, marketers, content strategists, blogger, pendidik hingga pelajar. 

Ada banyak rangkaian acara dan speaker yang kompeten dan inspiratif yang akan sharing ilmu yang bermanfaat. Ilmu yang dibagikan antara lain mulai dari panduan dasar digital marketing hingga langkah-langkah mengembangkan bisnis. Selain itu, seluruh peserta dan pembicara atau pengembang yang hadir bisa saling bertukar pikiran dan ide-ide sekaligus memperluas jaringan profesional. Kamu bisa membaca keseruan WordCamp di Jakarta tahun lalu disini. Pokoknya event ini memang paling banyak ditunggu deh setiap tahunnya!

WordCamp Asia 2020

Enggak hanya di Indonesia saja yang menjadi negara Asia yang menyelenggarakan WordCamp, ada beberapa negara lainnya yang turut aktif melakukannya. Sebut saja Thailand, Jepang, Hong Kong, Filipina, Pakistan, Malaysia, Singapura, Nepal, dan masih banyak lagi.

Karena antusias dari banyak pihak di berbagai negara di Asia, akhirnya untuk pertama kalinya WordCamp menambahkan flagshipnya selain Amerika Serikat dan Eropa yakni Asia. Perhelatan ini akan diselenggarakan di tahun 2020.

WordCamp Asia 2020 Dan 6 Fakta Dibalik Event WordPress Terbesar di Asia

Banyak informasi menarik dibalik WordCamp 2020 yang perlu Exabytes Friends tahu nih. Oleh karena itu, yuk kita simak 5 fakta menarik WordCamp Asia 2020

WordCamp Asia 2020 Diselenggarakan di Bangkok, Thailand

Tahun ini, Bangkok menjadi tuan rumah untuk event terbesar komunitas WordPress di Asia. Event ini akan diselenggarakan pada tanggal 21-23 Februari di TRUE ICON HALL @ ICONSIAM, Bangkok, Thailand. WordCamp memilih Thailand untuk menjadi negara pertama yang menjadi tuan rumah perhelatan pertama di Asia ini karena lokasinya yang strategis dan terjangkau. Di Asia sendiri, ada total 127 grup pengguna WordPress di 23 negara dengan lebih dari 73.000 anggota. WordCamp. Untuk perekrutan volunteer telah dilakukan sejak April 2019 lalu yang berasal dari 16 negara Asia yang pernah terlibat dalam WordCamp di negara-negara Asia sebelumnya..

Baca Juga  Ngopi dan Ngobrol Bareng Web Developer Jakarta di Exabytes Developer Club

Tiket Terjual Habis Kurang Dari 15 Menit!

Ini bukan bohongan lho! Tiket untuk WordCamp Asia 2020 telah terjual habis pada bulan Desember 2019. Cepat banget kan? Tetapi karena permintaan tinggi dari masyarakat, panitia WordCamp membuat batch tiket tambahan tiket sponsor mikro yang dirilis tanggal 11 Januari 2020. Tetapi hanya dalam waktu kurang dari 15 menit, tiket kembali sold out! Hal ini menunjukkan bahwa banyak orang yang antusias dan berminat terhadap acara WordCamp ini.

WordCamp Asia 2020 Dan 6 Fakta Dibalik Event WordPress Terbesar di Asia

Tak hanya itu, pendaftaran tiket gratis untuk Contributor Day untuk tanggal 21 Februari juga yang pertama kali dirilis tanggal 9 januari sudah habis dalam waktu kurang dari 15 menit! Hal itu membuat panitia menambah tiket tambahan di batch selanjutnya di tanggal 23 Januari 2020 dan 30 Januari 2020 namun sayangnya tiket pun sudah habis seperti yang dicek oleh Exabytes hari ini. Wah, salut banget karena banyak yang excited datang ke event ini!

Diperkirakan Ada 1400 Orang

Dengan slogannya Growing WordPress Community in Asia by Bringing People Together and Trying New Things, WordCamp akan membawa banyak orang dalam satu rangkaian acara selama 3 hari berturut-turut. Tim panitia WordCamp Asia memperkirakan ada 1400 orang dari seluruh dunia yang akan menghadiri event ini. Pantas saja tiketnya cepat banget ludes, banyak yang ikutan ternyata!

Dari Contributor Day, Keynote Talk Sampai After Party Yang Seru

Schedule untuk WordCamp Asia telah dirilis tanggal 13 Januari lalu. Dalam 3 hari WordCamp Asia yaitu tanggal 21-23 Februari 2020 akan dibagi beberapa sesi yang dimulai dari 08.30 hingga 17.30. Banyak agenda yang telah disusun padat oleh rekan panitia volunteer WordCamp 2020 kali ini yang sayang banget kalau dilewatkan. 

Untuk 21 Februari 2020 akan diisi dengan Contributor Day. Dalam hari itu, peserta dapat mengikuti dan berkontribusi dalam proyek bidang dari WordPress. Peserta yang berpartisipasi tidak harus seorang programmer atau designer yang belum tahu apa-apa tentang WordPress. Asalkan peserta punya minat terhadap WordPress. Ada beberapa tim dalam Proyek WordPress di Contributor Day yaitu tim Core, Polygots, Design, Hosting, Community, Support, Theme Review dan masih banyak lainnya. 

Sementara untuk tanggal 22-23 Februari 2020 akan diisi oleh konfrensi seminar dari beberapa pembicara. Ada sekitar 40 sesi talks, 11 lightning talk, dan panel discussion. Sesi talks sendiri dibagi beberapa bagian yaitu development, community, business dan content. Jadi peserta bisa menyesuaikan mau menghadiri sesi talks bidang yang diinginkan dengan pembicara handal dari seluruh dunia. Dan yang paling ditunggu adalah sesi keynote talk dari Matt Mullenweg, co-founder WordPress nih. Wah, asik banget! 

WordCamp Asia 2020 Dan 6 Fakta Dibalik Event WordPress Terbesar di Asia

Selain itu, ada Community Bazaar dan Sponsor Booths. Dan terakhir ada Tribe Meetups dimana peserta bisa ikut terlibat dalam diskusi dengan tema-tema khusus dengan peserta lain. Terakhir, acara pun akan ditutup dengan After Party di LHONG 1919. Selengkapnya, bisa dicek jadwalnya di website WordCamp 2020

Baca Juga  Pengenalan Docker, Tools Web Developer yang Harus Kamu Kuasai di 2020

Maskot Wapuu Yang Iconic Dengan Tuk Tuk

Untuk menunjukkan identitas, pasti perlu adanya mascot agar mudah diingat. Nah, mascot yang WordPress yang paling ikonic adalah Wapuu. Mascot ini pertama kali dicetuskan oleh Matt Mullenweg di after party WordCamp Tokyo di tahun 2009. Mullenweg meminta tim WordPress Jepang untuk membuat mascot. Akhirnya maskot diluncurkan pertama kali dalam WordCamp di Fukuoka tahun 2011. Saat itu belum, maskot yang identik berwarna kuning ini tidak memiliki nama hingga akhirnya terpilihlah nama Wapuu. Enggak hanya dijadikan ikon untuk Jepang tetapi Wapuu kini sudah mengglobal.

WordCamp Asia 2020 Dan 6 Fakta Dibalik Event WordPress Terbesar di Asia

Sementara itu, mascot untuk WordCamp Asia 2020 adalah Tuk Tuk Wapuu. Tuk Tuk adalah kendaraan yang sering dijumpai di Thailand dan menarik perhatian terutama turis. Sang designer mascot yang berasal dari Jepang yaitu Chiaki Kouno mengatakan bahwa dirinya pernah menaiki Tuk Tuk sekali saat berada di Thailand dan itu merupakan unik untuknya. Oleh karena itu, dia terinspirasi membuat design mascot dengan menggunakan Tuk Tuk. 

WordCamp Asia 2020 Dan 6 Fakta Dibalik Event WordPress Terbesar di Asia

Lucu kan mascotnya? Oh ya, mascot Wapuu juga dibuat official merchandise berbentuk boneka lho. Sayangnya sudah close pre-order namun akan dijual saat event berlangsung.

Anak-Anak Juga Bisa Ikutan Lho

Eits, bukan cuma orang dewasa saja lho yang bisa ikutan event ini. Anak-anak pun bisa juga ikutan dalam rangkaian acara WordCamp Asia 2020. Di tanggal 21 Februari bersamaan dengan Contributor Day, ada sesi bernama KidsCamp. KidsCamp adalah event dimana anak-anak akan diperkenalkan apa itu WordPress dan bisa mengikuti workshop bagaimana cara menggunakan dan membuat website WordPress. 

WordCamp Asia 2020 Dan 6 Fakta Dibalik Event WordPress Terbesar di Asia

Pesertanya pun anak-anak dengan rentang usia dari 7 tahun hingga 15 tahun dengan membawa laptop sendiri. Anak-anak akan diperkenalkan bagaimana cara membuat blog, bagaimana cara membuat postingan dan halaman di WordPress. Nantinya peserta akan mendapatkan akun dan bisa menjalankan situs WordPress.org sendiri. Penyelenggara berharap aktivitas ini bisa mendorong generasi selanjutnya sebagai kontributor untuk WordPress. Seru banget kan? 

WordCamp Dibatalkan H-9 Sebelum Acara

WordCamp Asia 2020 Dan 6 Fakta Dibalik Event WordPress Terbesar di Asia

Pada tanggal 12 Februari lalu pihak WordCamp mengumumkan lewat WordPress.org oleh Matt Mullenweg selaku co-founder WordPress dan salah satu speaker di WordCamp Asia resmi dibatalkan. Hal ini bisa dilihat juga informasinya di sosial media seperti Twitter yang diunggah di hari yang bersamaan. Pembatalan WordCamp Asia ini karena Corona Virus yang sedang menjadi isu dunia saat ini. Pihak organizer WordCamp Asia telah memberikan pembaruan mengenai outbreak update terkait Corona Virus beberapa waktu lalu, namun akhirnya acara besar ini resmi dibatalkan. Matt Mullenweg mengatakan ini adalah keputusan yang sulit untuk membatalkan WordCamp Asia perdana yang rencananya akan berlangsung di Bangkok pada 21 Februari mendatang. Namun ia mengatakan bahwa WordCamp Asia akan digelar tahun depan. 

Sayang sekali ya, padahal banyak banget yang menantikan WordCamp Asia tahun ini. Semoga acara ini bisa digelar selanjutnya tahun depan. Mari kita nantikan bersama.

Credit to Audina Chairun Nisa

View her LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/audina-chairun-nisa-760303158

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here