7 Aplikasi Cloud Terbaik Untuk Penyimpanan Data Secara Gratis

476
Aplikasi Cloud Terbaik
8 min read

Di era serba digital seperti saat ini, banyak perusahaan telah bertransformasi dengan memanfaatkan kemajuan dan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi. Informasi dan data-data perusahaan tidak hanya berbentuk berkas-berkas, tetapi telah menjelma menjadi data digital yang tersimpan pada cloud.

Seiring semakin berkembangnya perusahaan, tentu saja data-data yang harus mereka simpan bertambah banyak. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk mengatasi keterbatasan perangkat penyimpanan yang dimiliki. Sehingga solusi yang mungkin harus ditempuh adalah menggunakan aplikasi cloud sebagai media penyimpanan.

Aplikasi cloud sendiri telah menjelma sebagai fenomena populer dan sedang diminati oleh perusahaan-perusahaan besar maupun menengah sebagai solusi bagi penyimpanan data mereka. Per tahun 2020 lalu, menurut Internasional Data Corporation, layanan berbasis cloud telah mencapai $2.9 miliar. Kenaikannya begitu tajam jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya.

Setelah membaca intermeso di atas mengenai teknologi cloud yang sedang tenar saat ini, apakah kalian ingin mengetahui lebih dalam tentang aplikasi cloud? Maka simak pada artikel berikut ini karena akan membahas mengenai apa itu cloud, fungsi dan manfaat aplikasi cloud, serta disajikan pula beberapa rekomendasi aplikasi cloud terbaik menyimpan data dan file kalian. Selamat membaca, ya!

Apa Itu Cloud?

apa itu cloud?
Cloud dapat digunakan oleh pengguna dengan beragam manfaat terbaiknya. (Sumber: iStock Photo)

Sebenarnya istilah “cloud” merupakan singkatan dari “cloud computing” atau “komputasi awan”. Cloud adalah sebuah layanan yang disediakan atau di-hosting pada internet agar dapat digunakan oleh banyak pihak untuk menyimpan, mengunduh, mengunggah, mengoperasikan, dan mengelola data mereka melalui internet.

Sebenarnya, layanan cloud yang dapat memfasilitasi kalian untuk menyimpan dan mengunggah data secara virtual bukan berarti mereka tidak memiliki infrastruktur seperti server. Tentu saja penyedia layanan cloud memiliki ribuan server fisik yang digunakan sebagai media penyimpanan.

Sehingga dapat disimpulkan pula bahwa cloud adalah sekumpulan server fisik dan pusat data yang berlokasi di suatu titik tertentu dan tersebar di seluruh belahan dunia dimana di dalam server-server tersebut tersimpan ribuan data dari pengguna layanan mereka.

Manfaat Aplikasi Cloud

Setelah membaca dan memahami pengertian dari cloud, tentu saja kalian telah memperoleh gambaran bukan mengenai fungsi dan manfaat dari cloud? Sederhananya, cloud memiliki dua fungsi, yaitu cloud penyimpanan data dan cloud penyimpanan file. Untuk penjelasan lebih detail, maka simak pada uraian di bawah ini.

Memudahkan Pengguna Untuk Bekerja Darimana Pun

Ketika sebuah perusahaan menggunakan aplikasi cloud untuk menyimpan semua data dan file perusahaan, maka ketika terdapat kondisi tertentu yang membuat para karyawan perusahaan tidak dapat datang ke kantor, hal tersebut bukanlah masalah. Karena karyawan tetap dapat bekerja secara fleksibel dimana pun dan kapan saja dengan mengakses dan mengunduh data dan file perusahaan yang tersimpan pada cloud.

Ketika masa pandemi seperti saat ini, banyak perusahaan yang beralih dan mengadaptasi budaya kerja WFH (Work From Home). Bayangkan apabila data dan file perusahaan hanya tersimpan pada komputer-komputer kantor, tentu saja akan menyusahkan karyawan karena mereka tetap harus bekerja dari kantor saat pandemi akibat tidak dapat mengakses data kantor hanya dari rumah.

Tidak Memerlukan Hardware Eksternal

aplikasi cloud beroperasi secara online
Cloud sendiri beroperasi secara online. (Sumber: iStock Photo)

Apabila kalian berlangganan layanan atau aplikasi cloud, maka kalian tidak perlu menyiapkan hardware atau harddisk sendiri. Karena aplikasi cloud beroperasi secara online, sehingga kalian hanya perlu menyiapkan koneksi internet yang kuat dan stabil untuk mengunggah data dan file yang ingin disimpan. Apabila memory dari aplikasi cloud sudah hampir habis, maka kalian tidak usah pusing karena aplikasi cloud dapat di-upgrade untuk menambah memory dari penyimpanan.

Menyediakan Fitur Backup

Fitur backup pada aplikasi cloud berguna untuk mempermudah proses pencadangan data tanpa merusak dan menghilangkan data yang asli. Fitur backup menggunakan storage virtual sehingga tidak memerlukan hardware fisik yang sulit untuk dipindahkan dan memenuhi ruangan.

Selain itu, fitur ini juga dilengkapi dengan anti-virus sehingga keamanan data kalian terjamin dan tidak akan mengalami kerusakan atau corrupt ketika proses backup berlangsung. Perusahaan kalian juga dapat melakukan penjadwalan backup secara berkala sehingga data-data penting dari perusahaan akan rutin ter-backup dan tersimpan dengan rapi.

Memiliki Keamanan Tingkat Tinggi

Aplikasi cloud dilengkapi dengan fitur security yang memiliki beberapa lapisan perlindungan mulai dari kontrol, prosedur, dan kebijakan. Sistem security ini akan melindungi privasi kalian serta akan melakukan autentikasi akses terhadap siapa pun yang hendak mengakses data dan file kalian. Sehingga hacker atau pihak yang tidak berkepentingan tidak akan dapat mengambil atau mencuri data kalian meskipun data tersebut tersimpan di internet.

Aplikasi-Aplikasi Cloud Terbaik Untuk Menyimpan Data dan File Penting

Berikut akan disajikan beberapa rekomendasi aplikasi berbasis cloud pilihan untuk menyimpan data dan file penting kalian dengan aman dan nyaman. Silakan disimak!

Dropbox

aplikasi cloud dropbox
Aplikasi cloud Dropbox

Aplikasi cloud satu ini pasti sudah sangat tak asing lagi bagi kalian. Dropbox telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan maupun individu sebagai pilihan terpercaya dalam penyimpanan file secara virtual. Mungkin ada pula yang masih belum mengetahui dropbox dan bertanya-tanya, apa itu dropbox? Dropbox adalah salah satu layanan berbasis cloud yang dapat digunakan untuk menyimpan data-data penting kalian secara virtual dan gratis. Dropbox dapat digunakan secara gratis dengan kapasitas penyimpanan maksimal 2GB.

Apabila kalian memiliki perusahaan atau organisasi dan ingin menyimpan file penting secara terkelola dan terintegrasi terhadap semua aspek pada perusahaan kalian, maka kalian dapat menggunakan layanan dropbox bisnis. Dropbox bisnis juga dilengkapi dengan fitur HelloSign yang memudahkan dalam mengirim dokumen untuk ditandatangani. Apabila kalian tertarik untuk menggunakan dropbox, kalian dapat menyimak terlebih dahulu artikel Exabytes mengenai cara menggunakan dropbox agar memiliki gambaran tentang penggunaannya.

Microsoft Azure

Aplikasi cloud Microsoft Azure
Aplikasi cloud Microsoft Azure

Microsoft Azure pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010. Saat ini Microsoft Azure memiliki versi gratis dengan layanan yang lengkap, mulai dari size penyimpanan yang besar, proses migrasi data yang sangat cepat, hingga tingkat keamanan dan privasi data yang terjamin. Namun bagi kalian yang menginginkan fitur yang lebih profesional dan lengkap, dapat berlangganan dengan harga yang cukup bersahabat.

Microsoft Azure juga menawarkan layanan “Pay as you go” di mana biaya yang akan kalian keluarkan akan dihitung berdasarkan size penyimpanan dan fitur yang digunakan. Sehingga kalian tidak perlu khawatir harus merogoh kocek secara dalam ketika hanya ingin menyimpan data tanpa menggunakan fitur tambahan lainnya.

OneDrive

Aplikasi cloud OneDrive
Aplikasi cloud OneDrive

Kalian pengguna operating system Windows? Maka aplikasi cloud OneDrive dapat menjadi pilihan yang tepat. Terutama bagi pengguna Windows 10, aplikasi OneDrive akan secara otomatis ter-install pada laptop kalian. Sehingga kalian tidak perlu mengunduh atau menggunakan aplikasi cloud lainnya untuk menyimpan data secara virtual. 

Amazon Web Services

Aplikasi cloud AWS
Aplikasi cloud AWS

Amazon Web Services (AWS) adalah aplikasi berbasis cloud untuk menyimpan data-data kalian terutama bagi pemilik bisnis yang menggunakan layanan website untuk bisnis mereka. AWS juga menawarkan layanan IaaS (Infrastructure as a Service) dan PaaS (Platform as a Service). 

Selain itu, AWS juga dilengkapi dengan berbagai layanan, seperti Elastic Cloud Compute (EC2), Elastic Beanstalk, Simple Storage Service (S3), dan Relational Database Service (RDS). AWS menawarkan pula layanan cloud gratis selama 12 bulan untuk masa trial. Setelah masa trial 12 bulan tersebut habis, maka kalian dapat memilih melanjutkan menggunakan AWS secara berbayar atau membatalkan penggunaannya.

Google Cloud

Aplikasi cloud Google Cloud
Aplikasi cloud Google Cloud

Google Cloud menawarkan penggunanya sebuah aplikasi virtual berbasis cloud sebagai media penyimpanan data dan file penting. Google Cloud juga memiliki layanan IaaS (Infrastructure as a Service) dan PaaS (Platform as a Service). Google Cloud dilengkapi dengan teknologi canggih serta mutakhir seperti Big Query, App Engine, dan Container Engine.

Dengan teknologi yang canggih, Google Cloud dapat memastikan kinerja dan pengelolaan data kalian aman dan terpercaya. Jangan khawatir, Google Cloud juga dapat digunakan secara gratis, loh!

Mega

Aplikasi cloud Mega
Aplikasi cloud Mega

Aplikasi cloud satu ini cukup terkenal. Mega merupakan aplikasi cloud berbasis website dengan URL mega.io. Mega cukup dikenal karena tersedia secara gratis dengan space penyimpanan yang sangat besar yaitu 20GB. Dengan ruang penyimpanan sebesar itu, kalian dapat mengunggah berbagai data dan berkas penting ke Mega.

Tresorit

Aplikasi cloud Tresorit
Aplikasi cloud Tresorit

Andalan dari aplikasi cloud Tresorit adalah tingkat keamanannya yang cukup canggih. Dilengkapi dengan sistem enkripsi yang sulit ditembus serta kriptografi yang mutakhir membuat kalian tidak perlu cemas akan pencurian data jika menggunakan aplikasi ini.

Pentingkah Menggunakan Aplikasi Cloud untuk Menyimpan Data?

Sebelumnya kamu mengetahui tujuh pilihan aplikasi cloud terbaik dan terpopuler yang dapat dicoba. Namun sebelum menggunakannya, pastikan bahwa kalian benar-benar memahami cara penggunaannya dan fitur apa saja yang tersedia. Apabila penggunaannya hanya untuk pribadi, kalian dapat memilih aplikasi cloud yang tersedia secara gratis.

Namun apabila kalian memiliki bisnis atau perusahaan, tentunya akan lebih aman dan profesional jika menggunakan aplikasi cloud berbayar yang menawarkan layanan serta keamanan tingkat tinggi. Dan tentu saja aplikasi cloud sangat dibutuhkan saat ini bagi siapa pun. Karena di era digital seperti sekarang, tidak mungkin seorang individu tidak memiliki data dan file-file penting dalam bentuk digital yang perlu untuk disimpan secara aman.

Tentunya dengan menggunakan aplikasi cloud, kalian dapat menghemat memori pada perangkat komputer dan smartphone. Serta menghindarkan data dan berkas penting tersebut dicuri atau digandakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Berbicara mengenai keamanan data, kalian dapat pula menambah tingkat keamanan dengan menggunakan VPS (Virtual Private Server).  VPS bisa digunakan sebagai server pribadi untuk melindungi sistem dan jaringan dari hacking atau pencurian data. Tenang saja karena Exabytes menyediakan layanan VPS terbaik murah yang sangat ramah di kantong namun bermanfaat bagi kelangsungan bisnis kalian.

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai aplikasi cloud. Semoga bermanfaat, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website, marketing, atau mengenai dunia digital, maka dapat mengunjungi blog Exabytes, ya! Dan jangan lupa subscribe agar tak ketinggalan konten artikel terbarunya.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments