4 Cara Setting DNS Records Cloudflare

0
419

Cara setting DNS Records Cloudflare adalah penting jika Anda ingin mengelola dan mengoptimalkan kinerja situs web Anda.

DNS (Domain Name System) adalah komponen kunci dari infrastruktur internet yang memetakan nama domain menjadi alamat IP. Cloudflare adalah penyedia layanan DNS yang populer yang menawarkan banyak fitur hebat untuk meningkatkan keamanan, kinerja, dan keandalan situs web Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara setting DNS Records Cloudflare. Langkah ini adalah kunci untuk memastikan situs web Anda berjalan dengan lancar.

4 Cara Setting DNS Records Cloudflare

cara setting dns records cloudflare

 

Pengetahuan tentang cara mengatur rekaman DNS di Cloudflare adalah penting bagi pemilik situs web, pengembang, dan administrator sistem yang ingin memastikan bahwa situs web mereka berjalan dengan baik, aman, dan efisien.

Cara setting DNS Records Cloudflare melibatkan beberapa langkah. Di sini, saya akan menjelaskan cara umum untuk menambahkan dan mengonfigurasi rekaman DNS di Cloudflare:

Langkah 1: Daftar dan Tambahkan Situs ke Cloudflare

Jika Anda belum memiliki akun Cloudflare, langkah pertama adalah mendaftar. Setelah mendaftar, ikuti langkah-langkah ini untuk menambahkan situs web Anda ke Cloudflare:

  1. Masuk ke Dashboard Cloudflare: Setelah mendaftar, masuk ke dashboard Cloudflare Anda.
  2. Tambahkan Situs: Klik tombol “Add a Site” atau “Add Site” untuk memulai proses penambahan situs web Anda.
  3. Masukkan Nama Domain: Masukkan nama domain situs web Anda, lalu klik “Add Site.”
  4. Pilih Paket Layanan: Cloudflare menawarkan berbagai paket layanan, termasuk paket gratis yang kuat. Pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda, kemudian klik “Continue.”
  5. Konfirmasi DNS Records: Cloudflare akan mencoba untuk mendeteksi rekaman DNS yang ada. Pastikan semua rekaman yang ditemukan sesuai dengan pengaturan DNS Anda yang sebelumnya. Klik “Continue” jika semuanya sudah benar.
  6. Konfigurasi Nameservers: Cloudflare akan memberikan Anda dua nameserver yang harus Anda atur di registrar domain Anda. Ini akan mengarahkan lalu lintas DNS melalui layanan Cloudflare. Salin nameserver ini dan lanjutkan ke registrar domain Anda untuk mengatur mereka.

Langkah 2: Masuk ke Dashboard Cloudflare

Setelah mengatur nameserver di registrar domain Anda dan mengizinkan waktu yang cukup untuk pengalihan DNS, masuk kembali ke dashboard Cloudflare Anda. Sekarang, kita akan mulai mengatur rekaman DNS situs Anda.

Langkah 3: Mengelola DNS Records di Cloudflare

  1. Pilih Situs: Di dashboard Cloudflare, pilih situs web yang ingin Anda konfigurasi rekaman DNS-nya.
  2. Menu DNS: Di panel sebelah kiri, klik “DNS” untuk masuk ke pengaturan rekaman DNS.
  3. Tambahkan Rekaman DNS: Klik tombol “Add Record” atau “Add” untuk menambahkan rekaman DNS baru.
  4. Pilih Jenis Rekaman: Pilih jenis rekaman DNS yang ingin Anda tambahkan, seperti A, CNAME, MX, atau lainnya.
  5. Isi Informasi Rekaman: Isi detail rekaman sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini termasuk nama, alamat IP, atau nilai-nilai lainnya yang sesuai dengan jenis rekaman yang Anda buat.
  6. Simpan Rekaman: Setelah mengisi informasi rekaman, klik “Save” atau “Add Record” untuk menyimpan perubahan.
  7. Atur Prioritas (Jika Diperlukan): Untuk rekaman MX (Mail Exchange), Anda mungkin perlu mengatur prioritas jika Anda menggunakan layanan email eksternal.
  8. Uji Rekaman: Pastikan untuk menguji rekaman DNS yang Anda tambahkan dengan menggunakan alat online seperti dig atau nslookup untuk memastikan semuanya berfungsi dengan benar.

Baca juga: Membuka Keajaiban Domain ID Protect: Panduan Lengkap Anda

Langkah 4: Periksa dan Pantau

Setelah Anda menambahkan rekaman DNS baru, Anda dapat mengelola dan memantaunya melalui dashboard Cloudflare. Ini termasuk melihat statistik DNS, memperbarui rekaman jika diperlukan, dan memantau kinerja situs web Anda. Dengan mengetahui cara setting DNS Records Cloudflare ini, Anda bisa melakukan pemeriksaan dan memantau kinerja website Anda dengan aman.

Kesimpulan

Cara setting DNS Records Cloudflare adalah langkah penting untuk meningkatkan keamanan dan kinerja situs web Anda. Dengan mengikuti panduan cara setting DNS Records Cloudflare ini, Anda dapat dengan mudah mengatur rekaman DNS yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan memastikan bahwa situs web Anda berjalan dengan lancar.

Cloudflare juga menawarkan banyak fitur tambahan, seperti proteksi DDoS, CDN, dan banyak lagi, yang dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna Anda secara keseluruhan sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui cara setting DNS Records Cloudflare.

Nah, itulah cara setting DNS Records Cloudflare yang harus Anda ketahui sehingga performa dari situs web Anda akan selalu dalam performa yang terbaik.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments