Cara Menambahkan Domain: Langkah Mudah di cPanel!

0
39

Cara menambahkan domain agaknya perlu diketahui oleh para pengguna WordPress hosting. Pasalnya pengguna harus menambahkan domain terdaftar untuk mengelola suatu website. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan domain ke cPanel.

cPanel merupakan sebuah kontrol panel yang bisa digunakan untuk mengelola suatu domain. Dengan tools ini, pengguna dapat melakukan manajerial terhadap satu atau lebih domain. Selain itu mereka juga dapat membuat email dengan domain sendiri dan mengelola file web.

Salah satu tujuan utama menambahkan domain di cPanel adalah agar pengguna dapat menghubungkan domain dengan hosting yang telah dibeli. Hal ini penting agar website dapat diakses secara online.

Menariknya pengguna juga dapat membuat subdomain melalui control panel tersebut. Bukan hanya satu, tetapi juga bisa juga membuat lebih dari satu subdomain. 

Banyak pemilik domain yang mungkin sudah sangat familiar dengan istilah cPanel. Namun tak banyak yang tahu tentang bagaimana cara mengaitkan domain ke control panel tersebut. 

Untuk itu dalam artikel kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai cara menambahkan domain di cPanel dan bagaimana membuat subdomain melalui dashboard cPanel. Berikut adalah penjelasannya.

Cara Menambahkan Domain di cPanel dengan Mudah

6 Cara Mengganti Name Server di cPanel

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum menambahkan domain di cPanel adalah memiliki akses lisensi panel tersebut. Ini bisa didapatkan di penyedia domain dan hosting terpercaya

Tentu saja pengguna juga harus memiliki domain aktif yang nantinya akan dikelola melalui dashboard panel ini. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa server atau cPanel hosting masih dalam keadaan aktif dan bisa digunakan.

Jika semua persiapan telah dilakukan dengan bak,, silahkan ikuti langkah – langkah berikut ini untuk menambahkan domain di cPanel dengan mudah.

Langkah 1: Login menggunakan akun hosting cPanel menggunakan username dan password yang telah terdaftar.

Bagaimana Cara Merubah Domain Utama cPanel? Ikuti 6 Langkah Ini!

Pengguna bisa mengakses tautan login melalui member area Exabytes Indonesia jika Anda membelinya di Exabytes.

Langkah 2: Apabila sudah berhasil masuk ke bagian dashboard cPanel, nantinya pengguna akan melihat tampilan dashboard yang berisikan berbagai macam tools. Jangan lupa untuk memilih tema cPanel. Salah satu tema yang mudah digunakan adalah Jupiter.

Langkah 3: Jika sudah, perhatikan menu pencarian yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu cari tools domain menggunakan fitur pencarian tersebut.

Langkah 4: Nantinya pengguna akan diarahkan menuju halaman untuk mengelola domain. Disini pengguna dapat mulai untuk menambahkan dan mengelola domain.

Langkah 5: Pada bagian kanan halaman silahkan klik Create A New Domain. Perlu diperhatikan sebelum menambahkan domain, pengguna harus mengisi semua data yang diminta.

cara menambahkan domain

Data yang dimaksud mencakup new domain name subdomain (biasanya terisi otomatis), dan document root (biasanya berisi direktori penyimpanan domain).

Langkah 6: Jika sudah, silahkan klik submit. Jika berhasil, nantinya dashboard cPanel akan muncul notifikasi sukses. Di bagian halaman domain, pengguna juga dapat melihat domain yang telah ditambahkan.

Cara Menambahkan Domain: Langkah Mudah di cPanel! - 2024

Menariknya dengan menggunakan cPanel, pengguna dapat menambahkan lebih dari satu domain untuk dikelola. Bahkan control panel tersebut tidak memberikan batasan kepada penggunanya untuk menambahkan domain baru.

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa cPanel merupakan salah satu control panel hosting paling populer digunakan. Salah satu keunggulan utamanya adalah bisa mempermudah pengguna untuk mengelola domain dalam jumlah yang tidak terbatas.

Dengan menggunakan cara menambahkan domain di cPanel di atas, pengguna bisa menambahkan puluhan domain dan mengelolanya dalam satu tampilan dashboard. Baik untuk konfigurasi, pengelolaan file web, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa setiap hosting memiliki spesifikasi atau kapasitas yang berbeda – beda. Hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap performa domain website ketika diakses.

Oleh sebab itu, pengguna perlu menggunakan hosting cPanel dengan spesifikasi yang disesuaikan dengan jumlah domain. Dengan begitu performa website dari domain yang dikelola tidak akan terganggu.

web hosting terbaik blog banner

Cara Membuat Subdomain di cPanel

Perlu diketahui bahwa cPanel merupakan salah satu control panel hosting yang memungkinkan pengguna untuk mengelola banyak domain sekaligus. Pada tools domain di bagian dashboard, pengguna dapat mengelola konfigurasi semuanya baik secara bersamaan maupun satu persatu.

Hal ini juga berlaku saat pengguna ingin membuat subdomain dari sebuah website. Pengguna bisa menambahkan berapapun subdomain sesuai dengan keinginan. Akan tetapi tetap harus memperhatikan kapasitas dari hosting tersebut. Hal ini agar tidak mempengaruhi performa domain atau subdomain lainnya.

Sebagai informasi, pada tema cPanel Jupiter tools untuk menambahkan domain, subdomain, dan aliases digabung menjadi satu. Dengan kata lain, untuk membuat subdomain pengguna dapat mengikuti langkah – langkah berikut ini.

Langkah 1: Pastikan pengguna telah masuk ke akun cPanel hosting seperti sebelumnya. Dapatkan akses login melalui client area Exabytes Indonesia.

Cara Menambahkan Domain: Langkah Mudah di cPanel! - 2024
Member area Exabytes

Langkah 2: Pada bagian tools, silahkan cari tools Domains. Lalu klik.

Langkah 3: Nantinya pengguna akan dibawa menuju halaman Domains. Perhatikan pada bagian kanan tampilan. Silahkan klik Creat A New Domain.

Langkah 4: Seperti saat menggunakan cara menambahkan domain di cPanel, pengguna akan diarahkan menuju halaman pembuatan domain.

Cara Menambahkan Domain: Langkah Mudah di cPanel! - 2024

Di sini pengguna harus mengisikan data – data yang dibutuhkan seperti subdomain yang ingin dibuat, memilih just use “subdomain.domainutama.com”, dan setting root direktori dari subdomain.

Langkah 5: Jika semua data telah diisi, silahkan klik submit. Dengan ini subdomain telah berhasil dibuat.

Bagi para pengguna yang menggunakan tema paper_lantern pada cPanel, maka proses pembuatan subdomain bisa menggunakan tools khusus bernama subdomain. Untuk pengisian data lainnya, kurang lebih sama seperti langkah – langkah diatas.

Setelah membuat subdomain, nantinya pada database website di folder direktori public_html akan muncul folder baru dengan nama subdomain.

Jika pengguna ingin mengelola domain website dengan lebih praktis dan mudah, cPanel hosting dapat menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya pengelolaan hosting di sana cenderung mudah.

Biasanya layanan penyedia domain dan hosting juga telah menambahkan fitur – fitur keamanan yang dapat memproteksi domain dan server. Para pengguna juga bisa melakukan backup data untuk memperbarui database website.

Kabar baiknya adalah, semua domain bisa ditambahkan di cPanel tanpa adanya limitas. Jika pengguna memilih paket hosting yang terbaik, maka performa dari semua domain yang ditambahkan tidak akan terpengaruh.

Selain itu meskipun domain yang dibeli berasal dari penyedia layanan atau registrar yang berbeda, pengguna dapat menambahkan domain tersebut menggunakan cara menambahkan domain di cPanel diatas.

Sebab hosting cPanel dapat menambahkan lebih dari satu domain yang beroperasi dalam satu server. Untuk memastikan agar bisa menambahkan lebih banyak domain atau subdomain dari registrar lain ke cPanel, sebaiknya pengguna membeli paket layanan yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Domain Penting untuk Identitas Unik Website

Domain merupakan hal yang sangat penting bagi identitas sebuah website. Semakin ringkas dan familiar kueri yang digunakan, maka semakin mudah domain untuk diingat.

Setiap domain yang ingin digunakan pasti harus terkoneksi dengan server atau hosting, dalam hal ini adalah cPanel. Sebab dengan cara menambahkan domain di cPanel, website pengguna bisa dikelola dan diakses secara online oleh orang lain.

cPanel sendiri merupakan control panel hosting yang memungkinkan para pengguna untuk mengelola suatu website dan server. Tak tanggung – tanggung. Pengguna bisa mengelola domain website lebih dari satu.

Akan tetapi pengguna harus menambahkan setiap domain yang ingin dikelola melalui cPanel hosting. Bila ingin menambahkan domain di cPanel, pengguna bisa mengikuti langkah – langkah yang telah dijelaskan di atas.

Bukan hanya domain saja. Apabila ingin membuat subdomain untuk membagi website dari domain utama, pengguna bisa menambahkannya dengan cara – cara di atas. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah.

Akan tetapi perlu diperhatikan sebelum menggunakan cara menambahkan domain di cPanel, pengguna harus menyiapkan layanan hosting yang terbaik. Terlebih jika domain atau subdomain yang ingin ditambahkan berjumlah banyak.

Hal ini agar semua domain dapat diakses dengan baik tanpa ada sesuatu yang mengganggu. Jika paket atau layanan hosting yang dipilih berkualitas buruk, maka dapat dipastikan performa website yang beroperasi di satu server akan terganggu.

web hosting murah terbaik blog banner