Ikuti 8 Cara Membuat Konten Berkualitas dan Menarik

0
2721

Bagaimana cara membuat konten berkualitas dan menarik perhatian banyak pengunjung? Pertanyaan ini sering muncul di benak seorang penulis konten atau bahkan pembuat konten.

Konten berkualitas adalah kunci bagi penulis konten untuk mendapatkan traffic yang baik ke situs web mereka. Saat pengunjung tertarik dengan konten yang kamu buat, kemungkinan besar mereka akan kembali ke situs kamu.

Karena mereka telah menemukan informasi yang lengkap dan berkualitas dari konten yang kamu buat. Dengan cara ini, kamu telah menciptakan hubungan emosional dengan pengunjung.

Lalu bagaimana cara membuat konten yang berkualitas? Jangan khawatir, kami telah merangkumnya untuk kamu.

Cara Membuat Konten Berkualitas dan Menarik

cara membuat konten berkualitas dan menarik

Apapun alasan kamu memiliki situs web, untuk bisnis atau alasan pribadi, melakukannya dengan benar sangatlah penting. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa cara untuk membuat konten berkualitas dan menarik.

Baca Juga: Ikuti 9 Tips dan Cara Agar Konten Diklik Banyak Orang

Membuat Konten Yang Orisinil

Seperti disebutkan di atas, konten orisinil beresonansi dengan Google dan pengunjung situs web kamu. Plagiarisme konten orang lain akan menghasilkan penalti dari Google, yang dapat membuat kamu kembali ke titik awal. Pelajari lebih lanjut tentang menulis konten untuk meningkatkan peringkat situs web.

Orisinil juga berarti unik. Ide kamu harus orisinal. Penggunaan berulang dari konsep atau pesan yang sama yang tidak orisinil. Setelah konten kamu diterbitkan, tidak ada yang akan menautkannya dan itu bertentangan dengan ide menulis konten.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Plagiat Konten Website atau Blog

Melakukan Riset Konten

Menurut Search Engine Journal, ide konten yang kamu buat menentukan apakah audiens kamu akan mengingat konten kamu atau melupakannya begitu saja.

Jadi penting bagi kamu untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan konten yang tepat untuk dibuat.

Pahami apa yang sedang tren akhir-akhir ini. Juga, teliti audiens kamu sehingga konten kamu dapat didistribusikan dengan baik. Jangan lupa untuk memantau konten pesaing kamu untuk perbandingan. Selain kualitas, ada peluang bagus bahwa kamu juga dapat mengungguli pesaing kamu dalam pembuatan konten.

Jadi prioritaskan penelitian konten dengan hati-hati untuk menciptakan sesuatu yang berkualitas.

Baca Juga: Ikuti 8 Cara Membuat Konten Berkualitas dan Menarik

Melakukan Riset Keyword

Jika kamu ingin bersaing dengan baik dengan pesaing kamu, jangan lupa untuk melakukan riset keyword setelah kamu mendapatkan ide konten yang menarik.

Saat ini semua orang berlomba-lomba membuat konten yang berkualitas agar bisa tampil di halaman pertama Google.

Menurut Inc., salah satu cara terbaik untuk meningkatkan strategi content marketing kamu adalah dengan melakukan riset keyword.

Kamu bisa menggunakan berbagai tools untuk riset keyword, seperti SEMrush, Ahrefs, Ubersuggest dan lainnya.

Kumpulkan berbagai kata kunci yang dihasilkan dari ide konten yang kamu miliki. Kemudian lakukan riset satu per satu untuk menemukan kata kunci yang tepat.

Fokus Pada Pembuatan Headline Yang Kuat

Setelah menemukan ide kata kunci dan konten yang tepat, kamu perlu fokus untuk membuat headline yang kuat.

Alasannya dilansir dari Neil Patel, headline atau judul yang bagus mendapat banyak perhatian dari pembaca.

Tidak hanya itu, statistik Copyblogger juga menunjukkan bahwa 80% orang akan membaca headline kamu, tetapi hanya 20% dari orang tersebut yang akan membaca sisa konten kamu.

Perlu diketahui bahwa walaupun headline penting, isi dari konten jauh lebih penting lagi. Ingatlah bahwa orang akan kembali membaca situs kamu jika konten kamu berkualitas tinggi. Namun sebaliknya, jika konten kamu lemah, kemungkinan tidak akan kembali.

Baca Juga: 6 Tips Membuat Judul Konten yang Menarik Pembaca

Temukan Perspektif Yang Unik

cara membuat konten berkualitas dan menarikDalam hal membuat konten yang hebat, cobalah untuk menemukan perspektif yang menarik sebanyak mungkin. Ini diperlukan untuk membedakan karya dari konten lain.

Soroti beberapa bagian yang berbeda dan bahkan hilang dari konten lain. Dengan cara ini, kamu dapat yakin bahwa orang akan tertarik membaca konten kamu. Kembali ke masalah awal, salah satu caranya adalah dengan melakukan riset kompetitor. Biasanya, semakin keras kamu melakukan riset, semakin mudah menemukan prospek unik yang ingin kamu hasilkan.

Isi Konten Yang Menarik

Bagaimana cara mengemas konten yang menarik? Salah satunya adalah dengan membuat konten interaktif.

Libatkan audiens kamu dalam konten kamu melalui pertanyaan yang kamu ajukan. Juga, masukkan beberapa narasi di dalamnya karena kebanyakan orang suka membaca cerita. Yang paling penting adalah membuat paragraf pertama konten kamu semenarik mungkin untuk menarik perhatian pembaca sejak awal.

Berkomunikasi Lebih Baik Dengan Menambahkan Gambar dan Video

Setiap orang belajar dengan cara yang berbeda. Beberapa orang belajar paling baik dengan melihat, sementara yang lain belajar paling baik dengan mendengar. Tentu saja, penambahan visual memungkinkan orang untuk belajar lebih baik. Jika gambar, video, atau diagram dapat membantu mengilustrasikan poin kamu. Buka buku modern apa pun dan kamu akan menemukan gambar yang digunakan untuk meningkatkan pengalaman membaca dan pelajaran dari penulisnya.

Apapun yang kamu tulis, tambahkan. Tidak ada yang ingin melihat hanya sepotong teks, jadi tambahkan gambar untuk membuat atau menambah nilai.

Memilih Sumber Informasi Yang Akurat

Anggap diri kamu seorang penulis konten di perusahaan besar. Kamu kemudian mencantumkan sumber yang mengandung informasi yang tidak akurat sehingga berpotensi merusak reputasi bisnis kamu.

Dengan demikian, berhati-hatilah dalam memilih sumber informasi. Cobalah untuk memilih sumber yang andal dan akurat. Semakin tinggi kredibilitas sumber informasi yang kamu pilih, semakin besar kemungkinan pembaca akan mempercayai informasi yang disajikan dalam konten kamu.

Selalu Update Website atau Blog

Membuat blog atau website adalah sebuah komitmen. Jika kamu menulis beberapa artikel dan kemudian membatalkan tugas itu, kamu tidak akan memiliki banyak pembaca atau pelanggan baru. Selain itu, mesin telusur tidak menyukai situs web yang tidak diperbarui secara berkala.

Jika kamu memiliki blog atau website, kamu perlu memperbaruinya secara berkala dengan konten yang berkualitas. Banyak website dengan konten terbaik diperbarui secara berkala. Situs web yang memposting lebih sering memiliki jumlah pengunjung yang lebih tinggi.

Itulah 8 cara membuat konten berkualitas dan menarik. Tidak terlalu sulit kan?

Pada dasarnya, seorang content creator harus terus belajar menyerap ilmu baru.

Jadi, jika kamu tidak tahu harus belajar dimana, di Exabytes ada program bernama Exabytes Academy.

Melalui Exabytes Academy, kamu dapat mengembangkan keterampilan kamu melalui paparan praktisi di berbagai bidang. Ada banyak sekali kursus di luar sana, termasuk kursus pembuatan konten berkualitas.

Apa yang kamu tunggu? Temukan kelas yang tepat untuk kamu di Exabytes Academy!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments