7 Cara Mengaktifkan Fitur Instagram Shopping Bagi Bisnis Online

129
Instagram Shopping
7 min read

Ketika membuka Instagram, kamu dapat menemukan banyak online shop yang sudah memanfaatkan fitur Instagram Shopping ini.

Jika kamu juga tertarik untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping di akun kamu, simak ulasannya berikut ini.

Instagram Shopping
Instagram Shopping (Source: Adobe Stock)

Apa itu Instagram Shopping?

Instagram Shopping merupakan fitur yang memungkinkan kamu sebagai pelaku bisnis untuk  memberi tag harga dan nama produk pada foto produk atau story yang mereka posting di Instagram. 

Ketika pelanggan mengetuk label produk tersebut pada postingan atau stiker produk, maka pelanggan akan diarahkan di halaman deskripsi produk yang berisi beberapa informasi, yaitu:

  • Deskripsi produk
  • Harga produk
  • Gambar produk 
  • Tautan yang dapat mengarahkan langsung menuju situs web kamu untuk melakukan pembelian.

Dengan fitur ini, pelanggan dapat mengetahui harga barang yang dijual tanpa harus mengunjungi website atau menghubungi customer service untuk mengetahui harga produk tersebut.

Contoh Instagram Shopping
Contoh Tampilan Brand Kylie Cosmetic Yang Menggunakan Instagram Shopping. (Sumber: Shutterstock)

Fitur Instagram Shopping juga memungkinkan pelanggan untuk langsung melakukan pembayaran di Instagram. Namun, fitur tersebut hanya bisa digunakan oleh user bisnis yang berada di Amerika Serikat serta sejumlah bisnis tertentu.

Manfaat instagram shopping

Berikut adalah 5 manfaat Instagram Shopping yang dapat membantu kamu meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis. 

Peningkatan Engagement dan Konversi Penjualan

Tujuan paling penting dan utama dari penggunaan Instagram Shopping adalah meningkatkan engagement pelanggan dan penjualan. Hal ini tentu saja juga menjadi tujuan utama dari pebisnis atau brand. 

Memudahkan Konsumen untuk Berbelanja

Tentunya sebagai pembeli ingin melakukan pembelian dengan praktis. Instagram Shopping juga akan membuat kegiatan belanja menjadi jauh lebih praktis melalui fitur-fiturnya. 

Fitur Collections memungkinkan kamu untuk membagi katalog produk ke dalam beberapa kategori sehingga memudahkan pelanggan untuk melihat-lihat. Sementara itu, fitur Product Launches meningkatkan ketertarikan calon pembeli terhadap produk yang akan segera diluncurkan. 

Ada juga fitur Save pada Instagram untuk membantu pelanggan yang ingin membeli produk tersebut tetapi tidak di waktu yang tepat untuk menyimpan unggahan produk tersebut kemudian kembali membuka unggahan tersebut saat mereka siap untuk melakukan pembelian. Dengan demikian, pelanggan bisa berbelanja dengan mudah tanpa perlu berpindah aplikasi atau platform.

Promosi yang Lebih Mudah dan Beragam

Manfaat Instagram Shopping lainnya adalah promosi dapat dilakukan dengan mudah dengan berbagai cara dan format, mulai dari foto, video, hingga live pada Instagram Story. 

kamu juga bisa mengiklankan produk melalui fitur Shopping Ads ataupun bekerja sama dengan influencer melalui fitur Shopping for Creators. Dengan fitur tersebut, tiap unggahan influencer akan memiliki label ‘Paid partnership with (nama brand)’ sehingga orang-orang yang melihatnya langsung tahu bahwa produk yang ditampilkan pada foto atau video merupakan produk kamu.

Baca Juga  Cara Mudah Membuat LinkTree di Instagram untuk Bisnis Online

Berjualan Sekaligus Menjaga Hubungan dengan Konsumen

Pada Instagram, para penjual dan pembeli bisa saling berinteraksi. Tanpa disadari, hal ini akan mendorong dan meningkatkan penjualan. kamu bisa juga menjaga kepuasan pelanggan dengan menjaga hubungan baik.

Meningkatkan Traffic Website 

Jika kamu akan mengaktifkan Instagram Shopping sebagai penjual maka nantinya akan terhubung dengan website bisnis kamu. Ketika pelanggan melihat-lihat di Instagram Shopping, maka mereka akan dapat terhubung dengan website toko online kalian. Hal ini dapat bermanfaat untuk website bisnis kamu karena dapat menaikkan traffic atau jumlah kunjungan.

Instagram Shopping
Instagram Shopping (Source: Adobe Stock)

Syarat mengaktifkan instagram shopping

Untuk membuat Instagram Shopping di akun kamu, maka terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Diantaranya adalah:

  • Akun bisnis harus menjual produk fisik. Jadi tidak berlaku untuk akun bisnis yang menjual jasa atau produk yang tidak ada fisik atau bentuk.
  • Akun Instagram harus sudah merupakan akun bisnis. Jika kamu masih menggunakan akun personal, harus diubah menjadi akun bisnis terlebih dahulu.
  • Akun Instagram harus terhubung dengan Facebook Page bisnis kamu. Saat kamu mengubah akun dari personal ke bisnis, kamu akan diminta untuk menghubungkan akun Instagram ke Facebook Page. 
  • Akun harus memenuhi kebijakan Facebook dan Instagram. 
  • Akun harus terhubung dengan katalog produk di Facebook. kamu dapat membuat katalog baru atau menghubungkannya katalog yang sudah ada.
  • Anda harus memiliki website yang menampilkan produk bisnismu.

Kamu harus memiliki website terlebih dulu sebagai persyaratan untuk mengaktifkan Instagram Shopping. Maka dari itu, kamu bisa membuat website dengan menggunakan layanan Exabytes. Selain itu, Exabytes juga menyediakan juga DNS Manajemen GRATIS, kamu dapat mengarahkan nama domain kamu sendiri setelah mendaftar. Kunjungi Exabytes Indonesia untuk membuat website.

Instagram Shopping
Instagram Shopping (Source: Adobe Stock)

Cara mengaktifkan instagram shopping

Fitur Instagram tersebut memberikan peluang bagi pebisnis yang ingin mengoptimalkan penjualan produknya dengan menggunakan akun Instagram. Lantas, bagaimana cara aktifkan fitur Instagram Shopping? Berikut langkah-langkahnya:

Konfirmasi Kelayakan Bisnis

Langkah pertama untuk mengaktifkan Instagram Shopping adalah konfirmasi kelayakan bisnis terlebih dahulu. Konfirmasi kelayakan bisnis meliputi:

Beralih ke Akun Instagram Bisnis

Setelah memiliki akun bisnis dan memnuhi kelayakan bisnis di atas, kamu dapat menambahkan informasi bisnis yang relevan, seperti jam operasional, alamat bisnis, nomor telepon, dan tautan website ke akun Instagram Bisnis kamu. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah akun kamu menjadi akun bisnis:

  • Silahkan kamu buka profil Instagram kemudian klik menu (3 garis) pada pojok atas profil.
  • Kemudian silahkan scroll kebawah dan pilih menu “Pengaturan”.
  • Silahkan pilih menu “Akun” dan scroll kebawah pilih “Ganti Tipe Akun/Switch Account Type”.
  • Pilih “Beralih ke Akun Bisnis/Switch Account Business”.

Menghubungkan dengan Halaman Facebook

Langkah selanjutnya setelah akun Instagram kamu sudah berubah menjadi akun bisnis, kini saatnya untuk menghubungkannya dengan Halaman Facebook. Berikut caranya:

  • Buka profil Instagram bisnis.
  • Pilih “Edit Profil”.
  • Di bagian “Informasi Bisnis Publik”, pilih “Halaman”.
  • Pilih Halaman Facebook dari Halaman kamu yang akan dihubungkan. 
  • Jika kamu tidak memiliki Halaman Facebook, pilih “Buat Halaman Facebook Baru”.
Baca Juga  Cara Mudah Membuat LinkTree di Instagram untuk Bisnis Online

Catatan: Yang diperlukan hanyalah Halaman Facebook, bukan Toko Halaman Facebook.

Membuat Toko dan Upload Katalog Produk

Instagram Shopping didukung oleh katalog produk kamu. Ada dua cara untuk menghubungkan katalog produk ke akun Instagram Business kamu, yaitu dengan Pengelola Katalog atau Partner Platform E-Commerce:

Pengelola Katalog

Pengelola katalog merupakan metode “mandiri” yang tersedia di Pengelola Facebook Business. Katalog adalah wadah yang menyimpan informasi tentang semua barang yang ingin diiklankan atau dijual melalui Facebook dan Instagram. Kamu bisa menghubungkan katalog kamu ke berbagai jenis saluran iklan dan penjualan untuk menunjukkan barang kamu kepada orang lain, termasuk Toko di Facebook dan Instagram, iklan dinamis, dan lainnya.

Partner Platform E-Commerce

Partner Platform Ecommerce yaitu integrasi melalui salah satu partner platform ecommerce Instagram yang telah bersertifikasi, seperti Shopify atau BigCommerce.

Mengaktifkan Fitur Instagram Shopping

Setelah akun disetujui, pengguna dapat mengaktifkan fitur Belanja. Namun, jika fitur Belanja tidak muncul di Pengaturan, akun pengguna mungkin masih dalam proses peninjauan atau belum disetujui untuk memanfaatkan fitur Instagram Shopping. Cara mengaktifkan fitur belanja adalah sebagai berikut: 

  • Buka profil Instagram bisnis.
  • Lalu ketuk “garis tiga” Pilih “Pengaturan”.
  • Ketuk “Bisnis” lalu ketuk “Belanja”.
  • Pilih “Katalog Produk” yang ingin kamu hubungkan ke akun. 
  • Pilih “Selesai”.

Tambahkan Label Produk

Selanjutnya, jika fitur Instagram Shopping sudah disetujui kamu bisa langsung menyematkan label harga pada postingan Instagram. Caranya silahkan ikuti tutorial berikut ini:

  • Mulai dengan “Tambahkan Foto”, cara ini seperti upload foto biasanya.
  • Berikan keterangan yang jelas.
  • Kemudian pilih “Label Produk” disesuaikan dengan foto sebelumnya.
  • Silahkan ketuk foto dan cari produk yang sama.
  • Pilih produk tersebut dan pilih selesai.
  • Terakhir, pilih Bagikan.

Membuat Stiker Belanja di Stories

Akan lebih baik produk brand kamu tidak hanya diposting di feeds saja tetapi di Stories lho. Karena banyak orang yang sering membuka Stories sehingga produk kamu jadi lebih mudah terlihat. Pilih gambar terlebih dahulu yang cocok untuk Stories. Tidak hanya gambar, bisa juga video lho berdurasi 15 detik untuk dipasang di Stories.

Setelah memilih gambar untuk ditampilkan di Stories, untuk membuat stiker maka pelanggan bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini sebelum memposting: 

  • Ketuk ikon stiker di sudut kanan atas.
  • Pilih stiker produk dari baki stiker.
  • Pilih produk yang ingin dipromosikan dari katalog.
  • Pindahkan stiker produk ke tempatnya muncul di Stories sesuai keinginan.
  • Ubah warna teks stiker produk dengan mengetuk stiker tersebut.
  • Bagikan story.

Begitulah panduan singkat untuk melakukan mengaktifkan Instagram Shopping. Hadirnya fitur terbaru ini pastinya akan sangat membantu brand untuk memaksimalkan penjualan produk dengan Instagram. Tertarik untuk mencoba?  

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments