Cara Membuat Website Toko Online Sendiri

0
139

Di era sekarang bisnis tidak hanya dilakukan dengan membuka toko secara fisik saja. Bahkan sampai hari ini sudah ada banyak toko online yang telah beredar dan melayani ribuan customer dengan produk yang bervariasi.

Tak cukup sampai disitu, bahkan kini semua orang mencari cara membuat website toko online untuk memulai bisnis mereka secara digital. Hal ini tidak terlepas dari semakin meningkatnya aktivitas di dunia maya melalui perantara internet.

Selain jangkauan yang lebih luas, salah satu alasan utama orang – orang membuat toko online sendiri adalah karena biayanya yang relatif lebih murah. Sebab pemilik bisnis tidak harus menyewa ruko untuk membuka toko mereka.

Bukan hanya itu, biaya operasional yang harus dikeluarkan pun terbilang sangat terjangkau baik itu biaya marketing, hosting dan domain, dan lain sebagainya. Sebagian besar sumber daya yang dimiliki bisa difokuskan pada produk bisnis yang ingin dijual.

Secara teknis, mengelola website toko online milik pribadi tidaklah sesulit yang dibayangkan. Selain lebih efisien, pemilik bisnis hanya perlu mempersiapkan semuanya secara keseluruhan di awal saja baik mempersiapkan website hingga memposting produk.

Menariknya seiring dengan perkembangannya, kini para pemilik bisnis bisa membuat website toko online tanpa harus menyewa jasa pengembang website. Sebab kini ada berbagai platform yang sudah menyediakan fasilitas untuk membuat toko online dengan mudah.

Ini dapat membantu pemilik bisnis menekan biaya dalam memulai bisnis online. Sebab saat menyewa jasa desainer atau developer website profesional, pemilik bisnis akan membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Sementara itu saat membuat website toko online sendiri, pemilik bisnis dapat membuatnya sesuai dengan keinginan. Semuanya bisa dibuat sesuai selera baik dari segi tampilan hingga elemen – elemen yang ingin ditambahkan.

Meskipun bukan profesional, pemilik bisnis bisa membuat website toko online secara profesional. Bahkan cara – cara di bawah ini juga sering digunakan oleh para pengembang website profesional untuk mengembangkan toko online.

Cara Membuat Website Toko Online Sendiri dengan Mudah

Pada artikel kali ini, pemilik bisnis dapat mengikuti cara membuat website toko online secara mandiri dengan cara yang paling mudah. Bahkan Pemilik bisnis bisa melakukannya tanpa bantuan dari orang lain. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah – langkah berikut ini.

Hal – Hal yang Harus Dipersiapkan

Sebelum memulai untuk membuat website toko online, pemilik bisnis perlu mempersiapkan beberapa hal penting. Hal ini sangat umum dilakukan selayaknya sedang membuat website atau blog.

Sebagai sebuah bisnis, pemilik perlu memikirkan nama brand yang nantinya akan menjadi identitas. Agar dapat memikat, buat nama bisnis yang mudah melekat di telinga audiens. Ini merupakan hal mendasar yang harus dilakukan.

Karena akan membuat website toko online, maka hal selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah nama domain. Jika memungkinkan, pemilik bisnis bisa menggunakan nama brand sebagai domain toko online. Sebisa mungkin untuk menggunakan domain yang relevan dengan nama brand atau produk yang dijual.

Selain domain, tentu pemilik bisnis juga akan membutuhkan hosting untuk menyimpan berbagai data website. Hosting bisa didapatkan bersamaan dengan domain pada penyedia layanan yang telah terpercaya.

Setelah itu, pemilik bisnis juga perlu menentukan Content Management System (CMS) yang tepat. Sebab jika salah memilih CMS, bisa jadi kedepanya pemilik bisnis akan kesulitan saat mengoperasikan atau mengatasi masalah yang ada.

Untuk menentukan CMS yang tepat tidaklah sulit. Sebab pemilik bisnis hanya perlu menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Namun jika masih awam, pemilik bisnis bisa menggunakan WordPress sebagai platform untuk membuat website toko online.

Langkah – Langkah Membuat Website Toko Online dengan Mudah

Jika semua persiapan telah dilakukan, maka pemilik bisnis bisa mengikuti langkah – langkah cara membuat website toko online sendiri berikut ini.

Langkah 1: Silahkan instal CMS WordPress terlebih dahulu. Baik melalui hosting cPanel maupun member area registrar. Buat username dan password yang mudah diingat. Lakukan konfigurasi mulai dari memberi nama website dengan toko online, deskripsi, dan lain sebagainya.

Pemilik website dapat menyesuaikan tautan permalinks agar website toko online terlihat lebih elegan dan profesional.

cara membuat website toko online

Langkah 2: Instal Plugin WooCommerce. Plugin ini populer digunakan untuk membuat website toko online. Menariknya ini bisa digunakan secara gratis.

Di bagian dashboard, silahkan pilih Plugins dan klik Add New. Setelah itu cari plugin WooCommerce di fitur pencarian. Setelah itu klik instal.

cara membuat website toko online

Langkah 3: Setelah itu lakukan setup dengan menuliskan informasi yang diminta. Jika sudah, silahkan ikuti semua langkah – langkahnya sesuai dengan arahan yang diberikan.

cara membuat website toko online

Langkah 4: Agar website toko online bisa memiliki fitur tambahan, pemilik website bisa mengkonfigurasi pada bagian tab products dan shipping pada WooCommerce. Di sana pemilik bisnis bisa menambahkan hal – hal mengenai produk mulai dari ukuran barang, stok, hingga ulasan.

Sedangkan di tab Shipping pemilik bisnis bisa menambahkan fitur perhitungan ongkir. Semua tab menu pada WooCommerce bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Langkah 5: Desain website toko online sesuai dengan keinginan. Pada langkah ini pemilik bisnis dapat menggunakan tampilan yang telah direkomendasikan oleh WooCommerce seperti ThemeForest dan beberapa pilihan lainnya.

Untuk mengganti tema website toko online, silahkan masuk ke menu Appearance dan pilih Themes. Pilih Add New lalu ketikkan tema yang ingin digunakan. Setelah itu klik instal. Jika tema sudah diinstal, maka pemilik bisnis sudah bisa menyesuaikan website toko online mulai dari fitur hingga memposting produk.

Tambahan, Jika template yang direkomendasikan tidak sesuai, pemilik bisnis dapat menyesuaikan atau menggunakan tema website toko online sesuai dengan keinginan.

Langkah 6: Silahkan posting produk dengan masuk ke menu Products pada Dashboard WordPress. Setelah itu klik Add New. Silahkan sesuaikan dengan produk yang ingin dijual melalui website toko online mulai dari foto produk, deskripsi produk, hingga harga produk.

Dalam menambahkan foto produk, sebaiknya pemilik bisnis memilih foto yang memiliki kualitas baik. Hal ini agar calon pembeli bisa mengidentifikasi secara jelas mengenai produk yang dijual.

cara membuat website toko online

Untuk melakukan pengisian terkait detail produk, pemilik bisnis dapat melakukan scroll ke bagian bawah. Nantinya di sana akan ada tab General yang berisikan informasi umum terkait produk seperti Regular Price, Sale Price, Tax Status, Tax Class.

Pada menu ini pemilik bisnis bisa menambahkan berbagai informasi untuk kebutuhan penjualan produk di website toko online mulai dari stok barang hingga mempromosikan produk lain yang ingin dijual.

Pada tab Product tersebut, pemilik bisnis dapat mempelajari lebih dalam semua fitur toko online yang ada mulai dari General, Inventory, Shipping, dan masih banyak lagi. Ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan website toko online yang ingin dikelola.

Hal – Hal yang Harus Diperhatikan

pengaruh hosting bagi seo

Setelah mengikuti cara membuat website toko online diatas, kini website bisa mulai dikelola dengan menambahkan dan menjual berbagai produk. Akan tetapi hal ini tidak sepenuhnya siap. Sebab masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendongkrak performa website toko online.

Pertama adalah tentang tampilan website toko online. Dalam mendesain tampilan, sebaiknya pilih tema yang tidak menyulitkan para pengunjung nantinya. Hal ini mencakup tentang fitur dan tata letak. Sebab semakin mudah pengunjung memahami website, maka semakin baik pula performa toko online.

Selain itu, perhatikan juga agar tema yang dipilih tidak mempengaruhi kecepatan loading pada website toko online. Sebab hal ini akan berdampak buruk terhadap pengalaman pengguna. Tentu tingkat konversi juga akan menurun.

Di bagian pengaturan, pastikan pemilik bisnis untuk menambahkan semua detail informasi mengenai produk yang dijual seperti yang telah dijelaskan pada cara membuat website toko online di atas.

Hal ini dapat berupa informasi mengenai deskripsi produk, harga, biaya penanganan, cara pemesanan, hingga metode pembayaran. Sebab ini akan sangat membantu pengguna dalam bertransaksi melalui website toko online.

Untuk mendongkrak performa dan penjualan produk melalui website toko online, pemilik bisnis juga perlu melakukan promosi di berbagai channel marketing seperti Sosial Media. Optimalkan website toko online dengan teknik SEO agar visibilitas di mesin pencarian meningkat.

Pemilik bisnis juga perlu untuk melakukan analisa dan evaluasi terkait performa website toko online dan meningkatkan strategi pemasaran agar penjualan produk semakin meningkat.

Yuk Membuat Toko Online Anda Sendiri!

Membuat website toko online sendiri memiliki banyak keuntungan dan menjadi pilihan populer di era digital. Salah satu alasan utamanya adalah biaya yang relatif lebih murah dibandingkan membuka toko fisik. Selain itu, jangkauan pasar yang lebih luas dan biaya operasional yang lebih rendah membuat toko online menjadi solusi efektif untuk bisnis.

Mengelola website toko online tidaklah sulit, terutama dengan adanya platform seperti WordPress dan plugin WooCommerce yang memudahkan proses pembuatan dan pengelolaan toko online. Pemilik bisnis dapat membuat dan menyesuaikan toko online sesuai keinginan, dari tampilan hingga elemen fungsional, tanpa perlu menyewa jasa pengembang profesional.

Langkah-langkah Utama dalam Membuat Website Toko Online:

  1. Persiapan: Memilih nama brand, domain, dan hosting.
  2. Instalasi CMS: Menginstal WordPress dan plugin WooCommerce.
  3. Setup Produk: Menambahkan informasi produk, konfigurasi pengiriman, dan fitur tambahan.
  4. Desain Website: Memilih dan menyesuaikan tema yang sesuai.
  5. Posting Produk: Mengunggah foto produk, deskripsi, harga, dan detail lainnya.

Faktor-Faktor yang Perlu Diperhatikan:

  • Desain yang user-friendly dan kecepatan loading yang optimal agar pengunjung nyaman.
  • Menambahkan informasi produk secara lengkap.
  • Promosi melalui berbagai channel marketing, termasuk media sosial dan teknik SEO.
  • Analisa dan evaluasi berkala terhadap performa website serta strategi pemasaran.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat dan memperhatikan detail penting, pemilik bisnis dapat dengan mudah membuat dan mengelola website toko online yang profesional dan efektif. Memulai bisnis online dengan website toko sendiri kini lebih mudah dan terjangkau, memberikan kesempatan untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan produk.

Untuk membantu Anda memulai, Exabytes menawarkan promo Exavaganza khusus. Dengan setiap pembelian hosting dan domain, Anda tidak hanya mendapatkan layanan terbaik untuk website Anda, tetapi juga berkesempatan memenangkan Wuling AirEV! 

Manfaatkan kesempatan ini untuk mempercepat pertumbuhan bisnis Anda dan raih peluang menarik ini sekarang juga.

Cara Membuat Website Toko Online Sendiri - 2024