Panduan Lengkap: Cara Setting DNS 1.1.1.1 untuk Koneksi Internet Lebih Cepat

0
183

Di era sekarang internet menjadi bagian penting yang tidak akan pernah bisa dipisahkan dari kehidupan sehari – hari. Internet sangat berguna untuk mencari berbagai informasi yang tersebar di mesin pencarian. Namun apa jadinya jika akses ke website tempat mencari informasi bermasalah.

Inilah saat yang tepat untuk pengguna internet mengetahui cara setting DNS (Domain Name System). Sebab dengan menggunakan DNS pengguna dapat merasakan akses internet ke website – website tertentu dengan lebih cepat.

Selain kenyamanan dalam berselancar, penggunaan DNS dipercaya dapat menjaga privasi pengguna internet. Selain itu terdapat enkripsi yang membuat data pribadi terlindungi.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua DNS dapat memberikan performa berselancar di internet yang baik. Bahkan jika pengguna internet menggunakan DNS yang tepat, semua situs yang terblokir bisa diakses.

Saat ini ada banyak sekali pilihan DNS yang dapat digunakan. Penyedia DNS seperti Google DNS, OpenDNS, dan Cloudflare DNS dapat digunakan sesuai preferensi pengguna. Dari sekian banyak opsi DNS, DNS 1.1.1.1 menjadi salah satu yang sering digunakan oleh para pengguna.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan mengenai DNS 1.1.1.1 dan cara setting DNS yang tepat di perangkat.

Mengenal Lebih Dalam Tentang DNS 1.1.1.1

cara setting dns

Apa Itu DNS 1.1.1.1?

Sebelum beranjak ke cara setting DNS 1.1.1.1, ada baiknya mengetahui seperti apa sih DNS tersebut. DNS 1.1.1.1 merupakan suatu Domain Name System (DNS) publik yang digawangi oleh Cloudflare. Cloudflare bekerja sama dengan APNIC (Asia Pacific Network Information Centre) untuk menghadirkan akses internet yang lebih baik melalui DNS 1.1.1.1. Menariknya DNS ini dapat menjadi alternatif yang bisa digunakan secara gratis untuk mengatasi akses internet yang lambat.

Kehadiran DNS 1.1.1.1 ini disambut baik oleh para penikmat internet. Terbukti lebih dari 7 juta pengguna, termasuk Medium dan Discord, telah merasakan kualitas dari layanan internet milik mereka.

Keuntungan Menggunakan DNS 1.1.1.1

Berbeda saat menggunakan internet dari provider biasa, DNS 1.1.1.1 jauh lebih memiliki kelebihan yang menguntungkan bagi penggunanya.

Ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan pengguna ketika menggunakan DNS 1.1.1.1. Pertama pastinya bisa mendapatkan akses internet yang lebih cepat. Bukan hanya saat browsing saja, mereka juga mengklaim bahwa untuk urusan streaming video dan game online mereka juga bisa diandalkan.

Selain itu keamanan pengguna juga lebih terjamin saat menggunakan DNS 1.1.1.1. Selain tidak adanya rekam jejak IP perangkat, pengguna juga akan terhindar malware dengan sistem yang mereka buat.

DNS 1.1.1.1 juga memungkinkan pengguna dapat melakukan filtering terhadap setiap konten agar tidak dapat diakses. Fitur ini diberi nama 1.1.1.1 for families.

Cara setting DNS 1.1.1.1 juga relatif mudah dibanding dengan layanan DNS lainnya. Bahkan Cloudflare selaku pemiliknya turut memberikan panduan agar pengguna dapat mengatur DNS di semua perangkat dan sistem operasi.

Umumnya pengguna dapat mengakses internet menggunakan DNS 1.1.1.1 kapanpun selama server mereka tidak terjadi kendala. Mereka telah memasang jaringan server global di beberapa titik sehingga ketika server yang satu error, server terdekat lainnya akan membackup aksesnya.

Cara Setting DNS 1.1.1.1

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pengguna dapat mengakses DNS 1.1.1.1 di berbagai perangkat dan sistem operasi. Berikut adalah cara setting DNS 1.1.1.1 di berbagai perangkat dan sistem operasi.

Cara Setting DNS 1.1.1.1 di Windows 11

cara setting dns

Langkah 1: Buka Start dan masuk ke menu Setting atau gunakan shortcut Windows + I

Langkah 2: Pilih Network & Sharing

Langkah 3: Pilih koneksi jaringan, lalu klik Edit

Langkah 4: Pada pop up Edit DNS Setting, sila ubah Automatic (DHCP) ke Manual

Langkah 5: Pilih On pada IPv4

Langkah 6: Di bagian Preferred DNS, masukkan DNS 1.1.1.1. Isikan Alternate DNS dengan 1.0.0.1. Jika sudah, klik Save.

Cara Setting DNS 1.1.1.1 di Windows 10

Langkah 1: Klik Start lalu masuk ke menu Setting. Pilih Network & Sharing

Langkah 2: Pilih Change Adapter Options. Lalu pilih jaringan. Setelah itu klik Properties

Langkah 3: Klik opsi Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)

Langkah 4: Kembali ke menu Properties dan cari halaman Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) Properties. Lalu pilih Use The Following DNS Server Addresses

Langkah 5: Pada Preferred DNS server isikan DNS 1.1.1.1 dan Alternate DNS Server dengan 1.0.0.1. Setelah itu klik Ok.

Cara Setting DNS 1.1.1.1 di MacOS

Langkah 1: Klik ikon Apple lalu masuk ke System Preferences

Langkah 2: Klik ikon Network

Langkah 3: Pilih jaringan internet yang sedang digunakan

Langkah 4: Masuk ke menu Advanced dan pilih tab DNS

Langkah 5: Pada DNS Servers, klik ikon tambah dan masukkan 1.1.1.1 pada DNS utama dan 1.0.0.1 pada DNS alternatif. Setelah itu klik OK. Jangan lupa untuk klik Apply untuk menerapkan perubahan.

Cara Setting DNS 1.1.1.1 di Android

Langkah 1: Masuk ke Setting dan masuk ke bagian jaringan

Langkah 2: Pastikan WiFi terhubung. Lalu klik wifi tersebut

Langkah 3: Pada bagian Pengaturan IP, ubah dari DHCP ke Static

Langkah 4: Sila modifikasi DNS 1 menjadi 1.1.1.1 dan DNS 2 menjadi 1.0.0.1

Langkah 5: Setelah itu simpan perubahan.

Setiap perangkat android memiliki pengaturan yang berbeda. Cara diatas merupakan cara umum yang bisa dilakukan di sebagian besar android.

Cara Setting DNS 1.1.1.1 di iOS

Langkah 1: Masuk ke Setting dan masuk ke Jaringan Wifi

Langkah 2: Klik bagian ikon informasi, setelah itu masuk ke menu Configure DNS

Langkah 3: Pada pilihan Manual, klik ikon tombol “tambah” di bawah DNS Servers

Langkah 4: Isi DNS 1 dengan 1.1.1.1 dan DNS Alternatif dengan 1.0.0.1.

Langkah 5: Klik Save.

Apakah DNS 1.1.1.1 Aman?

Panduan Lengkap: Cara Setting DNS 1.1.1.1 untuk Koneksi Internet Lebih Cepat - 2024

Berdasarkan ulasan dari berbagai sumber, pengguna tidak perlu mengkhawatirkan soal keamanan akses internetnya. Sebab mereka menjamin keamanan dari DNS 1.1.1.1.

DNS 1.1.1.1 aman digunakan karena sudah terdapat firut keamanan dan enkripsi DNS over HTTPS. Terdapat sistem filtering dan DNSSEC yang dapat melindungi data pengguna dan privasi dari serangan DDOS dan peretas online.

Apakah DNS 1.1.1.1 Bisa Digunakan untuk Membuka Situs yang Diblokir?

Terbukti bahwa DNS 1.1.1.1 dapat menjadi solusi bagi para pengguna internet yang ingin mengakses situs yang sebelumnya diblokir oleh provider internet lainnya. Bukan hanya dapat diakses, tetapi kecepatan aksesnya dapat diandalkan sehingga pengguna tidak perlu menunggu lama untuk memuat.

Cara Mengetahui DNS 1.1.1.1 Bekerja dengan Baik

Cukup mudah mengetahui apakah DNS 1.1.1.1 bekerja dengan baik. Pertama pengguna bisa mengeceknya dengan mengakses situs terblokir. Kedua, cek apakah kecepatan internet menjadi lebih cepat atau justru bermasalah.

Selain itu pengguna dapat memastikan DNS 1.1.1.1 tidak bekerja apabila pengguna tidak bisa mendapatkan akses internet dibanding sebelum melakukan setting DNS Cloudflare.

Cara Setting DNS Bisa Menjadi Solusi untuk Akses Internet Lebih Cepat

Mengetahui cara setting DNS 1.1.1.1 dapat menjadi solusi bagi pengguna yang ingin mendapatkan akses internet lebih cepat. Terlebih bagi mereka yang ingin mengakses situs terblokir dengan tetap memperhatikan keamanan privasi.

DNS 1.1.1.1 dapat di akses di berbagai perangkat dan sistem operasi mulai dari Windows, Android, Mac OS, hingga iOS. Menariknya lagi, pengguna dapat mengaksesnya secara mudah dan gratis.