Yuk Cari Tahu Algoritma TikTok Agar Videomu Viral

85
10 min read

Belakangan ini TikTok memang sedang ramai digandrungi oleh orang orang di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Bahkan, TikTok sendiri sampai bertengger di puncak aplikasi paling sering di-download di App Store dunia dan Indonesia. 

Menurut situs Forbes, aplikasi yang lagi viral ini menjadi sosial media dengan tingkat pertumbuhan tertinggi loh. Dari aplikasi TikTok ini, banyak orang juga menjadi terkenal. Dengan penggunanya yang bervariasi dan terus bertumbuh, banyak perusahaan ternama juga akhirnya menggunakan TikTok sebagai platform pemasaran mereka, nih. 

TikTok Viral

Buat teman teman Exabytes, pastinya pengen kan ikutan terkenal di TikTok atau pengen banget biar video marketing bisnis kamu di TikTok bisa terkenal dan viral? Nah, kamu harus tau dulu gimana caranya algoritma TikTok bekerja. Tapi, sebelum tau gimana caranya algoritma TikTok bekerja, kita harus mengenal lebih jelas dong mengenai apa itu algoritma. Yuk, sama sama cari tahu semua jawabannya dibawah ini!

Mengenal Algoritma TikTok

Pernah nggak kita mikir pas lagi scrolling timeline TikTok, “video ini kok bisa viral di TikTok sih?” Nah, jawaban dari pertanyaan kalian di atas itu adalah karena algoritma TikTok sendiri.

TikTok memang aplikasi yang tergolong masih sangat baru, jadi algoritma TikTok memang tampak misterius bagi pengguna. Tapi, sebagaimana Instagram dan Facebook, algoritma TikTok itu juga dipengaruhi beberapa hal kok.

Nah, penjelasan mengenai algoritma yang ada di dalam TikTok ini bisa digambarkan sebagai urutan langkah-langkah logis penyelesaian sebuah masalah yang disusun secara sistematis. Atau bahasa lebih mudahnya algoritma itu adalah sekumpulan peraturan yang harus diikuti untuk memecahkan suatu masalah. 

Lalu, dalam media sosial sendiri, algoritma digunakan untuk mengatur arus informasi yang beredar di dalam sistem mereka. Jadi, tiap platform di media sosial seperti konten apa yang ingin mereka sampaikan ke audiens, pasti mereka sudah memiliki algoritmanya sendiri.

Yuk Cari Tahu Algoritma TikTok Agar Videomu Viral

Algoritma di dalam platform media sosial ini biasanya merekam kebiasaan atau jejak sang pengguna. Contoh mudahnya, apabila kamu sering melakukan pencarian dengan kata kunci, “Fashion”, maka konten yang muncul akan berhubungan dengan fashion.

Jika ingin video kamu bisa viral di TikTok, tentu kamu harus mengetahui perkembangan algoritma TikTok terlebih dahulu, agar mudah untuk mewujudkan tujuan teman teman Exabytes sekalian.

Setelah mengenal dengan lebih jelas apa itu Algoritma, kita juga harus pelajari dulu apa sih menu “For You Page” di TikTok, hal ini tetap berhubungan nih sama algoritma dan gimana caranya video kamu terkenal dan dilihat banyak orang dengan mengenali algoritma TikTok.

Mengenal “Fyp”

Yuk Cari Tahu Algoritma TikTok Agar Videomu Viral

Pada gambar di atas, ketika kita membuka TikTok, beranda kita akan dihiasi dengan dua tab, yakni Tab “Following” yang difokuskan pada konten dari akun yang kamu ikuti (Follow), dan bagian “For You” atau yang lebih sering disingkat dengan Fyp. Fyp ini adalah singkatan dari “For You Page” dimana disebut-sebut sebagai beranda, yang terdapat banyak video yang dirancang khusus oleh TikTok untuk kamu.

Jika video kalian ingin viral, maka video kalian harus berada di menu “For You” di beranda orang lain, atau followers kalian. Kalau dibandingkan dengan Instagram, halaman For You ini mirip dengan “Explore” di Instagram.

Halaman Explore maupun For You ini berisi beberapa video dan foto yang direkomendasikan oleh algoritma media sosial tersebut. Tapi, video atau foto yang ada di halaman beranda kita itu bukan secara acak dan asal asalan. Foto dan video yang ditampilkan ini sudah disesuaikan dengan preferensi kita nih.

Baca Juga  Ketahui tentang Email Bisnis dan Tutorial Membuatnya

Halaman “For You” memang gak menjamin konten kamu jadi viral sih. Tapi ini bisa jadi langkah awal bagi para content creator sampai pengusaha untuk pamerkan karya kreatifnya di TikTok. Ini juga bisa membuat orang lebih aware dengan brand kamu.

Yuk Cari Tahu Algoritma TikTok Agar Videomu Viral

Butuh banget optimasi lebih sehingga video TikTok kamu bisa ikutan viral dan populer kaya video lainnya di beranda Fyp. Karena TikTok sendiri pasti sudah mengembangkan algoritma mereka untuk mengirim konten ke halaman For You dalam beranda kamu. 

For You Page di TikTok memang misterius dan tidak ada yang tahu pastinya gimana sih algoritma TikTok bekerja sampai bisa video video masuk ke For You Page. Namun, untuk pertama kalinya, TikTok akhirnya membeberkan mekanisme For You Page melalui blog mereka pada tanggal 18 Juni lalu.

Nah, makanya yuk langsung aja cari tahu apa saja faktor algoritma yang TikTok pertimbangkan untuk mengirim konten ke For You Page, bisa banget agar konten kamu jadi viral!

Faktor Penentu Algoritma TikTok

Berdasarkan di website resmi Tiktok, For You Page ini mencerminkan preferensi unik untuk setiap penggunanya. Sistem di TikTok bakalan ngerekomendasiin konten dengan memberikan peringkat pada video ini berdasarkan beberapa faktor.

Mulai dari minat yang dipilih dan ungkapkan secara langsung di TikTok dari awal kamu mendaftar sebagai akun baru. TikTok juga dengan pintar menyesuaikan hal-hal yang kamu nggak minati. Jadi TikTok ini bisa membentuk satu personalisasi untuk beranda For You Page kamu loh.

Nah, rekomendasi yang TikTok hadirkan di beranda For You Page didasari oleh berbagai faktor, Beberapa contoh dari faktor yang mempengaruhi yakni:

Interaksi pengguna

Yuk Cari Tahu Algoritma TikTok Agar Videomu Viral

Nah, maksud dalam interaksi pengguna disini adalah seperti aktivitas apa aja sih yang dilakukan oleh si pengguna TikTok. Misalnya jenis video apa yang si pengguna sukai atau bagikan ke teman temannya, akun yang diikuti, komentar yang diposting di video orang lain dan bahkan dari apa jenis konten yang dibuat. Algoritma TikTok ini dengan sendirinya akan merekomendasikan hal serupa yang sesuai dengan minat si pengguna di berandanya.

Informasi video

Di dalam faktor informasi video ini ada banyak banget yang mempengaruhinya mulai dari caption, hingga hashtag yang digunakan dalam video tersebut. Yuk mari ulas lebih lengkap.

  • Hashtag
Yuk Cari Tahu Algoritma TikTok Agar Videomu Viral

Kalo kamu awal membuka TikTok pasti sering banget lihat video yang memakai Hashtag seperti #FYP #ForYouPage #ForYou, ini salah satu cara pengguna untuk bisa masuk ke dalam page “For You”. Di gambar atas, kamu bisa melihat hashtag apa yang lagi ngetrend loh di tab discover.

  • Caption

Di dalam caption ini, si pengguna bisa menuliskan dengan singkat tentang deskripsi isi video tersebut agar menarik perhatian para viewers agar dapat menonton sampai habis. 

  • Songs
Yuk Cari Tahu Algoritma TikTok Agar Videomu Viral

Pemilihan lagu juga menjadi salah satu aspek faktor penting agar bisa masuk di halaman For You. Menggunakan lagu dan sound yang lagi nge-hits di TikTok bakalan otomatis bikin konten video yang kamu buat dilihat banyak orang nih.

Setting perangkat dan akun

Yuk Cari Tahu Algoritma TikTok Agar Videomu Viral

Pengaturan di akun TikTok kita juga menjadi faktor terbesar terhadap laman FYP kita. Contohnya adalah preferensi bahasa apa yang pengguna TikTok gunakan dan pilih, jenis perangkat yang digunakan, dan lokasi tinggal si pengguna sampai negara yang ia tinggali. 

Selain hal-hal disebutkan di atas, yang paling utama dalam mendapatkan audiens yang besar di TikTok sendiri adalah dari ketertarikan pengguna lain kepada konten tersebut. Jadi, kalau misalkan kontenmu ditonton sampai habis entah durasinya pendek atau panjang, video ini tetap dianggap sangat menarik.

Video ini kemudian akan TikTok beri peringkat untuk menentukan kemungkinan preferensi dan kesukaan pengguna lain terhadap suatu konten. Dengan algoritma TikTok yang otomatis menghitung secara teliti akan menginformasikan sistem TikTok untuk menyebarluaskan video ini dengan muncul di beranda For You orang lain.

Baca Juga  Rekomendasi 7 SEO Tools WordPress Terbaik di Tahun 2020 

4 Tips Agar Video TikTok Kamu Viral

Setelah mempelajari algoritma TikTok, ada beberapa hal yang perlu banget diperhatikan kalau kamu ingin konten video TikTok kamu go viral di TikTok dan masuk ke For You Page pengguna lain.

Maka dari itu ada beberapa tips agar konten kamu berkualitas dan juga diminati banyak pengguna TikTok nih!

Yuk Cari Tahu Algoritma TikTok Agar Videomu Viral

Hashtag yang Relevan 

Menggunakan Hashtag banyak memang akan memungkinkan video yang diupload di TikTok akan masuk ke dalam discover dan bahkan laman Fyp. Namun hal ini nggak menjamin konten kamu trending di TikTok kalau hashtag yang dipakai nggak relevan dan nggak nyambung sama isi kontennya. 

Usahakan hashtag yang digunakan di video TikTok kamu relevan ya dengan konten videonya agar tidak terjadi kesalahan dan malah jadi backfire terhadap kontenmu.

Trik tambahan nih, coba kamu search di tab discover, hashtag apa sih yang sedang trending dan bisa banget kamu coba ikut serta. Jika kamu punya bisnis, hal ini bisa kamu gunakan untuk meningkatkan engagement bisnismu loh. 

Caption Singkat

Beda dari sosial media lain, TikTok ini memang tidak berfokus pada tulisan dan teks. Tapi menulis caption di video TikTok alangkah baiknya singkat dan juga stand out agar para viewers betah dan penasaran dengan isi video konten kamu. Dengan ini mereka akan penasaran dan memutar videonya hingga selesai loh. Ini juga memungkinkan mereka untuk share kontennya dengan teman yang lain!

Yuk Cari Tahu Algoritma TikTok Agar Videomu Viral

Tips membuat caption yang menarik adalah dengan menuliskan sesuatu yang mengundang rasa penasaran mereka hingga para viewers ingin menunggu sampai video tersebut berhenti berputar. Contohnya adalah “Wait for it” atau “Kelanjutan di part 2” dimana tulisan ini akan merangsang rasa penasaran mereka atau bikin kepo dan nunggu apa sih yang akan terjadi selanjutnya.

Gunakan Lokasi

Nah, lokasi ini juga penting loh dan termasuk salah satu perhitungan algoritma TikTok. TikTok akan merekomendasikan video di laman For You pengguna lain lewat video yang dibuat orang-orang yang tak jauh dari posisi si pengguna. Gampangnya, TikTok ini menggunakan algoritma berdasarkan proximity atau kedekatan. Jadi ,jangan lupa tiap posting tag lokasi kalian ya, biar engagement audiensnya juga banyak dan luas.

Konten Berkualitas

Yuk Cari Tahu Algoritma TikTok Agar Videomu Viral

Hal terakhir yang penting dan juga harus selalu diingat adalah bagaimana konten kamu membuat audiens menonton videonya hingga akhir, bahkan mengulanginya dan membagikan kepada yang lain. 

Sebagai content creator, pastikan konten yang dibuat cukup menarik perhatian pengguna lain dan membuat orang penasaran.

Sangat disarankan untuk buat konten yang informatif agar menambah pengetahuan audiens nih dengan cara yang seru agar nggak bosan. Selain itu, bisa juga kita membeberkan fakta unik mengenai sesuatu yang orang-orang nggak ketahui agar mereka semakin penasaran dengan konten yang akan kamu tampilkan setiap saat. 

Nah, diatas udah lengkap banget kan mulai dari pengenalan pada algoritma di TikTok sampai hal hal yang harus diperhatikan biar konten yang dibuat di TikTok bisa viral dan masuk laman discover atau “For You” page. 

Maka dari itu, setelah mengenali semua hal diatas, jangan lupa dan takut buat mencoba buat konten di TikTok ya! Pastikan juga untuk selalu konsisten membuat konten di TikTok!

Buat kamu yang punya dan sering menggunakan aplikasi TikTok, jangan lupa juga yuk buat follow akun TikTok Exabytes dengan cara klik ini.

Selamat berkonten ria, teman-teman Exabytes!

Credits : Derisna Waisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here