Panduan Lengkap Cara Membuat Live Chat Pada Website

435
cara membuat live chat pada website
6 min read

Beberapa tahun yang lalu, layanan live chat di situs web sering dianggap sebagai kemewahan. Didukung dengan kemajuan teknologi dan intensitas kebutuhan pelayanan pelanggan yang dapat mengakses situs dari mobile, laptop, atau tablet semakin tinggi, tentu kehadiran live chat sangat diperlukan.

Saat ini penggunaan live chat tumbuh mengejutkan 87 persen dari 2017 hingga akhir 2018. Jika Anda telah mengunjungi hampir semua situs web yang menjual produk atau layanan pada tahun lalu, mudah untuk melihat bahwa mereka tepat sasaran. Semua orang menawarkan live chat sebagai cara untuk mempertahankan pelanggan, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Jika Anda mencari cara untuk membuat live chat di situs web Anda, Anda berada di tempat yang tepat. Ada banyak pilihan aplikasi live chat berbayar di luar sana, tetapi kami akan menunjukkan kepada Anda cara terbaik untuk menambahkan perangkat lunak live chat gratis ke situs web Anda. Simak selengkapnya di bawah!

Memilih Aplikasi Live Chat Anda

Sebelum Anda dapat menambahkan chat langsung ke situs web Anda, penting bagi Anda untuk memutuskan program chat yang ingin Anda gunakan di situs Anda. Ada banyak jenis perangkat lunak untuk dipilih, tetapi kami akan menggunakan Fresh Chat untuk contoh ini.

Fresh Chat menawarkan perangkat lunak chat gratis untuk situs web Anda dengan versi yang semakin bermanfaat bagi pemilik bisnis yang ingin mendapatkan lebih banyak dari layanan chat mereka. Kami akan menunjukkan kepada Anda cara menambahkan versi ‘sprout’ dalam tutorial ini.

Daftar paket FreshChat untuk membuat live chat gratis pada website

Versi gratis memungkinkan Anda untuk menambah 10 anggota tim ke program chat Anda sehingga Anda dapat menangani permintaan pelanggan dengan mudah. Tingkat lain memungkinkan Anda untuk menambah anggota tambahan dan benar-benar menyempurnakan fungsi live chat untuk pertumbuhan bisnis.

Cara Membuat Live Chat Pada Website Secara Gratis

Inilah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk menambahkan fitur live chat di website Anda:

Langkah 1: Mendaftar untuk Fresh Chat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftar akun di layanan Fresh Chat. Setelah masuk di beranda Fresh Chat, klik tombol sign up for free di sisi kanan atas layar. Lalu tampilannya akan seperti di bawah Isi form berikut sesuai data lengkap Anda.

Cara membuat live chat pada website secara gratis

Setelah itu, Anda akan mendapatkan email yang meminta Anda untuk mengonfirmasi akun Anda. Periksa email Anda dan aktifkan akun untuk melanjutkan.

konfirmasi email freshchat

Langkah 2: Sesuaikan Jendela Chat Anda

Setelah konfirmasi akun Anda, sekarang Anda dapat menyesuaikan bagaimana jendela chat Anda terlihat di situs web Anda.

Cara menambahkan live chat ke website

Selanjutnya akan muncul halaman yang meminta beberapa informasi dasar untuk menyiapkan akun profil Anda seperti dibawah ini. Sesuaikan berdasarkan kebutuhan dari bisnis Anda.

Isi data diri fresh chat

Pada bagian ini juga Anda bisa mengintegrasikan live chat tersebut ke WhatsApp business.

fresh chat juga dapat diintegrasikan pada whatsapp business

Langkah 3: Integrasikan Fresh Chat

Sekarang saatnya menautkan akun Fresh Chat Anda ke situs web Anda. Pilih dari 3 pilihan tersebut. Namun pada tutorial kali ini Kami memilih Javascript.

integrasikan fresh chat pada website anda untuk membuat live chat gratis

Selanjutnya salin kode yang tampil tersebut dan masukkan ke dalam website Anda sebelum </body>. Setelah itu Anda sudah berhasil memasangkan fitur live chat di website Anda.

Tambahkan kode yang diberikan pada website

Langkah 4: Tambahkan Anggota Tim

Sekarang Anda telah menghubungkan situs web Anda ke akun Fresh Chat, saatnya untuk mulai menambahkan anggota tim. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat memiliki hingga 10 anggota tim untuk akun Sprout.

Dari dashboard Fresh Chat, klik ikon roda gigi berlabel Pengaturan di sisi kiri bawah panel navigasi Anda. Ini akan membuka semua pengaturan akun pada akun.

Tambah anggota di fresh chat

Di bawah konfigurasi, klik pada agents.

Tambah member di fresh chat untuk membuat live chat.

Sekarang Anda dapat menambahkan hingga 10 agen dengan mengklik tombol biru new member di bagian atas halaman manajemen tim.

Anda harus memasukkan informasi seperti nama, alamat email, dan peran mereka di Fresh Chat.

Tambahkan agent di fresh chat untuk membuat live chat di website

Setelah Anda memasukkan semua informasi untuk anggota tim baru Anda, klik send invite untuk menambahkannya ke akun Anda. Mereka akan menerima email konfirmasi untuk memberi tahu mereka bahwa Anda telah menambahkannya ke dalam tim.

Tampilan Jendela Chat Anda

Setelah kustomisasi jendela chat dan integrasi selesai, Anda dapat melihat kotak Fresh Chat di sisi kanan layar di halaman website Anda. Contohnya seperti dibawah ini:

Tampilan jendela fresh chat

Kesimpulan

Jika Anda mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan memiliki live chat yang tersedia di situs web Anda untuk pelanggan Anda. Ada banyak manfaat besar dengan menambahkan live chat ke situs web Anda. Kemampuan untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan dapat meningkatkan upaya pembuatan leads.

Ketika situs web Anda mengalami pertumbuhan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk meningkatkan ke paket Fresh Chat premium. Tingkatan tambahan memungkinkan Anda untuk menambah lebih banyak anggota tim, memberi Anda lebih banyak kebebasan untuk memperluas kerangka chat yang Anda buat di sini, dan membuatnya mudah untuk melacak analitik Anda untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Situs web memang memiliki potensi tinggi untuk meningkatkan penjualan. Karenanya, jika Anda belum mempunyai website dan ingin membuat website untuk keperluan usaha, bisnis dan lain-lain, Kami sarankan untuk menggunakan hosting Indonesia karena hanya dengan 1 klik Anda bisa dengan cepat membuat website dengan optimal. 

Terima kasih sudah membaca panduan ini sampai selesai, semoga artikel ini bermanfaat.

Disunting oleh: Muthia Batari.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments