Membangun Website Profesional Dalam Waktu Singkat: Tips dan Trik

0
994

Dapatkan tips dan trik untuk membangun website profesional dalam waktu singkat. Pelajari strategi efektif untuk menciptakan tampilan yang menarik dan fungsional.

Apakah Anda ingin membangun sebuah website? Lantas, apa tujuan website tersebut? Apapun itu, website harus tampak profesional untuk menarik pengunjung. Dalam hal ini, Anda bisa mengikuti berbagai petunjuk untuk membangun website profesional dalam waktu singkat. 

Bagaimana, sih, kriteria website profesional? Langsung saja simak penjelasan berikut! Setelah itu, Anda bisa mengikuti tips membangun website profesional yang akan dijabarkan di point selanjutnya. 

Mengenal Website Profesional Secara Global

membangun website profesional dalam waktu singkat

Website profesional memungkinkan target audience merasa nyaman dan betah saat berkunjung. Tentunya, ini ikut mempengaruhi citra web tersebut. 

Secara umum, karakter website profesional terletak di tampilan dan konten, yaitu:

Tampilan sederhana dan bermakna

twentytwenty Tema
twentytwenty Tema

Maksudnya adalah meskipun desain sederhana, website tetap mampu memenuhi kebutuhan SEO. Misalnya, loading time sudah dioptimasi, tema web sesuai niche, navigasi mudah dan sebagainya. 

Optimasi HP dan PC

Pastikan web yang Anda buat sangat support baik PC maupun HP. Seperti yang kita ketahui, pengguna internet terdiri dari berbagai kalangan. Pengunjung tidak hanya mengakses internet melalui PC. Bahkan, kebanyakan dari mereka memanfaatkan HP untuk mengakses apapun. 

Konten SEO

Sebuah website bisa dikatakan profesional apabila konten yang dimuat juga memenuhi standar profesional. Maksudnya adalah konten harus SEO agar kinerja web ikut optimal. Sehingga, pengunjung akan mudah menemukan website tersebut di setiap pencarian. 

Latas, bagaimana cara membuat konten SEO? Tentunya, ada tips dan trik tersendiri. Hal ini akan dijelaskan di poin berikutnya. 

Tips Membangun Website Profesional dalam Waktu Singkat

tips membuat judul konten yang menarik

Anda sudah mengenal apa itu website profesional. Maka, selanjutnya adalah memasuki tahap membangun website profesional dalam waktu singkat. Berikut tipsnya:

Menentukan Jenis dan Tujuan Membuat Website Profesional

Tujuan menjadi penentu langkah selanjutnya dalam membangun website. Sederhananya, Anda harus bisa menjawab dua pertanyaan umum, yaitu apa dan mengapa. 

  1. Apa; maksudnya adalah apa yang hendak Anda share di website, apakah berupa produk, pengalaman (tulisan), atau keperluan e-commerce. Ini berkaitan erat dengan tema web. 
  2. Mengapa; maksudnya adalah mengapa Anda membuat website. Dalam artian, hal itu berhubungan dengan fungsi dan tujuan website Anda. 

Berdasarkan tujuannya, ada beberapa jenis web. Di antaranya adalah:

  1. Blog, merupakan website pribadi untuk berbagi informasi, pengalaman, inspirasi, dan lainnya. 
  2. Website toko online, merupakan business web yang berfungsi untuk menjembatani aktivitas jual beli tanpa harus bertatap muka. Jadi, pemilik website bisa mempromosikan produk, sedangkan pengunjung bisa memilih dan membeli produk. 
  3. Website berita, merupakan situs untuk berbagi berita atau informasi-informasi hangat berdasarkan sumber yang akurat. 
  4. Website edukasi, merupakan situs untuk berbagi pengetahuan di bidang tertentu. Di website jenis ini, pengelola bisa menyediakan kursus online, pelatihan, dan lainnya. 
  5. Portofolio, merupakan website yang bermanfaat bagi freelancer untuk menjangkau lebih banyak klien. 

Dua poin di atas (jenis dan tujuan website) akan membantu Anda untuk menentukan target pengunjung. Jika Anda sudah yakin dengan keputusan akan jenis/tujuan web, Anda bisa beralih ke langkah-langkah berikutnya. 

Mengamati Target

Langkah selanjutnya untuk membangun website profesional dalam waktu singkat adalah mengamati target. Target yang dimaksud yakni para pesaing web sejenis, perilaku pengunjung, dan juga tren pasar. 

Apa manfaatnya dari langkah tersebut? Tentu saja, Anda bisa menganalisis perbandingan antara manfaat dan kerugian dari jenis web yang Anda tentukan. Jika sudah demikian, Anda bisa memutuskan langkah selanjutnya, apakah tetap jalan atau beralih ke niche lain. 

Menentukan Platform Web

Dulu, kita harus mahir coding (CSS, HTML, dll) sebelum membuat website. Itulah yang menyebabkan semua orang berpendapat bahwa pembuatan web sangat sulit. Dalam pandangan mereka, hanya desainer profesional yang mampu melakukannya. 

Namun, itu tidak berlaku untuk saat ini, tepatnya sejak tahun 2018. Semua orang bisa membangun website profesional meskipun tidak mempunyai ilmu coding. Bahkan, waktu yang dibutuhkan juga sangat singkat. 

Ini semua karena adanya platform website. Platform website merupakan software yang membuat mengelola kode. Jadi, Anda tinggal membuat dan mengelola web melalui platform tersebut. 

Anda bisa mengatur desain web, tema, tata letak, dan sebagainya. Bahkan, Anda bisa mempublikasikan konten dengan mudah. 

Platform website yang beredar sangat beragam. Anda harus cerdas dalam memilihnya. Pastikan platform tersebut sesuai dengan jenis web Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan menemui kendala di kemudian hari. 

Menentukan Tampilan Website

Selanjutnya adalah menentukan tampilan situs web. Poin ini sangat menonjol selama proses membangun website profesional dalam waktu singkat. 

Tampilan web ikut mempengaruhi traffic pengunjung. Kebanyakan, pengunjung akan betah dan mampir lagi di lain waktu ketika tampilan suatu web bagus. 

Namun, bagus saja tidak cukup. Anda harus memilih desain template yang responsif dan SEO friendly. 

Pastikan desain web tidak membuat loading speed terhambat. Selanjutnya, pastikan template tersebut juga mendukung laman web untuk berada di rank atas di mesin pencarian. 

Selain itu, aliran navigasi suatu web juga harus jelas dan terstruktur. Dengan begitu, pengunjung tidak bingung saat hendak melakukan pencarian informasi di situs tersebut. Yang pasti, desain web dari segi apapun harus sesuai dengan kebutuhan (tujuan web). 

Atur Fitur Website

Fitur yang dimaksud ini masih berkaitan erat dengan desain website. Anda bisa menambahkan dan mengatur fitur yang sesuai dengan website Anda. Di antaranya adalah mengatur halaman, tema/warna, gambar, dan sebagainya. 

Jika fitur sudah tertata dengan baik, Anda bisa melakukan step selanjutnya. Anda bisa publish atau update website Anda. 

Mengembangkan Website

Setelah mempublikasikan website, tahap selanjutnya adalah mengembangkan web. Dalam hal ini, Anda harus meninjau ulang web Anda. Pastikan, tampilan, fitur, loading speed, dan sebagainya sudah sesuai. 

Jika semua sudah siap, Anda bisa mulai mengelola dan mengembangkannya. Salah satu caranya adalah mengisinya dengan konten sesuai jenis web. 

Mengoptimasi Konten

Optimasi tidak hanya berlaku untuk website secara umum. Faktanya, Anda tetap harus mengoptimasi konten untuk mendukung kinerja website. 

Ingat, Anda membuat website yang ditujukan untuk orang-orang atau pengunjung. Maka, Anda harus memastikan bahwa website Anda muncul setiap kali pengunjung mengetikkan informasi di search engine. 

Dalam hal ini, konten harus memenuhi kriteria SEO. Lantas, bagaimana caranya? Di antaranya adalah:

  1. Judul mengandung keyword
  2. Konten mengandung keyword
  3. Sub heading mengandung keyword
  4. Gambar relevan dengan topik
  5. Menyisipkan internal link
  6. Mengandung meta deskripsi
  7. Readability

Melibatkan pengunjung

Website dibuat agar dikunjungi target audience. Itu artinya, Anda harus mengupayakan agar website tidak sepi pengunjung. Poin utamanya di sini adalah konten website. 

Setelah membuat konten, Anda bisa segera mempublikasikannya. Pastikan konten tersebut sudah SEO friendly. Ini akan memudahkan konten Anda selalu muncul di laman pencarian. 

Pengunjung akan betah jika pemilik responsif sebagaimana websitenya. Dalam artian, Anda tetap harus menjaga komunikasi. Misalnya, ketika pengunjung berkomentar, usahakan untuk membalasnya. 

Website Profesional adalah Kunci untuk Kesuksesan Bisnis Secara Online

Membangun website profesional dalam waktu singkat adalah tujuan banyak orang yang ingin memiliki kehadiran online yang menarik. Untuk mencapai hal ini, ada beberapa kriteria penting yang perlu diperhatikan. 

Pertama, tampilan website harus sederhana namun bermakna, fokus pada kecepatan loading, tema yang sesuai, dan navigasi yang mudah. Selanjutnya, optimasi untuk perangkat mobile dan desktop harus diprioritaskan, mengingat mayoritas pengguna internet mengakses melalui ponsel. 

Konten yang dioptimasi untuk SEO juga menjadi kunci, memastikan website mudah ditemukan dalam pencarian.

Dalam membangun website profesional, beberapa tips dan trik dapat digunakan. Pertama, menentukan jenis dan tujuan website dengan jelas, seperti blog, toko online, berita, edukasi, atau portofolio. Hal ini membantu menentukan target pengunjung dan fokus konten. 

Selanjutnya, mengamati pesaing, perilaku pengunjung, dan tren pasar membantu dalam analisis keputusan dan penentuan langkah selanjutnya. Memilih platform website yang sesuai dengan jenis web yang diinginkan menjadi penting, karena platform tersebut mempermudah proses pembuatan dan pengelolaan website tanpa perlu pengetahuan coding yang mendalam. 

Menentukan tampilan website yang responsif dan SEO friendly juga menjadi kunci untuk menarik pengunjung. Fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan website dapat ditambahkan dan diatur dengan baik. 

Dengan menerapkan tips dan trik di atas, Anda dapat membangun website profesional dalam waktu singkat dan menghadirkan pengalaman yang seru dalam mengelola website Anda.

Oh iya! agar website bisa menjadi lebih optimal, pertimbangkan untuk menggunakan layanan web hosting dari Exabytes Indonesia, penyedia hosting Indonesia terkemuka.

Exabytes Indonesia telah mendapatkan sertifikat ISO 27001 yang menandakan komitmen mereka terhadap keamanan dan kerahasiaan data pelanggan. Dengan memilih Exabytes Indonesia sebagai mitra hosting Anda, Anda dapat menikmati layanan yang handal, kecepatan akses yang tinggi dan perlindungan data yang terjamin. 

Selamat mencoba!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments