10 Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Website

0
140

Website sangat penting untuk memberikan informasi kepada publik. Namun apa jadinya jika informasi yang dimuat tidak segera muncul. Jika hal ini terjadi, maka pemilik website perlu mencari faktor – faktor yang mempengaruhi kecepatan akses website.

Setiap pemilik website pasti pernah mengalami permasalahan pada kecepatan loading. Jika akses mulai melambat, tentu akan sangat tidak nyaman dipandang. Bahkan dapat menurunkan kualitas website itu sendiri. 

Oleh sebab itu, sebisa mungkin pemilik website harus melakukan maintenance terhadap kecepatan akses. Sebab hal ini akan sangat berpengaruh terhadap pengalaman pengguna yang notabenenya merupakan target lalu lintas.

Perlu diketahui bahwa kecepatan akses website juga akan mempengaruhi level SEO suatu website. Semakin cepat dan responsif website dalam memuat berbagai konten, maka akan semakin baik pula SEO pada website.

Mesin pencarian seperti Google juga sangat memperhatikan kecepatan sebuah website. Google menggunakan kecepatan website sebagai salah satu indikator untuk menentukan ranking website pada SERP.  Hal itu karena mereka sangat memperhatikan pengalaman pengguna.

Tak hanya itu, jika website tidak memiliki kecepatan loading yang cepat dan responsif, maka persentase pengguna untuk meninggalkan halaman website akan semakin besar. Pengguna akan memilih untuk mendapatkan informasi dari website lain.

Tentu ini akan berdampak sangat signifikan terhadap performa website. Terlebih jika website Anda digunakan untuk menjual berbagai produk bisnis. Tingkat konversi pada website juga akan menurun jika kecepatan website lambat.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan akses website mulai menurun. Berikut adalah faktor – faktornya.

10 Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Website

faktor yang mempengaruhi kecepatan akses website

Jika Anda ingin membuat website, perhatikan 10 faktor yang bisa mempengaruhi kecepatan website. Kecepatan website ini penting untuk mendukung tujuan bisnis Anda secara online. Berikut 10 faktor yang mempengaruhi kecepatan website:

Server Hosting

Server hosting adalah faktor utama yang mempengaruhi kecepatan akses pada website. Sebab semua data akan tersimpan didalamnya. Selain itu server hosting juga yang akan bertugas untuk merespon semua permintaan data dari lalu lintas yang masuk.

Sebisa mungkin pemilik website memilih server hosting yang memiliki performa baik dengan kecepatan akses yang responsif. Pilih server hosting dari registrar yang telah terpercaya sesuai dengan kebutuhan website. Pastikan server hosting dapat menangani traffic website dengan baik.

Tema yang Berat

10 Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Website - 2024

Tema website yang berat juga menjadi faktor yang mempengaruhi kecepatan akses website. Sebaiknya pemilik website mempertimbangkan dan memilih tema website yang lebih ringan dan responsif.

Tampilan website yang menarik seringkali membuat pemilik website terlena dan tidak memperhatikan struktur yang ada di dalamnya. Bahkan hingga mengabaikan performa dan kecepatan website.

Untuk menjaga agar website responsif, sebaiknya pilih tema yang tidak berat dan tidak memuat struktur kode yang banyak. Semakin sederhana tampilan website, maka semakin cepat pula kecepatan loadingnya.

Penggunaan Plugin

redirect domain lama ke domain baru

Beberapa Content Management System (CMS) kini telah memfasilitasi penggunanya dengan berbagai pilihan plugin baik untuk mempercantik maupun meningkatkan keamanan website. Namun jika dilakukan secara berlebihan, akan berdampak buruk untuk website.

Mulai saat ini pemilik website harus mengurangi penggunaan plugin yang tidak penting. Sebab apabila berlebihan akan berpengaruh terhadap kecepatan akses website.

Cukup instal dan gunakan plugin yang dirasa penting saja. Sebab apabila plugin yang diinstal terlalu banyak, maka sumber daya yang dibutuhkan juga akan semakin banyak. Sehingga kecepatan akses website akan melambat.

Batasi Tayangan Iklan

Umumnya pemasangan iklan bertujuan untuk meningkatkan monetisasi atau penghasilan pada website. Beberapa website atau blog yang telah dimonetisasi pasti akan menyematkan iklan baik pada homepage maupun halaman artikel.

Namun perlu diperhatikan, jika ingin menjaga agar website tetap memiliki performa yang baik dengan kecepatan akses responsif, pemilik website perlu membatasi penayangan iklan di setiap halaman website. Sebab jika iklan yang dipasang terlalu banyak, maka kecepatan website bisa jadi akan melambat.

Selain itu, setiap iklan yang dipasang akan mempengaruhi jumlah permintaan pada HTTP. Semakin banyak permintaan atau bahkan melebihi dari kapasitas permintaan yang bisa direspon, maka performa website akan memburuk.

Membatasi iklan juga dilakukan untuk menjaga agar pengguna tidak merasa terganggu ketika mencari informasi di dalam website. 

Pengelolaan Cache

Fungsi cache memory adalah
Cache memory memiliki berbagai fungsi yang akan memudahkan pengguna dalam mendapatkan data yang diperlukan. (Sumber: shutterstock)

Cache merupakan suatu data penyimpanan sementara yang membuat halaman website dapat diakses lebih cepat. Proses caching dilakukan agar dapat meminimalisir penggunaan bandwidth.

Sayangnya tidak semua pemilik website melakukan pengelolaan pada website mereka. Pengelolaan cache yang baik dapat meningkatkan kecepatan akses website dengan sangat signifikan. Hal itu karena pengakses tidak perlu memproses ulang sumber daya dari awal untuk mengakses website yang diinginkan.

Untuk memaksimalkan performa website saat diakses, sebaiknya pemilik mencoba untuk memasang plugin cache pada CMS yang digunakan.

Penggunaan Content Delivery Network

Setiap pemilik website pasti menginginkan loading website yang cepat. Bahkan jika memungkinkan, semua informasi atau konten yang ada pada website bisa dimuat secara instan sehingga pengguna tidak perlu menunggu waktu yang lama.

Hal itu bisa dilakukan dengan cara menggunakan Content Delivery Network (CDN). CDN merupakan faktor yang mempengaruhi kecepatan akses website secara signifikan.

CDN akan memangkas lokasi geografis antara server hosting dengan lokasi pengguna untuk tetap bisa mengakses semua informasi pada website dengan cepat. CDN membantu proses distribusi konten melalui server global yang terdekat dengan lokasi pengguna sehingga kecepatan akan menjadi lebih cepat.

Konten Flash Terlalu Banyak

10 Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Website - 2024
Microsite development abstract concept vector illustration. Microsite web development, small internet site, graphic design service, landing page, software programming team abstract metaphor.

Konten flash seperti video atau animasi juga dapat mempengaruhi kecepatan akses website. Sebab konten – konten ini akan menguras resource lebih banyak yang nantinya akan membuat server semakin berat.

Meskipun dapat mempercantik website, namun konten flash sangat rawan mengganggu kecepatan muat website. Terlebih jika digunakan secara berlebihan. Ditambah lagi konten flash cenderung tidak aman dan dapat membuat website menjadi kurang stabil.

Ukuran Gambar

Pemilik website juga perlu memperhatikan kualitas dan ukuran gambar untuk memberikan media penunjang agar pengguna bisa memahami seluruh informasi yang ada.

Namun dalam menambahkan gambar, pemilik website tidak bisa menambahkan begitu saja. Sebab jika ukurannya terlalu besar, kecepatan muat website akan menjadi lebih berat dan lambat.

Agar gambar tetap bisa diupload dan tidak mengganggu loading halaman website, sebaiknya optimasi gambar terlebih dahulu. Ini akan membantu mengurangi beban server dalam memuat gambar atau media lain.

Kontrol dan Blokir Unsur – Unsur Berbau Spam

Jenis email spam
Kenali berbagai jenis email spam yang berisiko membahayakan data dan perangkat. (Sumber: pixabay)

Meskipun jarang ditemui pada website – website statis, namun ada baiknya jika pemilik website tetap mengontrol hal – hal yang berpotensi spam pada website atau server. Hal ini akan membantu menjaga kestabilan website.

Umumnya spam akan menargetkan email atau kolom komentar pada halaman website. Jika spam dibiarkan, maka akan mengganggu kenyamanan pengguna lainnya.

Selain itu, spam juga dapat menurunkan kualitas SEO website. Ini juga akan berdampak buruk pada kredibilitas yang dimiliki website. Untuk itu, segera antisipasi spam atau hal – hal yang membuat server website down.

Koneksi Internet

Faktor yang mempengaruhi kecepatan akses website berikutnya adalah koneksi internet. Ini merupakan faktor eksternal yang juga harus diperhatikan sebelum mengakses website tertentu.

Meskipun website telah didesain dengan kecepatan yang optimal dan responsif, jika koneksi internet yang digunakan pengguna tidak stabil maka semua informasi dan konten tidak akan dimuat dengan cepat.

Terlebih jika target lalu lintas website menyasar pengguna yang berasa dari daerah dengan konektivitas internet yang lambat. Besar kemungkinan tingkat bounce rate pada website juga akan meningkat.

Mengembangkan Website dengan Memperhatikan Performa Sejak Awal

Mengoptimalkan kecepatan akses website merupakan upaya yang harus dilakukan oleh para pemilik website. Sebab ini semakin cepat dan responsif loading website, maka semakin meningkat pula pengalaman pengguna.

Kenyamanan pengguna sangat penting untuk meningkatkan SEO pada website. Dengan kecepatan website yang cepat, lalu lintas pada website tidak akan mengalami penurunan yang signifikan. Ini juga akan berpengaruh pada ranking website pada SERP.

Itulah sebabnya sangat penting bagi pemilik website untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses website. Dengan mengetahui hal tersebut, pemilik bisa mengantisipasi dan mengatasi saat kecepatan website sedang melambat.

Selain itu, saat mengembangkan website sebaiknya pemilik mulai memikirkan sejak awal hal-hal yang nantinya akan mempengaruhi performa. Mulai dari server hosting, tema, konten yang ingin dimuat, plugin yang digunakan, hingga pengelolaan caching. 

Sehingga saat website mulai dipublikasi, pemilik tidak akan menemui masalah krusial. Terutama yang berkaitan dengan performa dan kecepatan website.

Untuk membantu Anda mewujudkan website yang cepat dan responsif, kami menawarkan promo Exavaganza khusus. 

Dengan pembelian domain dan hosting, Anda berkesempatan memenangkan Wuling AirEV! Tingkatkan performa website Anda sekaligus dapatkan hadiah menarik. Segera manfaatkan kesempatan ini sekarang juga!

10 Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Website - 2024