Cara Mudah Menduplikasi Postingan atau Halaman di WordPress dengan Satu Klik

23
7 min read

Hi Exabytes Friends!

Sebagai pengelola website dan konten, tentu ada saatnya dimana kamu perlu menduplikasi postingan atau halaman dengan cepat. Misalnya ketika ingin memperbarui tampilan, tapi di satu sisi juga ingin mempertahankan postingan atau halaman (page) yang lama. Selain dengan cara manual, ada cara menduplikasi postingan atau halaman di WordPress dengan satu klik loh.

Mau tahu bagaimana cara lengkapnya? Nah, artikel kali ini akan membahasnya tuntas. Yuk, baca ulasannya!

Cara Mudah Menduplikasi Postingan atau Halaman di WordPress dengan Satu Klik
Cara Menduplikasi Postingan atau Halaman di WordPress

Kenapa Tidak Pakai Cara Manual?

Selain konten dan performa, tampilan website merupakan poin penting yang mempengaruhi traffic atau jumlah orang yang mengunjungi website-mu. Semakin menarik tampilannya, akan semakin tinggi pula traffic-nya. Dengan traffic yang baik ini, website akan punya peluang besar untuk berada di peringkat atas hasil pencarian Google. Hal ini pastinya sangat menguntungkan, terutama bagi para pengelola website atau pelaku bisnis yang ingin membuat website-nya semakin terkenal. Oleh karenanya, memperbarui tampilan website yang sesuai dengan tren terkini perlu dilakukan secara berkala agar website-mu terus dapat bersaing.

Sebelum memperbarui tampilan, penting bagi kamu yang ingin mempertahankan postingan dan halaman lama untuk melakukan duplikasi sebelumnya. Ada dua cara yang dapat dilakukan dalam hal ini, yaitu dengan menduplikasi secara manual atau secara otomatis dengan bantuan plugin.

Jika dilakukan secara manual, artinya postingan dan halaman di-copy dan paste ke draft baru secara satu-satu. Sayangnya, cara manual ini tidak bisa menduplikasi template halaman, gambar, optimasi SEO, dan data terkait lainnya seperti versi originalnya. Belum lagi, cara manual ini bikin kamu harus repot-repot menambahkan ulang semua konten ke postingan atau halaman baru.

Kalau hanya satu atau dua konten yang harus diduplikasi, hal ini mungkin tidak terlalu terasa melelahkan dan membosankan, tapi bagaimana kalau puluhan? Pastinya butuh waktu yang lama dengan risiko kesalahan yang jauh lebih besar. Untuk mengatasinya, kamu bisa menduplikasi postingan atau halaman secara otomatis di WordPress dengan bantuan plugin.

Alasan dan Keuntungan Menduplikasi Postingan dan Halaman dengan Plugin di WordPress?

Dengan menduplikasi postingan dan halaman di WordPress, kamu tidak hanya bisa mengefisiensi waktu dan mempertahankan konsistensi semua pengaturan yang berkaitan dengan konten. Apa sajakah alasan dan keuntungan lain dari proses menduplikasi ini?

Cara Mudah Menduplikasi Postingan atau Halaman di WordPress dengan Satu Klik
Plugin di WordPress

Mengedit Postingan dan Halaman

Sama halnya dengan menduplikasi, dalam mengedit postingan dan halaman di WordPress, ada dua cara yang dapat dipilih, yaitu mengedit secara langsung dan mengedit di versi duplikasi terlebih dahulu sebelum kemudian dipublikasi.

Jika kamu memilih untuk mengedit postingan dan halaman secara langsung, hal ini akan cukup berisiko merusak pengaturan konten mu, sehingga hasil pengeditan tidak akan berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Adanya perubahan langsung pun bisa saja membuat pengunjung website-mu jadi bingung.

Baca Juga  Persiapkan Dirimu untuk Exabytes Digital Day (EDD) On Air!

Sementara itu, jika kamu memilih untuk mengedit postingan atau halaman di versi duplikat terlebih dahulu, dan baru kemudian mengubah postingan dan halaman asli dengan versi duplikatnya, kemungkinan adanya kerusakan atau perubahan pada pengaturan konten dapat sangat diminimalkan.

Membuat beberapa produk serupa di WooCommerce

Di era digital ini, banyak pelaku bisnis yang sudah memasarkan produk dan layanannya secara online untuk menjangkau target konsumen yang lebih luas dalam misinya mengembangkan usaha. Tak lagi hanya menggunakan sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Twitter sebagai alat pemasaran, kini mereka juga menggunakan WordPress sebagai hosting untuk toko online-nya.

Tapi, tampilan dan layout yang serupa untuk beberapa halaman penjualan di WordPress akan berpeluang rendah mencuri perhatian konsumen, terutama jika koleksi produk dan layanannya banyak. Untuk meningkatkan efisiensi, cukup buat halaman yang akan berfungsi sebagai template yang dapat diedit dan diduplikasi sebanyak jumlah produk dan layanan yang dijual.

Oleh karenanya, dibutuhkan plugin untuk dapat menduplikasi postingan atau halaman di WordPress. Yuk, baca artikel ini lebih lanjut karena akan ada panduan lengkap pemakaiannya untuk kamu!

Cara Menduplikasi dengan Plugin Duplicate Post

Cara Mudah Menduplikasi Postingan atau Halaman di WordPress dengan Satu Klik
Plugin Duplicate Post

Walau plugin ini bernama Duplicate Post, plugin ini tidak hanya bisa digunakan untuk menduplikasi postingan, tapi juga halaman. Untuk menggunakannya, kamu perlu meng-install dan mengaktivasi plugin ini terlebih dahulu ke dalam WordPress-mu. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.

Pertama, pilih menu plugins pada dasbor admin, dan klik tombol add new. Setelah muncul kolom pencarian di bagian atas halaman, temukan plugin dengan mengetik nama plugin atau fungsinya pada kolom pencarian tersebut. Jika plugin sudah ditemukan, klik tombol install now dan activate plugin. Kamu akan dapat notifikasi setelah plugin berhasil diaktifkan.

Setelah melakukan aktivasi, untuk membuat duplikasi postingan, kamu perlu membuka halaman posts, dan klik tombol all posts. Kemudian, akan ada dua opsi yang dapat kamu pilih di setiap judul postingan, yaitu clone dan new draft.

Kalau kamu hanya ingin menduplikasi postingan tanpa mengeditnya, kamu dapat memilih clone. Sementara itu, kalau kamu ingin mengedit hasil duplikasi sebelum mempublikasinya, silakan klik new draft. Kedua opsi ini juga akan ditemukan ketika kamu membuat duplikasi halaman.

Keuntungan penggunaan plugin ini tidak hanya menawarkan penduplikasian postingan dan halaman dengan mudah, tapi juga fitur pengaturan salinan kustom, di mana kamu dapat menyesuaikan pengaturan duplikat sesuai yang diinginkan pengguna. Fitur ini bisa kamu temukan di halaman settings yang halamannya terbagi menjadi tiga tab, yaitu tab What to Copy, Permissions, dan Display.

Tab What to Copy mencakup berbagai elemen yang mungkin ingin kamu sertakan pada hasil duplikasi postingan atau halaman, mulai dari Title, Date, Status, Slug, Excerpt, Content, Featured Image, Template, Format, Author, Password, Attachments, Children, Comments, sampai Menu Order. Dengan kata lain, kamu dapat memilih elemen apa saja yang ingin dan tidak ingin disalin. Selain itu, kamu juga bisa mengkustom nama dari postingan atau halaman baru pada tab ini pada menu Title Prefix dan Suffix, sehingga proses mengidentifikasi salinannya jadi lebih mudah.

Kemudian, tab Permission mencakup dua opsi, yaitu Rolles Allowed to Copy dan Enable Post Types. Pada opsi Rolles Allowed to Copy, kamu dapat menentukan siapa saja yang yang dapat membuat membuat konten duplikat. Beberapa pilihan penggunaannya adalah Administrator, Editor, Author, Contributor, Shop Manager, atau Revisor. Kemudian, opsi Enable Post Types memungkinkanmu untuk bebas memilih tipe konten apa saja boleh diduplikasi, mulai dari Posts, Pages, sampai Blogs.

Baca Juga  5 Cara Mudah Mengganti Permalink WordPress Dengan Aman

Terakhir, tab Display digunakan untuk mengatur visibilitas hasil duplikasi atau di mana kamu akan menampilkan tautan hasil duplikasi. Pilihannya adalah Post List, Edit Screen, Admin Bar, dan Bulk Actions. Akan lebih baik jika kamu menampilkan tautan pada semua pilihannya, sehingga kamu tidak perlu repot-repot mengingat kemana harus membuat salinan duplikat dari konten Anda. Setelah selesai mengatur salinan kustom ini, jangan lupa klik save untuk menyimpan pengaturannya, ya!

Apa yang Harus Dilakukan jika Terjadi Error dalam Proses Duplikasi?

Mengalami kendala saat proses duplikasi postingan atau halaman karena ada suatu kesalahan memang menyebalkan. Apa lagi, kalau kamu tidak tahu letak salahnya dimana. Tapi, jangan panik dan putus asa dulu, ya. Pahami lah penyebab dan cara mengatasi kendala yang sering dijumpai saat proses duplikasi dengan membaca ulasan  berikut.

“A valid URL was not provided”

Pernah mendapat pesan error ini? Kendala ini bisa terjadi karena alamat URL sumber file duplikasinya salah, tidak ada, atau tidak ditemukan. Untuk mengatasinya, kamu perlu memeriksa kembali apakah penulisan alamat URL sumber file duplikasinya sudah benar dan tidak ada kesalahan. Penggunaan kapitalisasi atau huruf besar dan kecilnya juga perlu diperhatikan. Jika ada kekeliruan, alamat URL-nya tentu akan salah terbaca.

“Incompatible Archive”

Masalah ini timbul karena ada perbedaan sistem antara server hosting yang lama dengan hosting yang baru. Akibatnya, file sumber duplikasi tidak dapat dibuka atau file hasil duplikasinya tidak dapat diakses. Solusinya adalah dengan men-download secara manual file sumber duplikasi dari hosting yang lama dengan memakai FTP atau File Manager, untuk kemudian di upload ke hosting yang baru.

“Internal Server Error”

Kemungkinan besar, pesan error ini muncul karena web server yang tidak dapat terhubung. Penyebabnya adalah penggunaan plugin yang tidak sesuai atau koneksi internet yang tidak memadai. Langkah pertama yang bisa diambil adalah mengecek koneksi internetmu. Apabila tidak ada masalah yang berarti, coba lah untuk menonaktifkan plugin terlebih dahulu. Jika sudah selesai, silahkan ulangi kembali proses duplikasinya.

Kesimpulan

Dalam membuat duplikat postingan atau halaman di WordPress, tak perlu lagi kamu menyia-nyiakan waktu dan tenaga dengan meng-copy dan paste secara manual setiap postingan dan halamannya. Semua proses duplikasi dapat dengan mudah dilakukan dengan bantuan sebuah plugin.

Dengan mengikuti langkah-langkah menduplikasi postingan dan halaman menggunakan plugin Duplicate Post di artikel kali ini, jadi sudah tahu kan caranya menduplikasi postingan dan halaman di WordPress secara mudah dan cepat tanpa harus menguasai teknis pembuatan salinan? Yuk, tinggalkan cara manual dan beralih ke cara baru.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Exabytes Friends! Untuk membaca artikel lain yang ebrkaitan dengan WordPress, silakan buka blog Exabytes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here