Apa Saja Kelebihan WhatsApp API Business Untuk Bisnis Online?

153
Apa Saja Kelebihan WhatsApp API Business?
9 min read

Di era yang semakin maju, teknologi pun semakin canggih dan memudahkan semua kegiatan. Salah satunya adalah kegiatan jual-beli atau bisnis melalui platform digital. Khususnya di era pandemi seperti ini, semua orang berlomba-lomba mengembangkan dan mengelola bisnis melalui platform digital yang dimiliki. 

Nah, dalam mengelola bisnis biasanya pelaku bisnis saat ini dapat memanfaatkan WhatsApp API Business untuk memaksimalkan performa mereka dan untuk berkomunikasi. Hmm, kalian pernah denger belum WhatsApp API Business?

Whatsapp

Saat ini sudah hampir semua orang menggunakan WhatsApp sebagai platform komunikasi yang paling bisa diandalkan dan reliable. Eh iya, kamu ikutan nggak event EDC 10 September lalu? Di EDC lalu, sempat membahas materi “Stay Connected to Customers with Whatsapp Business API” bersama Country Manager Exabytes Indonesia, Indra Hartawan.

Salah satu perkataan Indra Hartawan di EDC lalu mengatakan “Coba disini ada nggak teman-teman yang masih menggunakan SMS untuk media komunikasi? Saya rasa sudah nggak akan ada ya karena sekarang dengan WhatsApp semuanya dipermudah.” Pasalnya, memang sekarang hampir setiap orang menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasi. Setuju kan?

Apa Saja Kelebihan WhatsApp API Business Untuk Bisnis Online? - 2020

WhatsApp mempermudah komunikasi terutama untuk pelaku bisnis nih, Aplikasi ini sangat membantu dan cenderung dibutuhkan untuk transaksi jual-beli, banyak sekali pelaku bisnis yang memberikan akses langsung ke WhatsApp mereka yang dituliskan di bio media sosial yang dimiliki. 

Nah saat ini, WhatsApp juga menyediakan fitur WhatsApp API Business yang banyak banget kelebihannya lho. Lebih lanjut, simak penjelasannya dibawah ini ya! 

Kelebihan Menggunakan WhatsApp API Business

WhatsApp API Business

Whatsapp API Business merupakan salah satu platform yang bisa kamu gunakan dalam bisnis kamu sebagai media komunikasi dengan pelanggan. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan Whatsapp API Business ini.

Tentunya dengan menggunakan Whatsapp API Business ini akan membuat bisnis kamu jadi lebih mudah dikelola. Nah, kamu penasaran apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika bisnismu menggunakan Whatsapp Integrator? 

Memiliki Sistem Notifikasi Untuk Konsumen

Apa Saja Kelebihan WhatsApp API Business Untuk Bisnis Online? - 2020

Pertama, di WhatsApp API Business terdapat fitur notifikasi atau pemberitahuan. Dengan WhatsApp API Business kamu dapat kapan saja memberikan notifikasi atau pemberitahuan kepada konsumen kamu atau target market yang kamu tuju. Hal ini bisa berupa update terbaru ataupun pengingat. Dengan adanya hal ini tentu akan membuat bisnis kamu dan konsumen menjadi dekat loh~

Chat Bot Yang Bisa Membantu Kamu Membalas Pertanyaan

Apa Saja Kelebihan WhatsApp API Business Untuk Bisnis Online? - 2020

Kedua, didalam WhatsApp API Business juga terdapat fitur Chatbot yang tentunya bisa sangat membantu kamu. Dengan fitur ini kamu bisa membalas pesan dengan otomatis walau kamu nggak sedang kerja atau sedang diluar jam kerja. 

Hal ini karena dalam fitur chatbot ini terdapat AI yang bisa membalas berbagai macam variasi pesan yang dikirimkan loh. Sehingga kamu nggak perlu lagi takut dan khawatir, bahkan kamu bisa berlibur dengan tenang dan bisnis kamu tetap jalan. Eits tapi sayangnya lagi PSBB, jadi kamu tetap bisa fokus dengan bisnis dan pelangganmu di rumah ya.

Baca Juga  Punya Bisnis Nggak Wajib Punya Uang, Gimana Caranya?

Terdapat Fitur Chat Panel

Fitur Chat Panel WhatsApp

Selanjutnya, WhatsApp API Business juga memiliki fitur chat panel dimana fitur ini bisa kamu gunakan untuk menjawab berbagai keluhan dan pertanyaan secara bersamaan loh. Menarik bukan? Fitur ini sendiri berbeda dengan fitur chatbot karena dalam fitur ini akan ada customer care yang menjawab langsung. Sehingga tentu saja akan sangat berbeda dengan chatbot. Bisa dibilang juga ketika kamu membalas chat konsumen lewat chat panel kamu akan bisa lebih mengenal dan mengetahui apa yang diinginkan konsumen.

Fitur Schedule Messages

Apa Saja Kelebihan WhatsApp API Business Untuk Bisnis Online? - 2020

Schedule Messages sendiri merupakan fitur yang dimiliki WhatsApp API Business untuk mengatur waktu yang detail seperti kapan pesanan akan dikirim. Dengan fitur ini tentu kamu tidak akan lupa dalam mengirimkan informasi atau pun update terbaru untuk para konsumen. Sehingga konsumen kamu akan mendapatkan update terbaru dari kamu dan menjaga hubungan baik loh.

Selain keuntungan diatas, sebenarnya masih banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu menggunakan WhatsApp API Business untuk meningkatkan performa bisnis dan koneksi dengan konsumen. Salah satunya seperti meningkatkan kesan baik pelanggan terhadap bisnismu. 

Nah untuk kamu yang daritadi udah penasaran gimana caranya buat memulai bisnismu terhubung dengan WhatsApp API Business, kamu bisa ikutin tutorial dibawah ini ya! 

Bagaimana Caranya Menghubungkan Bisnismu dengan WhatsApp API Business?

Apa Saja Kelebihan WhatsApp API Business Untuk Bisnis Online? - 2020

Tahapan dibawah ini akan memberi tahu kamu informasi tentang cara-cara menyiapkan klien WhatsApp API Business, mendaftarkan nomor telepon, memperbarui pengaturan Anda, dan mengirimkan pesan uji. Pokoknya semuanya deh! Makanya yuk simak step by step nya dibawah ini!

Sebelum kamu memasuki step by step untuk terhubung dan menggunakan layanan WhatsApp API Business, kamu harus memerlukan:

  • Akun Pengelola Bisnis Facebook
  • Bisnis yang terverifikasi
  • Akun WhatsApp Business
  • Fasilitas Kredit untuk akun WhatsApp Business mu
  • Alat command line seperti terminal atau aplikasi seperti postman yang dapat membuat permintaan cURL.

Setelah memverifikasi bisnis yang kamu kelola, bisnis yang kamu miliki nantinya akan ditinjau mengenai kepatuhan pada Ketentuan Layanan WhatsApp dan Kebijakan Perdagangan WhatsApp. Langkah ini dimulai secara otomatis dan kamu dapat mengecek status verifikasi bisnis dan pemeriksaan bisnis pada tab pengaturan dalam akun WhatsApp Business kamu di Pengelola Bisnis. Verifikasi bisnis akan menunjukkan status terverifikasi dan status akun akan menunjukkan status disetujui setelah persetujuan diberikan.

Langkah 1: Siapkan Akun WhatsApp mu

Apa Saja Kelebihan WhatsApp API Business Untuk Bisnis Online? - 2020

Tambahkan data seperti nama dan nomor telepon di akun WhatsApp Businessmu. Nah jika sewaktu-waktu kamu ingin mengubah nama tampilan pada akun tersebut, kamu hanya dapat menggantinya sebanyak 2 kali dalam kurun waku 30 hari atau 1 bulan.

Setelah semua pemeriksaan dan pengisian data ini selesai, kamu akan dapat melihat dan mengakses sertifikat berenkode base64 milik mu yang diperlukan untuk mendaftarkan klien API WhatsApp Business. Disarankan untuk mendaftar menggunakan nama tampilan yang telah disetujui untuk memulai integrasi. Sebelum membuat perubahan lebih lanjut pada nama tampilan, kamu dapat mengganti nama tampilan kapan saja setelah integrasi.

Langkap 2: Siapkan Klien WhatsApp API Business mu

Apa Saja Kelebihan WhatsApp API Business Untuk Bisnis Online? - 2020

Klien WhatsApp API Business ini dibuat berbasis Docker. Klien WhatsApp API Business akan berjalan pada mesin yang terkoneksi dengan internet dan menjalankan Docker. Sebagai contoh, pengujian sederhana dapat dilakukan di laptop. Untuk server lingkungan produksi, WhatsApp sendiri menyarankan setidaknya SSD 250 GB, RAM 16 GB, dan CPU 4 core. HDD tidak disarankan karena kecepatan I/O akan mengakibatkan kemacetan ketika terdapat muatan.

Baca Juga  🤔5 Tips dari PVRA untuk Memulai Bisnis Sepatu Online

Dalam kebanyakan kasus, kamu sebaiknya menjalankan database di server fisik yang terpisah dari container Coreapp dan Webapp. 

Instalasi Klien WhatsApp API Business sendiri dapat dilakukan dengan 2 cara, diantaranya:

  • Penginstalan di lokasi: kamu dapat menyiapkan container Docker sendiri menggunakan panduan Penginstalan. WhatsApp menyarankan kamu untuk memulai Penyiapan Developer untuk mempelajari proses penyiapan dan pengiriman pesan.
    Solusi ini bisa digunakan di komputermu sebelum bermigrasi ke lingkungan produksi.
  • Amazon Web Services (AWS): Jika kamu menggunakan AWS atau menginginkan solusi yang lebih mandiri, lihat panduan AWS. Solusi AWS menyiapkan solusi API WhatsApp Business menyeluruh dengan cadangan, pemulihan, dan lain-lain.

Langkah 3: Pendaftaran

Apa Saja Kelebihan WhatsApp API Business Untuk Bisnis Online? - 2020

Setelah tadi kamu berhasil untuk menjalankan Klien WhatsApp API Business, kamu dapat mendaftarkan nomor telepon dengan mengirimkan panggilan API ke endpoint account atau dengan mengisi formulir pendaftaran di Pengaturan Bisnis Web.

Langkah 4: Perbarui Pengaturan

Apa Saja Kelebihan WhatsApp API Business Untuk Bisnis Online? - 2020

Di poin kali ini kamu dapat membuat perubahan pada Pengaturan Aplikasi setelah klien WhatsApp API Business berjalan. Tetapi kekurangannya adalah kamu tidak akan memiliki akses ke pengaturan-pengaturan profil Klien WhatsApp API Business milikmu sampai pendaftaran selesai.

Seperti halnya dengan proses pendaftaran, kamu dapat menggunakan panggilan API atau Pengaturan Bisnis Web untuk mengubah banyak pengaturan klien API WhatsApp Business.

  • Pengaturan Aplikasi menentukan cara kerja klien: pengaturan callback, Webhook, on-call pager, status terkirim, pengunduhan media, dsb. Catatan: kamu sangat direkomendasikan untuk menyiapkan URL Webhook untuk menerima notifikasi tentang pesan dan kesalahan yang masuk.
  • Pengaturan Profil Bisnis dan Pengaturan Profil mencakup informasi bisnis kamu, seperti alamat, email, situs web, industri, informasi tentang bisnis yang kamu kelola, serta foto profil.

Langkah 5: Mengirimkan Pesan Uji

Apa Saja Kelebihan WhatsApp API Business Untuk Bisnis Online? - 2020

Alat Bisnis Web memungkinkan kamu untuk nantinya mengirimkan empat jenis pesan uji: teks, template pesan, dokumen, atau media. Catatan: kamu harus memiliki template pesan yang disetujui dalam akun WhatsApp API Business kamu untuk menguji fungsionalitas itu.

Kamu juga dapat mengirimkan pesan uji menggunakan endpoint messages. Pertama, cek status nomor telepon yang kamu gunakan untuk pengujian. Nantinya kamu akan diwajibkan untuk mengirim akun WhatsApp kamu pesan dari nomor telepon pengujian untuk memungkinkan fitur ini berhasil dan bekerja dengan baik sesuai yang kamu inginkan. Nantinya akan memudahkanmu untuk dapat mengirimkan pesan jenis apapun dalam kurun waktu 24 jam.

Kemudian, kirimkan pesan teks ke nomor telepon pengujianmu. Jika pesan sampai, berarti penginstalan telah berhasil. Jika tidak sampai, periksa Webhook milikmu untuk membaca notifikasi yang mungkin akan memberi tahu kendala dan masalahnya.

Itulah beberapa hal yang dapat mimin sampaikan terkait WhatsApp API Business dari mulai manfaat, kelebihan, serta tutorial singkat untuk memulai bisnis kamu dengan WhatsApp API Business.

Semoga dapat berguna dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan mu serta meningkatkan performa bisnis onlinemu. Terima kasih sudah menyempatkan membaca, stay safe and stay healthy guys!

Semoga artikel ini membantu!

Credits : Aisya Damayanti Sumarno