5 Contoh Newsletter Email Marketing Yang Bisa Menginspirasi Kamu

0
1591

Email marketing menjadi pilihan strategi digital marketing yang hendak kamu implementasikan? 

Ada banyak keunggulan email marketing yang juga menjadi alasan bisnis atau perusahaan memilih strategi pemasaran satu ini. Tetapi, kenapa kamu akhirnya memilih newsletter untuk memasarkan produk atau jasa melalui email?

Terlepas dari apapun alasanmu, kali ini kamu bisa melihat beberapa contoh newsletter email marketing yang tentunya sangat baik untuk dijadikan sebagai ide dan inspirasi dalam membuat konten newsletter email marketing.

Apa Itu Email Marketing?

Istilah email marketing pastinya sudah tidak lagi asing bagi kamu yang sudah terbiasa dengan pemasaran secara digital. Saat ini, kamu bahkan bisa menerapkan berbagai macam strategi digital marketing yang diharapkan memberikan dampak positif bagi bisnis, termasuk untuk penjualan dan branding.

mengenal email marketing
Sumber: shutterstock

Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah email marketing. Apa itu email marketing? Kita bisa mengartikan email marketing sebagai cara atau strategi pemasaran produk secara digital menggunakan email sebagai media.

Dengan strategi pemasaran digital satu ini, marketer dan pemilik bisnis bisa mencapai berbagai tujuan, seperti mengedukasi audiens terkait produk, branding, maupun meningkatkan penjualan.

Untuk melakukan strategi digital marketing satu ini, marketer bisa memilih salah satu jenis email marketing termasuk newsletter. Bila ingin menggunakan jasa email marketing dari penyedia terpercaya, tentunya kamu bisa langsung menghubungi Exabytes sekarang juga.

Apa Itu Newsletter Email?

mengenal pengertian dan contoh newsletter email marketing

Berbicara tentang contoh newsletter email marketing, tentunya mengundang pertanyaan bagi sebagian orang, apa itu newsletter email. Newsletter merupakan salah satu jenis email marketing yang saat ini sudah semakin banyak digunakan oleh perusahaan atau bisnis. Melalui newsletter, kamu bisa memperkenalkan produk atau jasa dan segala hal tentangnya.

Newsletter adalah email yang berisi informasi seperti pemberitahuan penting, fitur, promo, atau konten terbaru yang dibagikan kepada target audiens atau pelanggan. Biasanya, orang-orang yang sudah mendaftarkan email sebagai subscriber akan mendapatkan newsletter.

Newsletter menjadi strategi pemasaran yang dapat membantu membangun sekaligus mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan. 

Komponen dalam Newsletter Email Marketing

Agar bisa semakin memahami cara membuat newsletter yang menarik, kamu juga harus tahu apa saja komponen yang ada di dalamnya sekaligus mencari dan melihat beberapa contoh newsletter email marketing.

Berikut adalah beberapa komponen newsletter, diantaranya adalah:

Tampilan yang Responsif

Saat membuat newsletter yang akan digunakan untuk keperluan pemasaran, tampilannya harus responsif sehingga akan menarik penerima email untuk membuka email dan kemudian membacanya.

Tampilan yang responsif juga menjadi poin penting. Saat ini, orang-orang tidak hanya membuka email di komputer saja tetapi juga di perangkat lain termasuk smartphone. Newsletter yang memiliki tampilan responsif akan tetap terlihat rapi meski diakses di perangkat berbeda.

Pemilihan Kata yang Tepat

Salah satu alasan kenapa kamu harus melihat contoh newsletter email marketing adalah agar bisa memilih kata yang tepat. Dalam memasarkan produk atau jasa, tentunya isi newsletter harus menarik, simpel, dan mudah dipahami. 

Hal tersebut akan menjadi poin plus sehingga memperbesar potensi untuk menarik lebih banyak pelanggan. Sehingga penerima email akan dengan senang hati melakukan tindakan sesuai dengan tujuan pemasaran yang ingin kamu capai.

Visual yang Menarik

Komponen lain dari newsletter email marketing adalah visual yang pastinya harus menarik. Komponen satu ini dapat memengaruhi minat beli pelanggan. Untuk hal ini, cobalah untuk bermain dengan skema warna sesuai brand.

Dengan begitu, kamu bisa menunjukkan identitas produk yang bisa membekas di ingatan pelanggan. Penggunaan ikon akan membantu mengurangi penggunaan kata sehingga newsletter terlihat menarik meski dengan kata yang singkat.

Bagi yang ingin mendapatkan panduan branding untuk bisnis online, silahkan baca artikel satu ini.

Terdapat Call-to-action (CTA)

Saat melihat contoh newsletter email marketing, kamu bisa perhatikan dimana marketer menempatkan tombol CTA. Dalam membuat newsletter, CTA merupakan komponen penting lain yang tidak boleh terlewatkan.

CTA juga dapat membantu marketer mengetahui sekaligus menganalisa jumlah pelanggan yang membuka serta membaca email marketing yang dikirimkan kepada target penerima.

Contoh Newsletter Email Marketing

Setelah memahami apa itu email marketing dan newsletter sebagai salah satu jenis email marketing serta komponen pentingnya, apakah kamu semakin penasaran dengan tampilan newsletter yang menarik?

Perusahaan yang melakukan pemasaran melalui newsletter sudah pasti memiliki desain dan tampilan newsletter masing-masing. Desain tersebut biasanya dibuat seunik dan semenarik mungkin agar bisa membantu mencapai target dan tujuan.

Berikut adalah beberapa contoh newsletter email marketing dari berbagai perusahaan terkemuka:

Tokopedia

Tokopedia adalah e-commerce yang banyak dipilih oleh para konsumen di Indonesia. Perusahaan satu ini aktif mengirimkan email newsletter. Jika biasanya Tokopedia identik dengan warna hijau, untuk newsletter, perusahaan satu ini memanfaatkan kombinasi beberapa warna lain. Sehingga bisa memberikan kesan ceria.

Melihat dari contoh newsletter email marketing e-commerce satu ini, kita bisa melihat informasi yang ingin mereka sampaikan adalah informasi seputar penawaran menarik termasuk diskon dan flash sale

Tentu saja, contoh newsletter email marketing satu ini bisa kamu jadikan sebagai inspirasi dan referensi apabila hendak membuat newsletter yang bertujuan untuk memberitahukan informasi sekaligus meningkatkan penjualan.

iQIYI

contoh newsletter email marketing IQIYI

Bagi yang suka menonton berbagai pilihan drama Asia, termasuk Korea, China, dan Jepang, iQIYI menjadi salah satu platform pilihan yang tepat. Kini platform satu ini menjadi salah satu situs video online terbesar di dunia.

Jika biasanya semua hal tentang iQIYI termasuk aplikasinya didominasi oleh warna hijau, namun pada contoh newsletter email marketing satu ini hadir dengan dominasi warna berbeda.

Selain bahasa promosi yang menarik, tawaran menarik berupa potongan harga untuk biaya berlanggan serta adanya tombol CTA, akan menarik perhatian penerima email.

Keberadaan tombol CTA dengan tulisan “Beli sekarang” akan mempermudah audiens atau target untuk melakukan pembelian langganan iQIYI dalam beberapa langkah saja.

Lifepal

5 Contoh Newsletter Email Marketing Yang Bisa Menginspirasi Kamu - 2024

Contoh newsletter email marketing lainnya bisa kamu lihat dari Lifepal. Dimana penerima email mendapatkan penawaran menarik untuk bisa mendapatkan biaya premi asuransi dengan manfaat lain lebih. Dengan bayar 2 tahun, calon nasabah bisa mendapatkan premi asuransi mobil all risk selama 3 tahun.

Di sana, kamu juga bisa melihat kode yang bisa penerima email gunakan untuk melakukan klaim agar mendapatkan penawaran menarik tersebut dalam waktu 1 x 24 jam. Bahkan, Lifepal juga menyertakan tombol CTA yang akan  membantu calon pelanggan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang penawaran tersebut.

Matahari Department Store

5 Contoh Newsletter Email Marketing Yang Bisa Menginspirasi Kamu - 2024

Siapa yang tidak kenal dengan Matahari departement store? Kita bisa dengan mudah menemukan Matahari di berbagai lokasi bahkan saat berjalan-jalan di mall. Kini, konsumen bisa berbelanja secara online hanya dengan mengakses aplikasi.

Perpaduan warna, tulisan, dan gambar yang menarik tentunya menjadikan newsletter ini sebagai contoh newsletter email marketing yang patut dicoba. Terlebih bagi perusahaan atau bisnis yang juga menjual produk secara offline dan online. Selain itu, ada juga berbagai informasi promo serta CTA yang memudahkan konsumen untuk bisa segera berbelanja kebutuhan mereka.

Terlihat menarik, simpel, dan unik, bukan?

SEMRUSH

contoh newsletter email marketing- semrush

Satu lagi contoh newsletter email marketing yaitu dari SEMRUSH. Perusahaan satu ini menawarkan jasa yang akan sangat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan, terutama bagi mereka yang memiliki website atau toko online.

Keperluan pemasaran online menjadi lebih mudah dengan berbagai layanan yang ditawarkan. Newsletter yang begitu sederhana namun memadukan beberapa warna membuat tampilan email terlihat simpel. Bahkan SEMRUSH tidak lupa memasukkan tombol CTA yang bisa penerima email klik apabila ingin mencoba layanan yang ditawarkan.

BCA

5 Contoh Newsletter Email Marketing Yang Bisa Menginspirasi Kamu - 2024

Voucher merupakan salah satu bentuk penawaran yang bisa menarik minat konsumen. Di contoh newsletter email marketing satu ini, BCA menawarkan voucher sebesar Rp 50 ribu yang berlaku selama periode tertentu. Voucher tersebut bisa konsumen dapatkan sesuai dengan informasi yang tertera pada email.

Selain gambar yang menarik, kombinasi warna, dan isi pesan yang singkat namun jelas membuat newsletter satu ini patut kamu jadikan sebagai inspirasi. Terlebih dengan adanya tombol CTA di bagian bawah, membuat komponen newsletter semakin lengkap.

Kesimpulan

Dengan melihat beberapa contoh newsletter email marketing di atas, apakah sudah mulai punya gambaran desain dan isi newsletter yang akan kamu gunakan untuk menarik lebih banyak calon pelanggan?

Selain beberapa contoh di atas, kamu juga bisa mencari contoh newsletter email marketing lainnya yang tidak kalah inspiratif. Nah, untuk kebutuhan email marketing, kenapa tidak percayakan saja pada Exabytes?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments