8 Cara Mendapatkan Uang Dari Google Yang Wajib Diketahui

153
8 min read

Tak bisa dipungkiri Google memberikan banyak kontribusi untuk memudahkan kehidupan kita hingga detik ini. Tapi tentu saja tidak hanya memberikan manfaat dalam penggunaan setiap aplikasi yang dikembangkan, tapi juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan uang. 

Untuk mengetahui lebih lanjut cara mendapatkan uang dari Google secara spesifik untuk pemula, kamu bisa cek lebih jelasnya untuk setiap potensi yang dimiliki beragam produk dari Google berikut ini.

Mendapatkan Uang dari Google
Mendapatkan Uang dari Google (Adobe Stock)

8 Cara Mendapatkan Uang Dari Google

Di artikel ini, Exabytes akan membahas 8 cara mendapatkan uang dari Google. Bukan hanya itu saja, kami juga akan bahas kelebihan dan kekurangan di masing-masing cara. Dengan begitu, kamu bisa menentukan cara monetisasi mana yang paling sesuai dengan kamu. 

Google AdSense

Siapa di antara kamu yang belum tahu, atau belum pernah mendengar Google AdSense? Sepertinya tidak ada. Pasalnya, Google AdSense sendiri merupakan layanan iklan daring yang disediakan Google untuk dipasang di situs web. 

Google AdSense ini juga menjadi cara utama yang banyak digunakan karena sangat mudah untuk melakukan monetisasi (proses mengubah sesuatu agar bisa menjadi sebuah penghasilan) di situs web, baik dalam bentuk personal blog maupun portal.

Adapun cara kerja Google AdSense, yaitu dengan menampilkan iklan-iklan tertentu di situs web yang kamu daftarkan. Melalui iklan-iklan tersebut,, kamu akan mendapatkan uang berdasarkan jumlah orang yang melihat dan mengklik iklan tersebut. Meski begitu, kamu tetap harus memastikan kalau personal blog yang akan didaftarkan aktif, serta memiliki konten yang unik dan menarik.

Adapun kelebihan dan kekurangan Google AdSense sebagai berikut:

Kelebihan Google AdSense:

  • Mendapatkan uang secara instan ketika iklan diklik oleh pengunjung
  • Iklan yang ditampilkan adalah iklan dengan harga tertinggi
  • Bebas memilih tampilan iklan apa yang ingin ditampilkan
  • Tersedia statistik khusus untuk memantau performa iklan

Kekurangan Google AdSense:

  • Butuh trafik tinggi untuk mendapatkan pendapatan besar
  • Pendapatan otomatis terhenti ketika trafik dan iklan hilang
  • Google bisa memberikan penalti ketika iklan tidak sengaja di klik

Untuk mendaftar Google AdSense, caranya cukup mudah. Kamu bisa mengikuti panduan mendaftar Google AdSense dalam artikel ini.

Google Ads

Google Ads memiliki cara kerja yang berbeda dari Google AdSense. Sebab, ia tidak langsung menghasilkan uang. Tetapi, Google Ads ini memiliki peluang yang besar, untuk kamu meraup keuntungan dari bisnis yang dijalankan lho!

Maka dari itu, tidak heran apabila produk Google yang satu ini banyak digunakan oleh para pebisnis, karena dapat memberikan eksposur lebih untuk usahanya. Karena, Google Ads akan memberikanmu pilihan untuk menampilkan bisnismu, di hasil pencarian Google teratas. Dimana hal itu tentu akan sangat menguntungkan bagi pebisnis. Namun, ada beberapa opsi lain yang bisa dipilih para pebisnis, di antaranya yaitu bisa melalui bentuk iklan dan medium iklan yang berbeda.

Cara mendapatkan uang dari Google yaitu dengan menggunakan Google Ads
Google Ads (Sumber: Adobe Stock)

Seperti melalui iklan bergambar, iklan yang diselipkan di tengah video YouTube, maupun iklan lain yang ada dalam aplikasi. Untuk biayanya, kamu perlu membayar sejumlah orang yang mengklik iklan mu. Sebab, Google Ads sendiri menerapkan sistem Pay Per Click (PPC). Jangan khawatir kamu tidak mendapat untung, karena dengan cara ini, kamu akan mendapat eksposur lebih yang akan mendatangkan banyak pelanggan.

Baca Juga  Mengukur Kesuksesan Sebuah Bisnis Online Menggunakan Google Analytic Bagian 1 Exabytes Digital Day (EDD) On Air

Adapun kelebihan dan kekurangan Google Ads sebagai berikut:

Kelebihan Google Ads:

  • Efektif untuk promosi bisnis
  • Menggunakan sistem PPC, artinya kamu hanya perlu membayar berdasarkan iklan yang diklik
  • Manajemen iklan mudah dan tersedia fitur lengkap
  • Dilengkapi dengan informasi pendukung untuk periklanan

Kekurangan Google Ads:

  • Hanya untuk pemilik bisnis
  • Memerlukan modal untuk biaya pemasangan iklan

Organic Traffic Google

Organic Traffic Google ini merupakan salah satu jenis trafik, yang hingga saat ini diketahui memiliki peran sebagai pendulang monetisasi terbesar. Bagaimana tidak, pasalnya untuk bisa menggunakan cara ini, dibutuhkan kemampuan SEO yang handal, untuk bisa mendulang trafik organik ke suatu website.

Biasanya yang menggunakan cara ini adalah para pemilik website, perusahaan, serta blogger yang ingin menjadikan situsnya selalu berada di halaman pertama, atau bahkan posisi pertama di hasil pencarian Google. Jadi, SEO (Search Engine Optimization) sendiri bukanlah sebuah cara monetisasi, melainkan cara pendukung agar sebuah situs bisa menjangkau semua pengguna internet.

Oleh karena itu, sangat wajar bila Organic Traffic Google juga menjadi salah satu jenis trafik, yang hingga saat ini diketahui memiliki peran sebagai pendulang monetisasi terbesar, karena memang dibutuhkan keterampilan SEO di dalamnya.

Adapun kelebihan dan kekurangan Organic Traffic Google sebagai berikut:

Kelebihan Organic Traffic Google:

  • Keterampilan optimasi SEO tinggi peminat dan dibayar mahal
  • Keuntungan yang didapat banyak
  • Monetisasi terkait SEO sangat luas dan beragam

Kekurangan Organic Traffic Google:

  • Mempelajari SEO membutuhkan waktu yang cukup lama
  • Algoritma Google selalu mengalami perubahan

Mendapatkan Uang dari Google
Mendapatkan Uang dari Google (Adobe Stock)

Google My Business

Bagi pemilik usaha, fitur Google My Business bisa jadi sangat bermanfaat lho! Tempat usaha yang telah terverifikasi dan terdaftar pada Google, akan membuat pelanggan mendapatkan informasi lebih lengkap dan terpercaya sehingga memungkinkan kamu untuk mengekspansi bisnismu sendiri. 

Google My Business
Cara Mendapatkan Uang dari Google dengan Google My Business (Sumber: Adobe Stock)

Google My Business menjadi jawaban bagaimana sebuah toko online atau usaha kecil bisa dikenali dan mendapatkan pengamatan dari pasar pengguna Google. Cara mendapatkan uang dari Google melalui platform ini adalah dalam bentuk konversi dan engagement terhadap calon konsumen bisnismu.

Adapun kelebihan dan kekurangan Organic My Business sebagai berikut:

Keunggulan Google My Business:

  • Penggunaannya sangat mudah
  • Membantu menghadirkan bisnis secara daring
  • Ada fitur gratis dan insight lengkap untuk menunjang bisnis
  • Membangun reputasi bisnis secara praktis

Kekurangan Google My Business:

  • Fitur yang lengkap mungkin sulit dipahami orang awam

Google Play Store

Dengan Google Play Store, kamu bisa mendapatkan uang dari Google. Pengguna Android sangat familiar dengan Google Play Store, yaitu tempat mengunduh aplikasi-aplikasi yang akan dipasang dalam perangkat Android. Tapi bagaimana cara mendapatkan uang dari Google Play Store ini?

Dari aplikasi yang terinstal maka Google akan menampilkan iklan yang akan ditampilkan pada layar pengguna. Selain itu, kamu juga bisa menjual aplikasi dalam metode berbayar. Jika iklan pada website disebut Adsense, maka iklan yang ada pada aplikasi Android disebut AdMob.

Ketika kamu memiliki ide dalam pembuatan aplikasi, maka menjadi partner pengembangan aplikasi untuk merealisasikannya pastinya akan lebih mudah. Dan pastinya dengan cara ini kamu bisa mendapatkan uang dengan mudah dari aplikasi tersebut.

Adapun kelebihan dan kekurangan Play Store sebagai berikut:

Baca Juga  11 Kelebihan Google Docs Yang Wajib Kamu Ketahui

Keunggulan Google Play Store:

  • Terdapat banyak skema monetisasi
  • Pesaing tidak sebanyak di platform Google lainnya

Kekurangan Google Play Store:

  • Terbatas hanya untuk developer aplikasi
  • Membuat aplikasi membutuhkan waktu yang lama
  • Membutuhkan waktu dan modal promosi untuk menarik pengguna

Google Maps

Google Maps sangat mumpuni dan dapat diandalkan sebagai penunjuk arah yang cukup presisi. Kamu bisa menggunakan Google Maps untuk mencatat lokasi, mencari tempat tujuan, dan berkontribusi dalam mengembangkan geo-location milikmu sendiri. Jadi nantinya, kamu bisa aktif dalam mendatangi tempat-tempat tertentu dan mendaftarkan lokasi tersebut di Google Maps.

Selain itu, kamu bisa mengisi secara detail keterangan lokasi dan menambahkan foto-foto dari lokasi yang didatangi mulai dari makanan hingga fakta-fakta yang adai di tempat yang dikunjungi. Dari setiap kontribusi yang diberikan, Google akan memberikan poin untuk kamu. Meski tidak berupa uang tunai, benefit dari menjadi kontributor Google Maps ini bisa menambah wawasan kamu juga dan mengumpulkan poin yang ditukarkan dengan voucher hotel, diskon tiket bus, dan keuntungan lainnya yang disiapkan dari Google.

Adapun kelebihan dan kekurangan Google Maps sebagai berikut:

Keunggulan Google Maps:

  • Menjajal fitur baru dan mendapatkan insentif dari Google
  • Cara kerjanya seperti game, kamu akan mendapatkan insentif untuk setiap poin yang ditetapkan
  • Ada banyak pilihan untuk mendapatkan poin
  • Poin yang didapat tidak akan hangus

Kekurangan Google Maps:

  • Insentif tidak berupa uang

G-Suite

Cara mendapatkan uang dari Google yang bisa dilakukan adalah dengan G-Suite. Sebagai platform e-mail untuk perusahaan atau lembaga, G-Suite memungkinkan para pelanggannya untuk mengkostumisasi e-mail bisnis maupun karyawan sesuai keinginan.

Tidak hanya itu, melalui G-Suite kamu pun bisa menghasilkan uang. Adapun cara yang perlu dilakukan bisa dibilang sangat unik. Sebab, sebagai pelanggan kamu harus mengajak teman, atau perusahaan untuk jadi mitra baru di G-Suite. Jika hal itu berhasil dilakukan, maka kamu bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan dari G-Suite.

Adapun kelebihan dan kekurangan G-Suite sebagai berikut:

Kelebihan G-Suite:

  • User interface yang ramah
  • Kompatibilitas
  • Kemudahan berbagi informasi
  • Membuat keuangan perusahaan lebih efektif
  • Kapasitas penyimpanan dokumen besar

Kekurangan G-Suite:

  • Pengguna harus selalu tersambung melalui internet
  • Permasalahan konversi dokumen

YouTube

YouTube memungkinkan para pembuat konten berbentuk video ini, mendapatkan penghasilan dari karya yang dibuatnya. Sehingga, untuk bisa menghasilan uang melalui YouTube, kamu dan pembuat konten lainnya (content creator), harus aktif serta rutin membuat konten yang menarik.

Dengan begitu, nantinya kamu bisa mendapat banyak penonton, yang akan menggiringmu ke peluang monetisasi yang sangat luas. Dengan begitu, penghasilan dari YouTube pun bisa kamu dapatkan.

Adapun kelebihan dan kekurangan YouTube sebagai berikut:

Kelebihan YouTube:

  • Peluang monetisasi yang sangat luas seperti AdSense, afiliasi, paid promote, brand ambassador, dan sebagainya
  • Bisa menambah relasi dengan sesama content creator
  • Memiliki eksposur yang luas

Kekurangan YouTube:

  • Membutuhkan keterampilan dan modal untuk menghasilkan video berkualitas
  • Membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan banyak subscribers
  • Persaingan antar content creator yang semakin tinggi

Mendapatkan Uang dari Google
Mendapatkan Uang dari Google (Adobe Stock)

Jika kamu melek teknologi dan senang dalam dunia digital yang baru, cara-cara di atas sangat menarik untuk diikuti. Terlebih cara yang digunakan cukup sederhana dan kamu hanya membutuhkan koneksi internet, perangkat digital, dan tentu saja akun Google untuk mencoba semua cara mendapatkan uang dari Google di atas.

Sekian artikel cara mendapatkan uang dari Google yang bisa kamu coba lakukan. Semoga bermanfaat!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments